Joint Venture: Pengertian, Contoh, dan Keuntungannya

Joint Venture – Pada saat ini, banyak orang yang tertarik untuk melakukan bisnis online. Dalam menjalankan bisnis online hendaknya diperlukan berbagai strategi khusus agar bisnis berjalan dengan lancar. Pelakunya juga dituntut untuk bisa menguasai teknologi.

Salah satu teknologi terbaru dalam bisnis adalah bernama Joint Venture. Joint Venture adalah sebuah teknik bisnis kekinian yang akan membantu memperlancar bisnis yang anda jalani. Terkadang seseorang yang melakukan bisnis masih menghadapi sedikit kesulitan seperti contohnya kekurangan dalam pengetahuan dan penguasaan teknologi. Nah, Joint Venture menjadi salah satu solusinya.

Jika anda penasaran mengenai Joint Venture, tenang saja pada kesempatan kali ini artikel ini akan mengajak anda untuk lebih dekat mengenal teknik bisnis ini kok.

Apa Itu Joint Venture?

joint venture

Secara sederhana, pengertian joint venture adalah salah satu usaha bisnis yang mana dilakukan Oleh dua entitas bisnis atau lebih dan dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Sistemnya adalah kerjasama yang mempunyai tujuan yang lebih spesifik dalam berbisnis.

Selain itu, pelakunya juga harus menentukan suatu rencana yang matang yang mana sudah disepakati oleh kedua belajar pihak. Sistem Joint Venture akan berakhir pada saat semua tujuan yang ingin dicapai sudah terpenuhi.

Baca Juga  CSR: Pengertian, Manfaat dan Fungsi Yang Perlu Kita Tahu

Semua pihak yang terlihat dalam sistem ini sudah atur dalam sebuah perjanjian kontrak yang telah mereka buat dan sudah disepakati bersama. Perjanjian tersebut berisi tentang segala hak dan kewajiban, pembagian keuntungan dan juga kerugian.

Pada dasarnya, joint venture mempunyai dua sistem yang tidak sama. Metode ini merupakan penggabungan antara beberapa entitas bisnis yang berbeda-beda yang mana masing-masing dapat berbeda jenis badan hukumnya.

Pengertian Sistem Konsorsium Dalam Joint Venture


Mungkin anda pernah mendengar bukan istilah konsorsium? Istilah ini banyak digunakan untuk menjelaskan sebuah sistem pengaturan yang sangat longgar antara beberapa entitas bisnis.

Dalam dunia bisnis travel, bisa bermanfaat untuk membentuk suatu keanggotaan dan juga bisa digunakan untuk menentukan tarif khusus dari hotel dan resort.

Contoh Joint Venture Adalah Sebagai Berikut

contoh joint venture

Karena banyak disukai dan dikenal dalam dunia bisnis, ada banyak perusahaan besar yang bergabung menggunakan joint venture. Berikut ini adalah contoh joint venture, yaitu :

1. Asus dan Gigabyte

Di era teknologi seperti saat ini, banyak yang menggunakan berbagai perangkat keras. Salah satunya adalah komputer. Hal ini membuat berbagai perusahaan perangkat harus melakukan persaingan yang sangat ketat. Karena hal inilah yang mendorong mereka untuk bekerja sama satu sama lain.

Seperti yang dilakukan oleh ASUS dan Gigabyte. Keduanya berkompetisi cukup ketat dalam produksi motherboard dan berbagai komponen lainnya. Pada akhirnya, keduanya sepakat untuk bekerjasama dalam membuat strategi bisnis baru dalam pembuatan dan penjualan komponen hardware pada sekitar tahun 2007.

2. Sony dan Sharp

Sharp dan Sony corporation telah mengumumkan kedua perusahaan ini sudah menandatangani sebuah memorandum untuk melakukan kerjasama dalam memproduksi serta menjual panel dan modul LCD dari pabrik Sharp. Kerjasama ini sudah terjalin sejahtera 30 September 2008

Baca Juga  Ergonomi: Tujuan, Prinsip dan Manfaatnya

3. PT Puri dam NPCI

Di negara Indonesia terdapat PT Puri yang bekerjasama dengan NPCI. Kerjasama keduanya adalah membangun sebuah pabrik pupuk dengan kapasitas 1,14 ton per tahunnya. Saham dari pusri dibangun dengan menggunakan sistem joint venture. Saya ini penghasilannya sudah mencapai USD 97 juta.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Gabung Ke Joint Venture

Jika kamu berniat untuk bergabung dengan sistem bisnis Joint Venture, maka sebelumnya ada beberapa tips yang.harus anda perhatikan, yaitu :

Tujuan Joint Venture Khusus

Tujuan Joint Venture
Semua pihak yang terlibat dalam joint venture biasanya sudah punya tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Selain itu, mereka akan menyatakan mengenai tujuan tersebut dengan jelas dalam perjanjian antara kedua belah pihak dan disepakati bersama.

1. Kesepakatan

Para pihak Joint Venture akan melaksanakan perjanjian secara tertulis diantara kedua belajar pihak. Perjanjian ini berisi mengenai hak dan kewajiban dan pembagian hasil baik Untung atau Rugi

Baca Juga  Entrepreneurship: Pengertian, Arti dan Karakternya

2. Durasi

Biasanya, kerjasama joint venture memerlukan durasi waktu tertentu. Kerjasama ini akan berakhir ketika semua tujuan sudah terpenuhi kecuali jika keduanya masih ingin melakukan kerjasama.

Bagaimana dalam Pembagian Keuntungan?

Dalam sebuah kerjasama dalam bisnis, pembagian Keuntungan sangat penting. Para pihak yang bekerjasama harus menyepakati bagaimana dalam pembagian Keuntungan berbisnisnya.

Jenis-jenis Joint Venture

pengertian joint venture

Pada dasarnya, apa itu Joint venture? Joint Venture merupakan sebuah kerjasama. Ada dua jenis joint venture yang wajib anda ketahui, yaitu :

1. Joint Venture Domestik

Seperti namanya, joint venture Domestik merupakan sebuah sistem kerjasama bisnis yang mana dilakukan sesama perusahaan yang berasal dari dalam negeri tanpa ada sedikitpun campur tangan dari perusahaan asing.

2. Joint Venture Internasional

Berbanding terbalik dengan jenis joint venture Domestik, joint venture international merupakan sebuah wujud nyata kerjasama yang dilakukan dan melibatkan perusahaan asing.

Keuntungan Gunakan Sistem Joint Venture

apa itu joint venture
Selain ingin mencapai tujuan bisnis, sistem joint venture merupakan sebuah hubungan kerjasama yang kedepannya diharapkan bisa memberikan keuntungan pada semua pihak yang terlibat. Selain itu, ada Keuntungan lainnya Jika anda menggunakan sistem joint Venture dalam berbisnis, yaitu berikut ini :

1. Bisa menggabungkan Dua Sumber Daya Menjadi Satu

Dunia persaingan dalam sebuah bisnis memang sangat ketat sekali. Para pelakunya harus berlomba-lomba untuk menunjukan keunggulan dari bisnisnya. Bagi yang bisa unggul biasanya alam mempunyai potensi keberhasilan dalam berbisnis sangat besar.

Oleh karena itu, menjalin sebuah kerjasama dalam bisnis dengan sistem joint venture sangat penting. Hal ini bisa menggabungkan antara sumber daya satu dengan yang lainnya. Sehingga, sumber daya yang dimiliki tidak terbatas sampai mampu Meningkatkan keberhasilan pada perusahaan.

2. Menggabungkan Keahlian Tertentu

Secara teknis, setiap perusahaan mempunyai keahlian yang berbeda-beda. Misalnya saja ada perusahaan A yang punya keahlian dalam menciptakan hardware dan ada perusahaan B yang keahliannya adalah menciptakan software.

Nah, keduanya bisa saling bekerjasama menggunakan sistem Joint Venture. Jelas, dalam hal ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Mengapa? Ya dengan begitu kan bisa menghemat biaya produksi dan promosi

Baca Juga  SIUP: Pengertian, Jenis, Syarat dan Prosedurnya

3. Tingkatan Keuntungan

Penerapan kerja Sama menggunakan sistem joint venture ini akan sangat mendatangkan banyak keuntungan dalam bisnis. Anda dapat meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak. Selain itu, kerja Sama ini akan membuat omset menjadi semakin melonjak.

4. Mendapatkan Dukungan Lebih

Pada dasarnya, pada saat anda memutuskan untuk menjalin sebuah kerjasama bisnis antara perusahaan baik lokal maupun internasional dengan menerapkan sistem joint venture, nantinya anda akan banyak sekali memperoleh dukungan penuh dari berbagai pihak yang telah diajak untuk bekerjasama dalam bisnis.

5. Mitra Menjadi lebih Paham Tentang Keadaan Lingkungan

Mitra atau sekutu dapat memahami keadaan yang ada dI lingkungan diamante perusahaan yang diajak bekerjasama didirikan. Contohnya mengenai adat istiadatnya dan kebiasaan masyarakat pada daerah tertentunya

6. Akses Ke Pasar Mudah

Yang dimaksud akses pasar ini adalah joint venture memberikan kemudahan dalam akses ke pasar modal negara atau tua rumah. Selain itu, dapat mempertinggi reputasi dari Mitra lokal

Apakah Kelemahan Sistem Joint Venture?

Selain mempunyai banyak kelebihan yang sudah tidak usah diragukan lagi, sistem joint venture ini juga ternyata masih mempunyai beberapa kelemahan juga, yaitu :

1. Apabila anda melakukan kesalahan dalam menentukan sekutu atau Mitra maka akan berdampak besar dalam Meningkatkan resiko politik yang nantinya akan dihadapi

2. Terdapat harga untuk transfer produk dan komponen. Dengan adanya hal ini dapat menyebabkan terjadinya konflik kepentingan diantara kedua belajar pihak yang bekerjasama.

3. Bisa terjadi perbedaan pandangan antara Mitra lokal dan perusahaan.Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya salah paham.

Kesimpulan Tentang Joint Venture

contoh joint venture
Pada dasarnya, penerapan kerjasama dengan menggunakan sistemnya joint venture menjadi salah satu upaya yang sangat terbaik untuk Meningkatkan prospek penjualan atau bisnis. Selain itu, anda juga bisa sangat menghemat biaya atau pengeluaran perusahaan dalam bisnis. Selain itu, anda bisa.

Mendapatkan keuntungan yang banyak dibandingkan dengan teknik bisnis yang lainnya. Namun, setiap keuntungan yang diperoleh itu tergantung dari isi kontrak yang sudah disepakati sebelumnya ya di antara kedua belah pihak

Akan tetapi, hal yang perlu dicatat pada saat ingin memutuskan untuk bisa menerapkan sistem joint venture ini maka anda harus memastikan terlebih dahulu Jika memang anda telah mempelajari dan juga sudah memahami isi kontrak dengan sangat baik. Oleh sebab itu, sistem joint venture bisa disimpulkan sebagai sistem kerjasama bisnis yang sangat menguntungkan satu sama lain.

Jika anda sudah mantap bekerjasama dengan sistem joint venture, anda harus membaca mengenai apa itu joint venture beserta manfaat, keuntungan dan penjelasan lainnya. Yuk gunakan sistem kerjasama dengan joint venture supaya bisnis yang sedang anda jalani lancar dan mudah dikenal oleh seluruh masyarakat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *