Perbedaan Prabayar dan Pascabayar: Contoh dan Kelebihannya

Artikel terakhir diperbaharui 22-03-2021 oleh Aldy Amrillah

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar – Kegiatan transaksi merupakan kegiatan yang selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Pembayaran menjadi sebuah syarat wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan suatu barang.

Kegiatan bayar membayar menjadi aspek kebutuhan hidup yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat sebagai makhluk sosial.

Masyarakat tidak akan terlepas dari kebutuhan konsumsi makanan, internet, listrik, telepon, air, dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut anda bisa melakukan pembayaran.

beda prabayar dan pascabayar

Mengenal Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Pembayaran kebutuhan sehari-hari seperti disebutkan di atas dapat dibagi menjadi dua metode, yaitu metode pembayaran prabayar dan pascabayar.

Mungkin banyak masyarakat yang sudah paham dan tidak asing dengan istilah perbedaan prabayar dan pascabayar. Secara umum, banyak masyarakat yang menggunakan metode transaksi prabayar.

Metode pembayaran prabayar sering dilakukan pada kegiatan pembelian barang atau jasa seperti di pasar tradisional, supermarket, swalayan, dan lain-lainnya.

Namun metode pembayaran pascabayar juga sering diterapkan pada masyarakat seperti pembayaran tagihan listrik, internet, dan yang lainnya.

Untuk anda yang belum paham mengenai apa perbedaan antara metode pembayaran prabayar dan pascabayar, artikel kali ini akan membahas perbedaan prabayar dan pascabayar yang perlu anda ketahui.

Untuk mengetahui perbedaan prabayar dan pascabayar, anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian keduanya.

Prabayar adalah salah satu metode pembayaran dengan membayar di muka sebelum menggunakan, mengonsumsi, atau memanfaatkan produk atau jasa yang anda beli sesuai kebutuhan.

Sementara, pascabayar adalah salah satu metode pembayaran yang dilakukan setelah anda menggunakan, mengonsumsi, atau memanfaatkan penggunaan produk atau jasa.

Sehingga apabila anda menggunakan metode pascabayar, anda akan menerima tagihan di akhir (biasanya setiap bulan) yang harus anda bayar.

Perbedaan prabayar dan pascabayar menurut pengertian terletak pada kapan transaksi pembayaran dilakukan.

Namun, tidak semua barang dapat dilakukan transaksi prabayar atau pascabayar. Ada beberapa jasa atau produk yang hanya bisa melakukan transaksi pembayaran melalui metode prabayar saja atau pascabayar saja.

Contoh Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Agar anda tidak bingung, maka ada contoh yang bisa anda pahami dari perbedaan pascabayar dan prabayar. Berikut adalah beberapa contoh dari perbedaan pascabayar dan prabayar.

1. Contoh Transaksi Pembayaran Prabayar

Setelah memahami pengertian prabayar, anda mungkin bisa langsung membayangkan transaksi sehari-hari yang menggunakan proses pembayaran prabayar.

Seperti belanja atau jual beli barang-barang atau kebutuhan di pusat perbelanjaan. Sebelum menggunakannya, anda harus membayar terlebih dahulu.

Contoh lainnya adalah pembelian paket internet atau kuota yang menjadi kebutuhan masyarakat. Pembelian paket internet biasanya menggunakan transaksi prabayar.

Dimana anda harus membeli terlebih dahulu paket internet yang anda butuhkan, baru anda bisa memanfaatkannya atau menggunakannya.

Jika anda menggunakan token listrik atau pulsa listrik di rumah anda, itu merupakan jenis transaksi prabayar. Anda harus membeli terlebih dahulu pulsa listrik, setelah itu baru anda bisa menggunakannya.

2. Contoh Transaksi Pembayaran Pascabayar

Ada beberapa contoh pembayaran pascabayar pada kebutuhan sehari-hari. Pada umumnya, penggunaan air dibayar pada akhir bulan setelah pemakaian.

Ini disebut transaksi pascabayar karena anda menggunakan air terlebih dahulu, setelah itu anda akan mendapatkan tagihan pembayaran di akhir.

Sama halnya dengan penggunaan listrik. Sebelum ada token atau pulsa listrik, anda harus membayar tagihan listrik di akhir setelah pemakaian. Namun saat ini anda bisa memilih akan melakukan pembayaran prabayar atau pascabayar.

Contoh lain pembayaran pascabayar juga diterapkan pada kartu SIM. Sebut saja Telkomsel yang sudah memulai memberikan pilihan kepada pelanggannya akan melakukan pembelian paket kuota secara prabayar atau pascabayar.

Selain itu, contoh umum lainnya dapat anda temukan ketika anda memesan kamar hotel atau penginapan. Anda akan membayar tagihan sewa saat check-out atau keluar dari hotel.

Keunggulan dan Kekurangan Prabayar dan Pascabayar

Keunggulan dan Kekurangan Prabayar dan Pascabayar

Beda  prabayar dan pascabayar juga dapat dilihat dari keuntungan dan kerugiannya. Setiap metode transaksi pembayaran pasti memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Keunggulan Layanan Prabayar

Metode transaksi prabayar dapat digunakan apabila anda telah melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang diinginkan dan ditentukan.

Metode transaksi prabayar memiliki beberapa keunggulan seperti di bawah ini:

  • Simple dan Praktis

Jika anda bukan tipikal orang yang menyukai tagihan di akhir bulan, metode prabayar akan cocok untuk anda karena anda akan lebih fleksibel dalam melakukan pengisian ulang tanpa harus dibebani dengan tagihan.

  • Pembayaran Sesuai Penggunaan

Dengan menggunakan metode pembayaran prabayar, anda bisa bebas untuk membayar atau mengisi produk sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Jika anda tidak memiliki uang maka anda bisa memperhitungkannya di awal bahkan bisa memilih untuk tidak melakukan pembayaran.

Contohnya, anda bisa mengisi pulsa kuota dengan menggunakan metode prabayar dengan mengatur kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika tidak memiliki uang, anda memiliki pilihan untuk tidak membeli.

Penggunaan metode transaksi pascabayar akan cocok bagi anda yang malas untuk bolak-balik mengisi pulsa listrik atau paket internet dan juga yang lain-lainnya.

Pada umumnya, jika anda menggunakan layanan pascabayar, anda akan mendapatkan tagihan yang harus dibayar dalam jangka waktu tertentu. Misal dalam 30 hari atau satu bulan.

Sama halnya dengan prabayar, layanan pascabayar juga memberikan beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh penggunanya seperti di bawah ini:

  • Tidak perlu repot bolak-balik untuk mengisi ulang saldo

Dengan sistem pakai dulu bayar di akhir, metode pembayaran pascabayar sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk isi ulang pulsa listrik atau kuota internet.

Maka dari itu, pascabayar dinilai lebih mengefisienkan waktu anda di kehidupan sehari-hari.

  • Sangat cocok bagi anda yang ingin mengatur pengeluaran keuangan lebih pasti

Jika anda melakukan pembayaran dengan sistem pascabayar, biasanya anda sudah mengetahui besaran tagihan yang akan ditagih kepada anda perbulannya.

Sehingga catatan pengeluaran keuangan akan lebih efektif karena anda bisa mengaturnya di awal.

Kekurangan Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan prabayar dan pascabayar juga terlihat dari kekurangan yang dimiliki. Setelah membahas kelebihan, maka penting juga bagi anda untuk mengetahui kekurangan dari keduanya.

Jika anda menggunakan layanan prabayar, maka anda akan ribet untuk melakukan isi ulang secara berkala bahkan bisa melebihi.

Contohnya, jika anda melakukan pembayaran prabayar pada listrik, anda harus mengisi ulang apabila listrik habis. Namun, ini akan cukup menyita waktu bagi anda yang sibuk.

Selain itu, contoh lain pada penggunaan internet, akan lebih mahal saat anda menggunakan sistem prabayar karena harga paket yang lebih mahal.

Sedangkan untuk kekurangan pascabayar, anda akan melakukan pembayaran di akhir sesuai dengan jumlah tagihan.

Jika diberi contoh yang sama, kekurangan dari pascabayar adalah anda bisa memiliki tagihan yang melonjak apabila penggunaan tidak terkontrol.

 Setelah mengetahui perbedaan prabayar dan pascabayar dari pengertian hingga keunggulan dan kekurangannya, anda sudah bisa menentukan jenis layanan yang anda pilih sesuai dengan keadaan situasi anda.

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.