11 Kumpulan Nama Alat Make Up Wanita dan Fungsinya

Alat Make Up Wanita – Bagi sebagian wanita, makeup tidak bisa lepas dari mereka sebab semua wanita pasti ingin tampil cantik setiap saat. Alat make up sudah seperti sebagai kebutuhan bagi orang wanita.

Dulu memang wanita hanya akan merias wajahnya apabila ada suatu acara yang penting. Seperti undangan, arisan ibu-ibu, dan lain-lain. Namun kini, merias wajah atau berdandan sudah banyak kita temui. Seperti saat sekolah, kuliah, pergi ke kantor, bahkan ke pasar sekaligus.

Menguasai teknik bermakeup yang benar sebenarnya tidak hanya berguna untuk menyembunyi kan kekurangan pada wajah, namun jika bermake up dengan benar maka kecantikan lah yang akan kita dapatkan. Dengan banyaknya tutorial bermakeup di internet maupun beauty vlogger yang semakin meningkat di YouTube, membuat para wanita semakin antusias untuk merias wajah mereka.

Tak hanya membuat semakin antusias. Namun, para wanita yang sebelumnya tidak suka untuk merias wajahnya, kini menjadi tertarik untuk mencoba bermakeup. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan
ketika pemula mencoba untuk bermakeup? Tentu saja paling tidak harus mengetahui nama-nama alat make up atau produk kosmetik yang akan digunakan. Lalu, apa saja alat make up wanita?

11 Nama Alat Make Up Wanita Lengkap

alat make up lengkap
Alat make up atau produk yang kita gunakan tentunya juga yang mempengaruhi hasil makeup kita. Ada beberapa hal tentang alat makeup yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang baru mencoba untuk merias wajah anda. Jika anda tertarik untuk merias wajah anda namun anda masih belum mengerti apa saja peralatan make up dan juga fungsinya, berikut dibawah ini adalah beberapa alat make up wanita lengkap.

1. Foundation

Foundation adalah salah satu alat make up pemula yang wajib dimiliki oleh wanita. Foundation biasanya dipakai menggunakan foundation brush atau alat untuk mengaplikasikannya pada kulit wajah wanita.

Jadi dengan menggunakan Foundation brush, kita tidak perlu mengaplikasikan foundation dengan tangan kosong atau jari yang belum tentu steril. Penggunaan foundation brush juga berguna untuk meratakan foundation pada kulit dengan baik dan juga bisa merata.

Baca Juga  Macam Macam Produk Wardah untuk Berbagai Jenis Kulit

Foundation untuk menyamakan warna kulit anda. sehingga ketika anda bahwa mereka tidak memberikan hasil yang beda warna. Untuk permulaan, anda bisa memilih foundation dengan formula yang ringan.

Foundation selain digunakan untuk menyamarkan kekurangan warna kulit juga berguna sebagai alas bedak. Hal ini karena foundation menjadi dasar dari pengaplikasian alat make up lainnya seperti bedak. Bisa dibilang foundation ini adalah pondasi awal dari make up di kulit wajah kita.

2. Primer

Selain menggunakan foundation, kita juga bisa loh menggunakan primer sebagai dasar ketika kita ingin bermakeup. Terkadang primer juga bisa dipadukan dengan foundation sehingga bisa membuat permukaan kulit kita menjadi lebih halus agar foundation bisa diaplikasikan secara maksimal.

Selain itu, alat make up ini juga bisa menutup pori-pori yang membesar pada wajah anda. Primer juga merupakan salah satu peralatan make up esensial yang tidak bisa dilewatkan bagi setiap wanita. Tentu saja alat make up yang satu ini menjadi buruan bagi para perempuan terutama ketika sedang ada diskon. Sama seperti peralatan make up lainnya, primer ini juga mempunyai beragam jenis dengan berbagai keunggulannya masing-masing.

Sayangnya primer ini sering diabaikan oleh wanita padahal primer ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga kegunaan yang bisa membantu kita dalam melindungi wajah dari paparan alat make up lainnya secara langsung.

Primer menjadi pelapis atau pembatas bagi kulit wajah dengan foundation yang akan diaplikasikan pada kulit wajah. Ini tentu saja berguna bagi kita yang baru saja ingin mencoba foundation namun belum mengerti apakah foundation tersebut cocok dengan kulit wajah kita atau tidak. Dengan memakai primer tentu saja kita tidak perlu takut karena foundation ini tidak akan langsung masuk pada lapisan kulit wajah kita.

3. Bedak

peralatan make upBedak merupakan produk kosmetik atau alat make up untuk pemula yang wajib anda miliki sebagai wanita. Dengan penggunaan nya yang praktis dan bisa anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Bedak juga sangat disarankan bagi anda yang memiliki wajah yang berminyak.

Bedak juga menjadi senjata penting yang wajib anda miliki ketika ingin berdandan. Bedak berguna untuk menyempurnakan dan juga menutupi berbagai kekurangan yang ada pada kulit wajah kita. Karena fungsinya yang penting ini, bedak tidak pernah dilewatkan oleh semua wanita ketika ingin bermake up.

Baca Juga  Luar Biasa, Ini 6 Manfaat Bedak Marcks dan Harganya

Agar bisa mendapatkan penampilan yang sempurna dan mempesona tentu saja alat make up yang satu ini tidak boleh kita lewatkan. Namun dalam memilih bedak ini anda tidak boleh sembarangan ya, sebab ada banyak sekali jenis bedak mulai dari bedak padat hingga bedak cair.

Banyak dari para ahli rias yang menyarankan penggunaan bedak sebelum mengaplikasikan alat make up yang lainnya. Ya bisa dibilang bedak digunakan ketika kita selesai mengaplikasikan foundation atau primer pada kulit wajah kita. Setelah itu baru ditambahi dengan berbagai macam alat make up lainnya seperti eyeliner dan lain-lain.

4. Concealer

Concealer adalah salah satu peralatan make up yang berguna untuk menutupi kekurangan di bagian wajah kita. Concealer bisa membuat kulit wajah kita menjadi lebih halus dan mulus ketika kita mengaplikasikannya pada kulit wajah. Alat make up yang satu ini banyak digunakan oleh wanita karena cocok digunakan untuk berbagai macam jenis kulit. Mulai dari kulit berminyak, kulit kering hingga kulit berjerawat.

Concealer bisa anda gunakan untuk menyamarkan bercak-bercak di wajah anda. Concealer mempunyai dua jenis, yaitu eye dan face concealer. Eye concealer berguna untuk melembutkan garis-garis pada bawah mata, sedangkan face concealer berguna untuk menutupi noda dan perubahan pada wajah anda.

Sebenarnya fungsi dari Concealer hampir sama seperti dengan foundation, namun formula dari Concealer ini lebih kental sehingga bisa dipakai untuk menutupi berbagai macam jenis noda di wajah seperti bekas jerawat, pori-pori yang besar, noda hitam dan segala jenis noda lainnya yang terlihat pada wajah.

Fungsi lain dari Concealer adalah bisa digunakan untuk penegas dari bentuk wajah. Misalnya digunakan di sepanjang garis bibir sebelum menggunakan lipstik, Concealer berguna untuk menegaskan bentuk bibir entah itu membuat bibir menjadi terlihat lebih tebal atau lebih tipis.

5. Blush On

Blush on merupakan salah satu alat make up yang paling banyak dipakai oleh wanita. Apalagi bagi wanita kantoran, tentu saja Blush on bisa membantu mereka agar tampil perfect dan juga mengesankan ketika bekerja. Sedangkan bagi para wanita rumahan, Blush on berguna untuk memberikan kesan rona yang segar dan juga alami pada bagian pipi.

Alasan lain kenapa alat make up yang satu ini banyak dipakai oleh wanita adalah karena Blush on bisa membantu dalam membentuk tulang pipi wanita. Dengan memakai Blush on, tentu saja tulang pipi lebih tampak di bagian wajah. Banyak juga yang menggunakan Blush on untuk membentuk kesan tirus atau proporsional pada wajah.

Baca Juga  Walau Mungil, Ini 5 Manfaat Tender Care untuk Kecantikan

Setelah anda menggunakan berbagai macam kombinasi make up, anda juga bisa menambahkan sedikit rona pipi tipis dengan Blush on agar kecantikan anda menjadi lebih lengkap. Setidaknya anda harus selalu sedia Blush on agar bisa membentuk rona pipi dan terhindar dari wajah yang kelihatan kusam serta pucat.

Blush on bisa membuat wajah anda terlihat cerah berseri-seri. Bagi anda yang baru memulai untuk merias wajah alat make up untuk pemula ini juga wajib anda miliki, pilih powder blush dengan warna coral, light pink, atau peach untuk kulit putih, atau plum, rose, dan warna-warna tua untuk kulit yang lebih gelap. Selain itu, warna sesuai dengan warna kulit Anda sehingga dapat membuat pipi dan rahang terlihat lebih bagus.

6. Lipstik

alat make up pemula

Pada dasarnya Lipstik ini dipakai agar tampilan bibir bisa menjadi lebih sempurna. Dengan sedikit polesan Lipstik pada bibir tentu saja bisa membuat bibir menjadi lebih merona dan juga indah. Yang pasti Lipstik berguna untuk menutupi kekurangan yang ada pada bibir kita seperti bibir yang pucat dan gelap, nah Lipstik berguna untuk merubahnya menjadi lebih segar dan merona.

Lipstik juga berguna untuk membuat bibir menjadi terlihat lebih bervolume atau terlihat lebih tebal dengan cara mengaplikasikan alat make up ini satu garis diatas atau diluar bibir alami kita.
Lipstik bisa membuat bibir anda terlihat lebih segar.

Bagi anda yang pemula, pilih lah warna yang lebih gelap dari warna bibir anda. Secara bertahap, anda bisa memilih warna yang lebih kuat. Dengan warna yang kuat bisa membuat wajah anda berubah total.

7. Eye shadow

Alat make up berikutnya yang wajib dimiliki oleh wanita adalah Eye shadow. Bagi anda yang suka merias wajah terutama bagian mata tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Eye shadow. Bagi sebagian orang Eyeshadow menjadi salah satu makeup essential yang wajib dibawa kemana-mana mereka pergi.

Cara pengaplikasian Eye shadow ini sebenarnya hampir sama seperti pengaplikasian eyeliner. Yaitu sebelum kita memakai alat make up ini, sebaiknya kita basahkan dulu kuas dari Eyeshadow supaya teksturnya menjadi lebih padat dan juga pekat. Kemudian anda bubuhkan Eyeshadow di bagian garis mata sampai ke ujung, dan gunakan seperti bagaimana anda menggunakan eyeliner.

Eye shadow juga bisa digunakan untuk memperhalus kelopak mata karena memiliki manfat untuk menetralisir kelopak mata yang kering atau berminyak. Bagi kita yang merias wajah tapi tidak menggunakan Eye shadow tentu saja kelopak mata malah akan terlihat berkerut dan juga kering. Nah disinilah fungsi dari Eye shadow.

8. Beauty Blender

alat make up untuk pemula

Beauty Blender adalah alat make up untuk pemula yang berbentuk seperti telur yang terbuat dari spon atau busa. Fungsi dari Beauty Blender ini adalah sebagai alat untuk mengaplikasikan foundation di wajah. Bagi anda yang masih pemula, sebaiknya anda gunakan Beauty Blender yang berbentuk seperti telur.

Hal ini karena bagian bawah dari Beauty Blender ini bisa anda gunakan untuk mengaplikasikan pada wajah yang luas seperti kening dan juga pipi.

Sedangkan pada bagian Beauty Blender yang berbentuk runcing atau lancip ini bisa anda pakai untuk bagian-bagian wajah yang susah dijangkau. Sebenarnya cara menggunakan alat make up ini sangat mudah sekali. Anda hanya perlu membasahi terlebih dahulu Beauty Blender dan pastikan benar-benar basah ya.

Baca Juga  Tak Perlu Buang Uang, Ini Cara Memerahkan Bibir Dengan Odol

Kemudian tuangkan foundation ke spon ini dan terakhir tinggal oleskan pada bagian wajah. Meskipun sangat mudah, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara penggunaan alat make up ini secara baik dan benar.

Banyak yang menggunakan Beauty Blender dengan cara menyeret di bagian wajah. Padahal hal tersebut malah bisa merusak tekstur dari Beauty Blender itu sendiri. Cara terbaik dalam menggunakan Beauty Blender adalah dengan cara menepuk pelan ke bagian wajah.

9. Eyeliner

Mata tentu saja menjadi area yang sangat penting dalam merias wajah. Karena percuma memiliki make up yang cantik tapi tidak diikuti dengan riasan yang indah pada bagian mata. Dengan mata yang cantik dan indah tentu saja membuat make up kita menjadi lebih sempurna. Nah salah satu alat make up untuk mata adalah Eyeliner.

Eyeliner berguna untuk menegaskan dan juga membesarkan bentuk mata kita. Selain itu penggunaan dari Eyeliner pada mata juga berguna untuk menambahkan aksen di kelopak mata kita. Kita hanya tinggal membentuk Eyeliner sesuai dengan tema make up yang kita inginkan, dengan begitu mata kita akan berubah menjadi tambah cantik dengan Eyeliner.

Fungsi lain dari penggunaan alat make up ini adalah bisa membuat garis mata menjadi lebih tegas. Ketika kita menggunakan eyeshadow tentu saja jika dipadukan dengan Eyeliner akan membuat warna dari eyeshadow menjadi lebih menawan dan indah. Walaupun sebenarnya bentuk mata juga bisa lebih tegas jika hanya menggunakan Eyeliner tanpa eyeshadow.

Bagi anda yang memiliki mata sayu, sebenarnya anda bisa kok mengatasi masalah tersebut dengan pemakaian Eyeliner. Karena fungsi dasar dari Eyeliner ini adalah untuk menutupi mata yang tampak lelah serta kurang tidur.

10. Maskara

alat make up pemula

Setiap wanita tentu saja ingin memiliki bulu mata yang tebal, lentik dan juga panjang. Nah untuk mendapatkan bulu mata yang seperti ini tentu saja dibutuhkan alat make up Maskara. Daripada menggunakan bulu mata palsu, penggunaan maskara lebih mudah dan juga lebih dianjurkan bagi wanita yang ingin mendapatkan bulu mata yang panjang, tebal dan lentik.

Penggunaan Maskara yang sangat mudah membuat alat make up ini menjadi pilihan dan favorit bagi setiap wanita. Kita hanya tinggal menyapukan atau mengoleskan Maskara di bulu mata ketika semua kombinasi make up sudah selesai.

Baca Juga  5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Maskara berguna untuk semakin membuat tampilan kita menjadi lebih sempurna. Dengan make up yang natural, bibir yang merah merona, pipi yang merah tentu saja akan lebih sempurna dengan alis yang tebal dari penggunaan Maskara.

Selain bisa menebalkan dan juga memanjangkan bulu mata, penggunaan Maskara juga bisa loh bermanfaat untuk melembabkan bulu mata. Agar bisa mendapatkan bulu mata yang lembab dibutuhkan jenis maskara yang bening atau tidak berwarna. Berbeda dengan warna Maskara lainnya yang kebanyakan berwarna hitam, namun mengingat fungsi dari Maskara yang satu ini untuk melembabkan bulu mata dirasa warna bening sudah cukup.

11. Pensil Alis

Alat make up terakhir yang wajib dimiliki oleh wanita adalah Pensil Alis. Selain memiliki bulu mata yang panjang, tebal dan lentik tentu saja semua wanita juga ingin memiliki alis yang tebal dan juga proporsional. Untuk bisa mendapatkan bentuk alis yang sempurna kita bisa kok membentuknya dengan menggunakan Pensil Alis.

Selain itu terkadang pada produk Pensil Alis juga terdapat juga sisir alis yang berguna untuk merapikan terlebih dahulu alis kita. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan pensil alis, kita bisa menyisirnya terlebih dahulu. Fungsi lain dari menyisir alis sebelum diaplikasikan pensil alis adalah untuk membaurkan alis supaya hasilnya tetap terlihat natural dan smooth.

Namun dalam penggunaan pensil alis ini sebaiknya anda harus banyak berlatih dan jangan asal-asalan. Sebab jika anda menggunakan pensil alis secara asal-asalan, hasilnya tentu saja tidak akan proporsional antara alis bagian kanan dan juga alis bagian kiri. Anda bisa mulai belajar menggunakan alat make up yang satu ini melalui tutorial dari para beauty vlogger yang ada di Youtube.

Itulah beberapa alat makeup lengkap yang wajib dimiliki oleh para wanita. Jika anda baru tertarik untuk merias wajah anda, maka barang-barang di atas wajib anda miliki dan selalu dibawa kemana-mana dalam tas make up anda. Semoga bermanfaat.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *