kirim barang ke arab
Umum

Hendak Kirim Barang ke Arab Saudi? Perhatikan Poin-Poin Ini

Artikel terakhir diperbaharui 08-10-2021 oleh Aldy Amrillah

Perdagangan antar dunia kini makin bebas dan mudah. Kirim barang ke Arab Saudi misalnya, tak perlu waktu berbulan-bulan seperti zaman dahulu sebelum ada pesawat terbang atau kapal kargo yang bisa membelah samudera dengan lebih cepat.

Tak pelak lagi, kecanggihan alat transportasi dan sarana komunikasi mempermudah kegiatan manusia termasuk distribusi barang.

Mengirim barang dari Arab Saudi ke Indonesia sudah jamak dilakukan. Apalagi bagi para jamaah umroh atau haji yang memilih mengirimkan barang belanjaan oleh-oleh secara tersendiri daripada mengurus bagasi.

Air zam-zam, kurma, pakaian khas Saudi, Abaya, coklat dan aneka camilan adalah barang yang biasa dikirim dari Arab Saudi ke Indonesia.

Namun bagaimana dengan kirim barang ke Arab Saudi? Apakah semudah mengirim barang dari Arab Saudi ke Indonesia?

Apakah ongkir ke Arab Saudi sama dengan ongkir kirim barang dari Arab Saudi ke Indonesia

Hendak Kirim Barang ke Arab Saudi? Perhatikan 6 poin ini

Hendak Kirim Barang ke Arab Saudi? Perhatikan 6 poin ini

 

Sebelum melakukan kirim barang ke Arab Saudi, hendaknya mempertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal penting berikut ini:

 

  • Pahami regulasi ekspor barang ke Arab Saudi

Mudahnya mengirim barang ke luar negeri tidak berarti mengabaikan prosedur ekspor impor. Setiap negara memiliki kebijakan tersendiri, tak terkecuali Arab Saudi. 

Beberapa dokumen harus disiapkan sebelum barang-barang dikirimkan melalui kargo. Untuk tujuan ke Arab Saudi, beberapa dokumen yang perlu disiapkan eksportir antara lain:

Surat Keterangan Asal yang dilegalisir oleh kedutaan Arab Saudi di negara asal pengekspor, faktur yang disahkan dengan menyebutkan negara asal, Bill of Lading, 

Sertifikat Mutu Barang dari instansi berwenang. Tentunya serangkaian dokumen ini dibutuhkan jika pengiriman barang dilakukan dalam jumlah besar

 

  • Kenali barang yang diperbolehkan, dilarang atau memerlukan izin khusus untuk masuk Arab Saudi


Arab Saudi memiliki kebijakan khusus terkait impor barang. Produk yang dilarang impor / masuk Arab Saudi adalah senjata, narkotika, alkohol dan ethyl alcohol, buku-buku pornografi, peralatan dan permainan judi, peralatan distilasi dan benda seni pahat.

Produk yang impornya memerlukan izin khusus misalnya kitab suci AL Quran, film dan kaset, piranti publikasi keagamaan, barang kimia, kuda, parfum, benda kuno.

 

  • Barang yang memerlukan perhatian khusus

Mengirim makanan ke Arab Saudi memerlukan perhatian khusus. Untuk produk berupa makanan, diperlukan beberapa sertifikat khusus.

Contohnya seperti Sertifikasi Bahan Makanan, Sertifikasi Halal dan berbagai dokumen yang harus dilegalisir Kantor Departemen Kesehatan setempat, Departemen Perdagangan, Direktorat Jenderal Pengawasan Mutu Makanan dan instansi terkait. Bahkan untuk memasukkan daging hewan.

Arab Saudi hanya memperbolehkan daging dari hewan halal yang berjenis kelamin jantan dan diwajibkan dilengkapi sertifikat bahwa hewan disembelih menurut syariat Islam

  • Packing barang

Karena mengirimkan barang ke luar negeri membutuhkan waktu beberapa hari, maka hendaknya barang dikemas dengan baik. Jika perlu dibungkus ulang dengan plastik.

  • Ketahui tarifnya

Untuk mengirim barang dalam jumlah besar yang membutuhkan container dan pihak pelayaran, tarif kirim barang ke Arab Saudi bisa diperoleh dengan membandingkan tarif ekspor dari beberapa freight forwarder atau shipping line. 

Jika kirim barang dalam jumlah kecil, maka hanya perlu membandingkan tarif dari beberapa perusahaan ekspedisi yang memiliki tujuan internasional

 

  • Pilih perusahaan ekspedisi atau ekspor terpercaya

Jika sudah mendapatkan gambaran harga atau ongkos kirim, tetapkan pilihan pada perusahaan ekspedisi terpercaya. Jangan terkecoh harga murah, tetapi utamakan perlindungan terhadap barang yang dikirimkan.

Kirim barang ke Arab Saudi tidaklah serumit yang dipikirkan. Asal pengirimnya benar-benar memahami peraturan Kerajaan Arab Saudi.

Serta dipastikan tidak memiliki niat buruk dalam mengirimkan barang tersebut dan semoga saja artikel diatas dapat bermanfaat ya Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah
Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *