engagement rate instagram
Umum

Engagement Rate Instagram: Pengertian dan Cara Menghitung

Artikel terakhir diperbaharui 14-10-2021 oleh Aldy Amrillah

Istilah engagement rate Instagram adalah hal yang tentunya sudah tidak asing lagi didengar apalagi bagi kamu yang sudah berkecimpung dalam dunia digital marketing.

Bukan para pekerja digital saja yang harus memahami istilah ini tetapi juga para pebisnis. 

Alasannya melalui Instagram para pelaku bisnis harus tahu betul apalagi campaign yang telah dijalankan berhasil. Apakah akun Instagram yang telah diciptakan sudah menghasilkan kontak baru. 

Yuk kenali lebih dalam mengenai engagement rate supaya tahu strategi marketing online manakah yang paling berhasil. 

Apa Itu Engagement Rate Instagram

Platform Instagram lebih banyak dipilih karena berisi konten yang menarik dalam bentuk foto dan video.

Setiap orang bisa membagikan momen terbaik dalam hidup, banyaknya pengguna Instagram inilah yang membuka kesempatan dalam marketing online. 

Di mana banyak orang menggunakan sosial media artinya tempat yang baik untuk mempromosikan sebuah usaha.

Marketing online berbeda sekali dengan marketing konvensional. Semua ada perhitungannya sehingga kamu jadi lebih mudah untuk menyediakan budget untuk pemasaran.

Contohnya saja soal engagement rate yang ada di Instagram. Engagement rate Instagram adalah sebuah metrik standar untuk mengukur performa konten. 

Hadirnya engagement rate ini pemilik akun Instagram bisa mengetahui data matrik interaksi followers dengan konten yang telah dibuat.

Baca Juga: Cara Melihat Kunjungan Profil Instagram Kita Tanpa Aplikasi

Jika data tersebut hasilnya tinggi artinya konten yang diposting efektif.

Engagement rate Instagram adalah data yang penting untuk dikenali oleh marketer, influencer dan juga pemilik usaha.

Nilai yang tinggi juga membuktikan bahwa strategi branding yang diterapkan berhasil. 

Secara umum engagement rate tidak hanya diterapkan pada Instagram tetapi juga sosial media seperti Facebook. 

Aspek yang Mempengaruhi Engagement Rate 

Tujuan pembuatan konten Instagram bagi akun influencer atau bisnis tentu saja untuk mendapatkan engagement rate yang tinggi.

Hanya saja untuk mendapatkan matrik yang tinggi ada beberapa aspek yang mempengaruhi. 

Setiap website atau sosial media memiliki faktor yang mempengaruhi engagement rate dengan berbeda.

Contohnya saja pada Facebook, maka faktor yang mempengaruhi antara lain post, interaksi, jumlah klik sampai jumlah pengikut. 

Berbeda lagi dengan sosial media seperti Pinterest, aspek engagement rate yang mempengaruhi adalah likes, pins dan juga komentar.

Jika menggunakan sosial media Twitter maka engagement rate dipengaruhi oleh komentar, likes dan retwer. Sedangkan faktor engagement rate Instagram adalah likes dan juga komentar.

Dibandingkan dengan sosial media lainnya faktor dari engagement rate Instagram memang lebih simpel yaitu likes dan komentar, namun tidak juga mudah untuk untuk memperoleh marik tinggi. 

Jika menggunakan situs web maka engagement rate dipengaruhi oleh rata-rata pengunjung di halaman, tampilan rata-rata halaman, jumlah share dan juga bentuk konversi. 

Sosial media seperti Linkedin memiliki faktor engagement rate yang lebih banyak seperti klik, pengikut, post dan juga interaksi.

Pengukuran engagement rate berdasarkan beberapa faktor inilah yang bisa diperhatikan. 

Memperhatikan faktor tersebut pun akan membantu membuat strategi pemasaran supaya mencapai target yang telah ditentukan.

Tak hanya itu ada beberapa alasan pentingnya mengecek engagement rate, yang bisa diperhatikan. 

Alasan Engagement Rate Instagram Diperlukan

Bisa dibilang engagement rate Instagram adalah indikator untuk meraih target. Baik itu target dalam hal omset atau hal lainnya seperti branding.

Tolak ukur keberhasilan salah satunya juga berasal dari engagement rate. 

Ketika terdapat indikator ini maka ada beberapa manfaat lain yang akan dirasakan khususnya dalam hal kinerja tim.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dan menjadi pentingnya penggunaan engagement rate. 

  • Mengecek Kinerja Kompetitor

Dalam sebuah bisnis mengecek langkah yang dilakukan kompetitor sangat penting.

Baik itu mereka mempromosikan produk lama atau baru pemilik bisnis dan digital marketer harus mengetahuinya. 

Kamu bisa mengetahui apakah branding yang dilakukan perusahaan lain berhasil dan berkembang. Otomatis angka audiens pun sudah pasti meningkat.

Hadirnya engagement rate Instagram adalah solusi bagi tim digital marketing untuk belajar cara menyampaikan pesan. 

Khususnya dalam hal untuk menciptakan strategi yang harus digunakan setiap hari.

Digital marketing bisa menerapkan strategi sejenis dengan tambahan inovasi pada produknya sendiri. 

Bukan hanya soal peningkatan, tetapi juga mengecek apakah kinerja kompetitor menurun.

Tim digital marketing tentu perlu mencari tahu apa yang menyebabkan penurunan dengan menghitung engagement rate dari kompetitor. 

  • Mengenali Lebih Jauh Soal Aktivitas Audien

Memiliki bisnis bukan hanya sekedar memproduksi dan menjual. Supaya omset naik penting juga memahami aktivitas audience yang tertarget.

Engagement rate dalam hal ini akan sangat membantu untuk sebuah bisnis mengenali aktivitas audiensnya. 

Apakah seseorang menyukai sebuah post tertentu atau hanya karena lingkungan pertemanan mereka.

Engagement rate akan menyaring aktivitas followers yang merupakan audiens dan memaparkan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Misalnya saja kamu membuat konten dan mendapatkan banyak likes. Belum tentu likes yang diberikan tersebut sesuai dengan kebutuhan audiens.

Bisa saja like yang diberikan banyak tetapi postingan tidak menarik di mata audiens. Bahkan ada likes sedikit yang postingan justru banyak dicari.

Engagement rate akan memaparkan semua secara terperinci sehingga kamu bisa mengetahui postingan mana yang lebih menarik. 

Dilihat dari kedua alasan ini, engagement rate tentunya memegang peranan yang penting.

Tidak heran jika pekerjaan seorang digital marketer akan mempelajari soal hal ini untuk mengembangkan sebuah konten menjadi lebih baik lagi. 

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

Mengenali pengertian dan faktor yang mempengaruhi engagement rate Instagram adalah hal penting.

Pada tahapan selanjutnya, kamu perlu mempelajari bagaimana cara menghitung engagement rate. 

Setiap faktor yang mempengaruhi engagement rate di atas selalu muncul data matrik yang bisa diukur.

Hanya saja jenis matrik disesuaikan dengan sosial media atau website yang digunakan. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghitung engagement rate baik dalam kanal sosial media seperti Instagram dan juga yang lainnya. 

  1. Engagement Rate berdasarkan Reach

Reach adalah jumlah dari akun unik yang melihat konten yang diunggah. Reach juga bisa menjadi tolak ukur dalam penghitungan engagement rate.

Perhitungan berdasarkan reach ini juga lebih akurat dibandingkan followers. Alasannya belum tentu semua followers melihat konten yang sudah dipublikasikan di media sosial.

Justru merekalah yang tidak menjadi followers akan melihat konten dengan mudah. Angka reach sendiri akan berubah-ubah dipengaruhi oleh angka dari ERR pada post yang telah dihitung. 

Jika ingin mengukur engagement rate berdasarkan reach maka rumus yang digunakan adalah ER = Jumlah engagement per post / reach per post X 100

  • Engagement Rate Post

Kamu baru bisa menghitung engagement rate post ini apabila angka reach post yang didapatkan cukup fluktuatif.

Jika angkanya terlalu kecil maka sulit untuk menghitungnya. Karena nantinya akan tersebut akan dibagi dengan followers. 

Oleh karena itu penting sekali untuk meningkatkan followers dan juga jumlah post.

Dengan begitu kamu bisa mengecek viral post dengan reach yang tinggi. rumus yang digunakan sendiri adalah ER = Jumlah engagement on a post/ Jumlah Followers X 100. 

  • Engagement Rate berdasarkan Impressions

Impression merupakan ukuran jumlah total dari berapa kali pengguna Instagram dilihat koten yang diposting.

Impresi juga bisa menjadi alat hitung engagement rate. Hanya saja angka hasil perhitungannya tidaklah tetap. 

Rumus engagement rate berdasarkan impresi adalah ER = Jumah engagement per post / jumlah impresi X 100. 

  • Daily Engagement Rate 

Kamu juga bisa mengetahui berapa jumlah daily engagement rate setiap harinya dengan perhitungan khusus.

Perlu dipahami rumus yang digunakan ini bukan mengecek engagement rate setiap post tetapi untuk harian. 

Sayangnya meskipun sering digunakan, rumus ini hasilnya juga tidak terlalu akurat.

Alasannya akan sulit untuk membedakan follower yang berulang kali dilihat dibandingkan follower yang melihat postingan hanya satu kali saja. 

Namun tidak ada salahnya juga untuk tetap mempelajari cara menghitungnya. Rumus yang digunakan adalah ER = Jumlah engagement dalam sehari / Jumlah followers X 100. 

  •  Engagement Rate Views

Ketika melakukan posting untuk branding maka penting menghitung engagement rate sesuai views.

Hanya saja kelemahan view ini bisa saja dilihat berulang kali oleh akun yang sama. Misalnya saja jika jumlah view ada 1.000 maka bisa saja unique view hanya 400 akun saja. 

Jadi antara view dan unique view adalah hal yang berbeda. Rumus yang digunakan untuk melakukan penghitungan ini adalah ER = Jumlah engagement on video post / Jumlah video view X 100. 

Semua rumus penghitungannya kini sudah kamu ketahui tinggal diterapkan pada akun Instagram yang kamu miliki.

Hasil dari perhitungan ini nantinya bisa berguna untuk menentukan KPI ketika hendak melakukan campaign social media. 

Khususnya ketika kamu ingin menggunakan jasa influencer untuk membranding produk.

Jadi tidak hanya asal pilih influencer dan membayar karena ada tolak ukur yang harus dipenuhi untuk memperoleh keberhasilan campaign

Tips Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Engagement rate Instagram adalah perhitungan yang penting untuk dilakukan.

Namun bagaimana jika setelah menggunakan rumus di atas hasilnya masih kecil atau rendah? Apa yang harus dilakukan seorang digital marketer untuk meningkatkannya? 

Balik lagi pada faktor yang mempengaruhi engagement rate. Anda harus fokus pada peningkatan like dan juga komentar dalam sebuah postingan.

Untuk itu dalam penerapannya, beberapa tips berikut ini bisa diterapkan. 

  • Menciptakan Ciri Khas yang Unik 

Demi meningkatkan angka engagement rate yang tinggi maka penting untuk menciptakan keunikan sebagai ciri khas. Cara paling mudah adalah dengan melihat akun Instagram influencer. 

Jika kamu ingin membuat akun yang menarik dan banyak dilihat maka perhatikan ulang soal pemilihan angle foto, warna sampai dengan penulisan kata. Buatlah akun yang berbeda dari akun lainnya. 

Semua keunikan tersebut akan membuat ketertarikan audiens dalam sekejap.

Misalnya saja kamu bisa memilih satu warna yang mendominasi dibandingkan terlalu banyak warna.  

Baca Juga: 18 Filter IG Viral: Fitur dan Cara Menggunakannya

  • Mengajak Audiens untuk Berinteraksi

Tujuan engagement rate adalah untuk mengecek interaksi yang dihasilkan sebuah postingan.

Oleh karena itu konten yang kamu buat harus memiliki interaksi yang mengajak audiens untuk melakukan sesuatu. 

Contoh jika Anda membuat konten mengenai sebuah produk maka ajaklah audiens untuk menghubung customer service. Caranya bisa melalui nomor cs atau dengan email yang tersedia. 

Kamu bisa memberikan tautan kontak pada bagian profil Instagram sehingga audiens tinggal sekali klik saja untuk menghubungi perusahaan atau jenis bisnis yang ditawarkan.

Bisa juga untuk mengajak audiens untuk memberikan like atau bahkan komen.

  • Jangan Salah Memberikan Hashtag

Hashtag adalah frasa yang digunakan untuk mempermudah pencarian di sosial media.

Pengaruhnya pun sampai saat ini cukup besar dalam engagement rate. Sangat penting untuk melakukan riset hashtag terlebih dahulu untuk meningkatkan engagement. 

Selain itu citra dari postingan dan akun akan sangat berpengaruh terhadap hashtag yang digunakan.

Ketika kamu menggunakan hashtag yang tidak berhubungan maka bisa merusak citra akun. Sangat berbahaya jika audiens sampai memberikan komen buruk.


  • Konsistensi Posting

Postingan yang berkualitas harus diproduksi dan diposting dengan rutin. Hal ini akan memberikan informasi kepada audiens bahwa akun yang kamu miliki terawat dan memiliki isi penting untuk diperhatikan. 

Selain itu makin banyak postingan kamu jadi tahu manakah jenis konten yang banyak disukai oleh audiens.

Kamu akan mengenali pola postingan yang dapat meningkatkan engagement pada Instagram. 

  • Waktu yang Tepat untuk Posting

Selain memperbanyak postingan, kamu juga harus memperhatikan soal waktu posting.

Ketika kamu baru saja posting maka konten akan langsung muncul di timeline followers. Ada jam-jam tertentu di mana audiens akan sering membuka akun mereka. 

Kamu bisa mempelajari pola dari audiens sesuai dengan target konsumen yang dimiliki.

Terdapat pola hari dan juga jam yang sangat menentukan postingan memiliki banyak viewers. Jadwalkan postingan dengan aplikasi khusus supaya lebih mudah. 

  • Memanfaatkan Semua Fitur di Instagram

Saat ini Instagram memiliki banyak fitur yang bisa membantu meningkatkan engagement.

Fitur seperti reels dan Instastory bisa memperlihatkan bahwa akun yang kamu miliki up itu date.  Contoh mudah adalah membuat konten Q&A pada Instastory. 

Banyak audiens yang tertarik dengan konten semacam ini apalagi jika topiknya sesuai dengan minat mereka.

Kamu bisa membuat konten beberapa macam sejenis dan menjadwalkan postingannya. 

Semua strategi peningkatan engagement rate Instagram adalah cara paling mudah untuk dilakukan.

Rutinitas untuk posting dan selalu memperbaiki konten adalah knci keberhasilan engagement semakin baik. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *