Umum

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Menyewa Bus Pariwisata

Seperti yang sudah Sahabat Tedas ketahui bahwa bus pariwisata merupakan salah satu moda transportasi paling tepat untuk menunjang kegiatan bepergian bersama keluarga besar maupun bersama dengan rombongan. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan bus pariwisata dinilai lebih efisien dan bisa memberikan kenyamanan maksimal selama perjalanan. 

Akan tetapi, terdapat beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika akan menyewa bus pariwisata. Lalu apa sajakah itu? Penasaran yuk simak artikelnya sampai tuntas di bawah ini.

  1. Manfaatkan Pemesanan Bus Secara Online
    sewa bus di bli bli
    Image: blibli.com

Pada dasarnya, pemesanan rental bus atau reservasi pada bus pariwisata bisa dilakukan dengan langsung mengunjungi PO Bus di tempat tinggalmu. 

Namun di era yang serba digital seperti sekarang ini, ada banyak sekali website atau marketplace yang menyediakan jasa sewa bus pariwisata. Ya, salah satunya adalah Blibli. 

Melalui Blibli, kamu pun bisa langsung booking bus pariwisata secara online tanpa harus repot-repot datang ke PO bus. 

Kamu cukup memanfaatkan kuota internet dan smartphone, kamu dapat memesan bus pariwisata dari mana saja dan kapan saja. Maka dari itu, segera kunjungi situs Blibli sekarang juga untuk booking bus pariwisata. 

  1. Tentukan Kapasitas Bus

Sebelum menghubungi PO bus, pastikan dulu bahwa kamu sudah mempunyai data mengenai jumlah rombongan yang akan ikut bepergian. 

Pasalnya, hal ini ada hubungannya dengan kapasitas bus serta jumlah kursi yang tersedia. Pada umumnya, terdapat beberapa tipe bus yang dapat kamu pilih sesuai dengan kapasitas dan jumlah rombongan. 

Jika jumlah rombongan yang akan ikut lebih dari 20 orang, sebaiknya kamu pilih bus pariwisata yang berukuran besar. 

Adapun untuk jumlah rombongan yang dibawah 20 orang, maka kamu bisa memilih tipe bus yang berukuran medium. 

  1. Cermati Fasilitas yang Tersedia

Biasanya, harga sewa bus pariwisata yang ditawarkan oleh pihak PO bus itu sudah termasuk dengan biaya bahan bakar bensin dan driver. 

Itu artinya, harga tersebut tidak termasuk dengan biaya tol, biaya parkir, dan biaya tiket masuk ke tempat wisata. 

Bus pariwisata yang mumpuni tentunya memiliki fasilitas lengkap, seperti AC, TV, DVD, karaoke dan lain sebagainya. 

Selain itu, kursi yang nyaman dengan legroom luas serta colokan charger sudah menjadi standarisasi bagi kebanyakan bus pariwisata. Oleh karenanya, pastikan bus tersebut memiliki fasilitas-fasilitas seperti yang disebutkan tadi. 

  1. Booking Sejak Jauh-jauh Hari

Perlu diketahui, penggunaan bus pariwisata akan mengalami peningkatan secara signifikan menjelang libur panjang. 

Pasalnya, banyak orang yang sudah memesan bus pariwisata untuk menunjang kegiatan libur panjangnya bersama rombongan. 

Agar tidak kehabisan bus, disarankan bagi kamu untuk membookingnya sejak jauh-jauh hari. Biar lebih mudah dan praktis, sebaiknya kamu melakukan pemesanan bus pariwisata secara online. 

  1. Lakukan Pembayaran

Apabila telah menetapkan tanggal keberangkatan, durasi penggunaan bus, serta jumlah rombongan yang akan ikut, maka sudah saatnya bagi kamu untuk melakukan pembayaran. 

Dalam hal ini, kamu melakukan pembayaran secara bertahap dengan menyertakan uang DP paling lambatnya sehari sesudah proses booking bus pariwisata. 

Adapun mengenai ketentuan nominal uang DP pada masing-masing PO bus tentu saja akan berbeda-beda, dan tergantung kebijakan pihak manajemennya masing-masing. 

Meski demikian, pada umumnya pihak PO bus akan meminta uang DP sebesar 30 persen dari harga keseluruhan. 

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui saat hendak menyewa bus pariwisata dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat ya.

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button