Kredibilitas: Pengertian, Jenis dan Cara Membangunnya

Kredibilitas – Mendengar kata kredibilitas, mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan kata kredibilitas. Pada kesempatan kali saya akan membahas apa itu kredibilitas lebih dalam lagi supaya anda mengerti dan tidak menyalahgunakan kata kredibilitas. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kredibilitas berarti perihal dapat dipercaya.

Dalam hal ini, kredibilitas merujuk ke arah suatu kepercayaan yang diperoleh seseorang untuk membuktikan bahwa dirinya layak untuk dipercaya dalam suatu bidang. Penggunaan kata kredibilitas sudah luas digunakan oleh orang yang bekerja di suatu usaha atau perusahaan maupun dalam dunia pendidikan.

Misalnya seorang pegawai disuatu perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi yang membuatnya dipercaya oleh banyak orang di perusahaannya untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

Pengertian Kredibilitas Menurut Para Ahli

Pengertian Kredibilitas Menurut Para Ahli

Pengertian Kredibilitas memang mempunyai arti yang luas, namun kata kredibilitas tersebut biasanya dipakai untuk seseorang yang dapat dipercaya dan juga mempunyai tanggung jawab tentang semua hal yang diperdebatkan. Berikut adalah beberapa pengertian kredibilitas menurut para ahli.

Pengertian Kredibilitas Menurut Prof. Dr. H. Hafied Cangara, M.Sc

Menurut Prof. Dr. H. Hafied Canggara, M.Sc kredibilitas adalah persepsi yang dipunyai oleh seseorang mengenai kelebihannya, sehingga dapat diterima oleh banyak masyarakat.

Pengertian Kredibilitas Menurut Aristoteles

Aristoteles berpendapat bahwa kredibilitas adalah seorang komunikator yang mempunyai kekuatan pada karakter pribadinya, sehingga dengan begitu dirinya bisa mengendalikan emosi para pendengarnya.

Jenis-Jenis Kredibilitas

Jenis-Jenis Kredibilitas

Secara umum, kredibilitas adalah suatu kepercayaan yang dapat diandalkan atau dipertanggungjawabkan oleh seseorang.

Kredibilitas memang sering dikaitkan oleh nama baik, reputasi, dan kehormatan yang dimiliki oleh seseorang atau suatu bidang, baik bidang usaha, pendidikan, dan masih banyak lagi. Kredibilitas dianggap sebagai sebuah pencapaian yang dapat meningkatkan nilai diri dari suatu hal tertentu.

Untuk mendapatkan kredibilitas tentu saja anda harus bekerja secara maksimal. Bukan hanya dari hasil pekerjaan anda saja, namun masih banyak hal yang perlu anda perhatikan selain kemampuan bekerja anda, seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan masih banyak lagi. Berikut ini merupakan contoh kredibilitas yang sering gunakan oleh masyarakat umum.

Baca Juga  Jangan Keliru! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

1. Kredibilitas Dalam Sebuah Profesi

Dalam sebuah profesi, kata kredibilitas lebih merujuk ke arah nama baik, reputasi, dan pengalaman mendalami suatu bidang tertentu yang telah digelutinya. Kredibilitas dalam suatu profesi dapat menentukan tolak ukur bagaimana suatu profesi tersebut dapat dipercaya.

Contohnya, seorang Translator yang sudah menggeluti dunia penerjemah sejak lama dan memiliki hasil yang terjemahan yang sudah dipercaya oleh pelanggan nya.

Dalam hal ini sang translator selalu mengerjakan pekerjaannya dengan maksimal. Selain itu, sang translator itu juga sering dicari oleh orang yang ingin menerjemahkan kan sebuah artikel.

2. Kredibilitas Dalam Bidang Usaha

Dalam sebuah bidang usaha, kredibilitas dapat dicapai melalui pelayanan yang diberikan oleh suatu usaha terhadap konsumen mereka. Dalam hal ini mereka memberikan pelayanan yang terbaik sehingga membuat para konsumen nya percaya terhadap hasil yang mereka terima.

Contohnya, sebuah Bank yang memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik dari bank yang tabungan yang bergerak dibidang yang sama. Hal itu membuat bank tersebut mendapat kredibilitas di mata masyarakat luas.

3. Kredibilitas Dalam Bidang Penelitian

Dalam bidang penelitian, kredibilitas dapat dinilai dari data yang dikumpulkan atau kepercayaan data dan kecocokan antara data dengan subjek penelitian. Untuk menguji apakah data yang dikumpulkan memiliki kredibilitas dapat dilakukan dengan cara observasi dan diskusi.

Contohnya, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Dalam mengerjakan skripsi tentu saja mahasiswa harus mengumpulkan data yang dapat dipercaya oleh dosen pembimbing untuk menyelesaikan skripsinya.

Cara Membangun Kredibilitas Dengan Benar

Cara Membangun Kredibilitas Dengan Benar

Ada beberapa cara yang harus dikuasai supaya kita dapat membangun kredibilitas dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara membangun kredibilitas dengan benar.

1. Berkomunikasi Dengan Orang Lain Lebih Efektif

Cara membangun kredibilitas yang pertama adalah dengan membangun komunikasi dengan orang lain secara efektif. Misalnya kita berkomunikasi dengan pelanggan, dengan bos, klien atau rekan kerja secara efektif.

Dalam hal ini tentu saja kita harus melatih diri untuk menjadi pendengar yang baik, kita harus bisa bersikap empati dan juga menjaga perkataan saat kita menyampaikan suatu hal, kita harus juga bisa menjaga tutur kata ketika menjawab apa yang ditanyakan oleh orang lain.

2. Mengatur Waktu Sebaik Mungkin

Kredibilitas akan susah untuk dibangun oleh orang yang tidak dapat mengatur waktu dengan baik. Jadi begini logikanya, bagaimana kita bisa menepati janji kita kepada orang lain jika kita tidak bisa mengatur waktu?

Tentu saja pengaturan waktu yang buruk bisa menimbulkan rasa tidak percaya dari rekan-rekan kerja, klien, bos kepada kinerja kita.

Oleh sebab itu, untuk bisa membangun kredibilitas yang baik kita harus mempunyai manajemen waktu yang benar dan teratur. Paling tidak kita harus bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan dalam waktu yang tepat, meningkatkan produktivitas.

3. Tegas Pada Diri Sendiri dan orang Lain

Kita harus selalu ingat jika kepercayaan merupakan hal yang menular. Artinya, jika kita percaya pada diri sendiri dengan begitu orang lain juga akan percaya pada kita. nah untuk bisa mendapatkan kepercayaan kita harus memiliki sikap tegas kepada diri sendiri.

Misalnya saja ketika kita menyampaikan suatu ide atau gagasan dalam forum, hindari untuk memberikan permintaan maaf atas apa yang anda sampaikan tersebut.

Selain itu, hindari juga meremehkan atau tidak percaya dengan apa yang sudah kita sampaikan dalam forum tersebut. Jika kita tidak percaya pada diri kita, bagaimana orang lain bisa percaya pada kita? tentu saja akan susah kan?

Baca Juga  Kewirausahaan: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

4. Berani Mengambil Resiko

Orang yang berani keluar dari zona nyaman dan berani mengambil resiko tentu saja akan lebih mudah untuk membangun kredibilitas mereka. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Anda harus bisa memberanikan diri untuk melakukan eksplorasi akan hal-hal yang sebelumnya belum pernah anda lakukan.

Jika hal itu memang baik untuk pengembangan diri kita, kenapa kita tidak berani keluar dari Zona nyaman? Anda harus tahu jika pertumbuhan dan juga kesuksesan berawal dari rasa ingin terus belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi. Orang yang sudah berhasil membangun kredibilitas adalah orang yang berhasil melewatinya.

5. Selalu Bersemangat Dan Termotivasi

Orang yang selalu termotivasi dan bersemangat dalam menyelesaikan semua pekerjaannya merupakan orang yang mudah membangun kredibilitas. Klien, rekan kerja dan pelanggan tentu akan percaya jika setiap pekerjaan yang diberikan kepada anda akan berhasil anda selesaikan dalam tepat waktu.

Untuk itu kita harus selalu bersemangat dan termotivasi untuk selalu bekerja agar bisa membangun kredibilitas.

6. Selalu Bersikap Responsif

Cara terakhir untuk membangun kredibilitas adalah dengan selalu bersikap responsif. Anda harus tahu bahwa sikap responsif sangat penting untuk membangun kredibilitas pada diri kita.

Untuk itu usahakan agar menjadi orang yang memiliki responsif tinggi. Contoh bersikap responsif adalah dengan selalu cepat dalam membalas pesan atau email dari klien, pelanggan atau bos. Dengan begitu orang bisa menjadi percaya kepada kita bahwa kita adalah orang yang bisa diandalkan dalam melakukan suatu pekerjaan.

Itulah pengertian kredibilitas dan bagaimana cara membangun kredibilitas pada diri kita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id yang ingin membangun kredibilitas dalam lingkungan pekerjaan.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *