Perencanaan Usaha: Pengertian, Komponen dan Contohnya

Artikel terakhir diperbaharui 23-04-2021 oleh Aldy Amrillah

Perencanaan Usaha – Sudah dapat dipastikan bahwa seseorang yang berhasil itu tak luput dari keberuntungan yang mereka dapatkan selama berproses, banyak dari kalian menyatakan keberuntungan adalah bagian dari diri kita.

Dan itu tidak sepenuhnya benar untuk dikemukakan sebab menurut para ahli dan seseorang yang berpikir secara logis akan menganggap keberuntungan itu dapat dibuat.

Keberuntungan akan terjadi apabila kalian sudah mengantisipasi semua resiko yang akan terjadi sehingga setiap langkah yang kalian berikan terasa menuai keberuntungan.

Dan begitulah peran besar yang mendasari perencanaan usaha untuk melihat seberapa matang usaha yang akan kalian dirikan. Tentu prinsip dari perencanaan adalah dengan menentukan tujuan serta core bisnis yang akan kalian incar.

Pengertian Perencanaan Usaha

Tujuan dari sebuah usaha selain kalian memang menggemari-nya ialah kalian harus tetap menetapkan laba bisnis, sebab tanpa laba bisnis tersebut kalian akan merasa disulitkan untuk membuat siklus modal dan untung agar dapat looping selama mungkin.

Pada dasarnya walaupun terkesan cukup formal dalam mendirikan sebuah usaha, pastilah harus dapat membuat usaha itu terus berkembang dan akhirnya dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Nah dalam mencapai tujuan itu sendiri dibutuhkan sebuah visi serta kebijakan terlebih dahulu. Perencanaan usaha atau juga sering dikenal dengan istilah inggris yaitu business plan sangat berperan penting untuk mengantisipasi segala gejolak masalah yang akan dihadapi nantinya.

Contoh Perencanaan Usaha

Contoh Perencanaan Usaha

Untuk lebih memudahkan kalian dalam perencanaan usaha adalah dengan menulis ke dalam sebuah dokumen lengkap dengan kemampuan bisnis yang akan kalian jalankan, berikut gambaran besar terkait contoh perencanaan usaha:

Visi & Misi

Dalam dunia bisnis memang persaingan amat ketat, untuk itu sedikit lebih beda itu lebih baik daripada menjadi yang terbaik sepenuhnya, semisal dapat dilihat pada kasus jenis bisnis makanan bakso, karena bakso dalam ingatan konsumen sudah biasa untuk dilihat dan rasakan oleh karenanya terdapat inovasi-inovasi baru berupa bakso beranak, bakso bom, dan masih banyak lagi.

Hal yang perlu kalian ingat dalam memegang konsep tersebut adalah sebelum menjadi beda maka kalian harus menjadi lebih baik dahulu, perbedaan dan keunikan pada usaha kalian hanya akan bertahan sekejap saja dan yang akan bertahan lama tetaplah kualitas yang akan kalian suguhkan kepada customer kalian masing-masing.

Baca Juga: Perbedaan wirausaha dan wiraswasta

Tujuan Kedepan

Harus terdapat sasaran dan target yang ingin dicapai perusahaan atau sebuah usaha yang akan kalian bangun kedepan, dengan seiringnya waktu dan usaha kalian sudah dapat dikategorikan sukses pun harus tetap menentukan target baru.

Kebijakan & Prosedur

Kalau dalam sebuah pemrograman maka akan terdapat algoritma yang mengartikan urutan sebuah proses agar dapat terwujud sesuai harapan.

Sama halnya dengan sebuah kebijakan dan prosedur harus segera ditetapkan agar nantinya strategi yang sudah kalian susun dapat terealisasi. Dalam bagian ini dapat berisi rangkaian kegiatan yang akan dijadikan pedoman hingga terbentuk sesuai rangkaian yang sudah dibuat tersebut.

Program & Budget

Semua hal yang berhubungan dengan keuangan seharusnya dapat diatur secara presisi dan akurat, untuk itu dibutuhkan kerincian yang lebih untuk membuat rancangan dan perencanaan dana agar porsi yang diberikan tidak melebihi batas maksimal yang ditentukan.

Komponen Penting Dalam Perencanaan Sebuah Bisnis

Komponen Penting Dalam Perencanaan Sebuah Bisnis

Setelah kalian sudah mulai memahami pengertian perencanaan usaha secara garis besar, maka sudah saatnya hal tersebut dikerucutkan menjadi lebih tajam sehingga akan dapat membantu kalian dalam mengantisipasi kesalahan yang sama kenapa dan mengapa perusahaan dapat mudah gulung tikar, berikut komponen utama dalam perencanaan usaha:

Deskripsi Bisnis

Jika kalian tidak dapat menjelaskan secara singkat usaha yang hendak kalian jalankan maka jangan macam-macam untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, sebab sebuah potensi menarik dan tidaknya akan dapat terlihat.

Serta peluang perkembangan di masa depan pun dapat dijadikan acuan kalian dalam menjelaskan deskripsi bisnis secara singkat.

Tak lupa dilengkapi dengan inovasi serta evaluasi agar nantinya usaha yang kalian buat dapat bertahan selama mungkin dalam bidangnya.

  • Tujuan membuat deskripsi bisnis adalah agar bisa menjelaskan secara singkat terkait bidang usaha yang akan kita jalankan, kita juga bisa menjelaskan potensi produk agar bisa bertahan serta berkembang di masa depan.
  • Setiap orang yang memiliki kepentingan dalam bisnis tentu saja juga harus bisa memahami terkait potensi serta rencana masa depan dari bisnis yang dijalankan.
  • Bisnis juga harus mempunyai rencana terkait inovasi dan juga evaluasi supaya produk bisa bertahan dan terjual laku keras di pasaran.

Strategi Pemasaran

Sebelum mulai memutuskan strategi pemasaran yang akan kalian terapkan alangkah baiknya kalian dapat menganalisis SWOT dari usaha kalian, sebab hal ini sangat penting untuk menanggulangi kelemahan yang kalian miliki.

Sehingga pemaksimalan keunggulan dapat berjalan secara optimal. Semakin keras pesaing dalam bidang usaha yang akan kalian terapkan maka kalian juga harus menganalisis SWOT pihak kompetitor.

  • Strategi pemasaran harus berupa hasil analisa dari pasar yang sudah dilakukan dan diamati dengan teliti untuk menjadi kekuatan agar target pembeli bisa tertarik.
  • Dibutuhkan analisa SWOT untuk bisa mengetahui terkait keunggulan, kelemahan serta peluang dari produk. Dengan melakukan analisa ini tentu saja kita bisa menentukan strategi yang sesuai untuk bisa menghemat waktu, tenaga dan juga biaya.

Pengembangan Desain

Perencanaan usaha kali ini akan bergantung pada data yang sudah di kolektif dari masa lampau dengan jenis usaha yang sama.

Seperti halnya ilmu statistika yang bertujuan untuk mempelajari data masa lalu untuk memprediksi masa depan, walaupun hal tersebut tidak sepenuhnya akurat akan dapat lebih mudah diaplikasikan jika sudah dibuat desain rinci terkait laba, biaya, jumlah stock yang dimiliki, dan masih banyak lagi.

Pahami Persaingan Bisnis

Selanjutnya tentu saja kita harus bisa memahami dan juga mengenal persaingan di pasar kita. Kita bisa melakukannya melalui hasil analisis dari SWOT yang sudah anda lakukan di atas. Kita bisa mengetahui kekuatan dan juga kelemahan dari pesaing bisnis kita di pasar yang sama dengan kita.

Dengan begitu tentu saja kita bisa menerapkan beberapa strategi supaya bisa memasarkan produk yang beda dengan cara yang dilakukan oleh pesaing kita tersebut. Jika sudah begitu tentu saja kita memiliki  rencana bisnis yang ideal.

Rencana Operasional Serta Manajemen

Berikutnya, rencana operasional dan juga manajemen sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena mempunyai lingkup yang luas terkait perjalanan bisnis kita tentu saja sangat berdampak terhadap perencanaan usaha yang kita lakukan.

Logistik perusahaan ini menjadi salah satu fokus rencana operasional yang termasuk tanggung jawab dan tugas dari manajemen, termasuk juga penetapan prosedur kerja tiap divisi perusahaan serta menyusun anggaran operasional dari perusahaan.

Menghitung Biaya Modal

Terakhir tentu saja anda harus bisa menghitung biaya dan juga keuangan yang harus anda persiapkan. Modal awal untuk memulai usaha yang baru ini sangat penting untuk kita perhitungkan dan juga kita perhatikan.

Hal ini karena terkait sumber dana dari perusahaan serta terkait cara mengelola keuangan tadi agar bisa lebih efisien.

Perusahaan tentu saja harus bisa mempersiapkan dana seperti persediaan bahan, alat produksi dan juga biaya marketing. Dengan begitu tentu saja dana bisa digunakan dengan lebih efisien supaya saat bisnis sudah jalan kita tidak akan mengalami kekurangan dana atau keuangan.

Dalam melakukan perhitungan biaya tentu saja kita juga harus memiliki buku laporan keuangan, laporan arus kas dan juga laporan pengembalian modal yang sudah kita keluarkan di awal perencanaan usaha tadi.

Jika memang diperlukan, perusahaan yang kita miliki bisa bekerja sama bersama dengan jasa penyedia layanan akuntansi yang sudah profesional untuk bisa membuat analisis keuangan usaha sesuai dengan perencanaan bisnis yang anda jalankan. Jika anda tidak memiliki uang untuk menyewa jasa, anda bisa memanfaatkan jurnal software atau aplikasi akuntansi yang bisa anda dapatkan dan gunakan secara gratis.

Contoh Perencanaan Usaha

Contoh Perencanaan Usaha

Terakhir, sebagai informasi tambahan saya akan membahas tentang seperti apa sih contoh perencanaan usaha yang mungkin bisa menjadi acuan untuk anda yang ingin membuat atau membangun perencanaan usaha.

Nah karena perencanaan usaha adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, berikut adalah contoh perencanaan usaha yang bisa anda jadikan sebagai acuan.

Nama Proyek/Usaha : Tulisin Anton

Bidang Usaha : Penulisan Konten / Content Writer

Visi : Membantu blogger atau pelaku usaha untuk membuat konten atau membuat artikel tentang pemasaran produk yang dijual.

Misi : Memberikan layanan pembuatan artikel atau konten untuk website atau blog.

Deskripsi Bisnis Dan Produk : Tulisan Anton adalah bisnis atau penyedia layanan yang bergerak dalam bidang pembuatan konten atau artikel untuk website atau blog. Untuk para blogger yang tidak memiliki waktu untuk mengisi konten atau artikel di blog, bisa mengandalkan jasa Tulisin Anton.

Keunikan Produk : menawarkan jasa pembuatan konten atau artikel untuk website atau blog dengan jaminan harga termurah serta pengerjaan tercepat dibandingkan jasa lainnya.

Analisis Pasar : Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, beberapa kondisi terkait pangsa pasar adalah.

  1. Pangsa pasar yang ditargetkan merupakan blogger atau pemilik website yang membutuhkan pengisi konten untuk blog atau website mereka.
  2. Perusahaan atau CV yang membutuhkan ulasan terkait konten untuk promosi perusahaan mereka.

Rencana Pemasaran : Pemasaran nantinya akan dilakukan dengan memanfaatkan sosial media Facebook sebagai media pemasaran.

Tim yang bekerja : Anton Wahyu Suseno

Analisis SWOT : Kuat

  • Karena didukung dengan perangkat yang memadai.
  • Mempunyai pengetahuan yang baik terkait bagaimana cara membuat konten yang baik dan benar.
  • Mempunyai kecepatan pengerjaan yang tergolong sangat cepat.

Weakness :

  • Banyak pesaing yang mulai menjalani usaha ini.

Opportunity :

  • Memiliki banyak testimoni yang dirangkum dari tahun 2016 sebagai kekuatan untuk meyakinkan calon konsumen.
  • Tinggi minat pasar terkait layanan ini.

Nah itulah tadi pengertian perencanaan usaha yang sangat penting untuk dilakukan beserta contoh perencanaan usaha. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin ingin membangun sebuah usaha namun masih bingung atau tidak tahu bagaimana cara membuat perencanaan usaha. 

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.