Konsolidasi: Pengertian, Ciri-Ciri dan Kelebihannya

Beberapa di antara Anda mungkin tidak asing lagi dengan istilah Konsolidasi adalah atau penggabungan, memperteguh, memperkuat. Secara umum, arti konsolidasi adalah suatu usaha untuk menjadikan suatu tujuan yang sama.

Istilah ini banyak sekali digunakan untuk beberapa kesempatan, khususnya dalam dunia bisnis atau perusahaan, organisasi, institusi, atau lembaga yang berusaha membangun strategi yang sama.

Pengertian Konsolidasi Adalah dalam Dunia Bisnis

arti konsolidasi
Dalam bisnis, konsolidasi adalah sebagai dua atau lebih usaha yang bergabung untuk tujuan yang sama. Tujuan yang dimaksud adalah mengenai pengembangan dan peningkaan kinerja maupun keuntungan yang lebih. Jadi, bisa dikatakan saat diadakan konsolidasi dua usaha sudah memutuskan untuk berhenti melanjutkan usaha masing-masing dan membuat suatu usaha baru yang seirama.

Pada umumnya, konsolidasi adalah akan menghasilkan perusahaan baru dengan mengambil alih aset serta hak dan kewajiban dari kedua belah pihak perusaahaan atau lebih yang bergabung. Maka, konsolidasi lebih banyak digunakan dan ditujukan untuk kebutuhan bisnis untuk membuat perusahaan baru yang diharapkan lebih maju dan menguntungkan kedua belah pihak atau lebih yang bergabung.

Konsolidasi adalah bukan tanpa alasan, melainkan karena terdapat suatu permasalahan yang cukup mendalam antara dua usaha tersebut yang saling berkaitan. Permasalahan tersebut, misalnya masalah permodalan, masalah finansial perusahaan, adanya penurunan penjualan, masalah kesehatan, menguasai pasar, dan lain sebagainya. Hal inilah yang dapat menyebabkan timbulnya konsolidasi antar dua usaha.

Namun demikian, alasan konsolidasi karena ingin menguasai pasar, biasanya tidak akan diumumkan secara jelas dan tertulis kepada sejumlah pihak eksternal. Alasan ini hanya bisa diketahui oleh para pendiri atau pihak-pihak yang turut melakukan konsolidasi. Jadi bisa diartikan alasan ini hanya boleh diketahui oleh internal perusahaan saja dan tidak diketahui oleh pihak luar.

Baca Juga  Management Trainee: Simak Tugas dan Kisaran Gajinya

Dengan adanya konsolidasi antara dua usaha atau lebih ini, diharapkan dapat menghasilkan satu usaha bersama yang akan membuat perusahaan semakin maju dalam perkembangannya di masa mendatang. Oleh karena itu, sebaiknya konsolidasi dilakukan dengan usaha yang memiliki keuangan atau permodalan yang cukup baik, serta memiliki kinerja perusahaan yang baik dibandingkan usaha yang sebelumnya.

Konsolidasi perusahaan termaktub dalam perundang-undangan dan dilindungi oleh payung hukum yang berlaku di Indonesia. Pertama, tertulis dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang adanya

Perseroan Terbatas. Di mana, Perseroan Terbatas juga merupakan konsolidasi perusahaan dengan modal tertentu yang terbagi atas saham-saham yang pemegang sahamnya turut mengambil satu saham.

Kedua, ada pada Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1998 tentang adanya penggabungan, integrasi, dan KUP perseroan yang dibatasi. Ketiga, pada Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2010 tentang adanya penggabungan atau integrasi dalam suatu badan usaha dan KUP saham perusahaan yang diperoleh dan dapat mengakibatkan tindakan penguasaan atau timbul persaingan dalam usaha.

Ciri Ciri Konsolidasi

pengertian konsolidasi

Pada perusahaan, ciri konsolidasi adalah sebagai berikut:

• Terdapat dua atau lebih perusahaan yang akan menggabungkan diri untuk terlaksananya perusahaan baru

• Sejumlah perusahaan yang bergabung tersebut mengalami kegagalan dan bubar tanpa proses likuidasi

• Perusahaan baru dari hasil peleburan harus mendapatkan status badan hukum yang baru

• Rancangan konsolidasi dan konsep dari akta konsolidasi harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari RUPS pada masing-masing perseroan

• Apabila konsep akta konsolidasi berhasil mendapatkan RUPS, maka akan masukkan ke dalam akta konsolidasi yang disusun dan disaksikan langsung oleh notaris. Jika perusahaan berdiri di Indonesia harus dalam bahasa Indonesia

• Aktiva dan pasiva perusahaan yang menggabungkan diri akan berpindah ke perusahaan baru yang merupakan hasil dari kondolidasi.

Meski lebih banyak digunakan untuk tujuan bisnis dan bukan untuk kalangan masyarakat luas, istilah konsolidasi sebetulnya bisa digunakan secara umum oleh berbagai kalangan masyarakat. Ada beberapa pengertian konsolidasi adalah yang bukan ditujukan untuk keperluan perusahaan, misalnya konsolidasi dalam bidang akuntansi, konsolidasi tanah, hingga konsolidasi sosial.

Konsolidasi Dalam Bidang Akuntansi

Konsolidasi Dalam Bidang Akuntansi

Dalam bidang akuntansi, pengertian konsolidasi yaitu merupakan suatu penyatuan terhadap seluruh laporan-laporan dari setiap aset, kewajiban, ekuitas, dan juga akun dari sejumlah operasional perusahaan, baik itu perusahaan induk maupun pada anak perusahaan. Kemudian, laporan ini akan dijadikan dalam satu kesatuan laporan keuangan yang utuh atau bisa dikatakan laporan keseluruhan.

Selanjutnya, ada juga yang disebut dengan istilah konsolidasi tanah. Arti konsolidasi tanah sendiri, yaitu pengolahan tanah dan penggunaan lahan yang kembali pada penguasa. Pengertian ini berkaitan dengan adanya pengadaan tanah yang berguna untuk kepentingan pembangunan yang diperoleh dari adanya kebijakan pemerintah. Tujuan yang idealnya adalah untuk memenuhi kepentingan masyarakat.

Dalam hal ini, pemerintah mengadakan kesepakatan bersama, di mana hak atas tanah tersebut diserahkan secara langsung ataupun tidak langsung. Secara langsung maksudnya adalah tanah tersebut diberikan kepada konsolidasi tanah dengan adanya kesepakatan yang terikat. Sedangkan tidak langsung artinya, tanah dimanfaatkan untuk kegunaan sarana dan prasarana umum.

Sarana dan prasarana umum yang dimaksud, seperti pembuatan jembatan, pembuatan taman bermain terbuka, pembuatan taman bunga, pembuatan taman khusus olahraga, pembuatan perpustakaan umum, pembuatan jalan umum, pembuatan area terbuka hijau atau taman kota, dan mendirikan sarana yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat secara luas dan bukan perorangan.

Baca Juga  Revolusi Industri 4.0, 3.0. 2,0 dan 1,0, Apa Bedanya?

Dalam sosial, konsolidasi adalah penguatan ikatan pada suatu kelompok yang dilakukan oleh masing-masing anggota sosial dalam suatu kelompok menjadi kelompok yang semakin kuat. Dengan adanya konsolidasi, maka kelompok sosial masih menjadi suatu kolektivitas yang kuat. Tujuan konsolidasi sosial, yaitu memberikan penguatan terhadap setiap rakyat agar lebih solid dan lebih baik.

Konsolidasi sosial terbentuk karena adanya kesamaan antara individu per orangan dengan suatu kelompok organisasi sosial, seperti karang taruna, perkumpulan pengajian, dan kegiatan kelompok lainnya. Jadi, pada intinya adalah sama seperti pengertian konsolidasi itu sendiri, yaitu suatu kelompok yang saling bertumpukan akan menciptakan suatu kelompok atau organisasi baru yang seirama.

Konsolidasi sosial masih sangat sering terjadi di tanah air. Beberapa contohnya, seperti banyaknya suku budaya yang menganut ajaran agama tersendiri. Hal ini juga banyak terjadi di kampus-kampus. Misalnya, mahasiswa yang datang dari berbagai suku bangsa kemudian memiliki kesamaan di salah satu bidang ekstrakurikuler. Sehingga, terbentuklah suatu konsolidasi baru, yaitu konsolidasi organisasi yang baru.

Kelebihan dan Kekurangan Konsolidasi

Kelebihan dan Kekurangan Konsolidasi

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari diadakannya konsolidasi. Kelebihan konsolidasi adalah sebagai berikut:

• Perushaan yang melaksanakan konsolidasi akan memiliki kekuaran yang besar dan biasanya akan mampu menghadasi tingkat persaiangan yang ketat. Hal ini tentu saja karena peleburan antara dua perusahaan atau lebih menjadi satu.

• Konsolidasi pada perusahaan yang tengah mengalami kesulitan dalam permodalan, tidak harus dilikuidasi. Namun, akan tetap bisa bertahan, meski menjadi perusahan baru.
Kekurangan konsolidasi adalah sebagai berikut:

• Sebuah perusahaan yang mengajukan konsolidasi akan hilang, karena dilebur jadi satu.

• Memperkenalkan kembali perusahaan baru dari hasil konsolidasi ke masyarakat secara luas akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *