Bahan Baloteli: Fakta, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

Bahan Balotelly – Bahan ini adalah salah satu jenis kain yang kini paling banyak digunakan untuk material dasar pembuatan gamis syari.

Alasan pemilihan bahan ini dalam pembuatan gamis tentu saja tak lain karena balotelly memiliki keunggulan dibanding bahan lainnya, seperti polyester dan wolfis.

Apa saja keunggulan dan karakteristik dari kain ini? Kita akan cari tahu lebih dalam tentang 8 fakta balotelly lewat artikel ini. Siap membaca?

Daftar Isi buka

Fakta Fakta Kain Baloteli

Fakta Fakta Kain Baloteli1. Kenalan dengan Bahan Baloteli

Sebelum kita menggali lebih dalam terkait bahan balotelly, pada bagian fakta pertama ini saatnya kita berkenalan lebih dekat dulu dengannya. Tentu sebelum sahabat Tedas.id menjatuhkan pilihan pembelian pada bahan ini, kalian harus tahu lebih dulu kan seperti apa sih bahan balotelly dan spesifikasinya.

Balotelli atau bisa kita tulis dengan balotelli sebagai kata serapan dalam bahasa Indonesia adalah jenis kain yang memiliki tekstur khas. Tekstur tersebut yaitu adanya motif kotak-kotak kecil dan bergaris-garis. Motif ini jika dilihat dari kejauhan akan tampak sebuah pola kotak yang lebih besar dan tersusun teratur.

Motif yang khas tersebut akan memudahkan kita dalam mengenali kain balotelly dari jenis kain lainnya. Tak hanya motifnya yang unik, balotelli terkenal dengan ketebalan kainnya.

Beberapa ahli kain berbeda pendapat terkait apakah balotelli termasuk dalam jenis kain katun atau bukan. Jika kita kulik lebih dalam bahan-bahan penyusun kain balotelli, bisa saja bahan ini masuk dalam jajaran ragam kain katun. Namun semakin spesifik kita memperhatikan bahan cantik ini, ada banyak perbedaan mencolok antara katun dan balotelli.

Baca Juga  5 Cara Memakai Rok Lilit Ini Sangat Mudah Tanpa Ribet

Maka para ahli yang menyatakan bahwa bahan balotelly tidak termasuk dalam bagian ragam katun, mereka pun tidak salah. Ternyata bahan penyusun dari si balotelly ini tidak berasal dari serat katun alami 100%. Ada serat-serat lainnya yang menjadi dasar penyusunan bahan cantik membuat gamis dan koko ini.

Salah satu kekhasan dari balotelly yang tidak ditemukan pada ragam kain katun, misalnya saja katun toyobo original, yaitu adanya efek kilau yang membuat balotelly semakin terlihat istimewa.
Kalau sahabat Tedas.id setuju yang mana nih, setuju kalau balotelly masuk dalam bagian kain katun atau tidak? Apapun pendapatnya, yuk kita lanjut cari tahu fakta mengenai balotelly berikutnya!

2. Kenali Karakteristik Bahan Baloteli

Setelah kita kenal lebih dekat dengan balotelli di fakta pertama, kini saatnya menggali lebih dalam mengenai karakteristik dan ciri-ciri khas yang lebih spesifik dari bahan cantik ini. Sahabat Tedas.id juga pasti sudah penasaran kan?

Bagi sebagian besar pecinta balotelly, karakteristik kain ini sangatlah unik. Makanya kain yang terkenal adem ini punya fanbase-nya tersendiri. Ada 7 karakteristik dari bahan balotelly, mau tahu?

a. Tekstur Kain Balotelli Berserat

Berserat adalah salah satu ciri khas yang sangat jelas dan spesifik dari si balotelly. Tak heran kalau bahan ini menjadi incaran banyak desainer gamis dan hijab. Tekstur serat dalam kain balotelli membuat gamis dan hijab akan terlihat unik, serta tidak licin.

Untuk membedakan kain balotelli dengan kain lainnya, sahabat Tedas.id cukup pegang saja dan rasakan teksturnya. Jika kalian menemukan tekstur yang agak kasar dan bergaris-garis, maka itulah balotelli yang kalian cari.

b. Kain Balotelli Halus dan Cukup Tebal

Salah satu syarat untuk bisa menjadi bahan pembuatan gamis dan hijab syari yaitu kainnya harus cukup tebal. Tentu saja agar tidak menerawang. Balotelli memiliki ciri khas tersebut. Kain ini tidaklah transparan sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian muslimah yang sesuai standar syariat.

Selain cukup tebal, kain balotelli meski bertekstur kasar dan bergaris-garis, namun saat menempel di kulit terasa halus dan nyaman dikenakan. Tak percaya? Coba saja sahabat Tedas.id buat baju dari bahan ini dan rasakan sendiri kenyamanannya.

c. Punya Beragam Varian Motif dan Warna

Selain cukup tebal dan halus, ciri lain dari bahan balotelly yaitu adanya beragam motif dan warna yang bisa kita pilih. Ciri yang ini jelas sangat memanjakan kaum hawa.

Sebagai kaum yang suka mengoleksi berbagai warna sesuai dengan karakter diri, juga padu padan tiada batas, beragam pilihan motif dan warna seakan surga dunia.

Balotelli bisa ditemukan dalam berbagai warna polos hingga aneka motif yang pasti akan membuat kita tergiur untuk membelinya.

d. Berat Kain Ringan

Meski tidak menerawang dan transparan, jangan bayangkan jika kain balotelli adalah jenis kain yang berat saat dikenakan. Seperti halnya jenis kain lainnya yang biasa digunakan untuk pembuatan gamis, misal kain wolfis, baloteli pun memiliki ukuran berat yang cukup ringan.

Baca Juga  Bahan Katun: Proses, Ciri, Jenis, dan Cara Perawatannya

Maka jangan khawatir untuk mengenakan pakaian berbahan dasar balotelly, karena tetap nyaman digunakan sehari-hari.
e. Mempunyai Motif Unik Kotak-Kotak Bergaris

Ciri khas selanjutnya dari balotelly yaitu adanya motif kotak-kotak dengan tekstur bergaris yang bisa kita lihat di permukaan kain. Karakteristik unik inilah yang membedakan balotelly dengan jenis bahan lainnya.

Oleh karenanya penting buat kita untuk meraba terlebih dahulu kain ini untuk memastikan apakah benar bahan yang akan dibeli balotelly atau bukan.

Jika benar balotelly, maka saat kita meraba permukaan kainnya, akan terlihat motif kotak-kotak bergaris pada kain yang menghasilkan tekstur berbeda dari jenis bahan lainnya.

f. Bahan Balotelly Tidak Menerawang

Seperti yang sudah dijabarkan di bagian atas, bahwasanya kain ini cukup tebal sehingga tidak memiliki sifat menerawang alias tidak transparan.

Oleh karenanya bahan ini menjadi salah satu bahan favorit desainer pakaian muslimah. Dibentuk menjadi gamis embos, rempel dan aneka jenis gamis lainnya, balotelly selalu akan nampak berkelas dan elegan.

g. Kain Tidak Melekat ke Tubuh

Salah satu syarat busana muslimah yaitu kain tidaklah boleh membentuk lekuk tubuh pemakainya. Balotelly memenuhi syarat tersebut. Bahan kain ini tidak njeplak di tubuh.

Maksudnya, saat dikenakan kainnya tidak melekat pada tubuh si pemakai. Karakteristik balotelly yang satu ini juga memperkuat alasan mengapa banyak desainer menjadikan bahan ini sebagai favorit untuk pembuatan busana muslimah.

3. Ragam Bahan Kain Balotelly

Yuk kita lanjut ke fakta ketiga terkait bahan balotelly. Setelah mengenal lebih dekat balotelly beserta karakteristiknya, kini kita akan mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis bahan kain balotelly.

Sama halnya dengan bahan kain lainnya, balotelly memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Dalam istilah tekstil, tingkatan ini disebut dengan grade. Setiap grade-nya memiliki kualitas yang tentu saja juga berbeda.

Grade Kain Baloteli Berdasarkan Kualitas

grade kain baloteliNah, ini dia ragam grade dari kain balotelli berdasarkan kualitasnya. Baca dan catat baik-baik ya agar tidak salah pilih.

A. Bahan Balotelly Grade Standar atau Jenis Original

Sebagaimana namanya, kain balotelly original ini memiliki kualitas yang standar.

Bahkan karakter bahannya pun lebih kaku dibanding ragam bahan baloteli lainnya, sehingga ketika dikenakan tidak terlalu jatuh.

Jangan bandingkan balotelly grade standar ini dengan kain Toyobo ya. Kualitas pada kain balotelly grade standar yang cenderung kaku ini jika dibuat sebagai gamis, jadi sulit untuk digerakkan.

Karena kualitasnya yang B aja, lebih baik bahan balotelly grade standar ini tidak digunakan sebagai bahan dasar utama, namun digunakan sebagai kombinasi dengan bahan kain lainnya. Hal tersebut agar kesan kaku tidak terlihat mencolok.

Di bawah balotelly grade standar ini, sebenarnya masih ada bahan balotelly versi ekonomis. Tentu saja kualitasnya pun seekonomis namanya. Karena ekonomis, maka balotelly grade tersebut sangat panas dan tidak nyaman saat dikenakan.

Jika sahabat Tedas.id menemukan gamis berbahan dasar balotelly dengan range harga terlalu rendah, cek dulu jenis kain balotelly yang digunakan. Jangan-jangan balotelly yang dipakai adalah grade ekonomis. Tentu sahabat tidak mau salah beli kan?

b. Kain Balotelly dengan Grade A

Jika ingin membeli bahan balotelly, saran dari tim Tedas.id yaitu setidaknya pilihlah balotelly dengan grade A. Secara kualitas, bahan balotelly grade A di atas grade original, namun tentu saja tidak sebagus grade A+.

Kualitas bahannya bisa dikatakan so-so lah, alias lumayan. Tidak terlalu unggul, tapi juga tidak terlalu rendah. Kualitasnya ada di tengah-tengah di antara grade original dan A+. Jika digunakan untuk pembuatan gamis harian, masih cukup layak pakai dan nyaman.

c. Bahan Balotelly dengan Grade A+

Bahan Balotelly grade A+ adalah rekomendasi terbaik dari para desainer jika sahabat Tedas.id ingin memilih kain terbaik untuk gamis atau baju koko. Jenis bahan grade A+ ini memiliki kualitas yang premium dan paling unggul jika dibandingkan bahan balotelly lainnya.

Balotelly grade A+ ini memiliki nama panggilan Ar-Raihan. Ciri khas dari kain balotelly grade A+ ini adem, halus dan jatuh saat dikenakan. Teksturnya juga lembut sehingga nampak elegan dan berkelas.

Sekilas grade balotelly ini memiliki penampakan dan tekstur yang sama dengan katun Toyobo. Sementara dari sisi karakternya yang jatuh saat dikenakan, 11-12 dengan kain Megumi Ladies.

Ragam bahan balotelly grade A+ pun ternyata memiliki sub jenis di bawahnya. Salah satu yang paling terbaik kualitasnya yaitu Zegna Italiano. Dibandingkan balotelly grade lainnya, Zegna ini berkarakter lebih jatuh, adem dan paling nyaman saat dikenakan.

Jika balotelly grade lainnya cenderung kaku serta mudah kusut, Zegna Italiano berbeda. Tak hanya lembut, jatuh dan adem, Zegna juga tak mudah kusut sehingga buat kalian yang tak sempat menyetrika dan ingin langsung pakai setelah dicuci pun tak masalah.

4. Ragam Grade Balotelly

Kualitas selalu berbanding lurus dengan harga yang dibanderol. Begitu juga ragam grade balotelly. Grade A+ tentu saja memiliki harga yang lebih mahal dengan grade di bawahnya. Bahkan jika dibandingkan dengan kain yang sering digunakan sebagai bahan dasar busana muslimah lainnya, wolfis, balotelly juga jauh lebih mahal.

Bagaimanapun, pilihan ada di tangan kita. Mau beli dengan harga murah namun kualitas B saja, atau harga agak mahalan namun bisa mendapatkan kualitas yang lebih baik?

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Sablon di Baju Sesuai Dengan Jenisnya

Oh ya, harga kain balotelly di setiap toko bisa jadi berbeda-beda. Hal ini dikarenakan grade yang dijual di toko satu dan toko lainnya pun berbeda. Amannya sih memang beli langsung ke tokonya, cek kualitas bahannya dengan menyentuh dan meraba agar yakin dan tidak salah pilih.
Plus Minus Bahan Balotelly

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Betul kan sahabat Tedas.id? Begitu juga halnya kain balotelly. Bahan ini tidak hanya memiliki keunggulan yang digadang-gadang, namun juga memiliki sisi minus-nya.

Oleh karena itu, sebelum sahabat memutuskan untuk melakukan pembelian dan proses pembuatan baju, sebaiknya ketahui dulu plus minus dari si balotelly ini.
Sudah nggak sabar mau tahu tentang keunggulan dan kekurangannya? Simak penjabaran berikut ini.

Ini dia 8 keunggulan ciamik dari si cantik baloteli

keunggulan baloteli
Dari sisi keunggulan, balotelly memang salah satu kain yang memiliki fanbase tersendiri. Bahkan para pecinta balotelly ini tak mudah berpindah ke lain hati lo. Memang apa sih kelebihan dari si balotelly hingga membuat para fanbase-nya setia setengah mati?

1. Kain Balotelly Punya Serat Bahan yang Rapat

Serat yang dimiliki balotelly rapat dan padat, hasilnya kain ini ketika dikenakan tidak menerawang dan transparan. Sangat cocok untuk pembuatan baju sesuai syarat dan standar syariat islam.

2. Bahan Kain Tebal, tetapi Ringan saat Dipakai

3. Tidak Terasa Berat Saat Digunakan

Meski seratnya rapat, padat dan juga tebal, namun tak terasa berat ketika dikenakan. Ringan dan tetap nyaman digunakan untuk busana harian dan segala suasana.

4. Kainnya Adem

5. Adem

Selain tebal dan tidak menerawang, keunggulan lainnya dari balotelly yaitu adem saat dikenakan. Apalagi kalau sahabat Tedas.id menjatuhkan pilihan pada grade kain balotelly terbaik, semakin adem saat dikenakan. Tentu saja karena adem, pastinya nyaman untuk dipakai di setiap suasana.

6. Harga Ramah di Kantong

Sebagai salah satu kain favorit para desainer, balotelly tetap memiliki harga yang ramah di kantong. Namun tentu saja, semakin tinggi grade kain balotelly yang kita pilih, semakin tinggi pula harga yang dibandrol.

7. Kain Balotelly Tidak Gampang Kusut

Untuk pecinta kain yang anti kusut dan malas setrika, balotelly adalah pilihan terbaik. Bahan cantik ini memiliki keunggulan lainnya sebagai salah satu kain yang tidak gampang kusut.

Pastinya ini menjadi daya tarik buat kalian yang ingin selalu terlihat rapi sepanjang hari kan? Jangan lupa semakin tinggi grade bahannya, semakin tidak mudah kusut untuk dikenakan.

Baca Juga  Baju Adat Bali: Ketahui 7 Jenis dan 3 Tingkatannya

8. Kain Mudah untuk Diatur

Selain tidak mudah kusut, bahan balotelly juga sangat mudah untuk diatur dan ditata sedemikian rupa.

Sangat mudah buat sahabat Tedas.id yang ingin mengatur hijab atau gamisnya biar enak dilihat. Begitu juga untuk para penjahit, kain yang mudah diatur tentunya sangat membantu dalam proses pembuatan busana.

9. Ada Banyak Varian Warna

Varian warna yang ditawarkan oleh kain balotelly beraneka ragam. Dari warna polos hingga aneka motif tersedia. Pilihan beragam warna dan motif ini jelas menarik hati, khususnya bagi para perempuan yang sangat pemilih dalam urusan padu padan warna busana.

10. Mudah Dicari dan Dibeli di mana Saja

Hal terpenting lainnya yaitu kain ini sangat mudah dicari dan dibeli di semua toko kain yang teman-teman temui.

Sudah menjadi rahasia umum kalau bahan balotelly adalah salah satu kain yang banyak dicari dan menjadi favorit banyak orang, maka tak heran kalau sangat mudah ditemukan.

Sisi Minus dari Bahan Baloteli

Sisi Minus dari Bahan BaloteliSebagaimana hidup yang tak hanya punya sisi baik, kain balotelly pun juga memiliki sisi minus-nya. Agar tidak kecewa, sahabat Tedas.id sebaiknya kenali dulu sisi minus tersebut agar bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli kain balotelly.  Berikut ini 3 kekurangan dari kain balotelly yang sahabat harus ketahui:

a) Teksturnya Agak Kasar dan Bergaris

Motif pada bahan balotelly yang berpola kotak-kotak dan bergaris menghasilkan tekstur yang agak kasar. Meski begitu kain ini masih cukup nyaman dikenakan.

b) Karakter Jatuhnya Kain Belum Mengalahkan Wolfis

Salah satu favorit karakteristik kain, khususnya bagi kaum hawa, adalah jatuhnya kain saat dikenakan.

Meskipun balotelly memiliki karakteristik tersebut, namun jatuhnya kain balotelly masih belum mampu mengalahkan jatuhnya kain wolfis. Untuk beberapa perempuan, balotelly masih cukup kaku dan kurang jatuh di badan.

c) Beberapa Grade Bahan Terasa Panas dan Kaku saat Dikenakan

Tak bisa dipungkiri ada harga, ada kualitas. Balotelly dengan grade ekonomis tentu saja berbeda tekstur dengan balotelly grade A.

Maka tak heran jika busana yang dibuat dari balotelly grade terendah memiliki tekstur kasar, panas dan kaku saat dipakai. Jadi kalau ingin mendapat kualitas balotelly terbaik, pastikan untuk memilih grade yang tepat.

Meski memiliki kekurangan, kelebihan balotelly ternyata masih jauh lebih banyak. Sehingga tidak perlu ada keraguan untuk memilih kain ini sebagai bahan dasar busana sahabat tedas.id.

Baca Juga  Bersih Kinclong, Ini 7 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

d) Penggunaan Bahan Balotelly

Dengan karakteristiknya yang cukup tebal, tidak transparan dan menerawang, serta adem saat dikenakan, balotelly banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan busana gamis syar’i, baju koko, hijab, rok bawahan, blus, dan semacamnya. Kalau sahabat Tedas.id mau membuat jenis busana apa dari bahan balotelly?

Kisaran Harga Kain Baloteli

harga baloteli
Dari hasil penelusuran tim Tedas.id, harga untuk kain balotelly dibandrol dari Rp 25.000 – Rp 40.000 per meter. Semakin tinggi harganya, semakin bagus pula kualitas kainnya. Biasanya kain balotelly yang berharga Rp 40.000 per meter ditujukan untuk grade A+ dengan kualitas premium.

Untuk memastikan kualitas bahan yang akan dibeli sesuai dengan ekspektasi, ada baiknya sahabat tedas.id datang langsung ke toko kainnya. Meraba teksturnya secara langsung dan merasakan kenyamanan kainnya.

Karena bisa jadi setiap toko menawarkan harga yang berbeda-beda dengan kualitas kain yang juga berbeda.

Harga yang dicantumkan di artikel ini juga tidak bisa menjadi patokan karena ada kemungkinan adanya perubahan sewaktu-waktu.

Membandingkan antara Bahan Kain Baloteli dan Wolfis

Bahan Kain Baloteli dan Wolfis

Ada beberapa orang yang agak kebingungan memilih antara kain balotelly dan wolfis. Kebetulan kedua bahan ini sama-sama sering dipakai sebagai bahan dasar busana muslim. Manakah yang lebih baik?

Balotelly dan wolfis memiliki keunggulannya masing-masing, Ada keunggulan balotelly yang tidak dimiliki wolfis, dan begitu juga sebaliknya. Baik kain balotelly dan wolfis sama-sama tidak transparan dan menerawang, keduanya memenuhi syarat untuk pembuatan baju syari.

Bedanya kalau balotelly memiliki tekstur kotak dan bergaris, sedangkan wolfis tidak memiliki tekstur tersebut.

Balotelly memiliki banyak varian warna dan motif sehingga kita punya ragam pilihan yang berbeda. Sedangkan wolfis hadir dalam warna-warna polos. Wolfis juga lebih jatuh dan tidak mudah kusut jika dibandingkan dengan balotelly. Baik wolfis dan balotelly akan terasa adem asalkan memilih kain dengan grade yang tinggi; A atau A+.

4 Teknik Merawat Kain Baloteli

4 Teknik Merawat Kain BaloteliDi bagian akhir artikel ini, kami akan menjabarkan fakta terkait bagaimana merawat kain balotelly. Tentu saja saat kita memiliki busana, inginnya busana tersebut bisa awet dan warnanya tak mudah pudar bukan?

Beruntung balotelly ini termasuk kain yang perawatannya tidak terlalu sulit, bahkan cenderung mudah. Cocok buat kalian yang tidak suka ribet. Inilah 4 poin penting yang harus kalian ketahui tentang cara merawat bahan balotelly:

1. Cara Mencuci Kain Baloteli yang Tepat

Tak ada teknik khusus untuk mencuci balotelly, namun yang perlu diperhatikan yaitu kain ini tidak tahan terhadap cara mencuci yang kasar.

Maka sahabat Tedas.id jika ingin mencuci baju dengan bahan balotelly harus menguceknya secara pelan-pelan. Selain itu akan lebih baik jika kain ini dicuci memakai air dingin.

Meski ada yang bilang kalau air panas bisa lebih cepat melarutkan noda membandel, khusus untuk kain balotelly sebaiknya gunakan air dingin agar lebih awet. Air panas bisa membuat kain balotelly cepat rusak.

Namun jika sangat terpaksa mencuci menggunakan air panas untuk menghilangkan noda membandel, gunakanlah dengan sangat hati-hati sehingga kain bisa tetap awet.

2. Cara Menjemur Kain Balotelly

Sama seperti jenis kain lainnya, agar awet pastikan saat menjemur pakaian berbahan balotelly, dibalik dulu sehingga warna baju di bagian luar tidak cepat pudar.

Selain itu akan lebih aman jika menjemurnya tidak langsung di bawah sinar matahari. Untuk menghindari kusut yang berlebihan, gunakanlah hanger.

3. Cara Menyetrika Kain Balotelly

Serat kain balotelly sensitif terhadap suhu yang panas. Oleh karenanya saat menyetrika bahan ini sebaiknya gunakan suhu medium saja. Akan lebih baik lagi jika sahabat tedas.id memiliki setrika yang jenis uap. Uapnya bisa melicinkan kain, sehingga kain tetap halus tanpa merusak seratnya.

4. Cara Menyimpan Kain Balotelly

Jenis kain balotelly dengan grade rendah lebih cepat kusut dibandingkan yang ber-grade tinggi. Cara mengatasinya yaitu dengan menyimpan pakaian berbahan ini menggunakan hanger dan digantung di dalam lemari.

Semoga dengan hadirnya artikel tentang bahan balotelly ini, sahabat tedas.id jadi lebih mengenal karakter kain ini, jenis-jenis dan bagaimana cara merawatnya. Sehingga jika di rumah memiliki baju dengan bahan dasar kain ini, kalian tidak perlu lagi bingung bagaimana harus mencuci, menyetrika dan menyimpannya.

Jika saat ini ada yang sedang berproses mencari kain terbaik untuk busana impian, balotelly bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik. Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *