Selain Pertamina, Ini 15 Perusahaan Terbesar di Indonesia

Perusahaan Terbesar di Indonesia – Bekerja di perusahaan besar, mewah, dan bergaji tinggi merupakan impian banyak orang. Selain bisa menjamin finansial, bekerja di perusahaan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang karena ia merasa memiliki kemampuan lebih dengan memasuki perusahaan tersebut.

Di Indonesia sendiri sudah ada begitu banyak perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah negeri ini. Mulai dari Sabang hingga Merauke. Entah itu perusahaan milik negara ataupun milik swasta.

Dari banyaknya perusahaan yang ada di Indonesia, beberapa dari mereka berhasil memperoleh laba bersih bernilai fantastis baik itu perusahaan yang berasal dari pihak swasta maupun perusahaan milik negara.

Ada begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan menjadi penyebab utama sebuah perusahaan mendapatkan laba bersih yang bernilai tinggi hingga kemudian menggiring perusahaan tersebut menjadi perusahaan terbesar di suatu negara. Salah satu dari faktor tersebut adalah kredibilitas yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan.

15 Perusahaan Terbesar di Indonesia dengan Laba Bersih Yang Tinggi

perusahaan terbesar di indonesia dengan laba besar

Images By: Danamon.co.id

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan laba bersih yang diperoleh, penulis sudah merangkum beberapa informasi menyangkut perusahaan dengan laba bersih fantastis yang ada di Indonesia. Berikut rangkuman laba bersih terendah hingga tertinggi dari perusahaan terbesar di Indonesia:

1. Bank Danamon

Laba bersih yang diperoleh Bank Danamon pada tahun 2018 lalu adalah sebesar Rp. 3,9 triliun rupiah. Jika dibandingkan dengan laba bersih pada tahun 2017, pendapatan tersebut meningkat sebanyak 7%. Ini tentunya menjadi pertanda yang baik bagi Bank Danamon agar kedepannya hal seperti diatas dapat terulang kembali.

2. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood)

Kata Indofood tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Indofood merupakan perusahaan lokal yang memproduksi dan mendistribusi produk mie instan merek indomie yang sudah menyebarkan produknya di wilayah Indonesia hingga ke manca negara.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk atau Indofood sendiri merupakan induk dari produk mie instan merek Indomie.
Pada tahun 2018 lalu, perusahaan ini berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp. 4,58 triliun rupiah dengan total penjualan keseluruhan sebesar Rp. 38,41 triliun rupiah.

Baca Juga  Mengenal Pengertian Bank Sentral, Tugas dan Fungsinya

3. Perusahaan Gas Negara (PGN)

Berdasarkan catatan pembukuan PGN , laba bersih tahunan yang didapat oleh perusahaan tersebut pada tahun 2018 lalu adalah sebesar Rp. 4,34 triliun rupiah.  Untuk mendukung kinerja perusahaan, PGN kini telah menambahkan pipa gas sepanjang 9.909 km pada tahun 2018 kemarin.

4. PT Adaro Energy Tbk

PT Adaro Energy Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang  pertambangan laba bersih yang dihasilkan oleh perusahaan ini pada tahun 2018 lalu adalah sebesar Rp. 5,8 triliun rupiah.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, laba yang didapat menurun sebanyak 13,5% akibat pengaruh dari cuaca buruk yang berlangsung sepanjang tahun 2018 kemarin.

Walaupun demikian kinerja perusahaan ternyata semakin meningkat dan bisa mempertahankan posisinya sebagai perusahaan besar di Indonesia.

5. PT Gudang Garam Tbk

Perusahaan terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah PT Gudang Garam Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan rokok di pasaran lokal maupun manca negara. Pada tahun 2018 lalu, perusahaan ini berhasil menaikkan laba bersih sebanyak 13,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Laba bersih yang dihasilkan oleh perusahaan PT Gudang Garam Tbk adalah sebesar Rp. 7,79 triliun rupiah. Kenaikan tersebut dibantu oleh penjualan yang tidak hanya dilakukan di wilayah Indonesia saja tetapi juga didistribusikan hingga ke luar negeri.

6. Unilever

Kata Unilever merupakan kata yang sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi karena Unilever merupakan perusahaan yang memproduksi produk sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat seperti sampo, sabun, dan lain sebagainya.

Pada tahun 2018 yang lalu, laba bersih yang dihasilkan oleh perusahaan Unilever mencapai angka Rp. 9,1 triliun rupiah. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, laba yang didapatkan pada tahun 2018 ini mengalami kenaikan.

7. Hero Supermarket

Laba bersih yang diperoleh oleh perusahaan Hero Supermarket adalah sebesar Rp. 9,8 triliun rupiah. Angka yang dicapai tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kendati demikian, perusahaan Hero Supermarket tetap mampu mempertahankan posisinya dijajaran perusahaan yang memperoleh laba bersih terbesar di tanah air tercinta, Indonesia.

8. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk

Pada tahun 2018 yang lalu, PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk mengalami kenaikan laba bersih jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Laba bersih yang diperoleh adalah sebesar Rp. 13,63 triliun rupiah.

9. Bank Negara Indonesia (BNI)

Di penghujung tahun 2018 kemarin, BNI berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp. 15 triliun rupiah. Hal tersebut kemudian menjadi salah satu momen gemilang BNI yang harus dirayakan mengingat laba bersih yang didapatkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Peningkatan laba ini tidak terlepas dari meningkatnya penyaluran kredit BNI menjadi sebesar Rp. 521,35 triliun rupiah.

10. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau yang lebih sering dikenal dengan perusahaan Telkom berhasil meraup laba bersih sebesar Rp. 18,56 triliun rupiah pada tahun 2018 kemarin.

11. PT Astra International Tbk

perusahaan besar di indonesia

Images By: Industry.co.id

Pada akhir tahun 2017 lalu, PT Astra Internasional berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp. 21,67 triliun rupiah. Angka ini tentu saja mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya meraup laba bersih sebesar Rp. 15,15 triliun rupiah.

Peningkatan laba ini tak lepas dari keuntungan perusahaan yang didapat dari sektor perbankan (Bank Permata), sektor alat berat, serta sektor pertambangan.

12. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Tahun 2017 merupakan tahun yang gemilang bagi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk karena pada tahun tersebut perusahaan ini mengalami kenaikan laba bersih hingga 53,09% dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersih yang berhasil diperoleh oleh Bank Mandiri adalah sebesar Rp. 25 triliun rupiah.

Baca Juga  Apa Itu PDB? Pengertian, Rumus dan Cara Menghitung PDB

13. Bank Central Asia (BCA)

Pada akhir tahun 2018 kemarin, BCA berhasil meraih laba bersih sebesar Rp. 25,9 triliun rupiah. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, laba bersih yang diraih padaa tahun 2018 ini mengalami peningkatan sebesar 10,9%.

Pihak BCA mengemukakan bahwa kenaikan ini tak lepas dari kinerja keuangan yang positif sepanjang tahun 2018.

14. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)

Dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk sepanjang tahun 2018 lalu mengantarkan perusahaan tersebut meraih laba bersih yang fantastis yakni sebesar Rp. 32,4 triliun rupiah.

Keberhasilan BRI dalam meningkatkan laba bersihnya tak dapat lepas dari kinerja penyaluran kredit yang mana kredit BRI tumbuh sebanyak 10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

15. Pertamina

Perusahaan Pertamina menempati posisi tertinggi dalam jajaran perusahaan terbesar di Indonesia dengan laba bersih yang diperoleh oleh Pertamina adalah sebesar Rp. 35,99 triliun rupiah. Ini tentu merupakan nilai yang sangat fantastis bagi sebuah perusahaan.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *