CRM: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

CRM – Taukah Anda mengenai istilah CRM? Mungkin untuk Anda yang berkecimpung di dunia bisnis sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. CRM adalah Customer Relationship Management, yang mana istilah tersebut sering digunakan dalam suatu pendekatan bisnis.

Pada dunia bisnis antara admin dan pelanggan perlu adanya hubungan korporasi sehingga diterapkan metode CRM ini. Untuk mengetahui seputar CRM Anda harus tahu pengertian, tujuan, serta manfaat adanya CRM tersebut, dan berikut sedikit ulasannya:

Pengertian CRM Adalah Sebagai Berikut

crm adalahPasti Anda sudah bertanya-tanya mengenai apa itu CRM bukan? Jadi CRM merupakan suatu strategi marketing dalam menjalankan bisnis. Dalam strategi ini yang lebih ditekankan adalah hubungan manusia dan teknologi yang kian hari kian meroket perkembangannya.

Customer Relationship Management bisa disebut juga suatu pendekatan baru dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan dalam penerapannya lebih mengutamakan terjalinnya suatu hubungan korporasi yang belum ada pada pendekatan dalam bisnis sebelum-sebelumnya.

Baca Juga  Blockchain: Pengertian, Cara Kerja dan Pengunaanya

CRM sendiri berlaku pada level bisnis tertentu dengan mengelola baik akun kontak tunggal maupun yang berbeda-beda. Melalui strategi pemasaran semacam ini, akan terjalin komunikasi yang kedepannya pun semakin membaik pula.

Penerapan strategi CRM ini juga sebagai bentuk upaya stimulasi peningkatan kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan terkait. Hal ini juga berlaku untuk pertambahan nilai positif yang kian hari kian membaik dalam bisnis Anda.

Pada pelaksanaanya Customer Relationship Management atau CRM ini lebih mengedepankan kemajuan teknologi informasi. Kegiatan ini selain sebagai sarana meraup keuntungan juga digunakan sebagai alat cepat menarik minat pelanggan secara umum.

Tujuan CRM

apa itu crmMengacu pada pengertian CRM sendiri, strategi Customer Relationship Management ini tentu saja memang diharapkan membawa manfaat yang baik dalam penerapannya.

* Terciptanya Hubungan Baik Antara Perusahaan dan Pelanggan

Dengan menerapkan CRM akan terjalin hubungan yang baik antara pelanggan dengan pengelola bisnis atau perusahaan penyelenggara. Melalui terjalinnya hubungan baik ini secara tidak langsung penghasilan perusahaan akan mengalami peningkatan secara berangsur.

* Mempermudah Distribusi Informasi

Tujuan selanjutnya dari penerapan sistem ini adalah untuk mempermudah distribusi layanan informasi lengkap terkait kebutuhan pelanggan. Hal ini penting karena jarang sekali pebisnis yang mengutamakan kebutuhan pelanggan dan menawarkan layanan yang tidak sesuai.

Dengan tersedianya informasi lengkap bagi pelanggan melalui strategi ini, diharapkan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan tersebut semakin hari akan semakin baik.

Sub strategi yang dijalankan dalam sistem ini pun adalah pemasaran up selling dan cross selling. Kedua teknik pemasaran ini akan sangat membantu perusahaan untuk semakin meningkatkan labanya.

Peningkatan pendapatan perusahaan yang berkaitan dengan hal ini lebih cenderung berasal dari hasil identifikasi berkelanjutan. Selain itu, yang lebih terlihat adalah pelanggan akan tertarik dan mulai berlangganan pada perusahaan terkait.

Baca Juga  Jenis Jenis Koperasi: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

* Mempertahankan Pelanggan

Maksud lain dari CRM adalah untuk membuat pelanggan yang telah percaya pada perusahaan akan terus bertahan menjadi pelanggan setia. Hal ini tentu sesuai dengan apa yang dikatakan pepatah bahwa memulai akan lebih mudah daripada mempertahankan sesuatu.

Pepatah tersebut juga berlaku untuk dunia bisnis. Memang menetapkan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Meski demikian, ini sangat penting dan Anda akan terbantu dengan adanya CRM ini.

Manfaat CRM dan Aplikasinya

pengertian crm

Kemajuan berbagai sistem yang menunjang dunia bisnis memang memberikan banyak sekali keuntungan bagi para pelaku bisnis. Masing-masing sistem tersebut memiliki manfaat sendiri-sendiri. Demikian juga CRM dengan beberapa manfaatnya yang ditawarkan untuk para pelaku bisnis.

Jika ingin menjadi pelaku bisnis yang juga mendapatkan manfaat ini, Anda harus menerapkan CRM sebagai pendukung berjalannya perusahaan. Lalu, apa saja manfaat strategi CRM ini? diantara beberapa manfaat dari CRM adalah sebagai berikut.

* Akan Menimbulkan Kesetiaan Pelanggan

Sebagaimana sudah banyak disinggung, manfaat pertama dari penerapan CRM ini berkaitan dengan terjalinnya hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan. Pada akhirnya, perusahaan pun akan mendapatkan banyak pelanggan setia.

Tentu saja kesetiaan pelanggan adalah segalanya bagi perusahaan. Biasanya, pelanggan akan tetap bertahan dan setia pada perusahaan jika pelayanan perusahaan baik dan terus ditingkatkan. Dengan pemanfaatan teknologi yang dikemas dalam sistem CRM ini, tentu saja hal tersebut bisa terwujud.

* Meminimalisir Biaya

Pada bidang bisnis tertentu, tentu tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan yang lebih besar, sekaligus dengan mengusahakan pengeluaran biaya yang seminimal mungkin. Jika Anda menerapkan sistem CRM, maka hal tersebut bisa dicapai. Karena itulah banyak pebisnis yang menerapkannya.

Ketika CRM diterapkan, pelayanan pada para pelanggan akan lebih mudah dilakukan.di samping itu, sistem yang diberlakukan dalam pelayanan pun juga akan lebih terorganisir. Ditambah lagi ada nilai plus berupa kepuasan para pelanggan.

Kegiatan yang terorganisir inilah yang menjadikan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Selain itu juga tidak ada lagi kebutuhan biaya-biaya tambahan. Dengan biaya yang lebih rendah, maka keuntungan yang didapatkan perusahaan pun akan semakin tinggi.

Baca Juga  Mengenal Arti Cash Flow Lengkap dan Arus Kasnya

* Meningkatkan Efisiensi Operasional

Manfaat berikutnya dengan menerapkan CRM ini adalah, proses penjualan serta pelayanan pada pelanggan akan semakin mudah. Hal ini mengakibatkan berkurangnya beban cash flow serta meminimalisir penurunan kualitas pelayanan

Tentu ini memberikan nilai tersendiri bagi operasional perusahaan. Dengan kata lain, operasional perusahaan pun juga semakin efisien, namun tetap dengan tingkat pelayanan yang terus meningkat.

* Meningkatkan Time to Market

Keuntungan lain jika CRM diterapkan dalam marketing bisnis adalah, perusahaan akan selalu mendapat informasi terbaru dari pelanggan. Informasi tersebut bisa berupa tren terkini yang menjadi minat pelanggan, maupun informasi lainnya yang memang ingin dibagikan oleh pelanggan.

Tentu saja informasi ini sangatlah bermanfaat bagi perusahaan demi memberikan pelayanan yang lebih baik. Lewat data global tersebut perusahaan dapat memanfaatkannya untuk melakukan inovasi.

* Menambah Pendapatan

Manfaat yang terakhir ini tentu menjadi incaran para pebisnis. Apalagi yang membedakan pendapatan meningkat lewat strategi bisnis satu ini dengan strategi lainnya adalah biaya yang harus dikeluarkan lebih minimal. Hal ini mengingat layanan pada pelanggan dengan sistem CRM dilakukan secara digital.

Dengan pelayanan terbaik pada pelanggan, tentu akan semakin banyak transaksi yang terjadi. Di samping itu, pendapatan perusahaan pun akan semakin meningkat. Meski begitu, pengeluaran perusahaan tidak terlalu banyak dan lebih hemat, sehingga keuntungan pun lebih besar.

Tahap-tahap Yang Ada Pada CRM

Tahap-tahap Yang Ada Pada CRM

Perlu diketahui bahwa dalam sistem yang satu ini ada beberapa tahapan yang biasa dilakukan. Supaya Anda lebih mengenal CRM, maka simak beberapa tahapan CRM berikut ini.

* Mendapatkan Pelanggan Baru

Tahap yang pertama dalam CRM tentu adalah mendapat pelanggan. Dalam memulai bisnis apapun yang menjadi sasaran utama tentu saja adalah pelanggan. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan cara agar pelanggan tertarik untuk menjadi bagian dalam bisnis yang Anda geluti, khususnya sebagai customer.

Cara yang bisa dicoba misalnya dengan mengutamakan kenyamanan pelanggan. Menjamin kenyamanan pelanggan ini bisa dimulai dengan merespon hal-hal kecil yang diinginkan pelanggan dengan cepat agar pelanggan tidak bosan menunggu.

Cara memperoleh pelanggan berikutnya adalah dengan menciptakan first impression baik dari pelanggan. Hal ini bisa dimulai dengan memberikan penawaran khusus pada saat promosi produk. Apabila penilaian awal pelanggan baik, maka ini akan menimbulkan dampak baik pula kedepannya.

* Meningkatkan Nilai Pelanggan

Perusahaan yang baik harus membangun hubungan baik dengan pelanggannya. Hal ini tidaklah mudah karena perusahaan harus bisa menampung setiap saran dan keluhan pelanggan. Namun demikian, seberapa tinggi perusahaan merespon pelanggan, maka nilai pelanggan pun sesuai dengan itu.

Baca Juga  Inflasi: Pengertian, Penyebab, dan Jenis-Jenisnya

* Membuat Pelanggan Bertahan

CRM adalah suatu strategi bisnis yang pada akhirnya berusaha membuat pelanggan bertahan. Pada tahap akhir ini dibutuhkan inovasi maksimal sehingga pelanggan akan terus berlangganan karena sudah memberikan kepercayaan pada perusahaan dan hal ini perlu dipertahankan agar tidak pudar.

Penyebab pelanggan bertahan ini bisa dipicu dari beberapa faktor, mulai dari adanya teknologi yang pelayanan sekaligus maksimalnya pelayanan yang selalu konsisten. Hal ini akan suatu kepercayaan pelanggan dengan kesan baik yang mereka terima.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah dengan menerima keluh kesah pelanggan sebaik mungkin. Dengan demikian pelanggan akan merasa semakin nyaman, baik dalam transaksi maupun berkaitan dengan pelayanan.

Komponen Dalam CRM

Komponen Dalam CRM

Saat Anda ingin memulai berbisnis dan menerapkan strategi CRM tersebut, terlebih dahulu Anda harus menjamin keseimbangan komponen-komponen yang terlibat di dalamnya. Komponen tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

* Pelanggan

Pihak pertama yang termasuk dalam komponen CRM adalah pelanggan. Dalam hal ini, pelanggan adalah pihak pertama yang berkaitan langsung dengan perusahaan. Baik itu pelanggan saat ini maupun yang masih calon pelanggan.

* Hubungan

Komponen CRM berikutnya adalah hubungan admin dengan pelanggan. Hubungan disini membutuhkan komunikasi dua arah dari pelanggan ke perusahaan maupun perusahaan kepada pelanggan. Hal ini juga bermaksud untuk memastikan kepuasan pihak pelanggan terhadap layanan perusahaan.

* Manajemen

Komponen terakhir dalam CRM adalah pihak manajemen. Dalam hal ini, manajemen perusahaan akan difokuskan terhadap pengelolaan sistem serta peningkatan hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Setelah terjalinnya hubungan baik antara keduanya, maka perusahaan lebih mudah berkembang.

Fitur Pada CRM

Fitur Pada CRMSaat ini, CRM atau Customer Relationship Management telah telah terintegrasi dengan sistem cloud sehingga memiliki beberapa fitur penunjang. Berbagai fitur ini akan sangat membantu dalam pemanfaatannya pada bisnis Anda. Diantara fitur tersebut adalah sebagai berikut.

* Sales Cloud

Fitur yang pertama ini berhubungan dengan strategi perusahaan untuk membuat penjualan lebih maksimal, sehingga pendapatan meningkat. Selain itu fitur ini juga berfungsi sebagai pengontrol konstanitas produktivitas serta visibilitas dalam bisnis.

* Service Cloud

Fitur selanjutnya ini berkaitan untuk perubahan pelayanan pada pelanggan. Selain itu, fitur ini juga akan berguna untuk membantu pengelola bisnis hingga admin perusahaan untuk bisa lebih mudah menjalin komunikasi dengan pelanggan serta menyimpannya secara digital.

Baca Juga  Bauran Pemasaran: Pengertian, Sejarah dan Konsepnya

* Marketing Cloud

Pada CRM, fitur ini berguna untuk memantau perkembangan serta terus berkontribusi dalam media sosial. Tentu kebenarannya akan membawa dampak yang positif bagi bisnis yang sedang dijalankan.

* Salesforce Platform and AppExchange

Fitur selanjutnya dari CRM ini berkiprah sebagai sarana menciptakan aplikasi sosial yang lebih inovatif. Hal ini dikarenakan platform dalam CRM ini sudah sanggup menampung sekitar 10.000 pelanggan dalam satu waktu.

* Salesforce Chatter

Fitur terakhir dari CRM ini berguna untuk menjadikan bisnis yang sedang digeluti dapat berjalan dimanapun dan kapanpun.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *