Makeup

Sudah Tahu Apa itu Pelembab Wajah? Yuk Cari Tahu

Pelembab kerap digembar-gemborkan menjadi produk skin care yang paling penting. Apa itu pelembab yang sering disebut-sebut sebagai moisturizer?

Eitss jangan salah, karena kedua bahan tersebut berbeda. Sayangnya masih banyak wanita yang menganggap pelembab dan moisturizer itu sama padahal beda sama sekali. 

Buat kamu yang masih memilih produk skin care, harus tahu apa perbedaannya agar tidak salah.

Kenali juga produk pelembab apa saja dan seperti apa wujudnya yang cocok untuk kulit. 

Kenali Bedanya Pelembab dan Moisturizer

Pelembab moisturizer adalah dua jenis produk yang pasti sudah sangat familiar.

Sebuah merk skin care yang bagus pasti akan membedakan kedua produk ini. 

Secara fungsi, pelembab adalah bahan yang akan bekerja untuk melindungi kulit dari polusi serta mencegah agar air di lapisan kulit tidak menguap. 

Cara kerja pelembab adalah dengan membentuk lapisan pada permukaan kulit sehingga menjadi sebuah pelindung. Lapisannya juga mengisi retakan lapisan sel kulit. 

Kulit yang sudah menggunakan pelembab akan menjadi lebih halus serta lembut dan berkurang rasa gatal akibat polusi. 

Berbeda dengan pelembab, moisturizer memiliki fungsi untuk membuat kulit lebih terhidrasi sehingga menjadi lembab. Moisturizer juga akan menjaga kelembaban di kulit. 

Jika kamu memiliki kulit yang dehidrasi maka manfaat moisturizer ini akan lebih terasa. Demi memenuhi manfaatnya tersebut, moisturizer memiliki beberapa kandungan. 

Mulai dari lidah buaya, urea, hyaluronic acid, PCA, lactic acid yang juga beberapa diantaranya ada pada pelembab. 

Sedangkan isi dari pelembab sendiri adalah bahan yang sifatnya emolien sehingga mampu mengisi celah sel di lapisan kulit. 

Contoh bahan emolien yang kerap digunakan antara lain minyak, butter, lipid, ceramide, asam lemak dan masih banyak lagi. 

Kini sudah tahu bukan perbedaan keduanya, lalu mana yang cocok untuk kulit kamu pelembab atau moisturizer? Supaya tidak bingung kamu bisa simak pilihan produknya. 

Macam Macam Pelembab Wajah dan Moisturizer yang Populer

Jika masih bingung untuk membedakan pelembab dan moisturizer kamu bisa mengecek dari bentuk bahannya. Pelembab memiliki tekstur yang lebih berat dan moisturizer ringan. 

Khusus pelembab wajah akan lebih aman jika kamu menggunakannya di pagi dan malam hari sesuai dengan jenis produknya. Sedangkan moisturizer hanya ketika kulit kering. 

Pada siang hari, pelembab akan melindungi kulitmu dari sinar UV sedangkan malam hari akan bekerja untuk menutrisi kulit.

Oleh karena itu pelembab juga dapat mencerahkan kulit dan mengatasi masalah lainnya. 

Jika ingin lebih aman, sebaiknya produk pelembab wajah yang harus lebih siap sedia selalu. Pelembab memiliki lebih banyak manfaat dan jenis produknya lebih banyak. 

Berikut ini jenis jenis pelembab wajah serta moisturizer yang banyak beredar di pasaran dan telah dipilih yang terbaik. 

  • Garnier Sakura White

 garnier
Image: kamini.id

Produk pelembab muka yang satu ini sangat direkomendasikan karena sangat terjangkau dari segi harga. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari 20 ribuan saja. 

Ada dua manfaat yang diperoleh yaitu melindungi dan juga mencerahkan wajah secara teratur. Setelah digunakan kulit jadi akan lebih lembab serta lembut. 

Kamu yang tadinya memiliki wajah kusam bisa tampil lebih merona dengan produk ini.

Kandungannya sendiri adalah whitening serum cream yang mengubah wajah jadi glowing. 

Harum sakuranya akan sangat terasa ketika kamu membuka tutup kemasannya.

Hal ini karena adanya kandungan ekstrak alami sakura Jepang yang 5 kali lebih banyak. 

Kandungan yang tak kalah penting lainnya seperti vitamin serta SPF 21/PA+++ ini bisa melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Flek hitam pun bisa dicegah. 

  • Mineral Botanica Day Cream 

Mineral Botanica Day Cream
Image: review.soco.id

Kalau jenis pelembab wajah lebih mahal, tapi manfaatnya untuk membuat wajah tampak lebih putih sangat cepat. Krim pagi ini wajib kamu gunakan sebelum aktivitas harian. 

Kandungan krim pelembab antara lain ekstrak licorice serta arbutin yang dipercaya dapat mencerahkan wajah.

Kemampuannya untuk melindungi kulit wajah cukup baik karena adanya kandungan UV protection. 

Ada juga antioksidan yang menjaga kulit terhindar dari radikal bebas. Melihat semua kandungannya, sangat baik jika kamu yang kerap aktivitas harian di luar menggunakannya. 

  • Kiehl’s Age Defender 

Image: lovebeaubelles.files.wordpress.com

Pelembab wajah yang cocok digunakan oleh kaum pria ini memang produk luar, tapi manfaatnya sangat luar biasa. Meskipun disebut dengan moisturizer tapi fungsinya adalah pelembab. 

Ada dua fungsi yang diberikan yaitu menjaga kelembaban kulit sekaligus mencegah penuaan. Mulai dari kerutan atau garis halus di wajah tidak akan cepat muncul. 

Mengapa khusus pria? Karena formulasinya yang pas untuk jenis kulit kasar serta tebal. Pelembab ini bisa meresap sampai ke lapisan kulit sangat efektif. 

Jika kulit kamu tadinya terasa kasar, setelah rutin menggunakannya akan berubah menjadi lebih halus. 

  • The Face Shop Jeju Aloe 99%

Image: lovebeaubelles.files.wordpress.com

Jika kamu sudah paham dengan apa itu pelembab, pasti sudah bisa menebak produk apakah ini. Yup, The Face Shop Jeju Aloe ini adalah produk moisturizer yang bentuknya gel. 

Pada tahun 2020-2021 an produk gel aloe vera dari Korea Selatan begitu booming, nah fungsinya sendiri adalah sebagai moisturizer.

Tidak hanya untuk wajah, gel ini juga cocok digunakan di area kulit lainnya. 

Contohnya saja bagian leher, tangan atau area kulit yang kerap terasa panas. Mengingat kandungannya adalah 99% aloe vera artinya produk ini sangat aman. 

Kamu bisa juga lho menggunakannya sebelum tidur. Ketika digunakan kulit akan terasa dingin dan tidak lengket sama sekali. 

Jika kamu memiliki masalah kulit bersisik sebelum menggunakan cream pelembab wajah lebih baik menggunakan produk ini. 

  • Laneige Water Bank Gel Cream 

Image: www.andiani.net

Bukan krim pelembab wajah, kamu bisa menggunakan produk ini untuk melembabkan dan menjaga kelembaban wajah. 

Cara kerja dari produk ini adalah dengan meningkatkan produksi faktor faktor yang membuat wajah lembab. Kelembaban pun akan lebih terjaga seharian. 

Memang sih agak sedikit mahal, tapi jika kamu menggunakan produk ini kulit akan terhidrasi lebih cepat. Kamu juga bisa memiliki kulit yang lebih sehat. 

Jika menggunakan rangkaian produk dari Laneige lainnya maka perawatan kulit pun jadi makin sempurna. 

  • Erhalogy Skin Barrier 

Image: review.soco.id

Pelembab kulit wajah yang dirancang khusus untuk jenis kulit sensitif dan juga kering. Kandungannya pun sedikit berbeda seperti zinc PCA, PHA sampai dengan ceramide complex. 

Kandungan vitamin E nya juga cukup tinggi sehingga bekerja sempurna sebagai molekul antioksidan. Fungsi lapisan kulit akan kembali lebih kuat. 

Mengingat cocok untuk kulit sensitif maka Erhalogy Skin Barrier ini tidak mengandung pewangi, pewarna dan juga paraben. Harganya sekitar 80 ribu rupiah. 

  •  Cetaphil Moisturizing Cream 

Image: hdmall.id

Kamu pasti sudah sering mendengar merk Cetaphil sebagai sabun untuk kulit sensitif. Merk ini juga mengeluarkan produk pelembab untuk wajah yang sensitif. 

Jika tidak menemukan produk sebelumnya, kamu bisa memilih Cetaphil yang banyak dijual. Kemampuannya sendiri sudah dipercaya mengingat jenis kandungannya. 

Seperti almond oil yang akan bekerja penuh sebagai pelembab. Kemudian ada juga glycerin, dicaprylyl ether, tocopherol dan sodium hydroxide

Setelah rutin menggunakan Cetaphil ini kamu akan merasakan kulit yang lebih halus, lembut serta terlindungi. Untuk bisa menggunakannya kamu perlu membeli seharga 500 ribuan. 

  • Clean and Clear Hydrating Gel 

Image: www.lazada.co.id

Sama seperti Cetaphil, Clean and Clear adalah produk yang terkenal dengan face wash.

Namun selain produk tersebut ada juga moisturizer yang aman digunakan. 

Berbentuk gel namun sangat mudah meresap ke dalam kulit dan terasa sangat ringan.

Ada kandungan ekstrak mentimun serta mangga muda yang membuat lebih segar. 

Berfungsi untuk melembabkan, kandungan utamanya semua terbuat dari air dan bukan minyak. Jadi ketika menggunakan wajah bebas lengket. 

  • Olay Total Effect Cream 

Pelembab krim yang cukup melegenda di Indonesia ini tentu sudah kamu kenal bukan.

Olay Total effect Cream merupakan krim siang yang bisa mengurangi tujuh penuaan dini. 

Banyak sekali fungsinya seperti menyamarkan pori yang lebar, meratakan warna kulit sampai membuat tekstur wajah jauh lebih halus. 

Kandungannya SPF 15 bisa membuat wajah terlindungi dari sinar matahari langsung.

Rutin menggunakan pelembab yang aman ini akan membuat kulit lebih bersinar. 

Formulasinya tidak akan menyumbat pori pori sehingga menghindari pertumbuhan jerawat.

Kamu tinggal mengoleskan saja pelembab yang aman untuk wajah ini di pagi hari. 

Tidak bingung lagi bukan soal apa itu pelembab dan moisturizer lengkap dengan produk apa yang sebaiknya digunakan. Yuk langsung beli produknya. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button