Umum

Mau Stand Pameran Banyak Pengunjung? Perhatikan Hal Ini

Punya agenda mengikuti pameran untuk bisnis Anda bulan depan? Jangan lewatkan soal desain stand pameran outdoor atau indoor yang tepat. 

Pemilihan desain stand ini adalah salah satu faktor pengiring agar banyak orang datang ke stand Anda. Desain baru satu jenis hal penting yang perlu diperhatikan. 

Supaya kegiatan pameran Anda berjalan lancar, yuk kenali hal penting apa saja yang harus diperhatikan. 

7 Hal Penting untuk Diperhatikan saat Ikut Pameran 

Image: fastwork.id


Pebisnis harus sadar bahwa mengikuti pameran memberikan begitu banyak manfaat.

Mulai dari memperkenalkan produk, memperkuat citra usaha, mengenali kompetitor dan masih banyak lagi. 

Begitu banyak manfaat yang didapatkan ini tentu harus dioptimalkan. Jangan sampai Anda yang sudah bayar mahal untuk ikut pameran, gagal dalam memasarkan produk. 

Perlu diingat juga bahwa tidak semua pameran bertujuan untuk menjual produk langsung. Ada yang tujuannya mendapatkan kontak, branding, dll. 

Apapun tujuannya tersebut, pameran akan berhasil selama Anda memperhatikan tujuh hal penting berikut ini. 

  • Meninjau Lokasi

Anda wajib meninjau area yang menjadi stand pameran nanti sebelumnya.

Meskipun pihak penyelenggara biasanya akan memberikan blueprint atau peta, namun itu saja tidak cukup. 

Mengetahui area apakah dekat dengan pintu masuk, tangga, berada di paling pojok, bagaimana arus pengunjung pameran serta stand peserta pameran lainnya. 

Informasi ini perlu digali lebih dalam supaya Anda bisa menentukan desain stand yang menarik. Khususnya agar tidak kalah dengan stand kompetitor. 

  • Menentukan Tema Stand 

Setiap pameran akan memiliki tema tertentu, misalnya pameran yang diselenggarakan bertepatan dengan 17 Agustus.

Nah, supaya stand kamu menarik bisa menambahkan pernak pernik kemerdekaan. 

Sesuaikan juga dengan tema pameran secara keseluruhan seperti go green atau yang lainnya.

Jangan lupakan juga tema ini harus sesuai dengan produk yang Anda miliki. 

Buatlah tema stand yang menarik dan out of the box. Pastikan pengunjung merasa ada yang unik sehingga tertarik untuk berkunjung. 

  • Membuat Display Produk Tidak Berlebihan 

Ingat, bahwa di pameran tujuannya tidak selalu untuk berjualan. Kecuali Anda membuka stand makanan atau pameran kuliner. 

Display produk harus dibuat tidak berdesakan atau berlebihan. Jika ingin aman, Anda bisa memasang satu atau dua produk saja namun buat berkesan. 

Langkah ini juga sebagai preventif apabila stand Anda banyak dikunjungi.

Pengawasan produk pun akan jauh lebih mudah sehingga aman. 

Perlu diketahui juga bahwa jika ada produk dari kompetitor yang mirip sebaiknya susun produk Anda secara berbeda.

Tidak ada salahnya juga untuk mengecek penataan produk milik kompetitor. 

  • Memberikan Promo Khusus

Apa yang membuat pengunjung datang ke pameran? Selain karena kebutuhan tetapi juga promo.

Biasanya setiap pebisnis akan memberikan promo khusus pameran. 

Inilah yang harus Anda tiru sehingga pengunjung tertarik dan puas. Mereka pun akan tertarik memberikan informasi kartu nama atau bahkan membeli. 

Anda bisa membuat promo khusus pameran saja dan jangan lupa untuk menyebarkannya melalui kanal media sosial. Sampaikan sebanyak mungkin informasi promo tersebut. 

  • Memberikan Merchandise 

Daya tarik lainnya yang tak kalah penting adalah membagi-bagikan voucher atau merchandise. Anda bisa memberikannya secara cuma-cuma atau syarat tertentu. 

Misalnya untuk pembelian produk langsung di pameran Anda akan memberikan merchandise.

Bisa juga membagikannya secara gratis kepada 100 pengunjung pertama. 

Banyak hal yang bisa dilakukan saat membagikan merchandise ini yang menjadi daya tarik pendukung.

ramah

  • Pastikan Memberi Pelayanan yang Ramah 

Keramahan penjaga stand dan pengetahuan akan informasi lengkap mengenai produk sangat dibutuhkan saat pameran.

Penjaga stand mungkin saja akan kewalahan dengan jumlah pengunjung yang datang. 

Tetap tenang dalam memberikan informasi dan ramah menjadi kunci agar pengunjung pun semakin banyak. Apalagi mereka adalah pengunjung yang relatif baru. 

  • Pilih Lokasi Stand yang Strategis

Di antara banyak hal penting di atas, lokasi akan menjadi penentu utama apakah banyak pengunjung yang datang. Ada beberapa lokasi strategis yang kerap diincar. 

Harga dari lokasi yang strategis ini juga biasanya lebih mahal, seperti dekat pintu masuk dan keluar, dekat panggung dan area tengah.

Anda pasti harus berlomba-lomba dengan peserta lainnya sejak awal. 

Apapun jenis usahanya, desain stand yang bisa menarik perhatian jadi kunci utama.

Sahabat Tedas.id sebaiknya mencari desain yang menarik dan sesuaikan dengan tema pameran. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button