Ergonomi: Tujuan, Prinsip dan Manfaatnya

Ergonomi Adalah – Ergonomi dapat diartikan sebagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan manusia terkait dengan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Sementara itu, melihat bidang desain produk.

Ergonomi adalah ilmu terapan yang menjelaskan kekuatan dan keterbatasan manusia, selain menggunakan kompleksitas memanfaatkan berbagai informasi dalam kaitannya dengan produk.

Sehingga dengan demikian produk yang dihasilkan akan lebih baik, efektif, aman, dan nyaman. Jadi, makna yang terkandung dalam ilmu ergonomis itu sendiri adalah keselarasan antara produk dan kebutuhan manusia.

Tujuan Ergonomi Adalah Sebagai Berikut

ergonomi• Tingkatkan kesejahteraan fisik dan mental dengan mencegah penyakit yang muncul di tempat kerja, mengurangi risiko beban kerja dan mencari kepuasan kerja.

• Meningkatkan kesejahteraan sosial dengan meningkatkan kualitas kontak sosial, mengelola dan meningkatkan jaminan sosial selama usia produktif dan setelah menjadi produktif.

• Menciptakan keseimbangan rasional dalam berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, teknis, budaya, antropologis dan lain-lain.

Dan untuk tujuan ergonomi adalah selengkapnya di bawah ini:

1. Ergonomi Meningkatkan Produktivitas

Solusi ergonomis terbaik sering kali akan meningkatkan produktivitas. Dengan mendesain pekerjaan sehingga postur yang baik, lebih sedikit energi, lebih sedikit gerakan dan tinggi dan jangkauan yang lebih baik, workstation menjadi lebih efisien.

2. Ergonomi Meningkatkan Kualitas

Ergonomi yang buruk menyebabkan pekerja frustrasi dan lelah yang tidak melakukan pekerjaan terbaik mereka. Ketika penugasan pekerjaan terlalu berat secara fisik pada pekerja, mereka mungkin tidak melakukan pekerjaan mereka karena mereka dilatih.

Baca Juga  Dividen: Pengertian, Rumus dan Panduannya

3. Ergonomi Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Karyawan memperhatikan ketika perusahaan melakukan upaya terbaik mereka untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. Jika seorang karyawan tidak mengalami kelelahan dan ketidaknyamanan selama hari kerja mereka, itu dapat mengurangi turnover, mengurangi ketidakhadiran, meningkatkan moral dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

• 48% rata-rata pengurangan turnover karyawan

• 58% pengurangan rata-rata absensi karyawan

4. Ergonomi Menciptakan Budaya Keselamatan yang Lebih Baik

Ergonomi menunjukkan komitmen perusahaan Anda terhadap keselamatan dan kesehatan sebagai nilai inti. Efek kumulatif dari empat manfaat ergonomi sebelumnya adalah budaya keselamatan yang lebih kuat untuk perusahaan Anda.

Karyawan yang sehat adalah aset Anda yang paling berharga; menciptakan dan menumbuhkan budaya keselamatan & kesehatan di perusahaan Anda akan menghasilkan kinerja manusia yang lebih baik untuk organisasi Anda.

5 Ergonomi Mengurangi Biaya

Dengan mengurangi faktor risiko ergonomis secara sistematis, Anda dapat mencegah MSD yang mahal. Dengan sekitar Rp 1 dari setiap Rp 3 dalam biaya kompensasi pekerja yang terkait dengan MSD, ini merupakan peluang untuk penghematan biaya yang signifikan. Juga, jangan lupa bahwa biaya tidak langsung dapat mencapai dua puluh kali biaya langsung cedera.

• 59% pengurangan gangguan muskuloskeletal rata-rata

• Pengurangan dalam tingkat kejadian rata-rata 65%

• Pengurangan 75% pada hari kerja yang hilang

• Pengurangan 53% dalam hari-hari terbatas

• 68% pengurangan biaya kompensasi pekerja

• 39% pengurangan biaya per klaim

• 43% pengurangan biaya tenaga kerja

Bagaimana Prinsip Ergonomi?

unsur ergonomis
Jadi, apakah proses ergonomi sepadan dengan biayanya? Ya tentu saja! Tidak hanya ergonomi baik untuk bisnis Anda, tetapi juga baik untuk karyawan Anda. Sebagai profesional kesehatan & keselamatan, kita harus dapat menunjukkan nilai ergonomi untuk mendapatkan dukungan untuk proses tersebut.

Manajer yang baik mempertimbangkan hal berikut saat membuat keputusan:

• Apakah ini akan meningkatkan penghasilan kita?

• Apakah ini akan mengurangi biaya kami?

• Apakah ini hal yang benar untuk dilakukan?

Baca Juga  Pengertian, Teori, Manfaat Perdagangan Internasional

Prinsip-prinsip ergonomi meliputi kegunaan, keselamatan, kenyamanan, fleksibilitas, dan kekuatan. Selain itu, prinsip ergonomi yang harus Anda ketahui adalah mengurangi beban kerja yang berlebihan, mengurangi tingkat stres, menciptakan area kerja yang nyaman, melakukan gerakan peregangan saat bekerja dan lain-lain.

Apakah Manfaat Ergonomi?

pengertian ergonomi

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari ergonomi adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja yang mengutamakan akurasi, keamanan dan mengurangi energi saat bekerja.

Selain itu, manfaat ergonomi adalah untuk mengurangi waktu, biaya, mengoptimalkan sumber daya manusia melalui pelatihan dalam berbagai keterampilan.

Manfaat ergonomi lainnya adalah mengoptimalkan dan mempersingkat waktu dan memberikan kenyamanan bagi karyawan saat bekerja.

Contoh Ergonomi

Contoh ergonomi adalah kursi kerja. Bagi Anda yang bekerja di kursi kantor, salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kursi yang nyaman dapat membuat Anda bekerja dengan nyaman.

Begitu juga dengan desain ruangan yang juga akan memengaruhi suasana hati Anda saat bekerja. Karena itu, ciptakan suasana kerja yang nyaman dan harum sehingga Anda merasa nyaman bekerja lama.

Keuntungan Ergonomi

apa itu ergonomi

Hal-hal tertentu mungkin tampak tidak signifikan, tetapi mereka dapat berdampak pada efisiensi kerja. Misalnya, tidak memiliki postur atau ketegangan mata yang benar, semua hal ini dapat memengaruhi konsentrasi seseorang.

Ruang kerja yang dioptimalkan secara ergonomis dapat menghasilkan dunia yang baik untuk output dan pertumbuhan karyawan perusahaan. Di blog ini, kita akan melihat berbagai keunggulan ergonomi.

1. Menjaga Kesehatan Karyawan

Salah satu manfaat paling penting dari ergonomi adalah membantu menjaga kesehatan karyawan. Ini menyelamatkan Anda dari banyak bahaya fisik seperti sakit punggung, sakit pergelangan tangan, sakit leher dan banyak lagi.

Kantor yang memenuhi parameter ergonomis akan memiliki individu yang energik dengan risiko lebih kecil untuk masalah medis. Misalnya, jika Anda memiliki kursi yang nyaman dan PC yang dapat disesuaikan, mekanika tubuh Anda akan berfungsi dengan baik untuk menghindari ketegangan otot.Di sisi lain, ruang kerja yang tidak nyaman akan meningkatkan peluang Anda jatuh sakit atau jatuh sakit.

Kenyamanan seorang karyawan dapat berdampak besar pada kinerja. Lingkungan tempat kerja yang tidak menguntungkan memengaruhi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi. Ergonomi memberikan suasana yang sesuai bagi karyawan di tempat kerja.

Baca Juga  SIUP: Pengertian, Jenis, Syarat dan Prosedurnya

Memiliki postur tubuh yang baik, mata lurus, usaha terbatas dan gerakan yang dapat berdampak positif bagi tubuh Anda. Ketika Anda merasa sehat, Anda lebih cenderung menjadi kreatif dan produktif.

Sebaliknya, perusahaan tanpa lingkungan yang ramah ergonomis kemungkinan akan memiliki karyawan yang lelah dan frustrasi. Seorang karyawan menghadapi ketidaknyamanan akan lebih fokus pada itu daripada pekerjaannya.

Karena alasan ini, kualitas pekerjaan mereka juga menurun dengan produktivitas mereka. Ergonomi membantu karyawan menjadi santai secara mental dan fisik sehingga mereka tetap termotivasi. Dengan cara ini, mereka berusaha lebih keras dalam pekerjaan mereka untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik.

2. Dapat Meminimalkan Kesalahan

Ketika kondisi kerja sulit, karyawan lebih rentan terhadap kesalahan. Misalnya, jika Anda harus menyipitkan mata untuk melihat layar komputer Anda, itu mungkin berantakan.

Kursi yang mengganggu atau pijakan yang tidak nyaman juga bisa membuat Anda tidak melakukan kesalahan. Oleh karena itu, tempat kerja yang nyaman sangat penting untuk membuat Anda tetap waspada dan meminimalkan kemungkinan kesalahan.

Mari kita hadapi itu tidak ada yang ingin pergi secara teratur ke kantor di mana menghabiskan waktu adalah perjuangan. Setiap orang menginginkan ruang kerja mereka sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki kemewahan ini, Anda akan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di meja Anda. Dengan melakukan itu, Anda akan mengeksplorasi banyak aspek baru dari pekerjaan Anda yang tidak mungkin.

Dengan demikian, memiliki lingkungan yang dioptimalkan secara ergonomis membuat karyawan tertarik pada ruang kerja mereka dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.

3. Hemat biaya

Membuat tempat kerja Anda dioptimalkan secara ergonomis mungkin terlihat mahal, tetapi sebenarnya tidak. Ini dapat menyelamatkan Anda dari pengeluaran banyak uang untuk kompensasi karyawan dan tunjangan kesehatan. Dalam ruang kerja yang menantang, karyawan rentan terhadap cedera dan masalah kesehatan lainnya.

Kondisi ini dapat mempengaruhi produktivitas organisasi karena frekuensi absensi karyawan. Jumlah pekerja yang lebih sedikit muncul di tempat kerja berarti hasil investasi yang lebih rendah untuk sebuah perusahaan.

Bagian terbaiknya adalah bahwa ergonomi memerlukan investasi satu kali yang dapat memiliki dampak jangka panjang pada bisnis. Jadi, penting untuk menyediakan lingkungan yang menguntungkan bagi karyawan sehingga mereka menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi perusahaan.

Prinsip Ergonomis

prinsip ergonomis

1. Mengembangkan Budaya Kerja Yang Kuat

Karena karyawan yang bekerja di tempat yang sesuai dengan mereka dalam semua aspek cenderung memiliki suasana hati yang lebih baik. Alasannya adalah bahwa pikiran mereka berada dalam keadaan damai yang membuat mereka puas dengan pekerjaan mereka.

Mereka tidak hanya berinteraksi dengan bos mereka yang bersahabat tetapi juga satu sama lain. Ini mengarah pada budaya kerja yang ramah dan bersemangat tinggi.

Ketika semua orang berhubungan baik satu sama lain, itu menciptakan getaran positif di kantor. Karyawan saling berbagi ide dan saling membantu dengan niat baik. Lingkungan kerja yang optimis dan sehat membuat karyawan bekerja sebaik mungkin.

Baca Juga  Revolusi Industri 4.0, 3.0. 2,0 dan 1,0, Apa Bedanya?

2. Meningkatkan Loyalitas

Prinsip ergonomis selanjutnya adalah ketika Anda memiliki lingkungan yang sesuai secara fisik dan mental untuk karyawan Anda, mereka menghargai Anda karenanya. Ini memperkuat loyalitas karyawan kepada perusahaan, dan mereka cenderung bertahan lama.

Di sisi lain, tempat kerja yang menantang akan memiliki karyawan yang pahit terlepas dari mereka. Mereka tidak menemukan alasan untuk setia kepada perusahaan mereka dan akan menguangkan kesempatan untuk pergi.

3. Membantu dalam Pertumbuhan Bisnis

Tidak ada peluang untuk maju jika karyawan merasa tidak nyaman apakah itu mental atau fisik selama jam kerja mereka. Kinerja dan dedikasi karyawan terkait langsung dengan kesejahteraan mereka.

Jika mereka tidak menyukai ruang kerja mereka, mereka tidak akan pernah bekerja secara efisien. Tempat kerja yang memenuhi semua tuntutan pengertian ergonomi dapat menghasilkan gagasan yang lebih konstruktif dan memotivasi individu.

Perusahaan adalah kombinasi dari karyawan, dan perilaku mereka dapat membuat atau menghancurkannya. Memiliki kelompok pekerja yang bahagia memiliki peluang yang lebih baik untuk menghasilkan hasil yang optimal daripada kelompok yang tidak puas. Jadi melakukan sedikit bisnis dan keuangan dalam pengertian ergonomi dapat menghasilkan hasil positif untuk pertumbuhan bisnis.

Kesimpulan: Pengertian ergonomi telah menjadi aspek penting untuk dipertimbangkan ketika membangun bisnis. Fakta telah membuktikan bahwa perusahaan yang memperhatikan pengertian prinsip ergonomis memiliki banyak tenaga kerja yang efektif dan menghasilkan keuntungan yang baik. Jadi sudah waktunya bagi perusahaan untuk mulai melayani ergonomi sebelum mengharapkan kinerja dari karyawan mereka.

Ainul Hakiki

Ainul Hakiki

Tinggal di kota Jember, menulis adalah alat untuk mengingat ilmu dan bacaan. Melalui tulisan kita bisa hidup abadi karena nama kita yang terpatri pada tulisan-tulisan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *