Khasiat dan Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya

Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya – Khasiat lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. Terutama manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Lidah buaya merupakan bahan alami sebagai bahan alami untuk pengobatan maupun perawatan wajah.

Lidah buaya memiliki nama lain Aloe Vera. Lidah buaya memiliki khasiat yang sering digunakan dalam industri bahan baku farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman. Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak potensi untuk digunakan dalam berbagai bidang.

Kandungan Lidah Buaya

kandungan lidah buaya
Berdasarkan penelitian, lidah buaya memiliki banyak kandungan yang baik. Zat-zat yang terkandung di dalam lidah buaya antara lain enzim, asam amino, vitamin, dan polisakori, serta komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya berkhasiat sebagai bahan inflamasi, anti jamur, anti bakteri, dan mampu membantu proses regenerasi sel.

Lidah buaya juga memiliki kegunaan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Menstimulasi kekebalan tubuh dari serangan kanker, serta sebagai nutrisi pendukung penderita kanker dan HIV/AIDS.

Lidah buaya memiliki semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Dalam perawatan kulit, lidah buaya mampu melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, mengurangi peradangan kulit. Lidah buaya memiliki banyak manfaat, akan tetapi masyarakat lebih sering menggunakannya untuk mengatasi permasalahan rambut.

Khasiat Lidah Buaya untuk Rambut

lidah buaya untuk rambut
Pemanfaatan lidah buaya untuk rambut sudah menjadi hal yang paling sering diterapkan oleh banyak orang. Pemanfaatan lidah buaya sangat bagus untuk rambut, karena lidah buaya banyak mengandung asam amino dan protein.

Rambut dibentuk dari sebuah protein bernama keratin, oleh karena itu protein pada lidah buaya sangat diperlukan. Cara kerja lidah buaya dalam kesehatan rambut adalah dengan cara meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu lidah buaya juga mengandung enzim proteolitik yang mampu meregenerasi sel kulit mati di kepala.

Pada umumnya, cara menggunakan lidah buaya untuk rambut adalah dengan mengolahnya menjadi gel, setelah menjadi gel. Gel lidah buaya sebanyak dua sendok makan gel lidah buaya dicampurkan dengan satu sendok makan minyak kastor.

Setelah itu tuangkan ke telapak tangan dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan rambut yang sudah dioleskan selama semalaman, lalu cuci bersih keesokan harinya.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

1. Mencegah Rambut Rontok

Cara di atas biasanya digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Akan tetapi selain merangsang pertumbuhan rambut, lidah buaya banyak memiliki kegunaan lain, seperti mencegah rambut rontok, mencegah rambut bercabang, dan mencegah ketombe.

2. Mencegah Rambut Bercabang

Mencegah rambut bercabang dapat dengan cara mencampurkan dua sendok makan pasta bunga sepatu dengan setengah cangkir gel lidah buaya. Setelah itu, campuran tersebut dapat digunakan sebagai komisioner, dengan cara mengoleskan cairan pada rambut lalu didiamkan selama beberapa menit dan kemudian dibilas sampai bersih.

3. Melawan Infeksi jamur

Lidah buaya memiliki agen anti mikroba dan anti bakteri yang dapat melawan infeksi jamur. Hal ini dapat membuat lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe. Lidah buaya dapat menghidrasi kulit kepala sehingga dapat mengurangi kadar minyak sehingga ketombe pun hilang.

4. Meluruskan Rambut

Khasiat yang tidak kalah luar biasa dari lidah buaya untuk rambut adalah meluruskan rambut. Biasanya orang-orang meluruskan rambut dengan alat catok. Panas pada alat catok dapat merusak rambut. Rambut yang terkena panas dari alat catokan akan menjadi kering, bercabang, dan mudah patah. Hasil catokan pun tidak akan tahan lama, rambut yang lurus akan menjadi bergelombang kembali.

Tidak hanya menggunakan catokan, teknik seperti smoothing dan rebonding juga tidak tahan lama dan dapat merusak rambut dan tidak dapat membuat rambut lurus tahan lama. Kendala-kendala seperti ini tidak akan terjadi apabila menggunakan lidah buaya untuk meluruskan rambut.

Lidah buaya dapat menjadi solusi agar rambut menjadi lurus tanpa efek yang dapat merusak rambut. Lidah buaya dipercaya dapat meluruskan rambut dengan harga yang sangat terjangkau, dan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Lidah buaya akan melembabkan rambut sehingga rambut menjadi halus dan lurus.

Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya

cara menggunakan lidah buaya untuk rambut

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya dapat dilakukan dengan cara berikut. Pertama, siapkan sebatang lidah buaya, kemudian kupas kulitnya. Kedua, pisahkan gel dari kulit lidah buaya dan sisihkan di dalam sebuah wadah.

Ketiga, Campurkan gel lidah buaya dengan satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kelapa. Selanjutnya, oleskan campuran gel pada akar rambut hingga ujung rambut. Diamkan selama 40 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga  9 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Ini Sangat Mudah

Selain dengan minyak zaitun dan minyak kelapa. Untuk meluruskan rambut, lidah buaya dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lain, seperti Biji Rami, Minyak Esensial, dan madu. Biji Rami memiliki kandungan omega 3 dan vitamin E yang membantu pertumbuhan folikel rambut menjadi sehat dan kuat.

Minyak esensial yang dicampurkan dengan lidah buaya akan membuat rambut menjadi lembab dan lurus. Sedangkan campuran lidah buaya dan madu memberikan efek conditioning yang lebih menyerap, sehingga rambut menjadi lembut dan lurus.

Penggunaan lidah buaya untuk rambut terutama meluruskan rambut adalah solusi alami yang dapat menjaga kesehatan rambut. Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya seperti yang dijelaskan di atas dapat di praktekan di rumah.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

One thought on “Khasiat dan Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya

  • Avatar
    10-08-2020 at 11:51 am
    Permalink

    Pemakaiannya cukup 1x saja atau berapa kali dalam seminggu ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *