Pengertian, Teori, Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional – Saat ini perdagangan menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting bagi seluruh kebutuhan manusia. Baik itu berbagai perdagangan yang dilakukan di dalam pasar, di dalam supermarket, dan beberapa pertokoan yang lainnya.

Akan tetapi, untuk perdagangan ini tidak sebatas itu saja karena saat ini sudah cukup banyak jenis perdagangan yang tersebar luas di seluruh dunia yaitu perdagangan internasional.

Pengertian Perdagangan Internasional

pengertian perdagangan internasionalSebelum membahas lebih lanjut seputar perdagangan internasional, maka ada hal penting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu yaitu pengertian dari perdagangan nasional ini sendiri. Pengertian perdagangan internasional sendiri merupakan salah satu kegiatan jual beli yang dilakukan oleh 2 pihak yang berbeda negara.

Akan tetapi, nantinya perdagangan ini bukan hanya melibatkan antara negara saja tetapi pihak individu bahkan perusahaan yang melakukan perdagangan dengan pihak dari berbagai negara juga disebut dengan perdagangan internasional. Dilakukannya sebuah perdagangan internasional ini memang memiliki tujuan untuk pemenuhan kebutuhan di negara tersebut.

Baca Juga  Management Trainee: Simak Tugas dan Kisaran Gajinya

Sebagai contohnya misalkan di Indonesia membutuhkan beberapa barang yang tidak ada di Indonesia, bahkan produk tersebut hanya tersedia di negara misalkan Jepang. Maka, kedua negara tersebut nantinya bisa melakukan sebuah perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan akan barang untuk Indonesia.

Mengenal Teori Perdagangan Internasional

teori perdagangan internasional
Setelah mengetahui apa pengertian perdagangan internasional, maka Anda juga harus memahami teori perdagangan internasional. Nah, untuk lebih jelasnya dalam memahami teori perdagangan internasional itu sendiri, simaklah teorinya di bawah ini:

• Teori Keunggulan Absolut

Teori keunggulan absolut memiliki dasar pemikiran bahwa suatu negara akan bertambah kaya ketika memiliki sebuah peningkatan di dalam keterampilan dan juga efisiensi para tenaga kerja di dalam proses produksi.

Suatu negara juga akan dikatakan memiliki keuntungan mutlak jika dalam produksi jenis barang tertentu jika negara tersebut bisa menghasilkan barang dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan ketika barang tersebut diproduksi di beberapa negara lain.

• Teori Keunggulan Komparatif

perdagangan internasional

Teori ini menjelaskan apabila perdagangan internasional bisa saling menguntungkan apabila salah satu negara tidak memiliki keunggulan absolut, dengan jalan hanya memiliki keunggulan komparatif untuk harga komiditi yang relative berbeda.

Di dalam teori ini sendiri, negara yang memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi seluruh barang harus mengekspor barang yang memiliki keunggulan komparatif tinggi dan juga mampu untuk mengimpor barang yang memiliki keunggulan komparatif yang rendah.

Baca Juga  Mari Mengenal Profesi Freelance Adalah Sebagai Berikut

• Teori Heckscher-Ohlin (H-O)

Teori ini menjelaskan bahwa pola perdagangan pada sejumlah negara cenderung mengekspor sejumlah barang-barang dengan factor produksi yang relative melimpah bahkan secara intensif.

Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan produktivitas yang terjadi akibat perbedaan proporsi factor tenaga kerja, modal dan juga tanah yang dimiliki oleh suatu negara. Bahkan teori ini disebut dengan “The Proportional Factor Theory”.

Apa Manfaat Perdagangan Internasional?

faktor pendorong perdagangan internasional
Setelah mengetahui berbagai informasi akan perdagangan internasional, maka hal selanjutnya yang nantinya harus Anda ketahui adalah manfaat perdagangan internasional. Tentunya dalam melakukan perdagangan apalagi dengan jangkauan internasional pasti memiliki cukup banyak manfaat.

Nah, untuk beberapa manfaat perdagangan internasional yang bisa didapatkan adalah:

• Terbukanya Peluang Kerja

Manfaat perdagangan internasional ini mampu membantu menghasilkan lebih banyak lapangan kerja melalui pembangunan industry yang baru. Hal ini juga membantu untuk mengurangi tingkat pengangguran dalam negara mereka.

• Membuat Hubungan Baik Antar Negara

Perdagangan internasional juga mampu dalam memberikan manfaat untuk membuat hubungan baik antar negara. Beberapa negara yang sudah banyak melakukan banyak kegiatan impor maka akan mempererat silaturahmi dan kerjasama antar negara tersebut.

• Mendorong Efisiensi Produksi

Manfaat perdagangan internasional juga mampu untuk mendorong efisiensi di dalam produksi karena beberapa negara nantinya akan berusaha untuk meniru sejumlah metode produksi yang jauh lebih baik. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi yang jauh lebih baik.

Nantinya, negara yang bisa menghasilkan sejumlah produk dengan biaya yang sangat rendah bisa mendapatkan pangsa pasar yang terbilang cukup tinggi dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar juga.

Apa Faktor Pendorong Perdagangan Internasional?

hambatan perdagangan internasional
Di dalam sebuah perdagangan internasional juga terjadi berbagai proses, apalagi sejumlah factor pendorong perdagangan internasional ini sendiri, nah untuk beberapa factor pendorongnya diantaranya sebagai berikut ini:

• Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Negara-negara dengan penguasaan ilmu pengetahuan serta teknologi yang tinggi tentunya mampu memproduksi berbagai barang dan juga jasa yang jauh lebih berkualitas. Hal ini terjadi karena pemanfaatan teknologi yang mampu untuk menghemat biaya produksi dan juga mampu menghasilkan barang yang jauh lebih banyak.

• Perbedaan Kekayaan Sumber Daya Alam

Masing-masing negara memiliki keadaan geografis yang berbeda-beda. Sehingga menjadikan negara memiliki sumber kekayaan alam yang berbeda-beda pula tentunya. Maka dari itu adanya perbedaan kekayaan sumber daya ala mini membuat keanekaragaman kondisi produksinya.

• Perbedaan Selera

Selera ternyata merupakan factor pendorong dari perdagangan internasional. Adanya perbedaan kebudayaan, system politik, pandangan hidup dan juga tatanan social membuat terjadinya selera terhadap berbagai jenis komoditas.

• Perbedaan Iklim

Perbedaan iklim yang ada di setiap negara juga akan berbeda-beda. Sehingga akibatnya tidak semua barang bisa memenuhi kebutuhan dalam suatu negara tersebut. Untuk itulah, negara akan mengimpor beberapa barang dari negara lain.

• Keinginan Memperluas Pasar dan Menambah Keuntungan

Terkadang beberapa negara merasa bahwa produksi yang sudah mereka lakukan ini kurang maksimal. Hal inilah yang juga terkadang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional dalam sebuah negara.

Faktor Hambatan Perdagangan Internasional

perdagangan internasional adalah

Setiap negara yang ada di dunia ini pastinya menginginkan untuk melakukan kegiatan perekonomian diantara negara tanpa adanya sebuah hambatan. Ada 2 istilah penting di dalam perdagangan internasional baik itu ekspor dan juga impor. Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor adalah membeli barang dari luar negeri.

Di dalam melakukan sebuah perdagangan internasional dalam setiap negara pastinya mereka berharap jika bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi kegiatan ekspor dan impor ini sendiri sudah menjadi kebutuhan negara dalam pemenuhan kebutuhan setiap harinya. Akan tetapi, semua itu tidak memerlukan usaha karena adanya hambatan perdagangan internasional.

Sebenarnya, hambatan ini sendiri ada dalam rangka untuk mengatur dan juga melindungi ekonomi dalam sebuah negara agar tetap stabil dan juuga aman. Sebab, jika tidak diatur, maka berbagai produk luar negeri akan membanjiri pasar dan akan mematikan industry yang ada di dalam negeri.

Untuk beberapa hal yang bahkan bisa menjadi sebuah hambatan dalam perdagangan internasional diantaranya sebagai berikut ini:

• Adanya Kebijakan Tariff

Tujuan diterapkannya tariff ini sendiri digunakan untuk membatasi masuknya produk-produk yang diimpor dari luar negeri. Melalui kebijakan ini, berbagai barang yang masuk ke dalam sebuah negara akan dikenai pajak. Peraturan ini sendiri berguna untuk melindungi sejumlah produk dalam negeri agar tidak kalah dengan barang-barang impor.

• Kebijakan Non-Tariff

Hambatan perdagangan nasional lainnya adalah adanya kebijakan non-tariff. Kebijakan ini adalah peraturan perdagangan kecuali pajak masuk yang bisa menyebabkan adanya perubahan nilai dan membuat manfaat perdagangan internasional berkurang.

Contohnya adalah pembatasan kuota produk impor, larangan impor secara mutlak, pengaturan teknis terharap barang impor tertentu, dan hambatan pada saat akan melakukan pemasaran.

Baca Juga  Sangat Mudah, Coba Lapor dan Bayar SPT dengan DJP Online

• Adanya Lembaga Ekonomi dalam Suatu Daerah

Lembaga perdagangan internasional maupun organisasi perdagangan internasional adalah sebuah perkumpulan yang mengatur sejumlah kebijakan ekspor dan juga impor antar negara. Peraturan antar negara ini sengaja dibuat agar negara. Peraturan antar negara tersebut dibuat agar negara-negara yang tergabung di dalam sebuah organisasi bisa mendapatkan keuntungan dan tidak mendapatkan kerugian dalam jumlah yang besar.

• Perbedaan Mata Uang di Setiap Negara

Setiap negara di dunia memiliki mata uang yang berbeda-beda. Adanya perbedaan akan mata uang ini juga bisa menjadi salah satu hambatan bagi perdagangan internasional. Kerugian yang paling besar biasanya dirasakan oleh negara yang memiliki mata uang yang kecil. Sehingga pada akhirnya menyebabkan negara tersebut harus membayar lebih pada saat melakukan transaksi antar negara.

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa Anda pahami tentang perdagangan internasional di dunia. Anda bisa memahaminya mulai dari pengertian perdagangan internasional, teori perdagangan internasional, beberapa factor pendorong perdagangan internasional, berbagai hambatan perdagangan internasional, dan lain sebagainya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *