Mari Mengenal Profesi Freelance Adalah Sebagai Berikut

Freelance Adalah – Beberapa orang di seluruh Indonesia pasti tidak asing dengan freelance atau pekerja lepas. Akan tetapi, apa itu freelance yang sesungguhnya? Pada umumnya, arti freelance ini sendiri merupakan cara kerja di mana sebuah pekerjaan yang akan dilakukan oleh seseorang dengan cara mandiri.

Dengan bekerja freelance kemudian tidak akan adanya jugakontrak yang akan terikat maupun perjanjian jangka panjang dengan sebuah perusahaan maupun orang yang akan mempekerjakannya.
Pendapat Lain tentang Freelance dan Freelancer

Ada beberapa pendapat lain yang menyebutkan tentang arti freelance. Di mana artinya adalah bekerja secara lepas maupun bebas yang dilakukan oleh seseorang tanpa adanya keterikatan kontrak dengan perusahaan maupun orang tertentu di mana pekerjaan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan keinginan para pekerja lepas tersebut.

Sedangkan untuk tenaga kerja lepas disebut dengan freelancer.Menjadi seorang freelancer ini bisa dilakukan baik secara full time maupun dilakukan secara part time. Sebagian freelancer ini akan menjalankan profesi ini diluar dari pekerjaan utamanya. Hanya saja sebagian orang lain akan memiliki profesi freelancer sebagai salah satu pekerjaan utama mereka.

Contoh Freelance Adalah Sebagai Berikut

arti freelance
Jadi, freelance adalah pekerjaan yang bisa dilakukan bebas tanpa adanya batasan waktu. Sedangkan untuk beberapa jenis pekerjaan yang juga banyak dilakukan oleh para freelancer yang diantaranya sebagai berikut ini:

• Membuat desain (logo, grafis, interior, dan lain sebagainya)

• Membuat website atau blog

• Membuat aplikasi Android atau iOS

• Jasa konsultan keuangan

• Jasa penerjemah bahasa asing

• Menulis artikel dan copy writing

• Digital marketing (SEO, SEM, dan lain sebagainya)

• Membuat dan mengedit video

Apa Sajakah Persyaratan Menjadi Freelancer?

apa itu freelance

Menjadi seseorang freelancer tentu tidak akan selalu mudah dan juga menyenangkan pastinya. Di mana seseorang harus memiliki keterampilan khusus serta sebuah pengalaman pada sebuah bidang.

Anda juga bisa menyesuaikan dengan apa itu freelance. Sedangkan untuk beberapa persyaratan yang bisa Anda lakukan untuk menjadi freelancer yaitu:

• Memiliki Keahlian Tertentu

Apabila Anda ingin menjadi seorang freelancer, tentunya Anda harus memiliki kemampuan tertentu yang akan ditawarkan kepada orang lain. Sehingga, nanti akan ada seseorang yang menggunakan jasa yang Anda miliki. Selain itu, para freelancer ini juga harus memiliki contoh hasil kerja sekaligus pengalaman yang cukup baik untuk bisa sukses dalam menjalankan profesi ini sendiri.

Baca Juga  Revolusi Industri 4.0, 3.0. 2,0 dan 1,0, Apa Bedanya?

• Mengenali Dunia Internet

Selain memiliki keahlian tertentu, bagi beberapa orang yang ingin menjadi seorang freelancer ini juga harus paham akan dunia internet. Sebab, beberapa perusahaan yang juga membutuhkan freelancer ini akan mencari melalui internet. Karena setiap orang yang memiliki profesi sebagai freelancer akan sangat dekat dengan dunia internet.

Untuk menawarkan sekaligus mempromosikan keahlian dan juga jasanya kepada orang lain, biasanya freelancer ini akan mendaftarkan diri dan juga mempublish hasil kerjanya pada beberapa situs marketplace freelancer. Disediakan juga beberapa situs yang seringkali digunakan oleh para freelancer.

• Fleksibel dan Cepat Beradaptasi

Para freelancer ini juga harus mampu untuk mengerjakan tugas mereka dengan bebas, kapan saja dan juga di mana saja. Hal ini bahkan bisa menjadi sebuah keuntungan sekaligus tantangan bagi seorang freelancer.

Kebebasan ini juga harus didukung dengan adanya rasa tanggung jawab yang tinggi karena seseorang customer maupun konsumen yang merasa kecewa akan menghasilkan dampak yang besar bagi karir Anda sendiri. Bahkan seorang freelancer ini juga harus fleksibel ditambah dengan beradaptasi dengan situasi yang akan dihadapi pada saat mereka bekerja.

• Mampu dalam Mengatur Waktu

Para freelancer nantinya juga harus memiliki aturan serta komitmen di dalam menjalankan profesinya. Kesepakatan dari freelancer dan juga pemberi kerja juga harus bisa ditepati. Bahkan hal ini juga seringkali berhubungan dengan deadline atau waktu untuk menyelesaikan tugas mereka.

Apa Tugas dari Seorang Freelancer?

freelance artinya

Apabila Anda menjalankan sebagai seorang freelancer, terdapat cara kerja yang sekaligus menjadi sebuah pedoman bagi seluruh freelancer. Adapun beberapa cara kerja dari seorang freelancer ini sendiri diantaranya sebagai berikut ini:

• Seorang freelancer akan membuat profil pada situs marketplace freelance yang sudah tersedia. Nantinya, di dalam profil mereka akan menjelaskan keahlian mereka dan juga memberikan informasi tentang hasil kerja yang pernah mereka buat.

• Pemilik dari situs marketplace ini akan menyesuaikan dan juga mencari freelancer yang sesuai dari kategori yang mereka butuhkan. Akan tetapi, ada juga metode lain yang digunakan para freelancer untuk menarik perhatian dari para pemilik situs pemberi kerja ini sendiri. Cara yang akan mereka lakukan adalah menawarkan jasa dan keahlian yang mereka miliki agar pemilik situs akan tertarik.

• Setelah nantinya para pemberi kerja akhirnya memutuskan untuk menjadi freelancer, maka selanjutnya para pekerja lepas tersebut melakukan tugas mereka sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Baca Juga  Megenal Arti Endorse, Dan Keuntungannya Bagi Penjualan

Di dalam hal ini, nantinya kesepatakan akan menyangkut durasi waktu pekerjaan sekaligus berapa biaya yang harus dibayarkan pada saat melakukan pekerjaan tersebut.

Freelancer juga wajib untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan batasan waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan kesepakatan sekaligus sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh para pemberi kerja. Sedangkan nantinya para pemberi kerja wajib untuk memberikan penjelasan secara detail tentang spesifikasi yang akan dibutuhkan.

• Setelah nantinya pekerjaan dari para freelancer ini selesai, maka akan mengirimkan hasil pekerjaan kepada para pemberi kerja. Apabila pemberi kerja kemudian setuju, maka tugas akan dianggap sudah diselesaikan. Hanya saja aka nada kemungkinan hasil pekerjaannya akan direvisi jika tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

• Para freelancer juga nantinya akan mendapatkan pembayaran. Baik itu menggunakan akun yang dimiliki pada salah satu marketplace maupun dibayarkan secara langsung pada masing-masing rekening yang dimiliki.

Mengenal Keuntungan dan Kerugian Menjadi Freelancer

keuntungan freelance

Menjadi seorang freelancer ini memang memberikan begitu banyak kelebihan berserta juga kekurangannya yang ada. Bahkan menjadi seorang freelancer ini juga membuat beberapa orang yang pada akhirnya memiliki waktu luang yang lebih banyak di rumah bersama keluarga. Banyak orang juga yang bahkan tertarik untuk menjadi seorang freelancer.

Beberapa orang bahkan mengira jika menjadi seorang freelancer yang bekerja paruh waktu apalagi dilakukan di rumah ini begitu mengasyikkan. Nah, bagi Anda yang nantinya tertarik untuk menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer, harus memikirkan dengan matang keputusan yang belum Anda ambil ini.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kekecewaan yang bisa saja Anda dapatkan dengan memilih menjadi seorang freelancer. Untuk beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah:

• Memiliki Jam Kerja yang Fleksibel

Untuk kelebihan maupun keuntungan bekerja di rumah tentunya Anda bisa memiliki waktu yang jauh lebih fleksibel. Bahkan Anda juga bisa mengatur waktu Anda sendiri ketika bekerja. Apabila biasanya orang kantoran akan bekerja di pagi hari dan pulang di sore hari, maka seorang freelancer bisa bekerja kapan saja dan di mana saja.

Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan komitmen dengan diri sendiri untuk mengerjakan proyek bahkan selama beberapa jam dalam sehari. Anda juga bisa menyelesaikan tugas secara cepat bahkan ketika Anda ingin mempercepat pekerjaan Anda.

Baca Juga  Apa Itu COD? Dan Apa Kekurangan dan Kelebihannya?

• Bebas dalam Menentukan Jenis Pekerjaan

Bagi Anda yang merupakan seorang freelance ini juga bebas dalam menentukan jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan nantinya. Sebagai contohnya apabila Anda menjadi seorang pekerja freelance desain grafis, maka Anda bisa menentukan dari beberapa perusahaan yang tepat dan membutuhkan desain grafis sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Bukan hanya itu saja, seorang freelancer ini juga harus bisa menentukan jenis pekerjaan apa saja yang banyaki ditawarkan oleh beberapa perusahaan yang ada di internet. Beberapa contohnya adalah penulis, editor, desainer, developer, programmer dan beberapa jenis pekerjaan yang lainnya.

• Bisa Mengerjakan Beberapa Hal Lainnya

Keuntungan lain yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang freelancer ini bisa mengerjakan sejumlah pekerjaan. Anda juga bisa memiliki begitu banyak proyek dari beberapa klien secara sekaligus. Hal ini memiliki arti di mana pemasukan yang akan didapatkan juga bisa berasal dari banyak klien.

Hal ini tentu merupakan hal yang sah untuk dilakukan asalkan Anda bisa mengerjakan sesuai dengan target yang sudah ditentukan oleh pihak pemberi pekerjaan. Contoh lain yang bisa Anda lakukan adalah membangun bisnis sendiri di rumah.

Di mana Anda juga harus focus pada pekerjaan utama karena freelance ini sendiri adalah pekerjaan sampingan yang akan Anda lakukan. Jadi, itulah beberapa informasi yang bisa Anda pahami tentang freelance. Di mana freelance artinya adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pekerja lepas atau freelancer.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *