Mengenal 3 Pakaian Adat Kalimantan Barat dan Keunikannya

Pakaian Adat Kalimantan Barat – Ada banyak wilayah yang terbagi di seluruh Indonesia. Seluruh wilayah yang ada di Indonesia ini bahkan merupakan sebuah wilayah yang memiliki berbagai potensi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi.

Di Indonesia juga menyediakan begitu banyak suku yang bervariasi dengan keunikannya tersendiri yang bisa Anda temukan di dalamnya.

Mengenal Kebudayaan di Kalimantan Barat

pakaian adat kalimantan baratImages By: Infosoalpelajaran

Nah, untuk salah satu Provinsi yang menarik untuk dibahas adalah Provinsi Kalimantan Barat. Kalimantan Barat memiliki asal-usul yang sangat bervariasi.

Di mana di Kabupaten ini juga menyediakan berbagai kebudayaan-kebudayaan yang bisa dibilang sangat unik dan terbukti bahwa ada cukup banyak suku-suku yang juga ada di dalamnya. Nah, untuk salah satu suku yang paling dominan di Provinsi ini adalah Suku Dayak dan juga Suku Melayu.

Kedua suku ini memiliki keanekaragaman budaya dengan ciri khasnya tersendiri. Hal ini bisa dilihat dari pakaian adat Kalimantan Barat yang sangat bervariasi. Berbagai pakaian adat yang ada di Indonesia ini juga memiliki nilai-nilai sejarah dan juga nilai-nilai leluhur yang sangat penting.

Baca Juga  Pelurus Rambut Alami 20 Menit yang Bisa Dibuat Dirumah

Menurut sejarah pada zaman dahulu, untuk penduduk dari desa Kalimantan Barat ini sudah menggunakan pakaian adat yang bisa dibilang sangat sederhana. Untuk pakaian adat yang digunakan di Provinsi Kalimantan Barat ini akan dinamai atau disebut dengan King Baba dan juga King Bibinge.

Untuk pakaian adat Kalimantan Barat ini memang akan selalu digunakan oleh seluruh masyarakat yang ada di Provisni ini. Bahkan dikenakan oleh seluruh masyarakat apabila mereka akan menjalankan sejumlah aktivitas setiap harinya.

Beberapa aktivitas yang bahkan akan sering dilakukan oleh beberapa masyarakatnya sendiri diantaranya seperti bertani, berburu, maupun ketika akan ada perayaan upacara adat yang wajib menggunakan pakaian adat sendiri.

Ulasan Tentang 3 Pakaian Adat Kalimantan Barat

baju adat kalimantan barat

Images By: Idntimes

Untuk nama dari baju adat Kalimantan Barat ini akan terbagi menjadi 3 berdasarkan masyarakat yang akan menggunakannya. Ada pakaian yang memang digunakan untuk laki-laki maupun pakaian yang akan digunakan untuk perempuan. Kedua pakaian ini pastinya akan berbeda-beda. Nah, untuk nama dari masing-masing pakaian adat ini diantarnya adalah:

1. Pakaian Adat untuk Laki-Laki Suku Dayak

Untuk pakaian adat Kalimantan Barat laki-laki akan diberi nama yaitu King Baba. Tentunya nama dari pakaian ini akan memiliki makna. Di mana King ini artinya pakaian dan Baba yang memiliki arti laki-laki untuk disematkan pada Bahasa Dayak. Sedangkan untuk bahan yang dibuat pada pakaian adat lak-laki Suku Dayak ini akan berasal dari kulit tanaman ampuro atau yang juga disebut dengan kayu kapuo.

Kayu dari tumbuhan endemik yang ada di Kalimantan juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Untuk pembuatannya akan dilalui secara bertahap mulai dari kulit kayu ampuro yang nantinya akan dipukul-pukul menggunakan palu bulat di dalam air sampai hanya disisakan seratnya saja.

2. Pakaian Adat untuk Wanita Suku Dayak

Selain pakaian untuk laki-laki, tentunya juga akan ada pakaian adat Kalimantan Barat yang nantinya digunakan oleh para wanita khususnya suku Dayak. Untuk sebuah proses pembuatan pakaian ini tidak akan jauh berbeda dengan pembuatan pakaian adat yang bisa digunakan oleh laki-laki.

Hanya saja, untuk desain yang ada pada pakaian adat yang akan digunakan wanita jauh lebih sopan. Pakaian yang akan digunakan untuk para wanita ini sendiri akan menutupi dada, menggunakan stagen, menggunakan kain bawahan dan juga menggunakan beberapa hiasan seperti manik-manik.

Hiasan yang akan diletakkan pada pakaian adat untuk wanita ini juga tersedia pada ikat kepala yang memiliki bentuk segitiga. Bahkan ikat kepala yang akan digunakan oleh para wanita yang ada di Kalimantan Barat ini juga terbuat dari bulu burung enggang. Sedangkan untuk perhiasan lain yang biasanya digunakan adalah gelang tangan yang juga masih terbuat dari pintalan oleh akar tanaman.

Baca Juga  11 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang Masih Ada

3. Pakaian Adat Melayu

Dikatakan bahwa di Kalimantan Barat ini akan ada 2 jenis suku yang berbeda. Jika suku sebelumnya adalah Suku Dayak, nah saat ini yang bisa Anda pelajari adalah Suku Melayu.

Di mana Suku Melayu ini juga merupakan salah satu suku yang cukup banyak dari Sambas dan dikenal sebagai pakaian adat Melayu yang ada di daerah lain.

Apa Sajakah Perubahan Pakaian Adat di Kalimantan Barat?

contoh pakaian adat kalimantan barat

Images By: Bacahits

Seiring dengan berjalannya waktu, ada cukup banyak keunikan pakaian adat Kalimantan Barat. Di mana ada banyak orang yang mencoba berbagai jenis pakaian lain yang bisa dibilang jauh lebih nyaman.

Bahkan ada juga beberapa bahan yang cenderung panas dan juga kurang nyaman untuk Anda gunakan. Kemajuan akan peradaban yang ada di Kalimantan Barat ini memang cukup berpengaruh pada identitas pakaian yang digunakan. Namun, hal  unik pakaian adat Kalimantan Barat ini tidak akan mengubah dari bentuk aslinya, di mana memiliki sejumlah nilai leluhur yang wajib dilestarikan dan diantaranya adalah:

• Bulang Buri dan King Buri

Bulang Buri dan King Buri yang merupakan salah satu bahan yang terbuat dari buri atau kulit binatang. Untuk kulit dari binatang yang akan digunakan ini adalah sejenis kerang laut yang kecil dan juga keras.

• Pakaian King Kabo

Pakaian King Kabo yang merupakan sebuah nama yang juga berasal dari hantu raksasa atau geregasi yang cukup tinggi dan juga besar. Bahan ini juga digunakan dari kulit kayu yang berupa cawat dengan sebuah hiasan manik-manik maupun pita-pita rumbai.

Bahannya juga bersumber dari Brunei atau Kain Sungkit Brunei yang memiliki ukuran panjang 1 meter. Sedangkan untuk cawatnya bisa dibeli di Indonesia dari kain yang cukup halus baik dengan panjang sekitar 4 meter.

Baca Juga  Perjanjian Bongaya: Cara Belanda Lemahkan Kesultanan Gowa

• Pakaian King Tompang

Pakaian King Tompang yang juga merupakan pakaian unik yang ada di Kalimantan Barat. Pakaian ini terdiri dari kain polos dengan warna hitam maupun biru yang dikenal semenjak adanya interaksi dengan orang Melayu.

Adapun beberapa bahan lain yaitu bahan dengan warna merah yang digunakan sebagai pita sekaligus benang-benang yang terbuat dari beberapa jenis kain warna-warni.

• Pakaian Indulu Manik

Pakaian Indulu Manik yang juga memiliki bahan pokok yang terbuat dari manik-manik galus yang diperoleh dari negara tetangga ytaitu dari Malaysia Timur yang juga akan ditempelkan sebagai sebuah hiasan.

• Buang Kuureng

Buang Kuureng yang juga merupakan pakaian dengan 2 jenis baik kuurung sapek tangan, baju lengan pendek dan juga kuurung langke tangan. Baju kurung yang memiliki lengan panjang. Kedua pakaian ini nantinya akan menggunakan kain dengan bahan beludru.

Jadi, itulah sejumlah pakaian adat Kalimantan Barat yang memiliki berbagai pilihan jenis pakaian yang saat ini juga masih sangat dilestarikan dan juga memiliki keunikan tersendiri. Apalagi kedua pakaian yang masih dilestarikan baik Kung Baba dan juga King Bibinge. Untuk pakaian yang akan digunakan khususnya untuk Suku Dayak yang bertempat tinggal di Pedalaman dan juga bertahan hidup dengan nomaden.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *