Manajemen Pemasaran : Pengertian, Ciri, dan Strateginya

Manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para pebisnis untuk mengelola usahanya. Ini berkaitan dengan cara memperkenalkan produk atau usaha yang sedang dijalankan kepada para konsumen. Kegiatan ini wajib dilakukan jika Anda mempunyai sebuah usaha.

Produk yang Anda jual tidak akan bisa mudah dikenal oleh masyarakat jika Anda tidak melakukan kegiatan yang satu ini. Apalagi jika produk yang Anda jual juga diproduksi oleh orang lain, persaingan bisnis menjadi ketat. Untuk mengetahui selengkapnya tentang kegiatan ini simak penjelasan berikut.

Apa Itu Memanajemen Produk?

manajemen pemasaran adalah

Manajemen pemasaran bisa dipahami sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memudahkan Anda dalam mengatur promosi barang dagangan. Kegiatan ini bisa berbentuk seperti proses perencanaan, tindakan, pemantauan dan pembenahan atau evaluasi untuk kemajuan bisnis Anda kedepannya.

Tujuannya tidak lain hanyalah untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda agar bisa menaklukan pasar dan tidak kalah saing dengan pengusaha lainnya. Tujuan lainnya adalah agar bisa menarik perhatian konsumen untuk melirik dan membeli produk Anda.

Pengertian Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Menurut Beberapa Ahli

Berbicara tentang pengertian istilah ini, beberapa ahli memiliki pendapatnya masing-masing. Adapun intinya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan segala hal terkait bisnis yang sedang dijalankan. Di bawah ini ada penjelasan dari beberapa ahli terkait pengertian tersebut.

* Philip Kotler

Philip Kotler menjelaskan bahwa kegiatan yang satu ini berarti sebuah proses untuk mengendalikan program dan mampu menarik perhatian pasar guna menghasilkan laba atau keuntungan. Menurut Philip Kotler, ada beberapa hal yang dilibatkan.

Diantara hal-hal tersebut adalah rencana pasar yang harus dikembangkan, tahu siapa sasaran konsumen yang ingin dituju, pengelolaan fungsi dari pemasaran serta pengendalian yang baik terhadapnya.

Selain itu, melakukan aksi dari rencana yang telah Anda buat juga penting disini. Philip Kotler juga menjelaskan bahwa manajemen konsumen adalah suatu ilmu sekaligus seni, jadi Anda harus cerdas dan kreatif dalam menjalankannya.

* Buchari Alma

Sedangkan pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma adalah tugas bagi seorang marketer yang ditunjuk untuk mengatur semua proses promosi dari produk.

Marketer ini harus bisa memikirkan rencana dan bagaimana pengaplikasian planning tersebut untuk kemajuan bisnis.

* Dharmmesta dan Handoko Tahun 1982

Kedua ahli ini mengartikan kegiatan tersebut sebagai proses yang dilakukan seorang pebisnis untuk dapat mempertahankan keuntungan di perusahaannya.

Dalam arti lain, bisa juga dipahami sebagai cara seorang pebisnis untuk mengembangkan perusahaan dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sehingga dapat laba.

* William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, kegiatan yang satu ini adalah suatu proses yang berkaitan dengan perencanaan, pemasaran, biaya dan cara untuk mempromosikan barang dagangan.

Termasuk juga bagaimana perusahaan tersebut mendistribusikan barang dagangannya ke orang lain.

Mengonsep Manajemen Produk

Mengonsep Manajemen Produk

Tidak ada tugas lain dari seorang pebisnis selain memikat perhatian konsumen untuk membeli barang dagangannya. Oleh sebab itu, sebagai seorang penghasil produk, Anda harus fokus saja pada tujuan utama dan membuat konsep yang menarik agar bisa direalisasikan sesuai dengan ekspektasi.

Untuk menentukan sebuah perencanaan pemasaran, seorang produsen seperti Anda harus melakukan observasi lapangan langsung. Misalnya dengan mengamati sekitar, melihat barang yang dibutuhkan konsumen lewat aplikasi penjualan online, dan seringnya memesan produk jenis apa.

Konsep ini biasa dikenal dengan istilah orientasi pelanggan. Adapun aspek-aspek yang terdapat di dalam sebuah konsep pemasaran sebuah produk yakni sebagai berikut.

Baca Juga  Personal Branding : Pengertian, Manfaat dan Strateginya

* Manajemen Pemasaran Terpadu

Kegiatan manajemen pemasaran terfokus pada kepuasaan pelanggan terhadap produk yang Anda tawarkan. Yang termasuk ke dalam kegiatan ini yakni manajemen keuangan, sumber daya manusia, produksi dan beberapa hal lainnya. Intinya masih berfokus pada bagaimana cara memuaskan pelanggan.
* Inovasi

Inovasi berkaitan dengan ciri khas yang ada pada produk Anda. Sebuah produk yang memiliki desain menarik tentunya dapat membuat konsumen penasaran dan akhirnya membelinya.

Oleh sebab itu lakukanlah inovasi yang unik dan tentunya berbeda dengan pengusaha lainnya. Konsumen akan puas dengan ini.

* Mencapai Tujuan Organisasi

Tujuan dari suatu organisasi atau bisnis yang Anda dirikan adalah memberikan konsumen sebuah kepuasaan yang membuatnya ingin membeli lagi produk tersebut. Karena itulah programnya harus Anda konsep dengan benar-benar matang supaya tujuan utama dari organisasi tersebut.

* Fokus Pada Kebutuhan Pelanggan

Memenuhi kebutuhan pelanggan adalah tugas wajib dari seorang pebisnis. Sebagai seorang pengusaha sudah seharusnya Anda tahu apakah produk yang cocok dan sangat dibutuhkan oleh konsumen. Jadi, Anda harus melakukan penelitian atau observasi ke lapangan untuk mengetahui hal tersebut.

* Memberikan Kepuasaan Konsumen

Tujuan dari manajemen pemasaran adalah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Jadi produk yang akan Anda buat harus dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kepuasan konsumen adalah hal utama yang harus diperhatikan agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Ciri-Ciri Manajemen Pemasaran

Ciri-Ciri Manajemen Pemasaran

* Pelanggan sentris

Ciri-ciri dari manajemen produk pemasaran yang pertama adalah pelanggan sentris. Maksud dari pelanggan sentris adalah mengutamakan kepuasan pelanggan. Jadi kemajuan bisnis Anda sangat dipengaruhi oleh banyaknya konsumen yang membeli produk.

Bisnis Anda tidak akan berkembang tanpa konsumen. Kepuasaan konsumen adalah hal utama dan memang harus lebih diprioritaskan. Kepuasaan pelanggan bisa dihasilkan dari bagaimana cara mengirim barang tersebut apakah sesuai dengan yang tertera di gambar atau tidak.

* Perencanaan dan Pengembangan

Pengertian manajemen pemasaran yakni pengelolaan barang dan jasa agar bisa menarik perhatian konsumen. Oleh sebab itu, sebagai seorang pengusaha sudah sebaiknya Anda memiliki perencanaan yang matang serta memikirkan bagaimana caranya mengembangkan planning yang sudah dibuat.

Perencanaan dan pengembangan yang dimaksud yakni mulai dari proses produksi barang, pemasaran atau distribusi dan menginovasi produk tersebut. Semua harus dengan perencanaan yang matang.

* Proses Manajerial

Segala sesuatu yang berkaitan untuk mempromosikan barang. Menurut ahli bernama Stanley Vance, manajerial yakni suatu kegiatan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan proses pengawasan dan pengendalian pemasaran produk di suatu perusahaan.

* Analisis Penelitian

Analisis ini meneliti apa saja yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Anda bisa turun ke lapangan, mengumpulkan data dan mencatatnya guna bisa menciptakan suatu produk. Analisa juga bisa membantu menentukan tindakan yang dilakukan di esok hari.

Baca Juga  Pajak : Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

* Membangun Kerangka Pemasaran

Manajemen pemasaran bukan hanya sekedar proses produksi dan distribusi barang karena ada bnyak hal yang mesti dipersiapkan.

Anda bisa membuat sebuah kerangka pemasaran untuk memudahkannya. Misalnya dimulai dari proses analisa kebutuhan konsumen, produksi barang, pemasaran, membuat inovasi.

Selain itu, Anda juga harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan, serta memikirkan bagaimana bentuk pelayanannya. Semuanya harus terstruktur dengan baik dan dipikirkan secara matang.

* Proses Promosi dan Komunikasi

Memikirkan promosi produk harus dilakukan secara perinci, sebab konsumenlah yang menjadi penyokong utama bisnis Anda.

Untuk menghasilkan keuntungan, Anda harus menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan para konsumen. Cara membagikan informasi kepada pelanggan juga harus jelas.

* Pengendalian Kegiatan

Selama proses promosi produk, sebagai seorang pebisnis Anda juga harus bisa mengendalikan kegiatan. Artinya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pemasaran, harus berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan rencana Anda. Jika ada penyimpangan, langsung perbaiki!

Konsep Pemasaran Modern

Konsep Pemasaran Modern

Berbicara tentang konsep, manajemen pemasaran adalah sebuah rangkaian atau perencanaan yang digunakan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Dalam hal ini, ada 6 konsep pemasaran modern, yakni sebagai berikut.

* Konsep Produksi

Pertama adalah konsep produksi dimana setiap pebisnis harus menciptakan sebuah barang yang dipastikan bisa menarik perhatian konsumen. Pastinya konsumen akan membeli barang menarik yang sudah selesai diproduksi tersebut.

* Konsep Produk

Dalam pengertian manajemen pemasaran, ada sebuah produk yang dipromosikan ke tengah konsumen. Setiap produk yang akan Anda pasarkan, pastikan berkualitas dan mudah penggunaannya. Produk yang diciptakan harus berlaku untuk jangka panjang sehingga bisa memajukan perusahaan.

* Konsep Penjualan

Selesai barang diproduksi, tugas dari pebisnis adalah memasarkannya. Tidak mungkin produsen hanya menunggu kedatangan konsumen. Anda juga harus berusaha memperkenalkan produk kepada masyarakat. Manfaatkanlah wadah yang sudah tersedia untuk memudahkan proses pemasaran produk.

* Konsep Pemasaran

Barang yang hendak dijual harus memenuhi kebutuhan para konsumen. Seperti kata istilah, konsumen adalah raja. Jadi, apa yang menjadi kebutuhan raja harus terpenuhi semuanya. Produk yang dihasilkan tentu harus sesuai dengan keinginan masyarakat.

Baca Juga  Kredibilitas: Pengertian, Jenis dan Cara Membangunnya

* Konsep Pelayanan Konsumen

Dalam manajemen pemasaran, pelayanan terhadap konsumen harus dipersiapkan dengan sangat baik. Oleh sebab itu, jika Anda kedatangan seorang konsumen maka langsung beri pelayanan yang baik. Buatlah pelanggan merasa nyaman dan senang karena telah membeli produk di perusahaan Anda.

* Konsep Hubungan Sosial

Dalam menjalankan sebuah bisnis, selain mengutamakan kebutuhan konsumen, juga harus mensejahterahkan masyarakat. Tujuan dari adanya hubungan sosial yang terjalin dengan baik, akan menambah keuntungan perusahaan Anda.

Perencanaan Strategi Pemasaran

Perencanaan Strategi Pemasaran

Dalam pengertian manajemen pemasaran sudah dijelaskan bahwa Anda harus pintar dalam mengelola bisnis supaya bisa berkembang pesat.

Produk yang Anda tawarkan juga harus bisa mencapai hati masyarakat agar dibeli. Untuk itu, perlu dipersiapkan strategi yang matang untuk proses pemasaran.

* Target pasar

Target pasar atau market adalah orang yang berasal dari latar belakang berbeda dan sama-sama mempunyai kebutuhan tertentu.

Sekelompok orang disini adalah mereka yang ingin mendapatkan suatu barang yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaannya.

* Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

Marketing Mix dalam manajemen pemasaran adalah mengumpulkan empat variable yang bisa digunakan untuk membantu mempromosikan barang dagangan Anda. Adapun variable yang dimaksud adalah produk, struktur, biaya yang dibayar konsumen serta bentuk promosinya dan proses distribusi barang.

Semua variabel di atas harus bisa dikombinasikan dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Variabel tersebutlah yang bisa membantu perusahaan Anda untuk bangkit dan terus berkembang sehingga mudah dikenal di tengah masyarakat. Dari variabel tersebut, akan muncul strategi pemasaran yang pas.

Istilah Dalam Proses Pemasaran

Istilah Dalam Proses Pemasaran

* Produk

Sudah tidak asing lagi di telinga Anda dengan istilah yang satu ini. Produk disini banyak artinya yakni bisa berupa jasa, makanan, barang dan sebagainya. Apapun yang sanggup dihasilkan oleh manusia dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen maka disebut sebagai produk. Disini buatlah produk yang sesuai.

Produk yang sesuai maksudnya adalah terjamin kualitas dan mutunya, bukan abal-abal, mudah digunakan, biayanya pas di kantong serta pelayanan dari produsen juga baik. Dari produk tersebut Anda bisa mengeruk keuntungan dan dapat mengembangkan bisnis.

* Nilai

Dalam manajemen pemasaran juga dikenal istilah nilai. Nilai berkaitan dengan perkiraan pendapat pelanggan terhadap produk Anda apakah puas atau tidak. Nilai juga berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa memiliki produk hasil buatan Anda.

Baca Juga  Entrepreneurship: Pengertian, Arti dan Karakternya

* Kepuasan

Puas atau tidaknya konsumen tergantung dari produk yang mereka beli dari perusahaan Anda. Kepuasaan bisa berarti kesesuaian ekspektasi dengan realitas (setelah membeli produk tersebut). Realitas yang dimaksud adalah, apakah sesuai dengan yang diinginkan masyarakat atau tidak.

* Pasar atau Market

Pasar dalam manajemen pemasaran adalah suatu tempat yang bisa dijadikan wadah atau media untuk mempromosikan barang dagangan. Di pasar juga terdapat berbagai macam jenis orang dengan kebutuhan yang berbeda-beda sehingga menjadi peluang untuk keberhasilan bisnis yang Anda bangun.

Orang-orang yang berada di pasar juga bisa melakukan transaksi jual beli dengan produk yang Anda tawarkan. Anda harus mampu memikat banyak orang atau menguasai pasar agar barang dagangan bisa laku terjual.

Proses Manajemen Pemasaran

Proses Manajemen Pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan untuk memperkenalkan barang kepada khalayak umum. Oleh sebab itu, ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum terjun langsung mempromosikan barang dagangan.

* Penentuan Misi dan Tujuan

Pertama adalah perusahaan Anda harus jelas mengenai misi dan tujuan dibangunnya organisasi tersebut. Apa saja keinginan Anda untuk perusahaan tersebut harus tercatat dengan jelas dan rinci. Adanya tujuan tentu tidak akan membuat Anda kebingungan dalam menjalankan bisnis.

* Evaluasi Perusahaan

Setelah menentukan misi dan tujuan, kedua adalah evaluasi perusahaan. Maksudnya disini adalah melakukan pengecekan kepada perusahaan Anda tentang kekuatan dan kelemahan. Jadi Anda bisa menentukan strategi apa yang tepat sesuai kapabilitas perusahaan.

* Peluang Pemasaran

Selanjutnya adalah melihat peluang pemasaran. Anda harus melakukan riset dengan teliti terhadap kebutuhan pelanggan. Selain itu, jika Anda menemukan pelanggan yang merasa kurang puas terhadap suatu produk, maka itu bisa dijadikan sebagai cela untuk mengembangkan bisnis.

Anda bisa mengevaluasi dan melakukan perbaikan dari data ketidakpuasan pelanggan. Yang mempengaruhi peluang pemasaran adalah persaingan bisnis, media online dan offline, pendapat masyarakat, dan lingkungan tempat promosi.

Baca Juga  SIUP: Pengertian, Jenis, Syarat dan Prosedurnya

* Buat Strategi yang Tepat

Data yang sudah Anda dapatkan mengenai ketidakpuasan masyarakat bisa dikumpulkan menjadi satu. Setelah itu Anda bisa memikirkan strategi yang tepat untuk menarik perhatian masyarakat, khususnya yang merasa tidak puas dengan produk lain. Pastikan strateginya pas dan sesuai dengan tujuan awal.

* Rencana Pemasaran

Setelah membuat produk, Anda harus memikirkan bentuk pemasaran seperti apa yang hendak dilakukan. Ada bisa melakukan riset juga agar tahu di zaman sekarang seringnya para pebisnis melakukan promosi dengan menggunakan apa.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan Manajemen Pemasaran

Dilakukan manajemen dalam pemasaran produk tentu memiliki tujuan yang jelas. Sedangkan tujuan yang dimaksud disini diantaranya adalah sebagai berikut.

* Menciptakan Permintaan

Tujuan pertama dari manajemen pasar adalah mampu menciptakan permintaan. Tentunya konsumen akan terus memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Produk Anda juga harus bisa menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat.

* Mendapatkan Pelanggan Baru

Selain menciptakan pemasaran, manajemen pasar juga bisa membantu Anda mendapatkan pelanggan baru. Barangkali ada orang yang masih belum tahu produk Anda, jadi dengan melakukan pemasaran bisa memikat pelanggan baru untuk membeli.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *