ceo
Umum

CEO: Pengertian, Peran dan Tugas-Tugasnya

Artikel terakhir diperbaharui 06-11-2020 oleh Aldy Amrillah

CEO – Apakah terdengar asing atau justru sebaliknya jika mendengar kata yang satu ini?. Di era milenial ini nampaknya sudah tidak asing lagi dengan kata CEO. Sederhananya, CEO ini mirip dengan OWNER. Benarkah? Coba lihat uraian di bawah ini.

Pengertian CEO

Pengertian CEO

Chief Executive Officer (CEO) adalah suatu jabatan dalam jajaran eksekutif tertinggi dalam suatu perusahaan yang memiliki tugas penting dalam perusahaan tersebut yakni dialah yang bertanggung jawab atas berjalannya perusahaan tersebut.

Di Indonesia, dalam sebuah perusahaan biasanya pimpinan tertinggi disebut sebagai Direktur Utama (Dirut) atau jika sering melihat film Korea, pimpinan perusahaan biasa dipanggil dengan sebutan Presdir atau Presiden Direktur. Inilah arti dari CEO yang lain.

Jika melihat definisi di atas, maka posisi CEO ini sangat penting dalam perusahaan. Karena seorang CEO tidak hanya memberikan sebuah perintah atas keberjalanan perusahaan, tetapi juga harus bisa memimpin perusahaan dengan baik.

Sebutan CEO ini biasanya sering digunakan kepada perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis. Seperti bisnis properti dan yang lainnya.

Peran CEO di Perusahaan

Peran CEO di Perusahaan

Seorang pimpinan harus tampil di depan, maka dengan kata lain CEO atau Chief Executive Officer adalah wajah dari sebuah perusahaan karena dia adalah orang yang bertanggung jawab memajukan perusahaan.

Maka dari itulah peran dari seorang CEO pun sangat penting. Jika melihat dari definisinya, peran CEO adalah sebagai berikut :

1. Perencana Tujuan Perusahaan

Dalam menjalankan suatu bisnis, maka perencanaan sangat diperlukan. Perencanaan tersebut kemudian haruslah dievaluasi profitabilitasnya. Sehingga seorang CEO pun memiliki tanggung jawab untuk mengawasi kinerja setiap elemen atau departemen yang berada dalam naungannya supaya tetap dan sesuai dengan visi misi perusahaan.

2. Mewakili Perusahaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa CEO atau Chief Executive Officer adalah wajah dari suatu perusahaan dimana publik pun akan melihat produk dari suatu perusahaan. Sehingga opini dari seorang CEO juga cukup berpengaruh.

3. Membangun Tim yang Solid

Sudah menjadi sebuah keharusan bahwa seorang pemimpin harus bisa menjadi jembatan bagi para pegawainya dalam mencapai kinerja yang maksimal supaya terbentuk sebuah tim yang solid.

4. Alokasi Anggaran Belanja

Dalam sebuah perencanaan, perlu juga dilakukan rencana anggaran belanja atau dalam hal ini berarti rencana investasi finansial. Tentunya untuk menentukan hal tersebut harus melalui proses analisis dan evaluasi supaya pendistribusian dari anggaran belanja tepat sasaran dalam suatu proyek.

5. Budaya Kerja yang Positif

Dalam menjalankan suatu aktivitas terlebih dalam dunia kerja faktor lingkungan juga ternyata mempengaruhi kinerja para pegawai.

Oleh sebab itu, seorang CEO harus menciptakan lingkungan kerja yang baik sehingga terciptalah budaya kerja yang positif. seorang CEO, setidaknya memiliki kemampuan untuk menganalisis atau meneliti apa yang terjadi di perusahaan terkait kepegawaian.

Tugas-Tugas CEO

Tugas-Tugas CEO

Selain peran seorang CEO yang begitu penting, seorang CEO juga memiliki tugas yang harus dijalankan sebagai berikut :

1. Sebagai Pemimpin

Seperti arti dari CEO, bahwa CEO adalah pimpinan. Seorang pimpinan haruslah memiliki pandangan yang visioner. Memandang jauh ke depan terkait perusahan yang dibawanya. Sehingga bisa dikatakan bahwa nasib dari sebuah perusahaan adalah tergantung dari pimpinannya dalam hal bisnis ini adalah CEO.

Jika suatu perusahaan ingin mengalami kemajuan maka seorang CEO harus memiliki inovasi dalam perkembangan sebuah produknya. Sehingga memahami sebuah produk sangat diperlukan bagi seorang CEO agar perusahaan pun tidak tertinggal oleh kompetitor lain.

2. Menentukan Arah Strategi untuk Perusahaan

Arah strategis perusahaan yang dimaksud adalah mencakup nilai-nilai, visi, misi. Seorang CEO bertanggung jawab untuk mencari tahu supaya semua bagiannya menyatu sehingga semua bergerak sesuai dengan strategi menyeluruhnya.

3. Melaporkan Kepada Dewan Redaksi

Ada beberapa kasus perusahaan yang didirikan oleh CEO yang memiliki sebagian besar saham perusahaan. Maka dari itu perlu adanya pelaporan kepada dewan direksi dan sering mencari nasihat serta bimbingan dari mereka.

4. Sebagai Komunikator

Jabatan tertinggi dari kalangan eksekutif perusahaan adalah CEO. Oleh sebab itu, tugas dari seorang CEO adalah sebagai perantara atau komunikator antara karyawan dan jajaran direksi.

Seorang CEO harus bisa menyampaikan aspirasi dari para pekerja dan memberikan solusi terbaik supaya keduanya berjalan dengan lancar.

Seorang CEO tidak hanya menjadi komunikator antara pegawai. Namun, bisa juga menjadi komunikator antara perusahaan dan dunia luar.

5. Sebagai Eksekutor

Seorang CEO haruslah menjadi pribadi yang tegas dan berani mengeksekusi sebuah ide atau gagasan. Dalam hal ini seorang CEO membutuhkan jiwa eksekutor yang baik. Karena seringkali seorang CEO harus mengambil langkah yang cepat dalam mengambil keputusan mengeksekusi ide tersebut.

Meski harus memiliki kemampuan eksekusi yang cepat, seorang CEO harus tetap memperhitungkan dampak positif atau negatif bagi perusahaan.

6. Sebagai Pengelola

Selain menjadi seorang pimpinan, CEO juga harus memiliki kemampuan untuk menjadi pengelola perusahaan. Jika ada sebuah pertanyaan tentang apa yang harus dikelola, tentu saja mengelola perusahaan terkait tentang pendanaan misalnya. Akan dan berasal dari mana pendapatannya. Kemudian dalam hal material produksi misalnya, hingga sampai pada proses pemasaran dari produk tersebut.

Meski dalam perusahaan pasti ada yang membantu seorang CEO berupa staf divisi. Namun, bukankah lebih baik jika seorang CEO dapat mengontrol serta memahami setiap proses perusahaan dari akar hingga tumbuh menjadi buah.

Dari pemaparan diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa seorang CEO dikatakan tidak mirip atau berbeda dari seorang OWNER.

Karena defnisi OWNER sendiri adalah sebagai pemilik usaha dimana jika seorang OWNER sudah tidak lagi memiliki saham dalam sebuah perusahaan maka dia pun otomatis keluar sebagai OWNER.

Nama-Nama CEO Terkenal Di Indonesia

ceo terkenal di indonesia

Image: id.wikipedia.org

Sekarang sudah jelas bukan, apa itu CEO serta bagaimana tugas beserta peranannya. Sekedar informasi tambahan bahwa di Indonesia juga terdapat banyak perusahaan yang dimotori oleh CEO yang kompeten. Berikut adalah nama-namanya:

Nadiem Anwar Makarim yang kini sedang menjabat sebagai menteri pendidikan Indonesia, beliau adalah CEO Gojek. Sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa transportasi berbasis daring.

– William Tanuwijaya, CEO dari aplikasi belanja online bernama Tokopedia yang bergerak dalam bidang marketplace.

– Arief Widhiyasa, CEO dari game Agate. Bergerak dalam jenis bisnis Developer Game

– Ferry Unardi, seorang CEO yang bergerak pada jenis bisnis Jasa e-ticketing yakni Traveloka

– Hendrik Tio seorang CEO yang bergerak pada jenis bisnis E-commerce yaitu Bhineka

– Ryan Gondokusumo seorang CEO yang bergerak pada jenis bisnis Marketplace jasa yaitu Sribu.

Selain nama yang disebutkan di atas, di Indonesia tentunya masih banyak lagi CEO yang handal dan keren yang berada dalam perusahaan-perusahaan nusantara.

Demikian pemaparan terkait apa itu CEO dan bagaimana tugasnya. Semoga bisa menambah wawasan serta bagi Sahabat Tedas.id yang hendak atau bercita-cita ingin menjadi CEO sebuah perusahaan setidaknya sudah memiliki bekal yang cukup.

Marita Ningtyas
A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

    Comments are closed.