Hanya 1 Minggu! Ini 10 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Cara Menebalkan Rambut – Tak hanya wanita, banyak sekali orang yang ingin memiliki rambut lebat dan sehat. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna tak sedikit uang yang sudah dikeluarkan. Mulai dari perawatan di salon serta membeli bahan-bahan untuk menebalkan rambut.

Asal tahu saja, tidak semua bahan kimia baik untuk rambut bahkan cocok. Salah-salah justru akan membuat rambut rontok dan menipis. Padahal aslinya rambut kamu sudah tipis, lalu bagaimana cara menebalkan rambut yang benar?

Masih banyak cara-cara alami yang bebas bahan kimia untuk menebalkan rambut. Cara-cara ini bahkan tergolong sangat mudah. Asalkan kamu rutin menggunakannya hasilnya pasti akan segera nampak.

Penyebab Rambut Menipis atau Rontok

Penyebab Rambut Menipis atau Rontok

Sebelum masuk ke dalam perawatan, ada baiknya kamu tahu apa yang menyebabkan rambut kamu menipis. Apakah kamu memang memiliki rambut tipis sejak awal atau karena faktor lainnya.

Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut maka kamu bisa melakukan antisipasi sehingga perawatan yang tepat bisa diterapkan. Beberapa alasan mengapa rambut kamu menipis atau rontok adalah:

1. Stress

Faktor yang satu ini paling sering dialami oleh siapa saja khususnya yang berusia 20 tahun ke atas. Stress terjadi dan menimbulkan gangguan pada tubuh dan salah satu akibatnya adalah pada kesehatan rambut.

Stress membuat kinerja hormon dalam tubuh terganggu sehingga rambut akan cepat rontok. Supaya tidak stress, selama pengobatan sebaiknya buat dirimu serileks mungkin. Jalan-jalan atau refreshing juga sangat membantu.

2. Pengaruh obat-obatan

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalani pengobatan, efek samping yang bisa dihadapi adalah rambut rontok dan penipisan. Biasanya terjadi pada penderita yang mengalami sakit kanker dan rontok terjadi secara drastis.

Baca Juga  5 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah

3. Masalah genetik

Kalau faktor yang satu ini biasanya bawaan dari lahir. Kamu memiliki rambut tipis sejak awal dan ini juga terjadi pada anggota keluarga yang lainnya. Walaupun faktor keturunan bukan berarti kamu tak bisa mengatasinya.

4. Salah dalam merawat rambut

Jika faktor ini adalah penyebabnya maka kamu bisa menghentikan perawatan rambut yang saat ini sedang dijalani. Misalnya saja kamu terlalu sering dalam menggunakan catok.

Catok bekerja dengan memanaskan rambut sama saja dengan menyetrika rambut. Efek yang dihasilkan adalah rambut menjadi kering dan patah-patah. Ketika kerusakan ini muncul maka akan membuat rambut menjadi rontok dan rusak.

10 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Ada banyak sekali bahan di sekitar kita yang sebenarnya bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Semua bahan alami ini harganya juga tidak semahal ketika kamu membeli bahan perawatan rambut di toko kosmetik bahkan salon.

Apa saja cara menebalkan rambut secara alami yang bisa kamu tiru? Yuk ikutin cara mudahnya:

1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya adalah yang paling sering dan mudah ditanam. Tanaman berwarna hijau dan berduri ini ternyata memiliki daging buah yang sangat baik untuk perawatan. Mulai dari perawatan kulit hingga rambut.

Orang zaman dahulu sudah sering menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut mereka. Karena di dalam lidah buaya sendiri terdapat kandungan lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, hingga vitamin A, B1 serta vitamin C.

Kandungan-kandungan itulah yang akan membuat rambut kamu menjadi lebih kuat dan memiliki akar kuat. Sehingga rambut tidak akan rontok. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah.

Pertama kumpulkan daging buah lidah buaya secukupnya kemudian oleskan menyeluruh ke kulit kepala. Yang terpenting adalah gel lidah buaya menempel secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepala.

Kedua, biarkan gel menyerap ke dalam rambut selama 30 menit kemudian baru bilas dengan air bersih. Baru setelah itu keramas rambut hingga bersih dengan shampo.

2. Minyak kemiri

Kemiri juga merupakan bahan alami yang sangat baik khasiatnya untuk rambut. salah satu bumbu dapur ini sangat murah dan mudah didapatkan. Namun saat ini juga banyak dijual minyak kemiri asli yang sudah berbentuk minyak dalam botol.

Tapi jika kamu ingin menggunakan bahan yang alami bisa menggunakan biji kemiri langsung. Cara membuat rambut tebal dengan kemiri adalah haluskan terlebih dahulu beberapa biji kemiri.

Oleskan biji kemiri yang sudah halus ke kulit kepala dan diamkan 30 menit. Supaya tidak berjatuhan gunakan shower cap. Bilas setelah 30 menit hingga bersih dan ulangi dua atau tiga minggu sekali.

Kemiri memiliki khasiat untuk membuat rambut tipis menjadi tebal, selain itu juga efeknya membuat rambut lebih berkilau.

3. Teh hijau

Biasanya teh hijau dikonsumsi untuk mereka yang sedang melakukan program diet. Tapi ternyata teh ini juga bagus untuk menebalkan rambut. Kandungan di dalam teh hijau yaitu vitamin C, antioksidan, fluoride dan katekin membuatnya bagus untuk kesehatan rambut.

Cara menebalkan rambut dengan teh hjiau adalah cukup dengan menyeduh teh hijau and diamkan selama semalaman. Gunakan airnya untuk dioelskan ke seluruh kepala hingga ujung rambut.

Diamkan agar cairan meresap selama 15 menit. Baru setelah itu dibilas dengan air mengalir hingga bersih.

Baca Juga  15 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Merawat Rambut Rontok

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga telah digunakan sejak lama untuk perawatan tubuh baik kulit maupun rambut. Ada begitu banyak kandungan baik di dalam minyak zaitun seperti vitamin A, D, C dan K. Ada juga asam oleat, polifenol, asam stearate, potassium hingga asam lemak esensial.

Semua kandungan itulah yang akan bekerja untuk menebalkan rambut yang tipis. Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun cukup dengan mengoleskannya secara merata ke seluruh.

Tunggu selama 30 menit baru bilas dengan air mengalir kemudian keramas rambut dengan shampo. Jangan hanya dibilas saja karena efek minyak zaitun akan membuat rambut lengket. Jadi selalu gunakan sebelum waktunya keramas.

5. Telur

Walaupun amis, telur ternyata juga memiliki kandungan yang kaya untuk memperbaiki rambut yang tipis. Tak hanya tebal, akar rambut juga akan semakin kuat sehingga terhindar dari rambut rontok.

Cara memanfaatkan telur untuk membuat rambut tebal cukup mengoleskannya ke seluruh rambut. Gunakan satu atau dua telur yang dikocok menyesuaikan panjang rambut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan bersih baru setelah itu keramas.

cara membuat rambut tebal

6. Bubur jeruk

Jeruk adalah jenis buah yang memiliki banyak kandungan asam, vitamin dan juga protein. Kandungannya tersebut akan membuat rambut kuat, tebal dan juga berkilau alami. Sebelum menggunakan bubur jeruk pastikan tak ada luka pada kulit kepala.

Cara menebalkan rambut adalah dengan menghaluskan daging buah jeruk. Kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 1 jam baru bilas dengan air hangat dan keramas menggunakan shampo.

7. Alpukat

Buah alpukat memang sedikit mahal, tapi menggunakannya bisa menebalkan rambut dengan lebih cepat. Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan vitamin E lebih banyak dan fungsinya adalah menebalkan serta melembabkan rambut.

Cara menebalkan rambut secara alami dengan alpukat adalah haluskan buah alpukat kemudian campur sedikit minyak zaitun. Oleskan ke seluruh kepala hingga ujung rambut. Diamkan 30 menit baru bilas.

8. Menjaga asupan nutrisi tubuh

Perawatan dengan bahan alami dilakukan dari luar, tapi kamu juga tak boleh lupa untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam. Maksudnya adalah selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh yang bagus untuk menumbuhkan dan menebalkan rambut.

Nutrisi yang bagus untuk tubuh berasal dari air putih kemudian sayuran dan buah-buahan. Tubuh juga harus tetap sehat dengan cara berolahraga secara rutin setiap minggunya.

9. Daun Seledri

Tak hanya sedap untuk makanan, daun seledri juga bagus untuk kesehatan rambut. Ada antioksidan dan vitamin E yang cukup tinggi dalam daun seledri sehingga memperkuat akar rambut.

Cara menggunakannya cukup oleskan daun seledri yang sudah dihaluskan ke seluruh rambut. Gunakan sebagai masker dan diamkan selama 30 menit. Baru bilas dengan air bersih dan keramas. Cara ini bisa diulang 3 hingga 4 kali seminggu.

10. Memilih shampo

Saat ini sudah banyak shampo untuk menebalkan rambut yang terbuat dari bahan alami. Shampo ini biasanya termasuk jenis shampo herbal yang aman sehingga cocok untuk jenis rambut apapun.

Selain shampo khusus, kamu juga perlu memilih jenis shampo yang tidak mengakibatkan rambut rontok atau ketombe. Sahabat Tedas.id bisa memilih shampo yang memperkuat akar rambut atau membuat rambut berkilau.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.