perbedaan cv dan pt
Umum

Perbedaan CV dan PT: Pengertian dan Kelebihannya

Perbedaan CV dan PT – Di Indonesia sendiri mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata CV dan PT, kedua hal tersebut sudah selayaknya menjadi elemen yang familiar dalam orang menjalankan maupun bekerja didalamnya.

Perseroan Terbatas (PT) dan Commanditaire Vennootschap (CV). Memang benar kedua hal tersebut hanyalah sebuah konsep penamaan-nya saja yang berbeda, dan ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Perbedaan CV Dan PT & Perbedaan PT & CV akan sangat nampak dan jelas kalian rasakan dari segi perusahaan tersebut dibangun maupun kita yang akan bergabung didalamnya.

Nah peranan seperti itulah yang sebenarnya membuat wawasan kalian lebih terbuka luas dalam memandang peluang-peluang usaha yang semestinya bisa kalian kemukakan jika kalian sudah mengerti dengan apa dan bagaimana cara mengembangkan ide kalian menjadi sebuah perusahaan berjenis PT atau CV.

Pengertian CV dan PT

Pengertian CV dan PT

Untuk lebih jelasnya kalian setidaknya harus mengenal tentang pengertian dasar dari kedua istilah tersebut, sebelum membahas lebih lanjut Perbedaan CV Dan PT & Perbedaan PT & CV dari berbagai perspektif yang berbeda-beda.

CV adalah sebuah badan usaha yang dibentuk dengan tujuan yang sudah ditetapkan oleh seorang individu maupun kelompok yang dapat didirikan oleh 2 orang atau lebih, dengan perannya masing-masing dalam perusahaan.

Peran pemberi modal atau sekutu pasif dan peran pengurus yang menjalankan perusahaan dari sisi internal maupun eksternal, tetapi di beberapa kasus satu orang dapat menanggung kedua hak tersebut dengan menanggung jawab keduanya dengan porsi yang sama.

Sedangkan PT adalah sebuah badan hukum yang akan didirikan dengan perjanjian oleh semua persekutuan modal dan nantinya akan terdapat pembagian secara menyeluruh.

Sehingga menjadikan sebuah persentase saham. Nah pemegang saham inilah yang berperan besar dengan setiap keputusan yang akan diambil demi kepentingan perusahaan maupun suatu masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

Perbedaan CV dan PT

Perbedaan CV dan PT

Perbedaan secara mendasar dapat dilihat dari bentuk kedua badan tersebut dari mata hukum, yang dimana artinya yang dianggap sah sebagai badan hukum adalah PT.

Sedangkan CV akan sah secara formil maupun formalitas yang diberikan, tetapi masih terdapat banyak pro dan kontra bahwa CV tidak sah secara hukum.

Oleh karenanya CV dianggap sebagai seseorang yang akan menanamkan modal dan akan mendapatkan untung dari modal yang diberikan tersebut.

Baca Juga: Cara mengecek npwp online

Dan umumnya CV hanya dijadikan sebuah wadah yang digunakan untuk menampung kerjasama antar sekutu dengan kinerja yang sah secara dokumen, karena di Indonesia jika terdapat pengadaan barang yang melebihi 200 juta tidak boleh dilakukan secara personal, dan untuk itulah CV hadir untuk memenuhi problem tersebut.

1.     Perbedaan CV Dan PT & Perbedaan PT & CV: Perbedaan Bentuk

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa CV tidak berbadan hukum. Sehingga dimata hukum CV berkedudukan sebagai badan usaha, yang pada artinya tidak semua hak untuk melindungi CV dapat diberikan sepenuhnya, berbeda halnya dengan PT.

Dalam hal tersebut secara mata hukum PT dianggap sebagai warga negara biasa dengan pandangan dan derajat hukum yang sama, tidak hanya dihukum saja tetapi saat membuka rekening bank-pun akan menggunakan nama perusahaan seperti layaknya kita mencantumkan nama kita di rekening bank.

2.     Perbedaan CV Dan PT & Perbedaan PT & CV: Perbedaan Founder

Ciri khas CV hanya akan ada di Indonesia saja, sebab seperti dan sesuai peraturannya bahwa selain warga NKRI maka tidak akan dapat mendirikan CV.

Sedangkan PT dapat didirikan oleh WNA tetapi dengan syarat dan kebijakan yang sudah tertuang melalui mekanisme Penanaman Modal Asing (PMA).

3.     Perbedaan CV Dan PT & Perbedaan PT & CV: Perbedaan Saham

Terdapat akta yang menunjukan sebuah pendirian CV, dengan informasi yang lengkap dari tanggal dan lain-lain, tetapi di dalam CV tidak terdapat besaran modal yang tercantum.

Sementara itu dalam pendirian sebuah PT harus mencantumkan besaran modal yang sudah disepakati, penempatan modal, dan modal yang akan diperlukan untuk kebutuhan usaha.

4.     Perbedaan CV Dan PT & Perbedaan PT & CV: Perbedaan Pengesahan dan Biaya

Sesuai dengan besarnya perusahaan yang akan didirikan, maka akan berbanding lurus dengan syarat yang harus diperlukan untuk mengesahkan hal tersebut.

Untuk CV sendiri hanya perlu disahkan di pengadilan negeri setempat saja, untuk PT harus disetujui dan disahkan oleh kementerian hukum dan HAM (Kemenkumham), mungkin itu juga yang membuat biaya pendirian PT jauh lebih mahal daripada CV.

5.     Perbedaan CV dan PT & Perbedaan PT & CV: Perbedaan Pengurus

Dalam hal ini CV akan terdapat pengurus aktif dan pasif, sedangkan untuk PT terdapat direksi dan komisaris. Perbedaan kepengurusan juga akan berdampak pada keuntungan yang didapat, dimana PT dibagi sesuai persentase pemegang saham, sedangkan CV dibagi rata dengan semua anggota-nya.

Kelebihan dan Kekurangan CV & PT

Kelebihan dan Kekurangan CV dan PT

Setelah mengetahui perbedaan PT dan CV, berikutnya kita akan belajar tentang apa saja sih kelebihan dan juga kekurangan CV dan PT yang mungkin akan bermanfaat untuk anda sebagai informasi tambahan. Nah berikut sudah saya rangkumkan informasinya.

Kelebihan CV

  • Mudah untuk mencari modal tambahan yang biasanya akan didapatkan dari anggota pasif. Hal ini karena untuk merekrut anggota pasif baru di CV sangat mudah untuk dilakukan.
  • Mudah untuk melakukan pencairan kredit, hal ini karena pinjaman yang diberikan terhadap CV ini juga relatif rendah jadi pihak peminjam juga akan dengan mudah mencairkan dana pinjaman atau kredit.
  • Untuk mengelola CV bisa diserahkan terhadap pihak yang memang mempunyai keahlian di dalam bidangnya. Biaya untuk menyewa jasa pengelolaan CV ini pun juga relatif sangat terjangkau.
  • Tanggung jawab persero pasif yang relatif terbatas.
  • Modal untuk membuat CV ini relatif lebih besar, oleh sebab itu terkadang untuk membuat CV dibutuhkan perekrutan anggota pasif.
  • Kelangsungan usaha lebih terjamin karena lingkupnya masih dalam skala yang kecil.

Kekurangan CV

  • Persero yang pasif tidak akan mengelola perusahaan dan hanya akan mempercayakan modal terhadap persero yang aktif. Jadi persero yang aktif sangat terbebani dengan pengelolaan perusahaan.
  • Tanggung jawab dari pesero aktif sangat banyak dan cenderung tidak terbatas.
  • Harta kekayaan persero aktif bisa disita apabila perusahaan bangkrut, hal ini karena persero aktif lah yang bertanggung jawab atas segala aktivitas CV.
  • Modal yang sudah diberikan oleh anggota pasif akan sulit untuk ditarik atau diminta lagi karena sudah digunakan untuk modal usaha.
  • Keuntungan akan dibagi setiap anggota.

Kelebihan PT

  • Mudah untuk mencari modal tambahan karena sudah memiliki modal Nama yang besar dulu.
  • Karena statusnya berbadan hukum, maka akan mudah untuk mencari pinjaman modal tambahan.
  • Tanggung jawab pemegang saham tergantung modal yang diberikan.
  • Modal bisa dijual belikan kepada orang lain.
  • Kelangsungan perusahaan lebih terjamin karena tidak bergantung terhadap pemegang saham.
  • Harta perusahaan dibagi secara terpisah.

Kekurangan PT

  • Prosedur pendiriannya yang sulit.
  • Rahasia perusahaan bisa diakses umum.
  • Tingkat kemungkinan nepotisme sangat tinggi.
  • Keuntungan dibagi bersama pemegang saham.
Anton Wahyu
Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.