Kewirausahaan: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Kewirausahaan – Salah satu kegiatan yang saat ini sedang banyak diminati untuk meningkatan ekonomi adalah kewirausahaan. kewirausahaan adalah hal yang sudah sangat familiar saat ini karena bisa mendatangkan banyak manfaat. Nah, untuk mengenal tentangnya lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan

Terdapat beberapa makna yang mendefinisikan kewirausahaan. Kewirausahaan bisa diartikan sebagai proses untuk membuat suatu inovasi guna menambah nilai produk dan membuatnya bermanfaat bagi masyarakat melalui cara yang kreatif.

Ada lagi definisi tentang apa itu kewirausahaan, yakni mental seseorang yang aktif, bercipta daya, dan kreatif. Sikap mental ini berguna untuk menghasilkan sesuatu yang baru serta bermanfaat untuk orang lain.

Baca Juga  Etika Bisnis: Pengertian, Prinsip dan Contoh

Secara umum kewirausahaan juga dikenal menjadi suatu proses inovasi yang membutuhkan ketekunan di dalamnya. Hal ini karena kewirausahaan membutuhkan modal, waktu, sumber daya, serta memiliki resiko yang tidak kecil saat dijalankan.

Selain pengertian di atas, ada banyak ahli yang mendefinisikan kewirausahaan. Pendapat para ahli ini redaksinya memang banyak berbeda, namun beberapa memiliki arti yang sama. Berikut ini adalah pengertian kewirausahaan menurut para ahli yang juga penting untuk diketahui.

* Siswanto Sudomo

Menurut Siswanto Sudomo, kewirausahaan berarti segala sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki seorang wirausaha. Seorang wirausaha harus berani berkorban serta mengambil risiko. Di samping itu, wirausahawan juga harus bekerja keras dan memusatkan semua daya agar bisa berhasil.

* Peter Sucker

Ahli yang juga mendefinisikan kewirausahaan yang berikutnya adalah Peter Drucker. Baginya kewirausahaan berarti kemampuan untuk bisa menghasilkan suatu hal yang baru dan berbeda dari lainnya.

* Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusi kewirausahaan adalah nilai yang direalisasikan dalam bentuk tingkah laku dan dijadikan sebagai tenaga penggerak, sumber daya, kiat, proses, siasat, dan profit atau hasil dari suatu bisnis.

* Drs. Djoko Untoro

Kewirausahaan menurut Drs. Djoko Untoro merupakan sebuah keberanian yang dilakukan seseorang untuk membuat usaha guna memenuhi kebutuhan hidup. Usaha ini diciptakan dengan cara memaksimalkan segala potensi yang dimiliki.

* Eddy Soeryanto Soegoto

Pengertian kewirausahaan menurut Eddy Soeryanto Soegoto adalah kreativitas yang dijalankan berdasarkan guna menghasilkan sesuatu yang baru. Sesuatu ini harus memiliki nilai tambah, bermanfaat, serta menghasilkan peluang kerja.

* Soeharto Prawiro

Soeharto Prawiro berpendapat bahwa kewirausahaan merupakan sesuatu berupa nilai yang dibutuhkan saat akan membangun dan mengembangkan usaha.

* Zimmerer

Kewirausahaan menurut Zimmerer adalah suatu inovasi dan kreativitas yang diterapkan guna memecahkan suatu persoalan serta mencari peluang baru untuk memperbaikinya.

Karakteristik Kewirausahaan Adalah Sebagai Berikut

Karakteristik Kewirausahaan

Ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang wirausahawan dalam menjalankan bisnis yang digelutinya. Berikut ini adalah karakteristik kewirausahaan yang wajib untuk Anda ketahui tersebut.

* Bersikap Jujur

Agar bisnis yang dimulai bisa berjalan dengan lancar, maka karakter pertama yang harus ada dalam diri seorang wirausaha adalah jujur. Sikap jujur dan amanah akan membuat konsumen serta rekan bisnis percaya untuk menjalin kerja sama.

Seorang wirausaha tidak boleh bersikap curang ataupun licik dalam menjalankan bisnis. Sebab, sikap ini hanya akan menghasilkan kejayaan sesaat saja. Sebaliknya, jika dalam menjalankan kewirausahaan bersikap jujur, maka bisnis yang dijalani bisa bertahan lama.

* Menanamkan Sikap Disiplin

Adanya sikap disiplin yang tertanam dalam diri akan membuat bisnis yang ditekuni berjalan lancar dan teratur. Sikap disiplin bisa mulai diterapkan pada diri sendiri dahulu. Pembiasaan sikap disiplin ini akan membuat kegiatan wirausaha berjalan sesuai target.

Baca Juga  Management Trainee: Simak Tugas dan Kisaran Gajinya

* Adanya Komitmen Yang Tinggi

Salah satu kunci dalam kewirausahaan adalah komitmen yang tinggi. Adanya komitmen yang tinggi ini akan membuat banyak orang percaya terhadap bisnis yang dijalankan. Pada akhirnya, hal ini menjadikan seorang wirausaha lebih mudah untuk memperoleh investor.

* Kreativitas dan Inovatif

Sikap kreatif dan inovatif merupakan salah satu kunci utama dalam kewirausahaan. Kreativitas akan membantu seorang wirausaha menghasilkan produk unik yang dapat menarik minat masyarakat. Daya kreativitas seorang wirausaha akan membantu bisnisnya bisa berjalan lancar.

Dalam menjalankan bisnis, juga diperlukan sikap inovatif guna menciptakan produk terbaru. Melalui produk baru yang diciptakan ini, bisnis bisa semakin dikenal. Selain membuat produk baru, sikap inovatif juga bisa digunakan untuk menambah nilai produk yang sudah ada.

* Mandiri

Seorang wirausahawan yang baik haruslah bersikap mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Sikap mandiri ini akan membantu wirausahawan berani mengambil keputusan dengan bijak. Untuk mendapatkan sikap mandiri ini, seorang wirausaha harus menerapkannya sejak dini.

Manfaat Kewirausahaan

Manfaat Kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki banyak manfaat bagi para pemiliknya ataupun masyarakat sekitar. Lalu apa saja manfaat kewirausahaan? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

* Dapat Meningkatkan Standar Hidup

Kebutuhan hidup di masyarakat tidak akan pernah ada habisnya, bahkan terus meningkat. Sikap kewirausahaan ini bisa membantu memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Ini juga menjadi salah satu faktor utama mengapa kewirausahaan itu penting.

Wirausahawan yang baik akan selalu mencari inovasi barang dan jasa terbaru agar bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Para pengusaha pun akan memutar otak untuk menghasilkan barang bagus yang bisa meningkatkan standar hidup masyarakat.

Peningkatan standar hidup akibat adanya kewirausahaan ini bisa dilihat dari semakin berkembangnya alat teknologi. Selain itu, semakin maraknya bawang branded yang beredar luas di pasaran dan bisa didapatkan dengan mudah juga menjadi salah satu buktinya.

* Menumbuhkan Kemampuan Manajerial

Manfaat selanjutnya dari kewirausahaan adalah mampu meningkatkan kemampuan manajerial. Peningkatan ini terlihat dari pengembangan dan identifikasi bakat memanajemen sesuatu. Agar bisa mendapatkan suatu keberhasilan, maka seorang pengusaha harus mau untuk belajar.

Kemampuan manajerial yang baik bagi seorang wirausaha akan membantunya dapat mengambil keputusan dengan bijak. Pengambilan keputusan dalam kewirausahaan tidaklah mudah. Karena itu, pebisnis harus mampu mempelajari kemampuan manajerial dengan baik.

Teknik manajerial dalam kewirausahaan bukanlah sesuatu yang mudah. Ketika jiwa kewirausahaan muncul dalam diri seorang pebisnis, maka kemampuan manajerial yang baik ini akan meningkat seiring berjalannya waktu dengan tuntutan tersebut.

Baca Juga  Revolusi Industri 4.0, 3.0. 2,0 dan 1,0, Apa Bedanya?

* Membangun Ekonomi

Salah satu faktor pembangunan ekonomi di suatu negara adalah kegiatan wirausaha. Apalagi jika wirausaha ini mampu berkembang dengan cepat, maka peningkatan sektor ekonomi juga akan semakin signifikan.

Kesinambungan kewirausahaan dengan ekonomi nasional berkaitan erat dengan perputaran modalnya. Seorang wirausaha tidak hanya menginvestasikan modal saja, melainkan juga menariknya dari pasar.

Modal ini merupakan salah satu sumber kekayaan ekonomi suatu negara. Perputaran modal yang baik akan membuat perekonomian negara juga semakin stabil. Dengan demikian, manfaat kewirausahaan dalam memperbaiki perekonomian suatu negara semakin terasa.

Ciri-Ciri Pebisnis Dalam Menjalankan Kewirausahaan

apa yang dimaksud dengan kewirausahaanAda beberapa orang yang memang sudah mempunyai jiwa bisnis dari dalam dirinya. Namun, ada juga yang masih meraba-rabanya. Berkaitan dengan itu, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kewirausahaan yang harus dimiliki oleh pebisnis.

* Memiliki Semangat Tinggi

Adanya semangat yang tinggi sangat diperlukan bagi seorang wirausaha. Semangat ini bisa membantu wirausahawan untuk menjadi lebih percaya diri dalam membangun bisnisnya. Selain itu, semangat yang dimiliki wirausahawan akan membuat bisnisnya bisa lebih maju.

Semangat dalam berwirausaha akan menciptakan tekad kuat untuk mencapai keberhasilan. Apabila seorang wirausahawan memiliki semangat yang tinggi, ini akan membuatnya selalu berusaha keras untuk mencapai keberhasilan.

* Memiliki Keberanian Dan Kreativitas Yang Tinggi

Rasa berani mencoba merupakan sikap utama yang harus dimiliki oleh pebisnis. Sikap berani ini membuat wirausahawan tidak takut untuk menerima segala kemungkinan dalam bisnis. Namun, sikap berani harus tetap diimbangi dengan pemikiran yang matang untuk mengambil keputusan.

Daya kreativitas tinggi akan mempengaruhi wirausahawan untuk bisa menghasilkan produk yang bisa menarik minat masyarakat. Kreativitas yang dimiliki oleh pengusaha juga berguna untuk menambah nilai produk.

Baca Juga  Pengertian, Teori, Manfaat Perdagangan Internasional

* Mempunyai Daya Analisa Yang Kuat

Analisa dibutuhkan pengusaha untuk bisa melihat peluang yang ada di depannya. Daya analisa ini dibutuhkan untuk memperhitungkan dengan baik apa yang dimaksud dengan kewirausahaan dan semua resikonya.

Secara rinci, hal yang perlu dipahami dalam kewirausahaan adalah kemampuan untuk menganalisa peluang pasar, nilai jual suatu produk, dan profit yang akan didapat nantinya. Analisis yang maksimal akan membantu untuk memprediksi keberhasilan suatu usaha.

* Membuat Dan Melaksanakan Keputusan

apa itu kewirausahaan

Pembuatan keputusan yang mutlak untuk dijalankan dalam wirausaha berada di tangan pebisnis yang menjalankannya. Keputusan dalam kewirausahaan harus dilakukan dengan tepat dan tetap, namun juga dibarengi dengan pertimbangan yang matang.

Sebuah keputusan yang sudah diambil ini harus dilaksanakan dengan cepat, baik, dan konsisten. Pengambilan keputusan secara cepat ini dilakukan agar pengusaha tidak kehilangan peluang yang ada.

* Memiliki Jiwa Pemimpin Dan Tidak Konsumtif

Seorang wirausahawan yang baik sudah semestinya memiliki jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Pebisnis yang baik akan dapat melakukan pengendalian terhadap dirinya dan juga karyawannya. Jiwa kepemimpinan ini akan menghasilkan keputusan yang tepat jika diterapkan dengan baik.

Selanjutnya, seorang pebisnis tidak boleh berperilaku konsumtif. Hal ini karena mereka harus mampu mempertimbangkan dengan baik segala pengeluarannya. Pengeluaran yang tidak perlu harus bisa diminimalisir agar bisa menggunakannya sebagai modal dalam usaha yang ditekuninya.

* Pengabdian Besar Terhadap Bisnis Yang dijalankan

Membangun sebuah usaha bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab itu, saat usaha ini sudah mampu berjalan, para pebisnis harus bisa mengabdikan dirinya. Pebisnis harus bisa mengesampingkan hal yang tidak penting dan merugikan bisnisnya.

Kewirausahaan juga dikenal masyarakat sebagai pekerjaan yang tidak terlalu memakan waktu dan fleksibel untuk dijalankan. Namun, tetap saja para wirausahawan harus benar-benar fokus untuk menjalankan bisnisnya supaya bisa mencapai keberhasilan dan mendapatkan profit sesuai target.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan Kewirausahaan

Kewirausahaan dijalankan dengan beberapa tujuan. salah satu yang menjadi tujuan kewirausahaan adalah untuk mendapatkan profit guna meningkatkan sektor ekonomi. Selain itu, berikut adalah beberapa tujuan kewirausahaan lainnya yang perlu Anda ketahui.

* Menciptakan Jaringan Bisnis

Seorang wirausaha pastinya tidak bisa menjalankan bisnisnya sendiri tanpa bekerja sama dengan pihak lain. Adanya kerja sama yang dibuat tersebut akan memperluas relasi ataupun jaringan bisnis. sehingga akan membuat usaha yang dijalankan menjadi semakin besar.

* Menciptakan Peluang Kerja

Para bisnis tidak mungkin bisa menjalankan usahanya sendiri dan tentu membutuhkan karyawan. Adanya kegiatan wirausaha ini akan menciptakan lapangan kerja baru bagi orang-orang yang tinggal di sekitar tempat bisnis tersebut dibangun.

Ini tentu saja akan berpengaruh pada tatanan kehidupan masyarakat, yaitu mengurangi pengangguran. Berkurangnya angka pengangguran tersebut pada akhirnya akan membuat tingkat perekonomian masyarakat meningkat.

* Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Pemiliknya

Satu lagi tujuan kewirausahaan adalah untuk mensejahterakan hidup pemiliknya. Membangun bisnis bukanlah sesuatu hal yang mudah. Sebab itu, keberhasilan yang didapat harus bisa dinikmati oleh pemiliknya dan membuat hidupnya menjadi sejahtera.

Sudah paham bukan mengenai kewirausahaan dan berbagai aspeknya? Setelah memahami berbagai hal di atas, kini Anda semakin familiar dengan istilah kewirausahaan dan bagaimana menjalankannya dengan baik.

Ulasan yang ada di atas juga akan memberikan Anda referensi mengenai apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Singkatnya kewirausahaan adalah kemampuan mengatur risiko dalam sebuah bisnis dan wirausaha adalah pelakunya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *