Pengertian Manajemen : Fungsi, Unsur dan Tujuannya

Pengertian Manajemen – Anda yang berkecimpung dalam sebuah organisasi atau perusahaan sepertinya sudah tidak asing lagi dengan kata manajemen, bukan? Pengertian manajemen secara sederhana merupakan sebuah seni dalam mengatur atau melaksanakan.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu Anda juga tidak terlepas dari yang namanya manajemen. Mulai dari mengatur waktu, hingga mengatur keuangan. Hal-hal tersebut merupakan contoh dari penerapan manajemen.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

tujuan manajemen

Pengertian manajemen bisa dipahami sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang sebagai manajer untuk mengawasi serta mengarahkan bawahannya. Hal tersebut bertujuan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Adanya manajemen yang baik pada perkumpulan maupun perusahaan dapat membantu mempermudah proses yang dilakukan karena lebih terorganisir. Beberapa ahli juga memberikan pengertian manajemen diantaranya sebagai berikut.

* Lawrence A. Appley

Pengertian manajemen menurut Lawrence A. Appley merupakan keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu. Tidak hanya itu, manajemen juga dapat dimiliki oleh sebuah kelompok maupun organisasi.

* George Robert Terry

Pengertian manajemen menurut George, manajemen adalah proses khas dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Tindakan-tindakan tersebut memiliki tujuan untuk mencapai target yang diinginkan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada.

* Ricky W. Griffin

Pengertian manajemen Ricky bahwa manajemen merupakan proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dalam hal tersebut efektif berarti tujuan dicapai sesuai dengan rencana. Sedangkan efisien berarti manajemen nya terorganisir.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen

Sebuah manajemen yang diterapkan tentunya memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat untuk perusahaan. Fungsi-fungsi tersebut satu sama lain saling mempengaruhi. Fungsi manajemen yang perlu Anda ketahui antara lain perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, pengawasan.

* Perencanaan (Planning)

Fungsi pertama dari manajemen adalah perencanaan atau planning. Pada sebuah manajemen ini merupakan fungsi yang sangat mendasar. Perencanaan merupakan rangkaian proses dari penetapan sebuah tujuan organisasi serta penyusunan berbagai strategi untuk mencapai tujuan.

Dalam fungsi perencanaan, ada beberapa proses yang harus dilakukan. Diantaranya adalah menetapkan serangkaian tujuan yang ingin dicapai serta merumuskan keadaan saat ini. Selain itu, juga diperlukan identifikasi kemudahan dan hambatan serta mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan.

* Pengorganisasian (Organizing)

Setelah perencanaan, fungsi dari manajemen yang berikutnya adalah pengorganisasian (organizing). Pengorganisasian ini harus dilakukan dengan baik karena ini merupakan sebuah proses untuk memberikan tugas yang hendak dikerjakan.

Pengorganisasian ini meliputi proses identifikasi dari aktivitas, melakukan klasifikasi aktivitas kelompok serta tes dari tugas yang telah dikerjakan. Selain itu, mendelegasikan kewenangan dan melakukan koordinasi dengan pihak yang berwenang dalam perusahaan juga termasuk didalamnya..

* Penempatan (Staffing)

Fungsi penempatan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan fungsi pengorganisasian. Fungsi ini memiliki tujuan untuk menempatkan sumber daya yang ada pada perusahaan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Hal tersebut bertujuan agar semua sumber daya yang ada ditempatkan pada tempat yang sesuai. Dengan demikian, penyelesaian pekerjaan pun bisa lebih maksimal.

Baca Juga  Personal Branding : Pengertian, Manfaat dan Strateginya

* Pengarahan (Coordinating)

Fungsi berikutnya dari manajemen adalah pengarahan atau coordinating. Fungsi ini bertujuan untuk mengarahkan agar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan agar hasilnya maksimal.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam pengarahan antara lain menerapkan kepemimpinan dan membimbing karyawan. Selain itu termasuk juga memberikan tugas dan penjelasannya secara teratur, hingga menjelaskan seluruh kebijakan yang diberlakukan.

* Pengawasan (Controlling)

Fungsi terakhir dari manajemen adalah pengawasan. Fungsi ini memiliki tujuan untuk menilai sejauh mana pekerjaan yang telah dilakukan oleh semua sumber daya. Selain itu, mengoreksi beberapa pekerjaan yang belum memenuhi standar juga merupakan tujuan fungsi ini.

Unsur-unsur Manajemen

Unsur-unsur Manajemen

Apabila Anda menginginkan manajemen dalam perusahaan berjalan dengan baik maka harus ada beberapa unsur manajemen didalamnya. Unsur-unsur tersebut perlu Anda perhatikan karena setiap unsur saling melengkapi satu sama lain. Beberapa unsur tersebut antara lain sebagai berikut.

* Manusia (Human)

Unsur pertama yang harus ada dalam sebuah manajemen adalah manusia. Dalam hal ini manusia berperan penting untuk membuat sebuah rencana serta tujuan yang ingin dicapai. Bahkan dapat dikatakan bahwa tanpa adanya manusia proses manajemen tidak akan pernah ada.

* Uang (Money)

Tidak dapat dipungkiri bahwa uang menjadi salah satu unsur yang harus ada dalam manajemen. Hal tersebut dikarenakan uang adalah perantara utama untuk mencapai sebuah tujuan. Uang ini diperlukan untuk membayar gaji serta alat-alat yang diperlukan agar tujuan dapat tercapai dengan baik.

Baca Juga  Kredibilitas: Pengertian, Jenis dan Cara Membangunnya

* Material

Unsur berikutnya yang harus ada dalam manajemen adalah material. Selain manusia, material juga menjadi salah satu unsur yang menentukan keberhasilan Anda dalam mencapai tujuan. Adanya material ini dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan.

* Metode (Method)

Untuk dapat melaksanakan sebuah pekerjaan dengan hasil yang maksimal maka diperlukan metode-metode untuk melakukannya. Apabila metode yang Anda gunakan sudah tepat, proses manajemen nya pun akan berjalan dengan lancar.

* Market (Pasar)

Ini merupakan unsur terakhir yang harus ada dalam manajemen. Tidak dapat dipungkiri bahwa unsur ini menjadi penentu terhadap barang produksi Anda. Apabila barang yang Anda buat sudah dikenal di pasaran dan sesuai dengan kehendak konsumen tentunya proses produksinya pun akan berjalan lancar.

Tujuan dari Manajemen

Tujuan dari Manajemen

Secara umum, tujuan dari manajemen adalah untuk menjalankan sebuah sistem dengan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah disusun dengan efektif dan efisien.

Selain itu, manajemen juga memiliki beberapa tujuan lain yang diantaranya adalah meningkatkan inovasi serta kreativitas dan menyesuaikan beberapa strategi yang telah dilakukan dengan beberapa perubahan pada lingkungan.

Tujuan manajemen yang lainnya yaitu untuk meninjau kembali peluang maupun kelemahan yang harus dihadapi atau diperbaiki. Secara rinci, manajemen juga memiliki beberapa tujuan berikut ini.

* Pada Tingkat Individu

Pada tingkat individu, tujuan manajemen biasa disebut dengan tujuan pribadi, seperti halnya seorang karyawan dalam sebuah perusahaan yang memiliki tujuan pribadi. Tujuan-tujuan tersebut diantaranya memberikan kesempatan pada karyawan untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaannya.

Demikian juga dengan memberikan kesempatan pada karyawan untuk mnegembangkan dirinya, dan menjamin kebutuhan finansial para karyawan dan pengakuan yang layak. Tujuan yang terakhir adalah menciptakan lingkungan kerja yang layak juga merupakan tujuan manajemen pada tingkat individu.

Baca Juga  Outsourcing: Pengertian, Sistem Kerja dan Kekurangannya

* Tingkat Perusahaan atau Organisasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perusahaan atau organisasi akan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, dalam manajemen terdapat beberapa tujuan pada tingkat perusahaan atau organisasi.

Diantaranya adalah untuk meraih pertumbuhan yang diinginkan, mencapai kelangsungan hidup suatu perusahaan agar tetap aman dan stabil dan untuk profitabilitas. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan serta masa depan sebuah perusahaan ditentukan oleh profitabilitas.

* Dalam Tingkat Sosial

Beberapa tujuan dari manajemen yang perlu diketahui dalam tingkat sosial adalah memastikan lapangan kerja yang cukup untuk masyarakat di sekitar perusahaan, serta memastikan kesehatan serta harga produk yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Memastikan kualitas produk yang baik untuk dijual kepada masyarakat juga menjadi salah satu tujuan dari manajemen tingkat sosial. Selain itu, dalam ranah sosial, ini juga bertujuan untuk memberikan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Manajemen dalam Kehidupan Sehari-hari

Manajemen menjadi hal yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Beberapa dari Anda mungkin tidak menyadari bahwa pada kenyataannya hal tersebut sudah sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengatur keuangan adalah salah satu contoh kecil dari penerapan manajemen dalam kehidupan sehari-hari. Tentu Anda selalu berusaha mengatur keuangan agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan yang didapatkan.

Tidak hanya uang, manajemen waktu juga sering Anda terapkan baik secara disadari maupun tidak. Setiap orang secara tidak langsung selalu memiliki rencana atau kegiatan yang harus dilakukan dalam waktu 24 jam yang tersedia, bukan?

Banyak kegiatan yang ingin dilakukan seseorang dalam kurun waktu yang terbatas tersebut setiap harinya. Oleh sebab itu, manajemen menjadi hal penting yang perlu Anda terapkan agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai rencana yang telah dibuat.

Keterampilan-keterampilan dalam Manajemen

Keterampilan-keterampilan dalam Manajemen

Menjalankan sebuah manajemen perusahaan atau organisasi sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah keterampilan dalam manajemen. Keterampilan-keterampilan tersebut diantaranya sebagai berikut.

* Profesionalisme

Keterampilan pertama yang perlu Anda miliki dalam manajemen adalah profesionalisme. Keterampilan ini perlu diterapkan agar sumber daya yang terlibat dalam perusahaan memahami dengan baik apa yang menjadi tugas dan pekerjaanya.

Alangkah baiknya apabila profesionalisme ini dimiliki oleh semua orang yang terlibat dalam sebuah manajemen. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi kepercayaan mitra bisnis maupun pelanggan yang bekerja sama dengan perusahaan Anda.

* Komunikasi

Komunikasi yang baik juga menjadi keterampilan yang penting untuk dimiliki dalam melaksanakan sebuah manajemen. Hal tersebut dapat menjadikan interaksi yang baik serta menciptakan suasana yang efisien dalam rapat kerja.

Baca Juga  Kewirausahaan: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

* Motivasi

Motivasi dapat dikatakan sebagai keterampilan utama yang harus ada dalam manajemen. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam melakukan sesuatu biasanya memerlukan motivasi yang kuat. Sama halnya dengan yang terlibat dalam manajemen, harus memiliki motivasi tinggi untuk mencapai tujuan.

Anda dapat memberikan motivasi kepada karyawan dengan cara menciptakan lingkungan kerja yang disertai beberapa inspirasi. Saling mendukung terhadap rekan kerja juga salah satu cara untuk menghindari stres selama bekerja sehingga lebih termotivasi.

Tidak hanya itu, memotivasi karyawan juga dapat dilakukan dengan cara memberikan penghargaan maupun bonus pada kinerja karyawan yang bagus. Secara tidak langsung hal-hal tersebut akan mendorong karyawan untuk lebih giat lagi karena merasa termotivasi.

* Inovasi

Keterampilan berikutnya yang harus ada dalam manajemen adalah inovasi. Keterampilan ini penting untuk dipegang teguh oleh sebuah perusahaan agar tidak tertinggal dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

Inovasi ini dapat Anda lakukan dengan mengembangkan ide-ide baru yang inovatif serta mengoreksi apa saja yang kurang dari yang sudah dijalankan selama ini. Anda juga dapat meningkatkan produktivitas dengan cara menyusun ulang sistem perusahaan yang kurang tepat.

* Penyelesaian Masalah

Penyelesaian masalah merupakan keterampilan yang tidak kalah penting untuk dimiliki dalam menjalankan sebuah manajemen. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan tentunya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya masalah, begitu dalam manajemen.

Oleh sebab itu, keterampilan problem solving ini harus Anda miliki untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dalam sebuah manajemen. Keterampilan ini dapat membantu memecahkan sebuah permasalahan secara tepat.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.