quality control
Umum

Quality Control: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Artikel terakhir diperbaharui 28-01-2021 oleh Aldy Amrillah

Quality Control – Mungkin untuk anda yang terjun di bidang produksi sudah tidak asing lagi dengan istilah dari Quality Control atau QC.

Peran Quality Control sangat penting untuk sebuah perusahaan. Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Quality Control sampai tuntas.

pengertian quality control

Pengertian Quality Control

Sebelum membahas lebih lengkapnya, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian QC atau arti dari Quality Control (QC)

Quality Control adalah salah satu proses paling penting yang wajib dilewati oleh setiap perusahaan bisnis ketika memproduksi barang atau jasa.

QC adalah pengendali mutu pada sektor industri. Sebelum barang atau jasa yang diproduksi bisa didistribusikan, produksi tersebut harus melewati pemeriksaan Quality Control  terlebih dahulu.

Pemeriksaan produk atau jasa ini dapat berlangsung sebelum, selama, dan setelah proses produksi. Perusahaan biasanya sudah memiliki standar kualitas yang sudah ditetapkan untuk setiap produk atau jasa.

Quality Control adalah mereka yang berperan sebagai pengendali kualitas dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Dari pengertian quality control di atas dapat disimpulkan bahwa quality control adalah proses pengecekan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan memastikan kualitas produk sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Tujuan Dari Quality Control

Tujuan Dari Quality Control Adalah Sebagai Berikut

Setelah mengerti dan memahami pengertian Quality Control, QC juga memiliki tujuan tersendiri. Simak beberapa tujuan dari Quality Control di bawah ini.

  1. Untuk memberikan kualitas produk dan aktivitas kerja
  2. Untuk menjamin keselamatan
  3. Untuk memenuhi keinginan customer terhadap produk atau service
  4. Untuk menghasilkan kualitas sebuah produk atau jasa yang baik dan ramah lingkungan
  5. Untuk mengontrol biaya dan juga cost

Cara Kerja Quality Control 

Prosedur dan Cara Kerja Quality Control 

Tentu saja Quality Control juga memiliki syarat atau prosedur tersendiri yang harus dilewati. Cara kerja Quality Control adalah secara umum memastikan produk atau barang hasil industri agar sesuai dengan standar spesifikasi perusahaan.

Quality Control memiliki hak atau kewenangan untuk menerima atau menolak sebuah produk yang nantinya akan dipasarkan atau didistribusikan.

Apabila menemukan kecacatan pada barang hasil produksi, maka QC adalah yang memiliki kewenangan agar barang tersebut dikembalikan untuk diperbaiki terlebih dahulu.

Itu semua sesuai dengan fungsinya. Fungsi Quality Control adalah menguji, memeriksa, dan menganalisis serta meneliti kualitas produk hingga dapat dipastikan barang tersebut sesuai dengan standar kelayakan untuk diedarkan.

Berikut ini adalah beberapa prosedur dari Quality Control adalah:

1. Menentukan Standar Produk

Pertama, prosedur Quality Control adalah menentukan sebuah standar. Apa saja standar yang harus dipenuhi oleh suatu produk sebelum dipasarkan, berapa sampel barang yang akan diperiksa atau haruskah mengecek satu per satu.

Prosedur ini sangat penting untuk dilakukan oleh Quality Control di awal karena untuk menentukan sebuah efektivitas produksi.

2. Menyelaraskan Dengan Visi dan Misi Perusahaan

Selanjutnya prosedur Quality Control adalah harus menyelaraskan visi dan misi perusahaan dengan karyawan-karyawannya.

Untuk mencapai optimalisasi dan menjaga kualitas produk atau layanan yang nantinya akan ditawarkan, maka manajemen dan karyawan harus memiliki pandangan yang sama untuk menjaga kualitas produk agar tetap terjaga dan sesuai dengan standar yang ditentukan.

Untuk itu, bisa melatih karyawan dengan menentukan standar seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

3. Memperbaiki Produk Perusahaan

Jika sudah menentukan standar perusahaan atau benchmark dan menyelaraskan dengan visi misi perusahaan dengan manajemen dan karyawan, maka selanjutnya adalah menjalankan Quality Control itu sendiri.

Selanjutnya prosedur Quality Control adalah mencari tahu beberapa produk yang gagal. Setelah itu, tim yang memiliki tanggung jawab bisa memperbaikinya agar sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Manfaat Quality Control

Manfaat Quality Control

Dengan adanya tim Quality Control, sudah dapat dipastikan perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat yang bisa dirasakan dan juga membantu menjaga kualitas produk dari perusahaan tersebut.

1. Produk atau Barang Lebih Konsisten

Dengan adanya Quality Control akan menjaga konsistensi barang yang diproduksi oleh perusahaan. Hal tersebut mencangkup proses dan kualitas produksi yang nantinya akan ditawarkan atau dipasarkan.

Fungsi Quality Control adalah memastikan bahwa setiap tim atau karyawan telah menjalankan tugasnya untuk memastikan bahwa produk sesuai dengan standar kualitas yang sudah diberikan.

Selanjutnya, fungsi Quality Control adalah memastikan tidak adanya kecacatan pada produk sebelum didistribusikan.

2. Dapat Meningkatkan Efisiensi

Lalu, manfaat adanya Quality Control adalah untuk meningkatkan efisiensi, baik dari proses produksi, waktu, maupun tenaga.

Karena jika tidak dilakukan Quality Control dapat menyebabkan adanya kesalahan atau kecacatan dari sebuat produk produksi maupun tenaga.

Maka dari itu perlu adanya Quality Control untuk mengecek di awal agar biaya, tenaga, dan waktu lainnya bisa dialihkan kepada pengembangan kualitas yang lebih baik lagi.

3. Menjaga Kepuasan Para Pelanggan

Selanjutnya manfaat Quality Control adalah menjaga kepuasan para pelanggan produk perusahaan. Dengan adanya QC, sebuah produk dapat menjaga kepuasan pelanggan dengan mempengaruhi customer loyalty.

Karena proses Quality Control akan mengecek barang produksi agar tidak ada kesalahan fatal yang tidak terdeteksi sehingga membuat pelanggan tidak lagi ingin membeli produk atau menggunakan layanan.

4. Mendorong Perkembangan Bisnis

Terakhir, manfaat Quality Control adalah meningkatkan dan mendorong kemungkinan dari perkembangan bisnis perusahaan.

Semua karena tugas QC adalah memastikan semua produk harus sesuai dengan standar yang sudah ditentukan sehingga manfaat-manfaat yang ada pada poin sebelumnya akan memacu perkembangan bisnis sebuah perusahaan.

pengertian qc

Ingin Menjadi Tim Quality Control?

Jika anda ingin menjadi bagian dari tim Quality Control dari sebuah perusahaan, tentunya akan ada standarisasi tersendiri bagi para anggotanya.

Biasanya perusahaan akan mencari seseorang yang berkompeten baik dalam bidang pendidikan maupun skill yang dimiliki.

Cukup banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga QC yang tentunya mereka akan mencari orang yang memiliki keterampilan.

Jika anda menginginkan posisi QC maka anda harus memiliki suatu keterampilan komunikasi yang baik dan juga perhitungan aritmatika serta memiliki bakat mekanik apabila perusahaan tersebut membutuhkannya.

Lalu, biasanya perusahaan akan mencari orang yang berpengalaman setidaknya 2 tahun untuk dapat menjadi seorang Quality Control di lapangan.

Anda juga bisa mengikuti program-program pelatihan atau sertifikasi yang ditawarkan dari organisasi internasional yang dapat membantu anda mendapatkan posisi Quality Control.

Itu dia beberapa informasi mengenai pengertian Quality Control hingga ulasan-ulasan lainnya seperti manfaat, tujuan, dan prosedur kerja hingga syarat agar bisa menjadi tim QC.

Pada intinya, Quality Control adalah suatu aspek penting yang tidak boleh terlewatkan dalam produksi barang ataupun jasa untuk memastikan kualitas dari standar yang sudah ditentukan untuk mempertahankan kepuasan pelanggan.

Share artikel ini apabila bermanfaat dan dibutuhkan. Baca informasi-informasi atau tutorial lainnya hanya di Tedas.id

Fina Fauziyah
Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *