pengaruh sosial media
Umum

Peran Sosial Media Untuk UMKM

Saat ini, tidak dapat dipungkiri lagi, sosial media memang memiliki peran atau pengaruh yang cukup besar dalam banyak hal di kehidupan. Melalui sosial media anda dapat mendapatkan atau membagikan informasi mengenai hal apa saja dengan cepat. Bahkan info atau berita terbaru lebih cepat anda lihat lewat sosial media dibandingkan lewat saluran berita di televisi.

Maka dari itu,kini sudah mulai banyak UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk dagangan mereka. Lewat sosial media para pemilik UMKM dapat mengunggah foto-foto produk, mengiklankan produk serta menerima order atau pesanan lewat sosial media. Hal ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

Mengapa Sosial Media Penting Untuk UMKM?

Karena sosial media sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita, sudah menjadi hal yang umum untuk bermain sosial media. Dari sosial media kita dapat melihat berbagai hal maupun informasi yang dibagikan oleh pengguna yang lainnya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa point yang menjadikan sosial media sebagai investasi penting untuk mengembangkan UMKM berdasarkan penjelasan investbro.

Banyaknya Pengguna Aktif di Sosial Media

Dengan banyaknya jumlah orang yang menggunakan sosial media, akan memudahkan UMKM untuk lebih dikenal orang. Terutama generasi muda, pastinya sering menghabiskan waktu dengan bermain sosial media. Dilansir dari “Digital Around The World 2019”, tercatat sejumlah 150 juta orang atau lebih yang menggunakan sosial media dari total 268 juta penduduk.

Bila dihitung, orang-orang ini dapat menghabiskan waktu hingga 3 jam 26 menit per harinya untuk bermain sosial media. Hal ini yang menjadi salah satu faktor atau alasan mengapa UMKM dapat memulai penjualannya lewat sosial media. Dikarenakan calon pembeli lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di media sosial.

Berinteraksi dengan Konsumen Menjadi Lebih Mudah

Orang-orang pada umumnya menggunakan sosial media untuk mencari hiburan dan informasi terbaru. Sosial media dapat menjadi tempat bertemunya pembeli dengan penjual. Melalui platform sosial media, pembeli dan penjual dapat langsung melakukan percakapan melalui pesan.

Sehingga komunikasi antara kedua pihak tersebut lebih mudah dilakukan, terutama saat lokasi menjadi faktor penghalang utama.

Meningkatkan Kemungkinan Toko Dikenal

Platform sosial media dapat membantu meningkatkan kemungkinan toko dikenal oleh banyak orang. Buat profil akun toko dengan menarik dan jelas, juga menggambarkan kepribadian produk yang dijual. Sehingga orang-orang dapat  dengan mudah melirik ke toko penjual.

Kemudian ingat untuk mengunggah konten produk dengan konsep atau ide yang menarik agar pembeli tertarik pada produk yang dijual. Sebagai contoh, pembeli baru tahu dengan produk atau toko anda di media sosial. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk anda melalui konten yang jelas dan menarik, agar orang-orang dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai toko dan produk yang dijual.

toko umkm

Promosi Dari Mulut ke Mulut

Promosi mulut ke mulut merupakan salah satu cara marketing yang paling ampuh untuk segala macam bisnis, tidak terkecuali UMKM. Kemudian sekarang, banyak orang yang lebih percaya dan tertarik untuk membeli sesuatu setelah mendengar review atau testimoni dari orang yang sudah pernah berbelanja di toko anda, atau melalui influencer favoritnya.  Hal ini dikarenakan para pembeli dapat menulis atau memberikan testimonial atau review serta dapat memberikan rekomendasi dari produk atau layanan tersebut kepada teman maupun keluarga.

Memiliki Berbagai Platform untuk Menjangkau Konsumen

Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis sosial media yang bisa anda gunakan. Setiap jenis platform sosial media memiliki audience atau pengguna dengan karakteristik yang berbeda. Anda dapat menganalisa minat atau ketertarikan audience dengan produk atau jasa yang seperti apa.

Dengan cara ini, anda bisa mencari tahu tips atau cara untuk membuat iklan atau promosi yang sesuai dengan audience sosial media tersebut. Sehingga promosi anda akan lebih efektif dibandingkan menggunakan cara yang sama di semua platform sosial media anda.

Hemat Biaya

Karena membuat akun dan mendaftar sosial media gratis, anda dapat menggunakan biaya untuk fokus pada produk maupun iklan anda. Cara marketing ini sebenarnya susah-susah gampang. Anda harus dapat memanfaatkan fitur atau skill anda dalam mempromosikan produk dan toko anda.

Namun anda juga dapat menggunakan fitur iklan berbayar yang disediakan oleh platform sosial media. Biasanya harga atau tarif iklan yang dikenakan masih cukup terjangkau oleh toko pemula.

Meningkatkan Penjualan

Bila anda pandai membuat konten iklan produk yang menarik, besar kemungkinan akan ada banyak orang yang tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layanan anda. Semakin banyak orang yang membeli, semakin banyak juga review atau testimonial yang anda dapatkan. Dengan begini, anda akan mendapatkan pembeli lebih banyak lagi.

Secara tidak langsung, efek ini sebenarnya didapatkan dari cara promosi mulut ke mulut. Dengan anda mendapatkan ulasan lalu anda mengunggahnya di akun anda, calon pembeli akan melihat testimonial tersebut dan menilai bahwa toko anda memang memiliki produk yang bagus.

Untuk mempertahankan reputasi toko anda, ingat untuk selalu melayani pembeli dengan ramah dan menjaga kualitas dari produk anda. Mendapatkan dan menjaga kepercayaan dari pembeli, akan membuat usaha anda semakin maju.

Akhir Kata

Jadi apa saja peran sosial media untuk UMKM telah kita bahas bersama di atas. Dengan memiliki sosial media untuk melakukan promosi dan penjualan, UMKM dapat berkembang lebih cepat dibandingkan tidak menggunakan sosial media.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    You may also like

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *