CSR: Pengertian, Manfaat dan Fungsi Yang Perlu Kita Tahu

Corporate Social Responsibility atau yang biasa disingkat sebagai CSR adalah suatu mekanisme yang dimiliki suatu perusahaan.

CSR yang juga dapat diartikan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan ini merujuk pada sikap perusahaan yang harus mengintegrasikan perhatiannya secara sadar terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi lain.

Yaitu bersamaan dengan interaksi pemangku kepentingan. Mekanisme perusahaan yang disebut CSR ini melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.

Pengertian dan Definisi CSR Adalah Sebagai Berikut

Pengertian CSR dapat diartikan sebagai suatu konsep serta tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk kepentingan masayarakat di lingkungan sosial. Tindakan tersebut dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka kepada masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan berdiri dan berkembang.

CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan umumnya berkaitan dengan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa contoh CSR adalah membangun fasilitas umum, menjaga lingkungan, memberikan bantuan dana kepada masyarakat maupun memberikan beasiswa kepada anak yang kurang mampu. Pengertian atau definisi CSR secara umum ada tiga yaitu sebagai berikut.

1. CSR artinya melakukan komitmen usaha yang secara etis dan pengoperasiannya dilakukan secara legal serta berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi. Upaya peningkatan ekonomi ini juga diiringi dengan peningkatan kualitas hidup karyawan beserta keluarganya, komunitas lokal maupun masyarakat banyak.

2. CSR artinya melakukan tindakan sosial yang meliputi kepedulian terhadap lingkungan yang lebih luas dari batas-batas yang diharuskan atau dituntut dalam peraturan perundang-undangan.

3. CSR juga berarti komitmen bisnis untuk ikut serta memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Komitmen ini dapat diwujudkan dengan cara bekerja dengan karyawan perusahaan, keluarga karyawan, komunitas setempat serta masyarakat umum secara keseluruhan untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.

Baca Juga  Dividen: Pengertian, Rumus dan Panduannya

CSR tidak muncul begitu saja tetapi didasari oleh suatu hal. Dasar diberlakukannya CSR adalah Millenium Development Goals, yaitu deklarasi milenium yang menjadi hasil kesepakatan antara 189 negara anggota PBB yang dimulai pada tahun 2000 hingga mencapai pokok tujuan pada tahun 2015.

Indonesia termasuk dalam anggota yang ikut berpartisipasi sehingga memiliki kewajiban untuk melakukan poin-poin yang telah disepakati termasuk pembangunan nasional.

Pokok tujuan yang dicapai pada deklarasi milenium ada 8 yang meliputi pemerataan pendidikan, penanggulangan kemiskinan, penurunan angka kematian anak, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, memerangi HIV/AIDS, peningkatan kesehatan ibu, membangun kerja sama global dan memastikan kelestarian lingkungan hidup.

Manfaat CSR

csr adalah

Dari pengertian apa itu CSR dapat disimpulkan bahwa CSR perusahaan akan membuat karyawan perusahaan, masyarakat serta lingkungan sekitar untuk merasakan dampak positif yang diberikan. Program CSR yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas hidup juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai berikut:

1. Memperlebar akses menuju pasar atau market

CSR perusahaan yang dikelola dengan baik akan memberikan dampak positif bukan hanya untuk masyarakat tetapi juga untuk perusahaan itu sendiri. Penerapan CSR oleh perusahaan akan membuat perusahaan memiliki lebih banyak jaringan sehingga peluang bagi perusahaan untuk terus berkembang semakin besar.

Selain itu, pelaksanaan CSR juga akan membuat suatu perusahaan mendapatkan kepercayaan serta loyalitas konsumen sehingga peluang pasar akan terbuka lebh lebar. Perusahaan pun dapat semakin dikenal dan dikagumi oleh masyarakat.

2. Memperlebar akses sumber daya

Sumber daya yang dibutuhkan perusahaan sangat bermacam-macam misalnya sumber daya alam maupun sumber daya manusia. CSR akan membuat suatu perusahaan menjangkau lebih banyak orang atau masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dampak yang diberikan oleh CSR tersebut salah satunya adalah perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga perusahaan pun akan mendapatkan akses yang lebih lebar terhadap sumber daya misalnya sumber daya manusia.

Baca Juga  Entrepreneurship: Pengertian, Arti dan Karakternya

3. Mereduksi biaya

Program CSR yang menuntut perusahaan untuk menjaga lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat tampaknya menuntut perusahaan untuk mengeluarkan banyak biaya. Namun, pada kenyataannya hal itu tidak sepenuhnya benar. Program CSR justru dapat membuka peluang bagi perusahaan untuk mereduksi biaya.

Contoh yang paling dekat dengan kasus ini adalah perusahaan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pengelolaan limbah plastik menjadi kerajinan.

Dari kegiatan tersebut, masyarakat menjadi memiliki kemampuan untuk mengelola limbah plastik menjadi barang-barang yang bernilai jual sementara perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk pengelolaan limbah.

Artinya, melalui kegiatan tersebut kelestarian lingkungan dapat dijaga, kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan dan perusahaan dapat mereduksi biaya untuk pengelolaan limbah.

4. Memberikan peluang kepada perusahaan untuk mendapat penghargaan

Adanya program CSR selain mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar juga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan melalui pelaksanaan CSR adalah perusahaan akan memiliki peluang untuk mendapatkan penghargaan.

Peluang perusahaan untuk mendapatkan penghargaan dari program CSR akan semakin besar apabila program CSR yang dilaksanakan dapat memberikan dampak positif serta kontribusi yang besar bagi lingkungan dan masyarakat. Kesuksesan program tersebut yang membuat perusahaan mendapatkan penghargaan akan memberikan kebanggan bagi perusahaan.

Fungsi CSR

pengertian csr

CSR tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, lingkungan serta perusahaan tetapi juga memiliki beberapa fungsi.

Fungsi CSR sangat dipengaruhi oleh tujuan yang dimiliki CSR sebagai program yang dicanangkan oleh perusahaan, yaitu program yang menghasilkan suatu produk serta membuat perusahaan dan masyarakat mendapatkan keuntungan dari pelaksanaan program tersebut. Berikut ini beberapa fungsi CSR yang dapat diperoleh oleh perusahaan:

1. Meningkatkan semangat karyawan

Program CSR yang dicanangkan oleh perusahaan diwajibkan agar memberikan keuntungan atau dampak positif bagi karyawan serta masyarakat sekitar.

Namun, keberhasilan dari program CSR juga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan yang berkaitan dengan semangat kerja karyawan.

Pelaksanaan program CSR dapat memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat sehingga nama baik serta reputasi perusahaan akan meningkat. Hal ini tentunya dapat memberikan motivasi kepada karyawan karena karyawan pun akan ikut merasa bangga dengan prestasi perusahaan tersebut. Akibatnya, semangat kerja serta produktivitas karyawan akan meningkat.

2. Mendapatkan izin sosial untuk beroperasi

Masyarakat adalah salah satu faktor terpenting yang menentukan berkembang atau tidaknya suatu perusahaan. Meskipun terkesan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, namun pelaksanaan CSR juga dapat memberikan banyak keuntungan kepada perusahaan.

Melalui program CSR, masyarakat akan semakin mengenal suatu perusahaan sehingga reputasi perusahaan pun akan terangkat.

Adanya CSR yang memberikan manfaat kepada masyarakat juga akan membuat masyarakat merasa memiliki perusahaan tersebut. Akibatnya, perusahaan penyelenggara program CSR dapat beroperasi dengan leluasa di lingkungan tersebut.

Baca Juga  SIUP: Pengertian, Jenis, Syarat dan Prosedurnya

3. Menjalin hubungan baik dengan pemangku kepentingan

Pelaksanaan program CSR berkaitan erat dengan kewajiban perusahaan terhadap pemangku kepentingan atau stakeholder. Jika program CSR yang dilaksanakan mampu memberikan hasil atau sampak yang baik maka perusahaan bagai mendapatkan hadiah tersendiri.

Pelaksanaan CSR oleh perusahaan akan meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Meskipun perusahaan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , namun pemerintah memiliki tanggung jawab lebih besar untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

4. Mengurangi resiko bisnis perusahaan

Salah satu resiko yang mungkin dihadapi perusahaan adalah adanya demonstrasi masyarakat yang menentang kegiatan operasional dari suatu perusahaan. Melalui program CSR, perusahaan akan menjalin hubungan baik dengan masyarakat karena tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta kelestarian llingkungan.

Dampak positif yang diberikan dari pelaksanaan program tersebut akan membuat masyarakat merasa diuntungkan dengan kegiatan perusahaan. Akibatnya, masyarakatpun akan mendukung kegiatan operasional perusahaan sehingga resiko bisnis perusahaan seperti terhentinya kegiatan operasional karena ditentang masyarakat dapat berkurang.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *