Media Sosial: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

[pl_row] [pl_col col=12] [pl_text] Media Sosial - Seiring dengan perkembangan teknologi, keberadaan media sosial sangat bersahabat dalam berbagai sendi kehidupan. Media sosial adalah media online dengan fitur yang memudahkan penggunanya berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan konten.Keberadaan media sosial menjadi pendukung arus globalisasi hingga saat ini dan masa mendatang. Ada banyak sekali yang dapat dilakukan dengan media sosial. Berikut sedikit informasi tentangnya yang penting Anda ketahui.

Sekilas Pengertian Media Sosial

media sosial adalahKeberadaan media sosial tentu sudah tidak asing bagi masyarakat milenial dengan terobosan industri 4.0. Bahkan sampai saat ini, keberadaan media sosial menjadi suatu kebutuhan dalam berbagai sarana edukasi, bisnis, entertainment, maupun aspek lainnya.Pengertian media sosial menurut Mcgraw Hill Dictionary adalah sarana virtual yang dimanfaatkan oleh orang-orang. Pemanfaatannya antara lain untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan.Dengan kegunaannya yang beragam, media sosial menjadi sangat bersahabat dengan percepatan perkembangan teknologi. Media sosial mampu mendobrak batasan yang ada sehingga akan sangat mudah dan cepat dalam bertukar informasi dengan jaringan dalam maupun luar negeri.[irp posts="8154" name="3 Cara Menghapus Halaman di Facebook Secara Permanen"]Philip kotler menyatakan bahwa media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi. Dengan tampilan yang beragam, media sosial memiliki berbagai jenis dengan ciri khas sebagai unggulannya masing-masing.Meskipun memiliki banyak keunggulan, keberadaan media sosial tak jarang menjadi lahan penyalahgunaan. Melalui media sosial pula penyebaran berita hoax marak dilakukan. Hal ini dinilai sangat mengganggu dan meresahkan.
Baca Juga  Jenis Jenis Koperasi: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya
Tak hanya itu, ada beberapa konten yang sengaja dibuat untuk menyinggung secara negatif pada pihak lain. Maka dari itu, untuk mengimbanginya, pemerintah memberikan kebijakan berupa UU ITE sebagai bentuk kewaspadaan penyalahgunaan media sosial. Dari sini, kegiatan sosial media adalah juga memiliki pedoman.

Jenis-Jenis Media Sosial

manfaat media sosialSeperti yang telah dijelaskan bahwa, sosial media memberikan fitur layanan dengan berbagai tampilan. Baik hanya menampilkan gambar, suara, hingga gabungan video dan suara atau audio visual. Dengan berbagai cara kerjanya, sosial media menjadi beragam jenis dan variasi.Beragam aplikasi sosial media telah dikembangakan untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang terus meningkat. Beberapa macam media sosial yang sering digunakan masyarakat luas diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Facebook

Sosial media pertama yang dikenal dan mudah meluas adalah facebook. Aplikasi media sosial ini merupakan layanan berupa jejaring sosial. Penggunanya dapat menggunakan fitur untuk mengunggah foto, video, dan check in lokasi.Tak hanya itu, facebook juga mendukung kebutuhan untuk mengirim pesan maupun video call. Fitur ini disediakan facebook untuk memudahkan komunikasi dengan jaringan pertemanan yang telah dikonfirmasinya.

2. Youtube

Platform youtube adalah jenis media sosial yang banyak digunakan untuk mengunggah beragam konten dengan basis audio visual. Selain itu, youtube menyertakan fitur like, komen, dan subscribe untuk konten penggunanya. Fitur membagikan video juga telah disediakan untuk memudahkan berbagi informasi.Youtube juga mendukung kegiatan bisnis bagi penggunanya. Biasanya, mitra berbayar dapat bekerjasama dengan content creator untuk melakukan promosi produknya melalui iklan.[irp posts="9386" name="11 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Tanpa Prank Sampah"]

3. Whatsapp

Aplikasi yang dimanfaatkan oleh banyak kalangan saat ini di sosial media adalah whatsapp. Dapat dikatakan, whatsapp sebagai aplikasi media sosial utama yang digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh sehari-hari.
Baca Juga  Apa Itu COD? Dan Apa Kekurangan dan Kelebihannya?
Keberadaannya berhasil melengserkan fungsi telepon dan sms pada zamannya. Whatsapp juga menyediakan fitur untuk berbagi gambar, pesan suara, dan video call yang dapat dilakukan dengan teman-teman.

4. Instagram

Kemunculannya pertama kali semakin marak karena perkembangan spesifikasi android. Hampir sama dengan facebook dan whatsapp, instagram adalah media dengan pelayanan jejaring sosial. Keberadaanya dapat difungsikan sesuai dengan pengertian sosial media yang telah dijelaskan.Saat ini instragram berhasil dikembangkan dengan beberapa mode yang dapat dipilih oleh pengguna. Mode tersebut diantaranya adalah akun privasi, akun profesional, dan akun publik. Masing-masing mode memiliki fitur unggulannya sendiri sehingga memudahkan pengguna dalam memanfaatkannya.5. TwitterSempat tenggelam dari deretan jenis media sosial, kini twitter hadir dengan pengguna yang terbilang cukup banyak. Ciri khas aplikasi ini memiliki fitur retweet, yaitu membagikan ulang postingan teman.Twitter termasuk dalam layanan blog mikro. Yaitu chanel yang ringkas dan dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan audience yang disasar secara cepat. Meskipun hampir sama dengan jejaring sosial lainnya, dalam twitter masih dibatasi dalam jumlah penulisan karakter dalam satu postingannya.

6. Kaskus

Meskipun keberadaannya sudah lama, hanya orang tertentu yang menggunakannya. Dalam artian, tidak seramai pengguna facebook maupun instagram. Kaskus adalah layanan forum yang dapat menaungi pengguna untuk mendiskusikan topik spesifik.Kaskus sangat membantu jika dijadikan sarana marketing place. Karena kaskus adalah jenis layanan forum, maka dapat dimanfaatkan untuk membangun kredibilitas brand.

7. Wikipedia

Platform wikipedia merupakan media sosial yang termasuk dalam layanan kolaborasi. Sesuai dengan jenisnya, wikipedia memberi kesempatan penggunanya untuk berkolaborasi dalam membuat suatu informasi.Selain beberapa aplikasi yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis sosial media yang bisa dimanfaatkan. Termasuk juga spesifikasi aplikasi dan pemanfaatan yang berbeda sesuai fitur yang dimilikinya.

Manfaat Adanya Media Sosial

Jenis-Jenis Media SosialMedia sosial adalah platform yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, berikut juga dengan kebutuhannya masing masing. Berikut adalah manfaat yang bisa dirasakan dari keberadaan media sosial.
Baca Juga  CSR: Pengertian, Manfaat dan Fungsi Yang Perlu Kita Tahu

1. Sarana Komunikasi

Keberadaan media sosial menjadi suatu dobrakan untuk melampaui batasan geografis. Dengan adanya media sosial, komunikasi antar pulau, maupun antar benua dapat dilakukan dengan hitungan detik, tergantung kemampuan internet yang mendukung tentunya.Media sosial dengan beragam jenisnya dapat membuat komunikasi semakin mudah meskipun tanpa bertemu secara langsung. Hal ini merupakan salah satu faktor sosial media semakin marak digunakan.

2. Berbagi Informasi Melalui Media Sosial

Pengertian sosial media memberikan informasi bahwa media sosial tak hanya dapat digunakan berkomunikasi antar personal. Media sosial juga tempat yang tepat sebagai wadah untuk berbagi informasi oleh penggunanya.Informasi apa saja dapat dibagikan dan diakses satu sama lain oleh pengguna. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan berbagi informasi adalah kemampuan menyaring informasi dengan baik.[irp posts="9752" name="Inflasi: Pengertian, Penyebab, dan Jenis-Jenisnya"]

3. Akses Edukasi

Kebanyakan aplikasi media sosial memberikan fitur multi user. Artinya dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Hal ini membuat sosial media sangat mendukung sebagai sarana edukasi. Banyak materi yang dapat dikemas melalui sosial media.Terlebih lagi, kebiasaan anak saat ini cenderung lebih tertarik dengan gadget daripada dengan buku konvensional. Keberadaan media sosial dapat dijadikan inovasi dalam penyampaian materi edukasi yang bermanfaat.

4. Sarana Berbisnis

Segala jenis media sosial kebanyakan memberikan fitur tampilan visual. Hal ini sangat mendukung bagi Anda yang ingin berbisnis melalui sosial media.Tak hanya pemasaran produk, saat ini pebisnis kuliner memanfaatkan media sosial dengan saingan tempat foto yang terbilang instagram-able untuk menarik pengunjung. Semakin luas platform pemasaran, maka semakin banyak inovasi yang dapat dilakukan dalam menjalankan bisnis.
[/pl_text] [/pl_col] [/pl_row]
Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *