Pengertian Distributor, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Pengertian distributor adalah pihak yang membeli produk langsung dari produsen dan kemudian menjualnya ke pengecer atau langsung ke konsumen akhir. Dalam artian lain, distributor adalah suatu badan usaha atau perorangan yang memiliki tanggung jawab untuk menyalurkan atau mendistribusikan produk perdagangan, baik produk jasa maupun produk barang ke retailer akhir atau konsumen akhir.

Distributor hanya bertugas menyalurkan tanpa harus memodifikasi produk. Dalam dunia perdagangan, distributor adalah pihak yang berada pada rantai konsumen yang pertama setelah produsen. Produsen dapat berbentuk perorangan maupun perusahaan yang membeli produk dalam jumlah besar dari produsen. Distributor biasanya memperoleh potongan harga apabila membeli banyak produk dari produsen.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, distributor adalah orang atau badan yang bertugas mendistribusikan barang (dagangan); penyalur. Sedangkan dalam Wikipedia, distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer).

7 Fungsi Distributor Adalah Sebagai Berikut

apa yang dimaksud dengan distributor

Fungsi distributor adalah perantara antara produsen dengan pengecer maupun konsumen. Dari kesimpulan pengertian distributor yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berikut fungsi dari distributor.

1. Membeli Produk

Distributor memiliki tugas untuk membeli produk dalam bentuk jasa maupun barang dalam jumlah besar ke produsen. Distributor yang membeli produk dari produsen biasanya akan mendapatkan potongan harga dari produsen sehingga distributor dapat mendapatkan untung.

2. Menyimpan Produk

Tidak hanya membeli produk, distributor juga bertugas menyimpan produk yang sudah dibeli. Produk yang sudah dibeli akan disimpan di gudang hingga batas waktu yang telah ditentukan. Setelah sampai pada batas waktu, barulah barang dapat didistribusikan.

3. Menjual Produk

Fungsi selanjutnya dari distributor adalah menjual produk kepada retailer atau pengecer ataupun konsumen dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

4. Mengagkut produk

Proses pemindahan produk dari gudsng kepada retailer maupun pembeli merupakan tugas dari seorang distributor. Namun beban dan biaya akan masuk ke dalam harga barang yang didistribusikan.

Baca Juga  Selain Pertamina, Ini 15 Perusahaan Terbesar di Indonesia

5. Klasifikasi Produk

Distibutor juga memiliki tanggung jawab dalam mengklasifikasi atau memilih produk berdasarkan ukuran, jenis, dan kualitasnya.

6. Informasi Produk

Pihak distributor juga memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan informasi produk yang akan dijual. Selain itu distributor juga harus mengetahui informasi harga produk dan pemasaran barang yang dituju.

7. Promosi Produk

Kegiatan promosi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Kegiatan promosi mencangkup manfaat produk, mutu produk, dan harga produk yang dilakukan dengan media iklan.

3 Jenis Distributor

pengertian distributor

Distributor memiliki berbagai jenis yang bergantung pada fungsinya. Berikut jenis distributor sesuai jenisnya.

1. Perusahaan distributor Barang

Dalam distributor barang, tentu saja barang adalah produk yang didistribusikan merupakan barang berbentuk fisik. Alur dalam jenis perusahaan distributor barang adalah produsen mengirimkan barang kepada distributor untuk disalurkan kepada pengecer. Selanjutnya pengecer akan menyalurkan kepada pembeli.

2. Perusahaan Distributor Jasa

Sesuai dengan namanya, perusahaan distributor jasa bertugas mendistribusikan produk dalam bentuk jasa. Distributor ini tidak membutuhkan pengecer untuk mendistribusikan produk yang berbentuk jasa.

Produk bisa langsung sampai kepada konsumen. Sebagai contoh adalah perusahaan jasa keuangan yang langsung mendistribusikan jasa menuju nasabah yang merupakan konsumen.

3. Distributor Perorangan

Banyak yang mengira distributor perorangan sama dengan distributor jasa, akan tetapi sebenarnya keduanya berbeda. Dalam Distributor ini, distributor hanya melakukan seorang diri tanpa campur tangan perusahaan dalam menyalurkan produk ke konsumen. Biasanya distributor ini dijumpai pada bisnis Multi Level Marketing atau yang bisasa dikenal dengan nama MLM.

Maksud dan 6 Tujuan Distributor

fungsi distributor

Peran distributor sangatlah penting dalam sebuah pemasaran produk. Di dalam bisnis sendiri memiliki terdapat beberapa peran yang berpengaruh terhadap pemasaran, diantaranya, produsen, distributor, pengecer, dan konsumen.

Semua peran memiliki fungsi masing-masing. Distributor juga memiliki peran yang tidak kalah penting dengan peran lainnya. Peran distributor adalah tujuan dari sebuah pemasaran. Berikut tujuan dan maksud adanya distributor dalam perdagangan.

1. Menyalurkan barang dan Jasa dari produsen ke konsumen

Tujuan utama sebuah distributor adalah menyalurkan barang maupun jasa ke konsumen. Dengan adanya distributor, produk bisa sampai ke konsumen sehingga produsen akan mendapatkan keuntungan.

2. Mempercepat sampainya barang ke konsumen

Tujuan lain adanya distributor dalam sebuah industri adalah untuk mempercepat sampainya barang atau produk ke tangan konsumen. Makin banyak distributor yang dimiliki produsen, maka akan makin banyak produk yang akan sampai di tangan konsumen. Dengan begini makin cepat juga produk dari produsen sampai ke tangan konsumen, dan produsen akan mendapatkan keuntungan.

3. Menjaga kelangsungan kegiatan produksi

Dengan adanya distributor kegaiatan produksi menjadi terus berjalan. Distributor yang memasarkan produk kepada para konsumen akan membuat rantai produksi terus berjalan. Kelangsungan kegiatan produksi menjadi terus berjalan karena produsen berhasil mendapatkan keuntungan dari penjualan produk yang dilakukan distributor kepada konsumen.

Baca Juga  Jangan Keliru! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

4. Penyebaran barang akan merata ke konsumen

Tujuan lain adanya distributor adalah menyebarnya produk ke seluruh konsumen di berbagai daerah. Semakin tersebar distributor maka penyebaran produk akan semakin luas. Maka kegiatan industri akan semakin lancar dan keuntungan yang didapatkan akan banyak.

5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi

Dengan tersebarnya konsumen di berbagai daerah maka akan semakin banyak juga kuantitas hasil produksi. Banyaknya distributor sebuah produksi akan sebanding dengan kuantitas produksi, maka pendapatan hasil produksi akan meningkat. Selain itu dengan banyaknya konsumen maka akan semakin berkembang juga produk yang dihasilkan. Produsen akan berusaha menstabilkan jumlah konsumen dengan meningkatkan kualitas produk.

6. Untuk memperoleh keuntungan

Tujuan yang satu ini sudah sangat jelas. Distributor sebagai salah satu perantara dalam dunia perdagangan tentu memiliki tujuan yang sama dengan produsen yaitu memperoleh keuntungan. Dari berbagai tujuan yang dapat dicapai distributor, keuntungan merupakan tujuan utama dari adanya distributor.

Kunci Sukses Menjadi Distributor

distributorDistributor adalah salah satu ujung tombak dalam pemasaran harus memiliki strategi untuk memperoleh banyak konsumen sehingga menghasilkan keuntungan yang banyak. Berikut merupakan kiat menjadi distributor yang sukses.

1. Memiliki Rantai Distributor

Seorang distributor harus memiliki rantai distributor sehingga pemasaran akan semakin luas. Dengan meluasnya rantai distributor maka akan semakin banyak konsumen yang dimiliki dan berpotensi meningkatkan pendapatan.

2. Memberikan harga terbaik bagi konsumen

Sebagai seorang distributor maka memberikan harga yang terbaik bagi konsumen adalah keharusan. Seorang distributor harus menyesuaikan harga pasar agar jumlah konsumen selalu stabil. Jangan memasang harga terlalu tinggi karena akan menjadi sulit untuk bersaing dengan distributor yang lain.

3. Memutar produk

Memutar produk di sini merupakan salah satu strategi menjadi seorang distributor. Dengan memutar produk maka penjualan akan berjalan semakin cepat. Dengan cepatnya proses distribusi maka semakin banyak produk yang dihasilkan, sehingga akan menghasilkan banyak keuntungan.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *