Baju Adat Sumatera Barat dan Jenis-Jenis Aksesorisnya

Baju Adat Sumatera Barat – Negara Indonesia memang dikenal memiliki sejarah dan kebudayaan yang sangat kental hingga saat ini, dan Negara tercinta ini terdiri dari berbagai macam suku dan tentunya masing-masing suku maupun daerah memiliki baju adat yang sangat beragam.

Sehingga kebudayaan di Negara Indonesia sangat beragam, buktinya dari sabang sampai merauke memiliki bahasa daerah masing-masing dan memiliki tradisi yang berbeda-beda pula, walaupun berbeda dalam hal tradisi akan tetapi tetap satu jiwa mencintai Negara Indonesia.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai baju adat Sumatera Barat, dimana mungkin kalian sudah mengenalnya saat dipelajaran sejarah, akan tetapi tidak ada salahnya kan Kita membahas lagi agar nantinya Kamu mengingat kembali tentang kentalnya kebudayaan di Indonesia

 

mengenal baju adat sumatera barat

Images By: The Jakarta Post

Sumatera Barat Adalah Rumah Bagi Etnis Minangkabau

Sebelum membahas ketopik utama mengenai baju adat Sumatera Barat, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu, seperti yang saya kutip dari laman Wikipedia bahwa Sumatera Barat adalah rumah bagi kebanyakan etnis dari Minangkabau.

Dan wilayah dari suku Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatra Barat dan menurut data Provinsi Sumatera Barat saat ini berpenduduknya kurang lebih sebanyak 4.846.909 jiwa dengan mayoritas penduduknya adalah beragama Islam.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Provinsi Sumatera Barat terdiri 7 kota dan12 kabupaten dengan pembagian wilayah administratifnya sesudah kecamatan di seluruh kabupaten.

Menurut sejarah suku Minangkabau ini awalnya merupakan keturunan dari Iskandar Zulkarnain yang hidup sekitar abad ke 4 SM dan nenek moyang dari suku minang tersebut merupakan Maharaja Diraja yang meruapakan saudara dari Maharaja Alif yang berasal dari negeri romawi serta Maharaja Dipang yang berasal dari negeri China.

Karakteristik Suku Minangkabau

Ternyata sama halnya dengan suku-suku lainnya di daerah Nusantara, suku minangkabau ternyata memiliki karakteristik yang khas, lalu apa sajakah karakternya? Berikut ini adalah ulasan singkatnya:

– Penganut Islam yang taat.

– Memiliki jenis kesenian yang beraneka ragam.

– Memiliki tali persaudaraan yang sangat kuat.

– Jiwa perantau yang begitu kuat.

– Kental dengan menggunakan bahasa Minangkabau.

– Adat pernikahan yang unik.

– Dll.

Sebenarnya masih banyak karakteristik suku minangkau yang belum sepenuhnya saya catat diatas akan tetapi pada intinya suku minangkabau merupakan suku yang sangat cinta pada kebudayaannya.

baju adat sumatera barat

Images By: Yuksinao.id

Nama Baju Adat Sumatera Barat dan Jenis-Jenisnya Aksesorisnya

Tahukah Anda bahwa ternyata baju adat Sumatera Barat memiliki nama dan jenis-jenisnya yang berbeda-beda sehingga baju adat Sumatera Barat memiliki tampilan yang elegan dan terlihat keren dan cocok digunakan untuk fashion, lalu apa sajakah itu?

1. Deta Atau Penutup Kepala

Salah satu bagian dari baju adat Sumatera Barat yang tidak boleh ketinggalan adalah deta atau penutup pada kepala yang biasanya digunakan dikepala yang pada umumnya terbuat dari kain berwana hitam yang dililitkan ke kepala sehingga menghasilkan banyak kerutan yang khas.

Ternyata deta adalah salah satu perlengkapan dari pakaian penghulu, dan menurut karakter deta dibedakan menjadi beberapa tingkatan.

2. Baju Penghulu

Pada umumnya baju penghulu berwana hitam dimana warna tersebut melambangkan arti dari kepemimpinan dan umumnya bahan dari kain beludru yang dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris lainnya untuk melengkapi seperti selendang dan juga tongkat.

3. Sasampian (Selendang Merah)

Aksesoris lainnya yang pada umumnya digunakan untuk melengkapkan baju penghulu adalah sasampian dimana sasampian ini adalah selendang berwarna merah dimana memiliki arti keberanian bagi seorang pemimpim yang berhiaskan benang makau.

Baca Juga  Menguntungkan, Ini 6 Resep Jajanan Unik untuk Dijual

4. Cawek (Sabuk Penghulu)

Aksesoris lainnya yang pada umumnya digunakan untuk melengkapi baju penghulu adalah cawek atau sabuk penghulu dimana digunakan sebagai ikat pinggang yang umumnya terbuat dari bahan sutra.

Dimana nantinya berfungsi untuk mengikat sebagaimana sabuk celana sarawa agar tidak terlihat longgar dan bahan sutra memiliki makna yang dalam yaitu seorang penghulu diwajibkan adil ketika memimpin dan sanggup untuk menjaga tali persaudaraan.

5. Sandang (Kain yang Berwarna Merah)

Aksesoris lainnya yang pada umumnya digunakan untuk melengkapi baju penghulu adalah sandang yaitu kain yang berwana merah yang pada umumnya diikatkan pada pinggang penghulu.

baju adat padang

Images By: Gettyimages

6. Tongkat dan Keris

Aksesoris lainnya yang pada umumnya digunakan untuk melengkapi baju penghulu adalah tongkat dan keris dimana ini merupakan senjata tradisional daerah dimana keris akan diselipikan pada pinggang.

Tongkat dan keris memiliki makna yang mendalam yaitu merupakan symbol seorang pemimpin yang harus memegang sebuah amanah besar dari rakyat dan memegang tanggungjawab besar yang perlu dijaga.

7. Tengkuluk (Penutup Kepala Mirip Kepala Kerbau)

Aksesoris lainnya yang pada umumnya digunakan untuk melengkapi baju penghulu adalah tengkuluk yaitu penutup kepala yang mirip dengan kepala hewan kerbau atau mirip bentuk dari rumah gadang.

Biasanya tengkuluk bagi kaun wanita digunakan saat mengenakan pakaian adat yang bernama Bando Kanduang, dan tengkuluk bisa digunakan sehari-hari maupun digunakan saat upacara adat berlangsung.

8. Baju Batabue

Baju adat Sumatera Barat adalah Baju Batabue yang merupakan salah satu ciri khas dari baju Bando Kanduang atau baju bertabur, baju adat ini pada umumnya diberikan hiasan dan diperindah dengan menggunakan hiasan taburan pernik benang emas.

Ternyata warna emas yang terdapat pada pernak-pernik sulaman tersebut memiliki makna tersendiri yaitu melambangkan tentang jumlah kekayaan alam yang melimpah di daerah Sumatera Barat.

Selain itu perlu Kamu ketahui bahwa baju adat Sumatera Barat ini memiliki 4 ragam warna khas, yakni warna merah, hitam, biru maupun warna lembayung.

9. Pakaian Adat Pengantin Daerah Padang

Tahukah Kamu bahwa selain pakaian adat Sumatera Barat terkenal dengan baju Bundo Kanduang dan baju penghulu, ternyata faktanya pakaian adat pengantin padang juga sangat terkenal dan biasanya digunakan saat acara pernikahan.

Ciri khas pakaian adat pengantin daerah Padang adalah berwana merah yang disertai dengan penutup kepala yang ditambahkan oleh hiasan-hiasan yang beragam jenisnya yang memperindah riasan pengantin.

Hingga sampai sekarang, baju adat pengantin daerah Padang ini masih banyak dipakai saat acara pernikahan dan agar lebih menarik dan indah saat dilihat pakaian adat Sumatera Barat ini bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman, namun tidak menghilangkan unsur kental kebudayaan aslinya

Baju adat Sumatera Barat ini merupakan sebuah simbol kebesaran untuk para wanita padang yang sudah menikah dan ternyata baju adat ini memiliki simbol bagi seorang ibu yang berperan sangat penting dalam sebuah keluarga.

Secara garis besar, baju adat Sumatera Barat Bundo Kanduang ini memiliki desain atau model yang bermacam-macam tergantung dari sub sukunya, namun yang membedakannya adalah karena adanya beberapa kelengkapan khusus semacam aksesoris yang dapat membedakannya.

Nah, sekianlah pembahasan mengenai baju adat Sumatera Barat yaitu Baju Bundo Kanduang dan semoga saja dengan mengetahuinya Kita semua dapat melestarikan kebudayaan dan dapat menceritakannya kepada anak cucu Kita nantinya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *