Management Trainee: Simak Tugas dan Kisaran Gajinya

Management Trainee adalah sebuah program khusus untuk para karyawan baru untuk mengenal lebih lanjut mengenai company profile dan berbagai unit usaha yang ada dalam perusahaannya tempat bekerja. Dengan adanya management trainee atai MT, ini dimaksudkan agar nantinya karyawan mampu bekerja sesuai dengan kemampuan dan juga bakatnya.

Dengan demikian maka akan lebih strategis dan tahu tentang apa yang harus dikerjakannya. Bagi para fresh graduation biasanya akan lebih dahulu berada pada posisi ini dalam beberapa waktu. Waktu managment trainee tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan, bahkan ada yang sampai 1 tahun masa training.

Namun, banyak pula yang hanya menjalankan masa ini selama satu bulan penuh. Mereka akan memperoleh berbagai hal atau serangkaian kegiatan seperti pelatihan, pengendalian usaha, manajerial, keahlian perencanaan, prosedur operasional perusahaan, tugas masing-masing unit bagian dan lain sebagainnya yang berkaitan di perusahaan.

Sistem Pembagian Management Trainee

tugas management trainee

Untuk beberapa perusahaan sendiri biasanya akan menerapkan sistem pembagian management trainee adalah sebagai berikut ini:

1. Selama 2 bulan melaksanakan kerja pra-On atau yang disesbut sebagai training in class.

2. Kemudian, selama dua bulan kembali mulai dikenalkannya OJT atau On Job Training. OTJ ini terbagi atas dua periode yakni peride 1 dan 2 sengan kurun waktu masing-masing adalah 3 bulan.

3. Sebelum penempatan kerja maka berada pada posisi review selama sebulan baru kemudian penempatan kerja yang berlangsung selama 1 tahun.

Program ini memang cukup memakan waktu yang lama. Namun masih banyak para pencari kerja menginginkan demi mendapatkan penghasilan yang sesuai.

Pelatihan yang diadakan tidak hanya pendalaman materi. Namun mereka harus mencoba untuk mempraktikan langsung atau yang sering disebut dengan On Job Training.

Manfaat Management Trainee Adalah Sebagai Berikut

tugas management trainee
Sehingga mereka yang benar-benar layak dan mampu bekerja pada bidang tugas selama training akan ditempatkan pada posisi tersebut. Selain yang dijelaskan di atas, berikut ini manfaat yang didapatkan selama masa training baik bagi perusahaan atau karyawan baru tersebut, yaitu:

• Dapat memberikan penilaian, pengevaluasian dan menyaring atau memilih calon managerial yang akan diposisiskan berdasarkan kualitas atau kemampuan.

• Menjamin bahwa para SDM yang ada di perusahaan tersebut memang unggul, trampil dan juga handal. Hal tersebut dapat mengantarkan perusahaan pada level executive.

• Managmenet trainee dapat mengantarkan pada peningkatan kemampuan di berbagau bidang management.

Baca Juga  Revolusi Industri 4.0, 3.0. 2,0 dan 1,0, Apa Bedanya?

• Memberikan pelatihan serta pengelolanan guna menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni di perusahaan.

• Memberikan pengembangan karier dan juga wawasan sebagai calon manajerial

• Memberikan pelatihan terkait standar operasional perusahaan yang baru. Sehingga nantinya tidak ada karyawan yang melanggar tata aturan yang ditetapkan perusahaan.

• Manfaat yang tidak kalah penting yaitu mampu meningkatkan produktifitas perusahaan.

• Akan memperoleh gaji dan jenjang karier yang pasti nantinya.

Secara fungsi, managemen trainee ini memag sangat penting dan bersifat vital. Dengan harapan di masa mendatang dapat mengembangkan visi dan misi yang ditetapkan perusahaan. Tidak hanya itu, nantinya juga bisa bersaing dengan perusahaan atau dunia usaha lainnya secara profesional dan efektif.

Tugas Management Trainee

tugas tugas management trainee

Program management trainee adalah program khusus karyawan baru yang belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduation. Namun mereka yang pernah bekerjapun terkadang masih menjalani masa training ini. Hadirnya program managment trainee tidak semata-mata hanya menuruti kebijakan dari perusahaan akan tetapi bertugas sebagimana yang diperintahkan.

Selain diberikan pelatihan, Anda akan memiliki pekerjaan lainnya yang dikerjakan sehari-hari. Dengan menjadi seorang management trainee Anda akan melewati proses learning by doing. Sebagian besar perusahaan tidak menerapkan tentang spesifikasi kerja bagi para karyawan management trainee.

Dengan begitu, semuanya bisa melaksanakan tugas diberbagai divisi. Sehingga pihak perusahaan atau managmenet dapat menilai untuk nantinya ditempatkan pada bagian mana yang tepat sesuai kemampuan. Namun adapula perusahaan yang menyusun spesifikasi kerja bagi managmenet trainee.

Biasanya mereka akan ditempatkan pada bagian marketing, sales, supply chain atau yang lainnya. Walaupun demikian, tugas management trainee untuk pemula hanya pada pekerjaan kecil dan masih tergolong ringan. Namun jika sudah mengetahui, mengenal dan paham dari masing-masing job yang lain akan disamakan seperti pekerjaan yang semestinya di bidang itu.

Kisaran Gaji Managament Trainee

gaji management trainee

Berbicara mengenai gaji management trainee yang diberikan oleh para karyawan baru itu rata-rata mencapai angka 4 juta rupiah. Oleh karena itu, management trainee masih menjadi favorit. Gaji tersebut biasanya disesuikan oleh kemampuan perusahaan dan juga tingkat produktivitas.

Setiap daerah memiliki rata-rata gaji management trainee yang berbeda. Seperti di Yogyakarta, gaji MT rata-rata hanya sekitar 2 juta sedangkan di Medan mencapai 4 juta. Perlu diketahui jika jumlah gaji merupakan perkiraan dari pihak ketiga. Oleh karena itu, Anda bisa langsung berkonsultasi kepada pihak perusahaan untuk memastikannya.

Baca Juga  Pengertian Supplier: Arti, Fungsi dan Tugasnya

Untuk menempati posisi sebagai managmenet trainee juga tidaklah mudah, Anda harus melewati berbagai seleksi yang menjadi proses nantinya diterima atau tidak. Ada beberapa proses seleksi yang harus Anda lakukan diantaranya yaitu:

– Pemberkasan atau Administrasi

– Psikotes

– Asesman dan juga kemahiran Bahasa Asing (Bahasa Inggris)

– FGD (Fokus Group Discussion)

– Interview HRD

– InterView User

– Tes Kesehatan atau Medical Check-Up

– Offeting.

Tips Agar Menjadi Management Trainee yang Sukses

gaji tips menjadi management trainee

Begitulah serangkain proses seleksi yang harus Anda lakukan. Kemudian untuk mencapai target menjadi seorang management trainee adalah yang sukses sangat diperlukan soft skill yang handal.

Namun Anda tidak perlu khawatir untuk pengembangan soft skill yang Anda miliki. Adapun cara atau tips yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

a. Cara berfikir secara diplomatis

Mengingat persaingan dalam dunia bisnis selalu menghadapi banyak rintangan. Maka Anda hanya perlu menyelesaikan dengan cara diplomasi.

b. Mengasah kecerdasan emosional

Sebagai seorang calon pemimpin, maka Anda harus mampu berinteraksi dengan orang lain dengan melihat berbagai situasi, tetap bersabar dan penuh rasa empati.

c. Interpersonal skill

Sebagai seorang manager maka Anda harus pandai untuk berkomunikasi. Melatih diri untuk berani berpendapat dan bersosialisasi dengan rekan kerja serta lingkungan. Karenan nantinya, Anda akan berhadapan langsung dengan banyak rekan bisnis.

Baca Juga  Pengertian Distributor, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

d. Fleksibel dan terbuka dalam mengungkapkan ide ide

Selain itu juga harus percaya diri serta mampu mengemukakakn pendapat dengan kata-kata yang bersifat persuasif.

e. Time management. Sebagai seorang calon manajer di masa yang akan datang, Anda harus mampu untuk mengatur deadline kerja untuk diri sendiri dan karyawan lainnya.

f. Tenang ketika menghadapi masalah

Dan selalu berfikir positif dalam menghadi ketidakpastian serta perubahan.

Demukianlah beberapa sikap yang harus dimiliki sebagai seorang management trainee adalah untuk mencapai kesuksesan dalam posisinya tersebut. Dengan demikian, pihak perusahaan tempatnya bekerja akan menilai kinerja MT dengan baik dan selektif. Jika sudah memiliki beberapa sikap di atas, maka kepercayaan perusahaan akan cukup tinggi.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *