Umum

Gadai Sertifikat Rumah 1 Hari Cair, Aman dan Bebas Survei!

Sudah jadi rahasia umum bahwa sertifikat rumah bisa dijadikan jaminan ketika kamu ingin mendapat pinjaman uang.

Disebut dengan menggadaikan, ada banyak tempat yang memberikan layanan ini. 

Kamu bisa mengakses layanan gadai sertifikat rumah 1 hari cair di tempat yang aman dan terpercaya sehingga sertifikat dijamin keamanannya. 

Selain itu beberapa tempat kini juga sudah menyediakan proses penggadaian tanpa melewati BI checking dan juga survei. Jadi hanya butuh pengecekan syarat yang dikumpulkan saja. 

Namun sebelumnya kamu harus memenuhi syarat dengan benar dan mengetahui seperti apa sertifikat rumah yang akan diterima. 

Jenis Sertifikat Rumah yang Bisa Digadaikan

Jenis Sertifikat Rumah yang Bisa Digadaikan

Tidak semua sertifikat rumah akan langsung diterima untuk digadaikan. Mengingat tidak ada BI checking dan survei maka sertifikat rumah menjadi hal pertama yang dicek. 

Kamu harus memenuhi syarat sertifikat rumah yang akan diterima sebagai berikut ini. 

1. Sertifikat Harus Atas Nama Sendiri

Tidak mungkin jika kamu ingin gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri. Pasalnya pihak yang menerima akan langsung menolaknya. 

Kamu harus membawa sertifikat yang sesuai dengan nama sendiri atau nama dari KTP peminjam. Jika tidak, kamu masih bisa menggunakan sertifikat rumah yang menggunakan nama keluarga. 

Hanya saja jika menggunakan sertifikat dari nama anggota keluarga lain, kamu harus menulis surat perjanjian yang ditandatangani juga oleh nama sesuai sertifikat dengan materai. 

2. Bukan Rumah yang Sedang Digunakan 

Selain sertifikat rumah, kamu juga bisa menggunakan sertifikat tanah dengan catatan properti sedang tidak digunakan. 

Misalnya saja kamu menggunakan rumah tersebut sebagai rumah tinggal atau tanah sedang disewakan. Tujuannya agar kamu tetap aman ketika kesulitan untuk menebus sertifikat tersebut. 

3. Menyertakan Bukti Pembayaran PBB Terakhir 

Kamu juga harus menambahkan syarat yaitu bukti pembayaran PBB rumah tersebut yang terbaru. Bukti ini menjadi tanda bahwa kamu tidak memiliki tunggakan pajak tahunan. 

Oleh karena itu jika sekarang kamu memiliki tunggakan akan lebih baik untuk melunasinya terlebih dahulu. 

4. Bukan Sertifikat Sengketa 

Meskipun rumah memiliki sertifikat atas nama kamu, namun pastikan kembali tidak sedang dalam sengketa. 

Bisa saja sertifikat tersebut atas nama anggota keluarga lain namun sedang dalam perkara dalam hak waris atau sebagainya. 

Pasalnya nanti keabsahan sertifikat akan dicek kembali sehingga akan terlihat apakah sertifikat dalam kondisi bermasalah atau tidak. 

5. Kamu Tidak Sedang Menjual Rumah 

Kamu juga dilarang menggunakan sertifikat rumah yang sedang dalam tahapan proses jual. Hal ini sangat dilarang karena akan mempersulit mendapatkan pinjaman uang. 

Selain itu, jika ketahuan bermasalah di masa depan maka perkara bisa masuk ke pihak yang berwajib. Kamu tentu tidak ingin bukan memiliki catatan tindakan kriminal?

Syarat Umum untuk Bisa Menggadaikan Sertifikat Rumah 

Demi mendapatkan pinjaman sertifikat rumah, kamu mungkin sudah mempersiapkan sertifikat dengan benar. 

Sayangnya syaratnya tidak hanya itu saja. Masih ada syarat lain secara umum yang harus dipenuhi sebagai berikut ini. 

1. Warga Negara Indonesia 

Hanya kamu yang merupakan WNI saja bisa mengakses layanan gadai sertifikat tanah proses cepat. 

Syarat ini akan dibuktikan melalui KTP yang kamu miliki dan sertakan dalam dokumen ketika mengajukan pinjaman. 

2. Usia 

Kamu yang sudah berusia 21 tahun sampai dengan 65 tahun memiliki kesempatan untuk menggadaikan sertifikat rumah dan aset lainnya. 

Usia ini dianggap sebagai kategori produktif sehingga kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah. Apalagi jika kamu masih berusia 21 sampai 40 tahunan. 

3. Memiliki Penghasilan Tetap yang Jelas 

Salah satu syarat penting untuk membuktikan bahwa kamu bisa mengembalikan pinjaman adalah memiliki penghasilan tetap. 

Hal ini harus dibuktikan dengan slip gaji atau surat keterangan penghasilan dari pemerintah setempat. 

Kamu juga sebaiknya sudah bekerja minimal 2 tahun agar proses gadai berlangsung lebih cepat. Waktu kerja ini juga meningkatkan kepercayaan pihak kreditur. 

4. Sertifikat Balik Nama 

Jika kamu memiliki rumah namun belum melakukan balik nama sebaiknya ubah terlebih dahulu. Mengingat salah satu syarat sertifikat adalah atas nama sendiri. 

Oleh karena itu kamu harus menyertakan sertifikat balik nama setelah melakukannya. Sebagai bukti penting. 

5. Lokasi Rumah 

Syarat ini sebenarnya untuk menentukan seberapa banyak pinjaman yang bisa kamu dapatkan. Karena pihak kreditur akan mengecek lokasi ini. 

Semakin dekat dengan kota maka dana yang bisa didapatkan lebih besar. Selama daerahnya strategis maka potensi mendapat pinjaman juga meningkat. 

6. SHM Asli 

Jika ingin menggadai sertifikat rumah kamu juga harus bisa menunjukkan sertifikat hak milik yang asli bukan hanya fotokopi saja. 

Oleh karena itu ketika kamu datang ke tempat pegadaian jangan lupa untuk membawa SHM yang asli. 

7. Bukti Pajak Penghasilan dan NPWP 

Selain menyertakan slip gaji kamu juga harus menyertakan NPWP jika penghasilan di atas 3 juta rupiah. 

Begitu juga jika kamu yang memiliki penghasilan sampai puluhan juta maka perlu menyertakan bukti pajak penghasilan. 

Tempat Pegadaian Sertifikat Rumah yang Aman 

gadai sertifikat pegadaian
Image: pegadaian.co.id

Di Indonesia ada banyak tempat pegadaian dengan sertifikat rumah yang aman. Keamanan adalah hal utama yang harus kamu perhatikan karena berkaitan dengan aset pribadi. 

Beberapa tempat yang aman bisa saja menyalahgunakan sertifikat yang sudah kamu gadaikan. Oleh karena itu risiko kehilangan akan sangat tinggi. 

Lebih aman kamu memilih tempat gadai sertifikat rumah 1 hari cair tanpa BI checking yang aman dan mudah dijangkau sebagai berikut:

1. Pegadaian 

Salah satu tempat gadai yang merupakan badan usaha milik pemerintah ini dijamin keamanannya. 

Kamu juga bisa mendapatkan uang langsung cair dalam 1 hari saja tanpa terlalu banyak proses. 

Pinjaman yang bisa didapatkan bisa sampai 200 juta rupiah dengan tenor sampai 36 bulan. 

Dan untuk tabel angsuran gadai sertifikat rumah di pegadaian bisa kamu baca di artikel ini.

2. Pusat Gadai Indonesia 

Tempat gadai yang selanjutnya ini juga terkenal aman. Meskipun dikelola oleh swasta namun Pusat Gadai Indonesia ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Oleh karena itu aktivitas gadai yang dilakukan akan diawasi oleh OJK, membuat kamu merasa aman untuk menitipkan sertifikat rumah. 

Syaratnya juga mudah namun kamu akan mendapat biaya jasa sekitar 5% dan bisa mendapatkan pinjaman sampai ratusan juta rupiah. 

3. BFI Finance 

Salah satu perusahaan swasta yang bisa memberikan layanan pinjaman tanpa BI checking jaminan sertifikat. 

BFI Finance juga sudah terdaftar di OJK dan berdiri sejak lama di Indonesia. Keamanannya terjamin sehingga banyak masyarakat yang percaya untuk gadai di tempat ini. 

Kamu hanya akan mendapat biaya provisi sebesar 2% dengan pengurangan 8% jika ingin melunasi pinjaman lebih cepat. 

4 Koperasi 

Saat ini ada juga banyak koperasi yang menerima gadai sertifikat rumah atau tanah. Contohnya saja Koperasi Simpan Pinjam yang tersebar di banyak daerah. 

Pinjamannya bahkan bisa sampai 200 juta rupiah dengan menyesuaikan nilai sertifikat rumah kamu. 

Gadai sertifikat tanah di koperasi juga bisa berlangsung lebih cepat dalam satu hari saja. 

Proses Menggadaikan Sertifikat Rumah 

Proses Menggadaikan Sertifikat Rumah 

Soal proses gadai sertifikat rumah semuanya hampir sama dan harus dilakukan langsung di tempat. 

Kamu tidak perlu melakukannya secara online, berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk menggadaikannya. 

1. Datang ke Tempat Pegadaian

Pilih tempat gadai yang terdekat dan jangan lupa untuk membawa syaratnya. Kamu sebaiknya mengecek terlebih dahulu apa saja syarat yang diperlukan sebelumnya. 

Pastikan mengecek kembali syarat tersebut sebelum berangkat, baik itu sertifikat asli dan juga fotokopinya. kamu juga harus tahu perkiraan dana yang ingin dipinjam. 

2. Mengisi Formulir 

Saat datang ke tempat gadai kamu harus mengisi formulir pengajuan terlebih dahulu. Isi berdasarkan data yang kamu bawa tadi. 

Berikan formulir dan juga dokumen yang sudah dipersiapkan kepada admin di pegadaian. Setelah itu kamu harus menunggu petugas mengkonfirmasi data. 

3. Informasi Pinjaman 

Jika kamu sudah selesai menunggu, petugas akan memanggil kembali dan menginformasikan apakah kamu berhasil mendapat pinjaman. 

Pengajuan yang berhasil akan diproses hari itu juga, artinya kamu akan mendapat uang pinjaman dan langsung dikirimkan ke rekening. 

Pastikan kembali nomor dan nama rekening sudah benar sehingga petugas tidak salah transfer. Jika sudah mengecek dana masuk kamu bisa pulang. 

Tidak sulit langkah-langkah gadai sertifikat rumah 1 hari cair ini. Kamu tidak perlu menunggu lama hanya sekitar 1 jam saja. 

Dana juga bisa langsung digunakan di waktu yang bersamaan. 

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button