15 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Merawat Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Kering– Rambut kering dan mengembang adalah momok yang menakutkan terutama bagi para wanita. Rambut kering dan mengembang dapat disebabkan oleh rusaknya kutikula atau lapisan pelindung rambut atau karena kulit kepala tidak mampu memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut. Rambut kering dan mengembang juga dapat disebabkan karena kesalahan perawatan.

Kesalahan perawatan yang dimaksud adalah terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan shampo dengan bahan kimia yang dapat merusak rambut, terlalu sering melakukan styling menggunakan pengeriting atau pelurus rambut, sering melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia seperti pengeritingan, pewarnaan, atau pelurusan rambut secara permanen.

Rambut kering dan mengembang juga dapat disebabkan karena kebiasaan mengeringkan rambut dengan blow serta membiarkan rambut terpapar sinar matahari, angin serta udara kering tanpa perlindungan yang cukup.

10 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

penyebab rambut rontok
Rambut kering dan mengembang harus diatasi sesegera mungkin agar tidak semakin parah. Mengatasi rambut kering tidak harus ke salon. Ini karena pada dasarnya cara merawat rambut rontok dan kering cukup mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk cara mengatasi rambut kering dan mengembang.

1. Pililh shampo yang tepat

Memilih shampo yang tepat merupakan salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Shampo yang tepat adalah jenis shampo yang khusus diformulasikan untuk tipe rambut kering dan mengembang.

Sangat disarankan untuk menggunaan shampo untuk rambut kering yang berbahan ringan dan tidak terlalu banyak kandungan deterjennya. Hindari penggunaan shampo yang berbahan sulfat dan alkohol karena akan membuat rambut menjadi lebih kering.

Shampo untuk rambut kering umumnya diformulasikan khusus agar memiliki pH yang lebih rendah sehingga kelembapan rambut lebih terjaga. Pilihlah shampo yang mengandung conditioner agar rambut terasa halus dan tidak kering. Meski begitu, hindari penggunaan shampo yang terlalu banyak atau berlebihan saat keramas.

2. Perhatikan waktu dan cara keramas

Rambut merupakan bagian tubuh yang mampu memproduksi minyak alami yang dapat menjaga kelembapan rambut. Karena itulah menggunakan shampo setiap hari bukanlah hal yang bijak. Menggunakan shampo terlalu sering akan menghilangkan minyak alami rambut sehingga rambut akan menjadi, kering dan rapuh.

Sangat disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci rambut. Cucilah rambut 1 – 2 kali seminggu atau saat rambut sudah terasa kotor. Dengan tidak terlalu sering mencuci rambut, rambut akan lebih terjaga karena rambut tidak akan kehilangan minyak alaminya.

Cara keramas yang tepat juga harus diperhatikan. Bagi Anda yang memiliki rambut kering, sangat disarankan untuk keramas menggunakan air dingin dan menghindari keramas menggunakan air hangat karena akan membuat rambut dan kulit kepala menjadi semakin kering.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

3. Kurangi penggunaan catok dan hair dryer

Menggunakan catok dan hairdryer memang dapat mempersingkat waktu dan membuat rambut menjadi lebih rapi. Namun, suhu panas yang dihasilkan catok dan hair dryer dapat membuat rambut menjadi semakin kering bahkan rusak.

Karena itulah penggunaan kedua alat ini sebaiknya dikurangi. Jika keadaan memaksa, gunakan heat protection atau vitamin rambut terlebih dahulu sebelum mencatok sehingga rambut terlindungi dari suhu panas yang dihasilkan oleh alat tersebut.

4. Gunakan conditioner untuk rambut

shampo untuk rambut rontok

Perawatan rambut kering juga dapat dilakukan dengan menggunakan conditioner rambut setelah keramas. Conditioner rambut dapat melembapkan rambut serta mengganti minyak alami rambut yang hilang setelah keramas. Conditioner juga dapat merapikan kutikula rambut dan mencegah kutikula rambut mengalami berbagai kerusakan seperti rambut rapuh, kering, atau bercabang.

5. Berikan nutrisi pada rambut

Memberikan nutrisi pada rambut merupakan salah satu cara mengatasi rambut kering yang dapat dilakukan. Nutrisi yang diberikan pada rambut dapat berupa masker rambut atau hair mask. Hair mask yang dipilih harus produk hair mask khusus untuk rambut kering.

Selain membeli produk masker rambut yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat masker rambut dari bahan-bahan alami yang dapat melembapkan rambut seperti minyak kelapa, minyak zaitun, madu atau lidah buaya.

Minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa selain dapat menjaga kelembapan rambut, juga dapat melembutkan, menguatkan rambut hingga ke akarnya, serta melindungi rambut dari kerusakan.

Bahan-bahan tersebut mengandung vitamin untuk rambut kering seperti vitamin E yang akan menjaga dan memperbaiki kesehatan rambut.

6. Lindungi rambut dari paparan sinar matahari dan polusi

Paparan sinar matahari dan polusi yang terlalu lama mengenai rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering, dan rusak. Selain paparan sinar matahari, udara dingin dan cuaca yang berangin juga dapat membuat rambut menjadi kering.

Karena itulah rambut harus dilindungi dari paparan sinar matahari dan polusi, misalnya dengan menggunakan topi. Terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Dengan menggunakan topi, rambut juga akan terlindung dari debu dan kotoran.

Meski begitu, tidak disarankan untuk menggunakan topi secara terus menerus. Dengan kata lain, gunakan topi saat diperlukan saja agar rambut dan kulit kepala tetap bisa bernapas sehingga tidak terjadi penumpukkan keringat pada kulit kepala yang akan menimbulkan ketidaknyamanan.

7. Hindari mewarnai rambut

Pewarna rambut merupakan salah satu bahan yang mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Zat kimia dalam pewarna rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kering. Karena itulah bagi Anda yang memiliki rambut kering, sangat disarankan untuk tidak mewarnai rambut.

8. Menggunting rambut

Rajin menggunting rambut dapat menjaga rambut agar tetap sehat. Ini karena rambut yang lama tidak di potong akan menjadi rambut yang berpotensi menjadi rambut kering dan bercabang. Dengan memotong rambut secara rutin, kesehatan rambut akan lebih terjaga. Bagian rambut yang dipotong tidak harus panjang, tetapi cukup bagian ujungnya saja.

Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun Mustika Ratu Untuk Wajah dan Rambut

9. Perbanyak minum air putih

Rajin meminum air putih dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh karena pada dasarnya, air merupakan komponen utama yang menyusun tubuh makhluk hidup. Karena itulah meminum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membuat rambut tumbuh dengan akar yang kuat, tidak bercabang serta tidak kering.

10. Konsumsi makanan sehat

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang tidak hanya dapat dilakukan dengan melakukan perawatan dari luar. Perawatan dari dalam juga perlu dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Bahan makanan yang dapat membuat rambut lebih sehat contohnya adalah ikan salmon, jambu biji dan bayam.

Jambu biji berfungsi untuk menjaga rambut dan mencegah kerusakan pada rambut, sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, sedangkan ikan salmon dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

cara merawat rambut rontok

Memberikan nutrisi pada rambut merupakan salah satu cara merawat dan cara mengatasi rambut kering yang dapat dilakukan. Nutrisi yang diberikan dapat berupa vitamin rambut kering yang sudah tersedia di apotek atau dengan menggunakan bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering dan cara penggunaannya:

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung berbagai vitamin, mineral dan asam amino yang dapat merawat dan memperbaiki rambut rusak. Untuk merawat rambut kering menggunakan lidah buaya, gunakan gel lidah buaya untuk dioleskan ke seluruh bagian rambut.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir gel lidah buaya dengan dua sendok minyak kelapa. Oleskan kedua bahan yang telah dicampur tersebut ke seluruh bagian rambut dari ujung rambut hingga kulit kepala. Biarkan semalaman setelah ditutup menggunakan shower cap. Kemudian di pagi hari, cuci rambut menggunakan shampo hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah tersebut setidaknya seminggu sekali. Hasilnya akan dapat terlihat dalam satu hingga dua bulan.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang melimpah serta vitamin E yang dapat menutrisi kembali rambut yang rusak. Minyak zaitun bekerja dengan cara menyelimuti kutikula atau lapisan terluar rambut dengan kelembapan.

Cara mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun dapat dilakukan dengan cara menuangkan minyak zaitun ke dalam mangkuk atau cangkir. Setelah menghangatkan minyak zaitun selama beberapa detik di dalam microwave, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala serta batang rambut secara merata sambil dipijat.

Setelah itu, diamkan selama beberapa menit atau semalaman kemudian bilas rambut dan keringkan rambut dengan cara diangin-anginkan.

Disarankan untuk melakukan langkah di atas seminggu sekali agar rambut mendapatkan nutrisi yang cukup.

Baca Juga  Khasiat dan Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa dengan kandungan zat emolien alaminya dapat mengisi celah pada helai rambut yang sudah rusak akibat paparan sinar matahari. Manfaat minyak kelapa dalam menutrisi rambut telah dibuktikan dalam suatu studi yang menunjukkan bahwa minyak kelapa mampu menembus serat rambut dan memberikan nutrisi kepada rambut.

Cara penggunaan minyak kelapa untuk perawatan rambut kering adalah dengan menggosokkan minyak kelapa pada bagian rambut yang kering, misalnya pada ujung rambut. Diamkan selama 20 hingga 30 menit kemudian bilas rambut menggunakan shampo hingga bersih.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi sehingga dapat menutrisi dan memperbaiki rambut yang rusak. Kandungan nutrisi pada alpukat di antaranya adalah vitamin A, vitamin E, lemak jenuh serta berbagai mineral. Kandungan nutrisi pada alpukat tersebut dapat melembapkan serta menguatkan batang rambut.

Untuk menjaga serta memperbaiki kesehatan rambut dengan alpukat, kupas 1 buah alpukat kemudian lumatkan atau haluskan daging buahnya. Campurkan secara merata daging alpukat yang telah dihaluskan tersebut dengan dua sendok makan minyak zaitun.

Oleskan campuran tersebut pada rambut yang telah dicuci bersih. Bilas rambut hingga bersih setelah didiamkan selama kurang lebih 20 menit. Untuk mengatasi rambut kering, lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.

5. Telur

Telur merupakan bahan yang kaya protein dan lesitin yang dapat membantu menguatkan serta memperbaiki rambut yang rusak. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan secara merata 3 butir telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu.

Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala yang telah dibasahi sedikit. Tutup kepala menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Bilas rambut dengan shampo dan air dingin hingga bersih. Agar kesehatan rambut tetap terjaga, lakukan langkah di atas seminggu sekali.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *