Cashback: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Aplikasinya        

Cashback – Mungkin Sahabat Tedas.id sudah tidak asing lagi dengan kata cashback yang selalu ditawarkan oleh perusahaan sebagai promo atau potongan harga ketika anda berbelanja produk atau jasa di suatu perusahaan.

Namun, sebenarnya apa arti cashback sendiri? Apa keuntungan yang didapatkan melalui promo cashback?

Jika anda masih bingung dengan sistem cashback, berikut dibawah ini Saya akan memberikan informasi kepada anda terkait cashback.

 

Apa Arti Cashback?

Jika anda mendengar kata cashback, yang menjadi pertanyaan pertama adalah apa itu cashback? Apa pengertian cashback? Maka, yang pertama harus anda pahami adalah pengertian cashback itu sendiri.

Cashback adalah hadiah yang bisa berupa uang tunai, uang virtual, atau poin yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada pembeli yang membeli produk atau jasa di perusahaan tersebut.

Selain itu, cashback bisa diberikan dalam bentuk suatu produk dengan syarat dan ketentuan tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang menyelenggarakan promosi cashback.

Jenis Cashback

Cashback adalah sebuah variasi strategi pemasaran untuk menarik lebih banyak pengguna atau pembeli.

Selain strategi diskon atau potongan harga yang bisa digunakan pada awal pembelian, cashback bisa menjadi strategi pemasaran selanjutnya. Jadi, pelanggan bisa mendapatkan hadiah dari cashback melalui pembelian selanjutnya.

Awalnya, cashback adalah hadiah bagi para pengguna kartu kredit. Ketika anda melakukan pembayaran melalui kartu kredit, anda bisa mendapatkan hadiah poin yang disesuaikan dengan jumlah pembelanjaan.

Strategi cashback dengan poinpun bisa menjadi strategi agar pembeli melakukan pembelian kembali menggunakan poin yang diberikan kepada perusahaan tersebut.

 

5 Jenis Cashback

Cashback adalah salah satu strategi pemasaran yang sudah sangat umum dan sering ditemukan di sekitar kita.

Cashback memiliki beberapa jenisnya. Adapun jenis-jenis dari cashback adalah sebagai berikut:

1. Cashback Kartu Kredit

Cashback kartu kredit adalah program yang dikeluarkan oleh suatu bank tertentu untuk memberikan keuntungan kepada pengguna kartu kredit.

Penerbit kartu kredit akan memberikan anda pengembalian sejumlah uang jika anda melakukan transaksi tertentu dengan syarat seperti nilai transaksi mencapai nominal tertentu.

Tentunya kebijakan untuk syarat dan ketentuan cashback pada suatu kartu kredit tergantung dari ketentuan masing-masing bank dan jenis kartu yang dimiliki.

Persentase cashback dapat diberikan dengan bervariasi dari jumlah transaksi yang dilakukan oleh pemilik kartu kredit.

2. Cashback Kartu Debit

Selain cashback kartu kredit, ada juga program cashback melalui kartu debit. Cashback kartu debit diberikan setiap anda melakukan transaksi melalui kartu debit.

Sama halnya dengan cashback kartu kredit, persentase cashback kartu debit juga ditentukan oleh syarat dan ketentuan pada masing-masing bank dan perusahaan.

Cashback juga diberikan dengan minimal jumlah transaksi tertentu yang sudah ditentukan.

3. Cashback Toko Online

Cashback toko online dikeluarkan oleh pihak online shop dengan memberikan keuntungan dengan sistem pengembalian sejumlah uang apabila anda melakukan pembelian barang di online shop tersebut dengan nominal yang ditentukan.

Biasanya cashback akan diberikan di pembelanjaan berikutnya. Cara ini cukup menguntungkan bagi konsumen maupun bagi pemilik online shop.

4. Cashback Properti

Cashback property dikeluarkan oleh developer properti untuk memberikan keuntungan apabila konsumen membeli properti yang mereka jual seperti rumah, apartemen, ruko, dan lain-lain.

Biasanya sistem dari cashback property sendiri, developer property akan memberikan cashback dalam bentuk barang seperti AC, TV, kulkas, dan sebagainya.

Jika anda membeli properti dengan harga yang cukup besar, bisa sampai mendapatkan cashback berupa motor atau mobil.

5. Cashback Reward

Cashback reward diberikan kepada konsumen berupa poin yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah tertentu bukan berupa pengembalian uang tunai.

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Cashback adalah suatu program promosi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan pengembalian uang tunai atau poin kepada konsumennya.

Namun, cashback juga memiliki keuntungan dan kerugiannya terutama untuk konsumen. Oleh karena itu ini dia keuntungan dan kerugian cashback yang harus diketahui.

 

Kelebihan Cashback

Jika melihat penjelasan di atas, keuntungan dari program cashback sudah terpampang jelas. Bahwa konsumen akan mendapatkan persentase sekian uang kembali jika berbelanja sesuai syarat dan ketentuan.

Hal ini bisa dianggap sebagai bonus atas pembelian yang anda lakukan. Anda pun bisa lebih menghemat pengeluaran pada pembelian berikutnya dengan program cashback ini.

 

Kekurangan Cashback

Ada kelebihan pasti ada kekurangan. Selain keuntungan yang akan didapat dari sistem promo cashback, tentunya ada kekurangan dari sistem cashback ini.

Kekurangan bukan berarti anda akan merasa rugi total. Namun, lebih kepada sistem untuk mendapatkan cashback itu sendiri.

Ada beberapa kekurangan cashback diantaranya:

1. Syarat Minimum Pembelian

Untuk mendapatkan cashback, akan ada syarat bagi konsumen, yakni dengan minimum pembelian. Anda harus berbelanja dalam jumlah tertentu agar bisa mendapatkan cashback.

Contoh, anda harus melakukan pembelanjaan minimal sejumlah 150 ribu rupiah untuk mendapatkan cashback sebesar 15%.

Dengan arti, apabila anda melakukan pembelanjaan di bawah syarat minimum tersebut, maka anda tidak akan mendapatkan bonus cashback.

2. Waktu Pemberian Cashback

Jika diperhatikan, penyelenggara cashback tidak memberikan cashback pada waktu pembelian. Tetapi ada aturan waktu tersendiri untuk mempergunakannya.

Misalnya, anda mendapatkan cashback 15% dengan pembelian minimal 150 ribu rupiah pada pembelanjaan berikutnya.

Artinya, untuk menggunakan bonus tersebut anda harus melakukan pembelanjaan lagi setelah mendapatkan bonus cashback.

3. Tidak Fleksibel

Tidak fleksibel karena pada sistem cashback biasanya penyelenggara sudah menentukan cashback hanya berlaku pada produk tertentu. Maka disini penerima tidak bisa memilih dan menentukannya.

Aplikasi Cashback Online Terbaik

Untuk anda penggila cashback, di era digital ini, sudah banyak developer yang mengeluarkan aplikasi cashback online yang bisa anda gunakan dan tentunya akan menguntungkan anda dalam pengalaman berbelanja.

Berikut dibawah ini adalah beberapa aplikasi cashback online terbaik yang bisa anda coba.

  1. ShopBack

Aplikasi cashback sau ini memiliki banyak pengguna di Asia Pasifik. Anda bisa mendapatkan promo cashback dari mitra dagang atau e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Zalora, Lazada, dan yang lainnya.

  1. Cashbac

Selanjutnya ada aplikasi Cashback yang bisa anda gunakan untuk meraih cashback. Anda tingga menghubungkan dengan memasukan data kartu kredit, debit, atau dompet digital.

Anda bisa bayar di merchant dengan scan atau tap dari ponsel langsung. Aplikasi ini dapat memberikan anda rewards points yang bisa anda gunakan.

  1. Snapcart

Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile pertama di Indonesia yang akan memberikan cashback dari struk belanja.

Anda tinggal foto struk yang anda dapatkan dari supermarket atau minimarket lalu anda akan mendapatkan reward cashback.

Bagaimana? Sudah paham dengan sistem cashback? Itu dia informasi mengenai sistem cashback yang harus Sahabat Tedas.id ketahui. Semoga bermanfaat. 

Fina Fauziyah

Nama saya Fina. Pecinta drama korea genre drama misteri, law, dan politik. Tidak bercita-cita menjadi politikus, hanya mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari talenta.