Visi dan Misi: Arti, Pengertian dan Contoh

Baik perusahaan, organisasi maupun instansi yang lainnya, dalam menjalankan sesuatu tentu memiliki tujuan guna mencapai apa yang sudah menjadi target.

Itulah sebabnya sebelum memulai mendirikan atau mengembangkan sebuah usaha perlu adanya visi dan misi. Oleh sebagian orang tidak asing dengan dua istilah yang saling berdampingan tersebut. 

Dalam mewujudkan impian tersebut, maka diperlukan gagasan yang kuat dalam bentuk tertulis dalam sebuah sistem management.

Pedoman tertulis itulah yang dimaksudkan untuk visi dan misi. Keduanya merupakan hal yang saling berhubungan, namun tidak jarang banyak orang yang tidak memahaminya. 

Maka karena itu, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian visi dan misi serta contohnya. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak keliru dalam menerapkan visi dan misi guna kemajuan yang hendak dicapai. 

Pengertian Visi dan Misi

Berikut ini beberapa pengertian visi dan misi oleh pendapat beberapa ahli. Dimana dengan ini mampu memberikan pemahaman tentang kedua istilah tersebut. 

Pengertian Visi

Visi merupakan tujuan dari berdirinya sebuah instansi, perusahaan ataupun organisasi agar tetap kokoh dan maju. Arti visi itu sendiri oleh sebagian orang mengungkapkan sebuah rangkaian kata yang berisikan cita-cita ataupun impian yang harus tercapai. 

Dengan visi ini juga mengingatkan tentang bagaimana arah manajemen agar membangun sebuah kesuksesan. Tentu tidak hanya pendiri saja yang berhak untuk mewujudkan mimpi perusahan. Akan tetapi dengan bantuan para pihak yang terkait. 

Arti visi oleh beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

Wibisono

Menurut Wibisono, Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang hendak dicapai di masa mendatang.

Visi juga dapat dikatakan sebagai want to be dari perusahaan atau organisasi. Visi termasuk hal yang sangat krusial agar terjamin akan kesuksesan dalam kurun waktu yang lama. 

Kotler

Kotler menyatakan jika visi adalah sebuah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan melalui produk dan pelayanan yang ditawarkan, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang harus diperoleh dan aspirasi serta cita-cita masa depan. 

J.B Whittaker

Baca Juga  Kewirausahaan: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Visi perusahaan adalah gambaran tentang masa depan yang akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan. Pernyataan ini tertulis dalam bukunya yang berjudul Strategic Planning and Management.

Gaff ar

Beliau berpendapat jika visi adalah daya pandang yang jauh, mendalam dan luas, merupakan daya pikir abstrak yang memiliki kekuatan amat dahsyat dan dapat menerobos batas-batas fisik, waktu maupun tempat. 

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian visi yakni sebuah tulisan yang berisikan cita-cita, harapan, tujuan, impian yang tertuang secara singkat, fokus dan jelas demi kesuksesan sebuah organisasi, perusahaan ataupun instansi yang lainnya. 

Untuk menuliskan sebuah visi perlu pemikiran yang matang dan tidak asal menuliskan saja. Oleh karena itu perlu mengetahui tentang kriteria ataupun syarat dari visi.

Menurut Wibisono visi yang efektif harus memiliki beberapa karakteristik diantaranya Imagible, Desirable, Feasible, Focused, Flexible dan Communicable.

Syarat dan kriteria visi secara umum antara lain yaitu:

  1. Memiliki wawasan jangka panjang dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman
  2. Terdapat tujuan ditetapkannya visi
  3. Memiliki nilai yang dapat diterima oleh seluruh anggota perusahaan
  4. Dapat dikomunikasikan dan dimengerti oleh seluruh anggota dan pihak yang terkait dalam perusahaan
  5. Berfokus pada permasalahan perusahaan guna mengarahkan kemana management perusahan tersebut akan beroperasi
  6. Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran yang terlibat di dalam perusahaan. 

Setelah mengetahui tentang syarat dan ketentuan, maka ditetapkannya sebuah visi haruslah memiliki tujuan yang kuat, mengingat sifatnya yang penting dan krusial. Berikut tujuan ditetapkannya visi perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Berorientasi pada masa yang akan datang
  2. Memberikan cerminan pada sesuatu yang hendak dicapai perusahaan
  3. Menentukan fokus dan arah management atau strategi yang tepat dan jelas
  4. Memiliki komitmen yang tinggi bagi anggota perusahaan
  5. Menjamin adanya kesinambungan kepemimpinan perusahaan, organisasi ataupun instansi.

contoh visi dan misi

Pengertian Misi

Jika di penjelasan sebelumnya sudah menjelaskan tentang visi yang menjadi tolak ukur ataupun tujuan utama dari perusahaan ataupun instansi, maka misi adalah jalan ataupun langkah yang harus ditempuh untuk mencapai visi tersebut. 

Misi ini menjadi alasan mengapa sebuah perusahaan harus berdiri dan nilai-nilai yang tepat untuk mencapai kesuksesan tersebut. Karena memang tidak bisa dipungkiri jika sebuah organisasi, perusahaan ataupun instansi berada di tengah-tengah masyarakat yang memiliki cara pandang yang berbeda.

Pengertian misi menurut beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

Menurut Ducker

Baca Juga  SIUP: Pengertian, Jenis, Syarat dan Prosedurnya

Misi adalah alasan mendasar mengenai eksistensi sebuah perusahaan. Misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu perusahaan mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan itu sendiri. 

Wheelen

Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan mengenai eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat baik berupa produk maupun jasa. 

Layaknya visi, dalam merumuskan sebuah misi maka tidaklah sembarangan dan harus selaras dengan visi dari perusahaan itu sendiri. Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan sebuah misi diantaranya yaitu:

  1. Mengandung sebuah pernyataan yang secara eksplisit berisi tentang apa yang harus dilakukan guna mencapai visi.
  2. Mengandung partisipasi oleh masyarakat luas tentang perkembangan berbagai bidang utama yang harus digeluti oleh perusahaan tersebut.
  3. Menunjukan secara jelas tentang apa yang hendak dicapai.

Untuk menunjang pernyataan di atas, maka harus diketahui pula mengenai syarat dan ketentuan ataupun kriteria dari perumusan misi. Diantaranya yaitu:

  1. Jelas, terutama pada sasaran yang akan dikehendaki
  2. Adanya penjelasan terkait produk dan pelayanan yang ditawarkan kepada masyarakat
  3. Kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan harus mampu meyakinkan masyarakat dan memiliki daya saing
  4. Aspirasi bisnis di masa yang akan datang
  5. Bebas dari kata-kata yang tidak bermanfaat ataupun jargon

Secara lebih tepat dan ringkasnya jika arti misi yakni penjabaran dari sebuah visi. Itu artinya, visi hanya tertulis dalam sebuah kalimat yang memiliki panjang tertentu.

Kemudian, dari satu kalimat tersebut harus memiliki cara yang tepat yakni melalui visi yang terdiri dari beberapa poin atau kalimat. 

Pentingnya Visi dan Misi

Visi dan misi memiliki kedudukan yang penting dimana visi dan misi perusahaan merupakan sebuah elemen utama dalam sebuah strategi untuk mencapai keberhasilan sebuah perusahaan, organisasi ataupun instansi. Keberhasilan tersebut yang akan menilai apakan pencapaiannya maksimal ataupun tidak. 

Dalam merumuskan visi dan misi, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, diantaranya yaitu:

  1. Lingkungan sekitar atau lingkungan pasar
  2. Sumber daya
  3. Sejarah dari perusahaan itu sendiri
  4. Preferensi masa kini
  5. Daya saing yang memberikan perbedaan dengan yang lainnya

Contoh Visi dan Misi

Adapun contoh visi dan misi adalah sebagai berikut:

  1. Visi dan Misi Perusahaan Umum (Perum) BULOG

Visi:

Baca Juga  Apa Itu PDB? Pengertian, Rumus dan Cara Menghitung PDB

Menjadi perusahaan pangan yang unggul dan terpercaya dalam mendukung terwujudnya kedaulatan pangan.

Misi:

  1. Menjalankan usaha logistik pangan pokok dengan mengutamakan layanan kepada masyarakat.
  2. Melaksanakan praktik manajemen unggul dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional, teknologi yang terdepan dan sistem yang terintegrasi.
  3. Menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik serta senantiasa melakukan perbaikan yang berkelanjutan.
  4. Menjamin ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas komoditas pangan pokok.
  1. Visi dan Misi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Visi

UNSOED menjadi world class civic university yang unggul dalam penguasaan Ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang relevan dengan pengembangan sumber daya pedesaan yang berkelanjutan, serta penggalian dan pemanfaatan kearifan lokal.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang bermoral, berwawasan kebhinekaan, memiliki kompetensi akademik yang memadai dan profesionalisme, keunggulan kompetitif, kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkeadilan sosial dan beradab, kemampuan memecahkan masalah, serta berinovasi khususnya dalam pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu serta alih teknologi yang relevan dengan pengembangan sumber daya pedesaan dan kearifan lokal
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis hasil penelitian untuk pemberdayaan masyarakat perdesaan
  4. Mengembangkan tata kelola universitas yang mandiri dengan menerapkan budaya dan penjaminan mutu, prinsip transparansi, akuntabilitas serta meritokrasi
  5. Mengembangkan kerjasama dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *