Umum

Iklan Komersial: Pengertian, Ciri, Jenis hingga Contohnya

Iklan Komersial – Mungkin Sahabat Tedas.id sudah tidak asing lagi mengenai sebuah iklan.

Anda dapat menemui iklan di berbagai media, bisa elektronik maupun media massa.

Mungkin anda menjadi salah satu orang yang berada dibalik pembuatan sebuah iklan. Seringkali iklan dianggap remeh oleh sebagian orang.

Namun sebuah iklan dapat berdampak besar bagi sebuah produk sebuah perusahaan dimana produk itu diproduksi.

Iklan ini sangat berdampak sekali pada sebuah produk atau jasa dari segi penjualan maupun mungkin sudah dikenal oleh semua orang.

Namun bagi anda yang masih ragu mengenai apa itu iklan serta masih ada lagi sebuah iklan komersial yang mungkin asing bagi anda. Pastikan anda membaca artikel ini secara selesai dan tentunya dengan cermat.

Pengertian Iklan

Mungkin bagi sebagian orang masih memiliki pengetahuan yang sedikit mengenai iklan. Iklan merupakan sebuah proses penyampaian sebuah pengetahuan yang dimiliki oleh sebuah produk atau jasa di sebuah perusahaan terhadap masyarakat umum.

Dalam menampilkan sebuah iklan perusahaan harus mengeluarkan biaya yang mungkin tidak sedikit hanya untuk satu iklan saja.

Namun ini sudah dalam pertimbangan sebuah perusahaan yang akan menampilkan sebuah iklan.

Karena iklan akan berdampak bagi perkembangan perusahaan mereka, dimana jika iklan tersebut berhasil menarik minat masyarakat.

Dimana masyarakat akan berbondong-bondong untuk membeli atau menggunakan sesuatu pada iklan tersebut, sehingga ini akan menjadi keuntungan bagi perusahaan.

Ciri-ciri dari Iklan Komersial

Menurut data statisik dari Zippia, rata-rata orang Amerika terpapar 4.000-10.000 iklan per harinya. Jumlah yang cukup fantastis, bukan?

Bila dibandingkan dengan tahun 1970, orang melihat iklan lebih dari 5 kali jumlahnya dibandingkan dengan 2007.

Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum mengerti perbedaan antara iklan, publisitas atau propaganda.

Iklan Bersifat Persuasif

Tujuan atau target dari adanya iklan komersial yaitu untuk meningkatkan sebuah jasa atau produk dari pemilik merek.

Nah, untuk mencapai tujuan ini, isi dari iklan komersial memang cenderung untuk persuasif hingga dapat meyakinkan calon konsumen untuk mencoba atau memakai produk mereka.

Metode yang digunakan pun bermacam-macam, seperti memancing emosi hingga menciptakan pemikiran logis dari calon konsumen hingga tertarik untuk mencoba.

Iklan Berbayar

Iklan komersial memang memiliki biaya tertentu untuk dapat ditayangkan ke audiens tertentu.

Namun untungnya calon konsumen ketika mendapatkan iklan komersial mereka tahu persis kalau hal ini merupakan pesan dari sebuah merek, tidak ada yang ditutupi.

Dengan adanya keterbukaan ini, sifat iklan komersial menjadi tidak personal. Iklan ditujukan kepada orang banyak sehingga tidak benar-benar untuk setiap individu.

Ada yang perlu diketahui, iklan saat ini memiliki naskah dan penyajian yang semakin canggih sehingga tidak seperti iklan pada umumnya.

Target Audiens Spesifik

Dengan berkembangnya zaman digital saat ini, platform digital seperti Facebook, Google dan Instagram memiliki database profile yang spesifik para penggunanya.

Oleh karena itu, para pemasang iklan komersial dapat menayangkan iklannya ke individu yang sesuai dengan layanan atau produk yang ditawarkan oleh brand.

Perbedaan Iklan Komersial dan Iklan Non Komersial

Perbedaan Iklan Komersial dan Iklan Non Komersial

Secara dasar, iklan komersial adalah semua bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memotivasi para pembeli potensial serta mempromosikan produk dan juga mempengaruhi pendapat publik terhadap produk yang anda jual tersebut.

Tujuan Iklan Komersial

  • Menyampaikan informasi terhadap publik terkait jasa atau barang yang dijual oleh suatu perusahaan.
  • Memberikan pengaruh terhadap masyarakat, terlebih kepada target pasar yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Meningkatkan penjualan agar perusahaan mendapatkan keuntungan setelah memasarkan iklan tersebut.

Sementara itu, iklan non komersial adalah iklan yang dibuat tidak bertujuan untuk memasarkan suatu produk atau jasa suatu perusahaan.

Iklan komersial ini biasa juga dikenal sebagai iklan layanan masyarakat. Jenis iklan komersial ini mempunyai perbedaan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan iklan komersial.

Tujuan Iklan Non Komersial

  • Memberikan ajakan terhadap masyarakat agar menghindari atau menjalankan sesuatu perintah. Misalnya seperti ajakan untuk menggunakan masker serta selalu mencuci tangan.
  • Memberi peringatan terhadap pembaca atau target iklan.
  • Memotivasi masyarakat agar bisa hidup lebih baik.

Pengertian Iklan Komersial

Pengertian Iklan Komersial

Mungkin masih ada beberapa orang yang asing dengan iklan komersial ini, namun anda tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas secara tuntas beserta contohnya.

Iklan komersial adalah sebuah iklan yang berfungsi untuk mendukung kampanye sebuah pemasaran berupa jasa ataupun produk yang ditawarkan.

Tentunya hal ini dapat membuat suatu produk ataupun jasa menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luar.

Karena iklan biasanya akan ditayangkan di media massa maupun media elektronik, tergantung sebuah perusahaan.

Oleh sebab itu perusahaan lebih memilih sebuah iklan sebagai media pengenalan sebuah produk.

Jenis-Jenis Iklan Komersial

Jenis-Jenis Iklan Komersial

Iklan komersial adalah salah satu iklan yang paling banyak kita temui saat ini, mulai dari di televisi, di internet atau di majalah tentu saja kita bisa menemukan iklan komersial ini.

Namun apakah anda tahu bahwa iklan komersial ini memiliki beberapa jenis-jenis di dalamnya?

Nah untuk anda yang penasaran dengan jenis-jenis iklan komersial, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa jenis-jenis iklan komersial yang mungkin belum anda ketahui.

Iklan Komersial Strategi

Iklan ini berfungsi untuk membangun sebuah merek yang ada. Dengan cara  memberikan keunggulan atau manfaat produk dan juga nilai mereknya.

Karena iklan ini masyarakat akan merasa yakin bahwa merek ini akan selalu ada untuk konsumen.

Iklan Komersial Taktis

Dalam iklan ini konsumen didorong ataupun didesak untuk melakukan kontak dengan sebuah merk secara cepat.

Biasanya pada iklan ini hanya menawarkan tawaran yang khusus dan dalam waktu yang pendek juga, hal ini agar konsumen dapat merespon iklan pada hari yang sama.

Struktur Pembuatan Iklan Komersial

Struktur Pembuatan Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk memasarkan produk yang akan kita jual agar laris manis di pasaran.

Tentu saja untuk bisa melakukannya kita harus bisa membuat iklan komersial yang baik dan dengan struktur yang rapi juga.

Dalam sebuah iklan komersial dibutuhkan perencanaan yang baik agar iklan ini dapat berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan.

Dimana dibutuhkan sebuah naskah yang harus tepat serta, storyline yang memiliki kata pengantar yang menarik, jelas dan harus berjalan secara urut.

Menurut beberapa ahli dalam bidang periklanan, sebuah iklan komersial adalah iklan yang paling tidak menggunakan gambaran yang menarik.

Hal ini dilakukan karena biasanya iklan dengan alur cerita kurang menarik masyarakat untuk membacanya. Sedangkan dengan menggunakan gambar ini dapat menarik masyarakat untuk membaca iklan tersebut.

Contoh Iklan Komersial Yang Sukses Di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak contoh iklan komersial yang sudah sangat terkenal keberadaan. Sering kita jumpai keberadaannya di berbagai media tentunya.

Penggunaan konsep yang matang membuat iklan ini terkadang menjadi iklan favorit masyarakat.

Bukan hanya itu isi dalam iklan tersebut biasanya sering digunakan oleh konsumen.

Berikut merupakan contoh iklan yang sukses di Indonesia.

1.     Iklan Komersial Milik Indomie

Tentunya bagi generasi 90an tidak asing lagi dengan iklan ini. Tagline yang mudah diingat membuat sebagian orang hafal liriknya. Termasuk jenis ikan yang kreatif dimana produsen menyampaikan pesan secara berhasil melalui jingle yang ada.

Seperti “Dari Sabang sampai Merauke” yang mencerminkan semua orang tidak peduli dengan perbedaanya tertarik dengan produk ini. Hingga sekarang masih banyak masyarakat yang ingat akan iklan yang fenomenal ini.

2.     Iklan Komersial Teh Botol Sosro

Pernah menjadi ikan yang paling fenomenal di Indonesia karena tagline yang jenius ini. Sosro yang telah melekat melalui produknya, sekarang mulai banyak pesaing dari sosro ini.

Salam iklan tersebut digambarkan beberapa orang dengan makanan yang berbeda namun memilih minum yang sama.

3.     Iklan Komersial Susu Dancow

Iklan yang sampai sekarang masih melekat pada sebagian orang ini telah berhasil mewujudkan sebuah tujuan.

Dimana Dancow telah menjadi sahabat oleh semua keluarga di Indonesia. Iklan komersial ini memiliki slogan yang sangat terkenal dan pastinya masih diingat oleh banyak orang.

Dimana slogan dari iklan komersial adalah salah satu hal yang wajib ada di dalamnya. Iklan dancow selalu menampilkan keluarga yang harmonis lengkap dengan anak-anak yang pintar serta sedang bermain dengan keluarga di rumah.

Gambaran dari iklan komersial tersebut menunjukan jika salah satu cara agar tercapainya keluarga yang harmonis adalah anugerah anak yang cerdas.

F.A.Q

Iklan komersial merupakan sebuah kampanye pemasaran dari sebuah jasa atau produk.
Iklan komersial terdiri dari iklan konsumen, iklan profesional dan iklan bisnis.
Commercial Adversting itu sama dengan iklan komersial yang bertujuan untuk memasarkan sebuah jasa atau produk.
Ciri-ciri iklan komersial terdiri dari tiga hal, bersifat persuasif, berbayar dan memiliki target audiens tertentu.
Tujuan iklan komersial yaitu untuk menciptakan pasar tertentu untuk sebuah merek dan meningkatkan penjualan.

Anton Wahyu

Anton adalah seorang penulis blog yang berasal dari Solo, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan teknik informatika dari Universitas AMIKOM, telah menyukai dunia tulis sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Ia pernah menulis selama 3 tahun di perusahaan teknologi dan juga copywriting untuk berbagai project freelance untuk berbagai produk. Kini, Anton fokus pada penulisan konten SEO dengan gaya penulisan yang nyaman dibaca. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti gadget, handphone, tutorial hingga tips dan saat ini aktif sebagai bekerja sebagai salah satu team penulis di salah satu website niche teknologi dan informasi.

Artikel Lainnya

Back to top button