Mengenal Arti Cash Flow Lengkap dan Arus Kasnya

Cash Flow – Kata cash flow, mungkin sudah tidak asing bagi Anda yang menggeluti bidang bisnis. Namun, tak menutup kemungkinan arti cash flow masih sangat asing bagi orang awam tentang bisnis. Apakah Anda salah satunya?

Dalam hal ini Anda bisa simak ulasan tentangnya jika ingin mengatur pola keuangan lebih baik dalam bisnis. Langsung saja ikuti pembahasan di bawah ini

Apa Itu Cash Flow?

cash flow adalah

Bagi yang sedang mulai mengenal pengelolaan keuangan, tentunya akan bertanya apa itu cash flow. Dalam bahasa indonesia, cash flow kerap dikenal dengan arus kas atau aliran kas.

Cash flow adalah uang yang bergerak atau mengalir masuk dan keluar dari sebuah pola keuangan selama periode tertentu.

Cash flow memiliki banyak manfaat dalam pengoperasian bisnis dan dalam proses analisa keuangan. Pemasukan (cash in) dan pengeluaran (cash out) merupakan unsur terpenting dan memegang posisi teratas dalam cash flow management.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah setiap orang memiliki kemampuan untuk mengendalikan arus cash flow. Memahami cash flow akan membantu kita untuk menilai likuiditas, fleksibilitas, dan kinerja keuangan secara keseluruhan.

Arti cash flow dapat digambarkan sebagai rekaman pola keuangan, agar pengelolaanya dapat diatur dengan mudah. Dengan adanya rekaman berupa cash flow, pemegang uang baik tim maupun perseorangan akan mampu mengalokasikan uangnya dengan tepat sesuai prioritas kebutuhan.

Baca Juga  Inflasi: Pengertian, Penyebab, dan Jenis-Jenisnya

Jika kondisi sudah demikian, tidak akan ada kasus pendapatan sudah banyak namun masih belum memiliki tabungan yang sepadan. Pada dasarnya, cash flow dimanfaatkan untuk analisa keuangan agar arus kas dapat berjalan normal tanpa hambatan.

Manajemen arus kas untuk keuangan adalah cara yang digunakan untuk membuatnya menjadi lebih sehat. Dalam artian, sehat berarti pengeluaran bisa ditekan dan pemasukan bisa dioptimalkan. Hal ini dapat memberikan selisih yang positif.

Bagaimana Nilai Arus Kas Menjadi Negatif?

arti cash flowSeperti yang telah dijelaskan, pengertian cash flow yang sehat adalah keadaan dimana pengeluaran lebih kecil dari pemasukan. Namun, untuk mewujudkan itu bukanlah hal yang mudah meskipun bisa dikatakan tidak begitu sulit.

Stratifikasi ekonomi masyarakat memang beragam. Pelajar dan mahasiswa, tentu penghasilannya tidak lebih besar dari staf karyawan di salah satu perusahaan. Namun, setiap orang dapat melakukan perencanaan keuangan untuk mengelola kasnya dengan nominal pendapatan masing-masing.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang faktor yang membuat pengeluaran cenderung lebih besar dari pemasukan. Untuk meminimalisir kondisi arus kas yang negatif, faktor tersebut harus dihindari, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Godaan Gaya Hidup

Terkadang, gaya hidup seseorang bisa berubah bilamana telah mendapatkan penghasilan yang lebih dari sebelumnya. Misalnya, sebelum mendapatkan pendapatan di atas UMR, seseorang dapat hidup sederhana dengan membawa bekal untuk makan siang di tempat kerjanya.

Namun, setelah mendapat promosi di tempatnya kerja, orang tersebut mengalami perubahan gaya hidup. Hal pertama yang memicunya adalah memiliki rasa mampu untuk membeli barang yang menurutnya adalah kebutuhan. Padahal, sebelum menerima kenaikan gaji, barang tersebut adalah keinginan.

Baca Juga  Bauran Pemasaran: Pengertian, Sejarah dan Konsepnya

2. Adanya Kebutuhan Tak Terduga Yang Tidak Disiapkan Sebelumnya

Kebutuhan tak terduga bisa datang dari mana saja asalnya. Ada yang tiba-tiba mobil rusak, terserang penyakit, atau bahkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Bila memiliki kesiapan tabungan untuk hal tersebut, arus kas bisa terselamatkan. Namun bila tidak, arus kas akan minus.

3. Faktor Alamiah

Faktor alamiah yang bisa menjadi penyebab arus kas negatif adalah pada dasarnya memang pemasukan lebih sedikit dari tuntutan kebutuhan hidup. Ini yang perlu diperhatikan kelompok pemberdaya ekonomi menengah kebawah agar dapat terkatrol.

Pentingnya Perencanaan Keuangan Agar Cash Flow Tetap Positif

pengertian cash flow

Keadaan cash flow yang positif menunjukkan keberhasilan pengelolaan keuangan yang stabil. Hal ini sangat dipengaruhi oleh perencanaan keuangan yang tepat. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh faktor pemasukan yang signifikan dan pola pengaturan pengeluaran yang bijak.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa, unsur utama dan terpenting pada cash flow adalah cash in dan cash out. Keberadan keduanya satu sama lain saling mengurangi. Maka dari itu, analisa keuangan yang tepat dapat mengontrol kondisi finansial agar tidak minus.

Namun pada kenyataannya, menciptakan kondisi cash flow positif tersebut bukanlah hal yang mudah, meski ini tidak berlaku untuk semua orang. Mengapa demikian? Manusia terlalu cenderung menilai kegiatan pengelolaan dengan perencanaan keuangan adalah hal sepele.

Beberapa diantaranya beralasan kurang memiliki waktu yang cukup untuk membuat perencanaan keuangan, namun tetap membeli barang sesuai kebutuhan bukan keinginan. Di sisi lain, mencari pembenaran dengan beranggapan bahwa pemasukan sangat minim untuk disisihkan sebagai tabungan.

Hal ini dapat terjadi karena minimnya pemahaman tentang pentingnya perencanaan keuangan agar cash flow tetap bernilai positif. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, untuk mewujudkan pola perencanaan keuangan agar tetap positif dalam arus kas adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Jenis Jenis Koperasi: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

1. Nilai Uang Akan Terus Mengalami Penurunan Dari Waktu Ke Waktu

Nilai uang yang dimaksudkan dalam hal ini adalah kemampuan daya beli uang untuk ditukarkan menjadi sebuah barang dan atau jasa. Hal ini merupakan dampak dari inflasi yang tidak bisa dihindari.

2. Kenaikan Pemasukan Kadang Tidak Sebanding Dengan Kenaikan Inflasi

Seiringan dengan terjadnya inflasi, mungkin akan ada kabijakan pemerintah terkait kenaikan upah buruh. Namun, terkadang hal ini tidak begitu mendukung untuk membeli kebutuhan saat inflasi sedang terjadi.

3. Uang Adalah Sesuatu Yang Riskan

Uang sebagai sesuatu yang riskan memiliki arti bahwa uang perlu kita kelola dengan hati-hati. Pendapatan untuk satu bulan bekerja, mungkin akan habis dalam hitungan hari saja jika digunakan membayar cicilan, tagihan, atau mungkin pemenuhan kepuasan diri dengan dalih self reward.

4. Tidak Ada Sesuatu di Dunia Ini Yang Berhasil Tanpa Perencanaan Yang Baik

Sebuah rencana hanya akan menjadi wacana bila tidak ada tindakan realisasinya. Perencanaan yang baik dapat disusun sesuai kebutuhan pola hidup dengan kondisi finansial yang ada.

Perencanaan ini perlu dilakukan dengan disiplin agar keuangan tetap stabil di selisih positif antara pemasukan dan pengeluarannya.

Manfaat Laporan Arus Kas

arus kas

Arus kas adalah sesuatu yang harus dijaga kestabilannya karena perannya sangat vital dalam pengelolaan finansial. Untuk memantaunya, perlu adanya bentuk laporan arus kas agar memudahkan pemantauan dan analisis kondisi finansial.

Pengertian laporan arus kas sendiri adalah sebuah bentuk laporan yang berisi data pemasukan dan pengeluaran dalam suatu kurun waktu tertentu. Bentuknya disusun secara sistematis sehingga mudah dibaca dan dipahami. Beberapa manfaat yang diperoleh jika memiliki laporan arus kas adalah berikut ini.

1. Memantau Kondisi Keuangan

Dengan adanya suatu laporan, kondisi keuangan dapat terpantau dengan mudah. Termasuk di dalamnya mengetahui seberapa besar jumlah pemasukan yang dimiliki.

Baca Juga  Joint Venture: Pengertian, Contoh, dan Keuntungannya

2. Refleksi Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial yang dimaksud adalah sejauh mana upaya pemenuhan kebutuhan agar pengeluaran tidak membengkak. Hal ini berkaitan dengan data yang tertulis di laporan arus kas. Sehingga pengeluaran yang akan dilakukan dapat direncanakan dengan baik.

3. Mengetahui Kemajuan Operasional Keuangan

Dengan adanya laporan ini, maka pengelola keuangan dapat mengetahui kemajuan operasional keuangan. Termasuk apakah kondisi finansial yang sehat ini dapat digunakan untuk modal usaha, atau diinvestasikan ke hal lain yang lebih bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *