apa itu startup
Umum

Apa itu Startup? Mari Mengenal Fenomena Ini Lebih Dalam

Dewasa ini Indonesia sedang marak dengan euphoria startup. Para entrepreneur muda menciptakan bisnis startup dengan inovasi dan kreativitas tinggi.

Kata startup sendiri sudah sangat familiar di kalangan muda, terutama para entrepreneur. Namun sebagian belum mengerti apa itu startup.

Jika Anda salah satu kalangan muda yang mulai tertarik dengan bisnis-bisnis berbasis digital, maka harus mengetahui tentang istilah ini lebih lanjut. Simak pembahasannya berikut ini

startup adalah

Definisi Startup

Sebenarnya apa itu startup? Pertanyaan itu hingga saat ini masih banyak menjadi teka-teki bagi sebagian orang. Startup sebenarnya merujuk pada salah satu bisnis berbasis teknologi yang baru didirikan dan masih dalam fase pengembangan.

Startup pada umumnya merupakan sebuah perusahaan yang belum lama beroperasi. Sebagian besar masih dalam fase penelitian dan pengembangan untuk mendapat target pasar.

Bisnis startup mulai berkembang pada akhir tahun 1999 hingga 2000. Sejak industri dot-com populer, bisnis startup mengalami pergeseran arti.

Startup kemudian didefinisikan sebagai usaha baru yang berjalan di bidang inovasi teknologi untuk menjalankan core business-nya.

pengertian startup

Hingga saat ini, startup diidentikkan dengan bisnis yang berkaitan dengan teknologi, internet, web, dan sejenisnya. Bisnis ini memiliki sifat disruptive dalam sebuah pasar yang sudah ada atau menciptakan pasar baru.

Karakteristik perusahaan startup terdiri atas beberapa hal. Diantaranya adalah, usia perusahaan kurang dari 3 tahun, jumlah pegawai perusahaan tidak lebih dari 20 orang, dan pendapatan perusahaan kurang dari $ 100.000 per tahun.

Selain itu, perusahaan startup adalah perusahaan yang masih dalam fase berkembang. Jadi perusahaan masih dalam perintisan dan proses pengembangan.

Karakteristik yang lain perusahaan ini adalah beroperasi melalui website, beroperasi di bidang teknologi, dan produk yang dihasilkan berupa aplikasi digital.

sejarah startup

Sejarah Bisnis Startup

Secara internasional, startup mulai populer pada masa buble dot-com. Fenomena buble dot-com terjadi pada tahun 1998-2000, dimana perusahaan dot-com banyak didirikan secara bersamaan. Perusahaan-perusahaan pun gencar membuka website.

Saat itu, banyak orang yang semakin mengenal internet sebagai ladang baru untuk membuka bisnis. Mulai dari sanalah banyak perusahaan startup tumbuh dan berkembang.

definisi startup

Perkembangan Startup di Indonesia

Di Indonesia bisnis startup sudah tumbuh dan berkembang. Setiap bulan banyak founder atau pemilik perusahaan Startup baru bermunculan.

Menurut data statistic, sempat terjadi penurunan jumlah startup baru pada tahun 2017. Di tahun yang sama, terdapat kenaikan jumlah pendanaan program akselerator.

Kenaikan jumlah pendanaan tersebut menunjukkan adanya kepercayaan dari investor terhadap bisnis startup Indonesia. Beberapa juga menilai bahwa startup Indonesia memiliki potensi seperti perkembangan teknologi di Amerika Serikat dan China.

Dailysocial.net mencatat setidaknya ada lebih dari 1500 bisnis startup lokal yang ada di Indonesia. Selain itu, telah ada empat startup unicorn berasal dari Indonesia, yaitu Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan Go-Jek.

Selaras dengan pengguna internet yang meningkat, startup di Indonesia juga semakin banyak.

definisi startup adalah

Faktor Pendorong Berkembangnya Startup di Indonesia

Perkembangan startup dapat dikatakan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang utama tentunya karena masyarakat Indonesia yang semakin melek teknologi dan internet.

Karena perusahaan startup sangat mengedepankan teknologi, maka pengetahuan masyarakat akan teknologi sangat berpengaruh.

Kemudian perkembangan ini juga dipengaruhi oleh mind set masyarakat yang terbuka akan adanya perubahan. Masyarakat tidak lagi mengandalkan pola pikir konservatif, sehingga mulai bisa menerima perkembangan zaman, dimana kini mereka hidup di era serba internet.

sejarah bisnis startup

Selain itu, bertambahnya jumlah penduduk juga dapat mempengaruhi meningkatnya minat pengguna layanan bisnis startup. Semakin banyak jumlah penduduk dan semakin banyak yang melek teknologi, maka semakin banyak pula peminat serta pengguna bisnis startup.

Selain dari segi masyarakat umum, investor dan pemerintah juga berperan dalam berkembangnya bisnis startup. Tumbuhnya bisnis startup juga tidak lepas dari peran dan dukungan investor dan pemerintah dalam memberi motivasi serta modal usaha.

Jenis Startup di Indonesia

Data Tech InAsia pada kuartal 2 tahun 2017 menunjukkan bahwa startup yang mendominasi Indonesia berasal dari E-Commerce dan Fintech.

Hal ini terus berkembang, dimana hingga kini ada beberapa jenis startup yang berkembang cukup pesat di Indonesia.

perkembangan startup

1. Startup game

Salah satu jenis startup ini berkembang pesat di Indonesia. Game memiliki peluang pasar dan peminat yang sangat besar.

Minat masyarakat Indonesia tidak terpengaruh pada kondisi ekonomi yang sulit. Hal ini membuat game akan selalu ada, sehingga startup game semakin berkembang.

2. Startup edukasi

Edukasi atau pendidikan merupakan bidang yang tidak akan ada habisnya. Hal ini karena pendidikan sebagai suatu kebutuhan bangsa yang tidak tergantikan.

Melihat peluang ini, bisnis startup bidang pendidikan atau edukasi di Indonesia semakin bertumbuh. Peminatnya pun berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Startup jenis ini menyediakan berbagai macam informasi edukasi seperti kisah inspiratif, motivasi, pembelajaran, dan lain sebagainya. Yang pasti, startup edukasi memiliki nilai informatif bagi penggunanya.

jenis startup

3. Startup perdagangan atau e-commerce

Melihat pada tingkat konsumtif masyarakat Indonesia, bisnis startup e-commerce menjadi sangat menjanjikan. Startup perdagangan atau e-commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah.

Nilai kepraktisan yang didapat dari startup ini mampu meningkatkan minat masyarakat. Hal ini membuat bisnis startup e-commerce semakin berkembang pesat di Indonesia.

Perbedaan Startup dan Online Shop

Setelah mengetahui apa itu startup, Anda mungkin akan bertanya-tanya apa perbedaannya dengan online shop. Banyak orang yang masih mendefinisikan segala macam bisnis online sebagai startup.

Hal ini kemungkinan terjadi karena banyaknya bisnis online yang menggunakan ”.com” atau website.

Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar dan mendasar. Hal yang berbeda dari startup dan online shop antara lain adalah sebagai berikut.

1. Ide yang Inovatif dan Disruptif

Startup biasanya memiliki ide yang lebih inovatif dan disruptif dibandingkan dengan online shop. Online shop kebanyakan lebih ke arah mengikuti tren, dan memodifikasi barang-barang yang sedang tren.

Sedangkan startup adalah perusahaan yang memunculkan gebrakan baru di masyarakat.

2. Jenis Bisnis Startup

Jenis bisnis yang dikembangkan oleh startup adalah jenis dapat memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Jadi, bisnis tipe ini menganalisa kasus yang terjadi di masyarakat kemudian berusaha menemukan solusinya atau problem solving.

contoh startup

3. Memiliki Mobile Application

Startup biasanya memiliki mobile application untuk mendukung core business mereka. Aplikasi ini biasanya berisi informasi mengenai profil perusahaan, jenis bisnis yang mereka jalankan, dan info-info terbaru mengenai bisnis mereka.

Sedangkan pada online shop, tidak semua online shop memiliki mobile application. Kebanyakan online shop ini bekerjasama dengan e-commerce untuk menarik pelanggan.

Apabila ada beberapa yang memiliki mobile application, biasanya hanya berisi katalog barang yang mereka jual.

cara membuat startup

4. Menjalani Program-Program dari Investor

Perusahaan startup biasanya bekerja sama dengan para investor, dan sedang menjalani program-program dari investor tersebut. Program ini seperti akselerasi atau inkubasi, yakni program-program yang mendukung perkembangan startup.

Sedangkan pada online shop, kerjasama dengan investor dilakukan untuk meningkatkan produksi, kualitas, atau mencoba melakukan inovasi terhadap produk.

Kerjasama dengan online shop biasanya sebatas pada penambahan modal, bukan pada program-program khusus.

konsep startup

5. Perkembangan Bisnis yang Lebih Cepat

Startup biasanya mempunyai perkembangan bisnis yang lebih cepat daripada perusahaan lain. Hal ini dikarenakan startup menganalisa perkembangan yang terjadi di masyarakat secara langsung, seperti fungsi yang sebelumnya dikatakan, yaitu problem solving.

Sedangkan pada online shop atau perusahaan lain tidak, karena mereka mengikuti tren yang berkembang. Jadi ketika bidang atau produk tersebut tidak berkembang, maka mereka harus melakukan modifikasi.

Artinya, perubahan terjadi ketika tren sudah menghilang dari masyarakat.

fintech startup

6. Masuk Ulasan Media Khusus Startup

Perusahaan startup dapat masuk dalam ulasan berbagai media yang khusus membahas startup. Media khusus startup ini biasanya berisi informasi, trik, maupun perkembangan startup di Indonesia.

7. Perusahaan Startup Masuk dalam Radar Investor

Perusahaan startup biasanya masuk dalam radar investor untuk menanamkan saham. Investor suka melakukan penanaman saham, karena perkembangan startup yang lebih cepat dan ide bisnis mereka inovatif.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *