11 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Tanpa Prank Sampah

Cara Menjadi Youtuber – Apakah Kamu ingin menjadi youtuber terkenal dengan memiliki pendapatan yang besar? Jika ya maka hal tersebut perlu Kamu lakukan tidak dengan cara yang tidak instan karena butuh waktu lama bahkan bertahun-tahun untuk jadi youtuber terkenal.

Namun, hal tersebut memanglah hal yang mudah seperti membalikan kedua telapak tangan, akan tetapi jika Kamu serius dan konsisten dalam menjalaninya maka hal apapun yang Kamu impikan bisa saja terjadi dan hal yang paling utama sebelum memulainya adalah dengan mencintai profesi ini.

Dan jangan berkecil hati jika misalkan subscribe Kamu masih sedikit, karena dengan membangun reputasi YouTube yang positif membutuhkan waktu yang agak lama tetapi nantinya bisa menyebabkan ketenaran untuk jangka panjang.

11 Cara Menjadi Youtuber Terkenal dan Menghasilkan

cara jadi Youtuber

Sebelum menjadi youtuber terkenal maka ada langkah demi langkah yang perlu Kamu lakukan dan berikut di bawah ini adalah ulasannya yang Saya kutip dari website Suara.com:

1. Buatlah Akun Google

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan sebelum menjadi Youtuber adalah dengan membuat akun google atau akun email gmail, karena akun google adalah salah satu syarat yang sangat diperlukan untuk mendaftarkan akun youtube milik Kamu.

2. Membuat Channel Youtube

Setelah berhasil membuat akun google maka cara menjadi Youtuber  selanjutnya adalah dengan membuat channel youtube Kamu dan ada baiknya Kamu memilih nama channel youtube yang mudah diingat dan unik sesuai dengan isi-isi konten youtube Kamu.

Setelah berhasil membuat channel youtube maka langkah selanjutnya adalah dengan mengisi profil channel youtube Kamu dengan gambar dan deskripsi yang menarik penonton.

Karena tingkat keberhasilan dan tingkat subscribers Kamu terkait erat dengan seberapa baik tampilan profil youtube Kamu sehingga buat profil youtube yang berkesan.

3. Tentukan Niche Konten yang Kamu Sukai

Cara menjadi youtuber selanjutnya adalah menentukan niche konten yang akan dibagikan, ada baiknya hal ini dipikirkan sejak awal sebelum Kamu akan memulainya.

Misalkan saja Kamu ingin membahas tentang niche teknologi dimana nichen ini paling Kamu sukai, maka isi dalam konten youtube Kamu membagikan berbagai macam informasi seputar teknologi terbaru.

Baca Juga  Pengertian E Commerce: Sejarah, Contoh, dan Manfaatnya

Bisa juga Kamu membuat 1 akun youtube akan tetapi isinya berbagai macam niche seperti teknologi, hiburan maupun pendidikan akan tetapi jika Kamu masih pemula tentang dunia youtube maka coba fokus pada 1 niche dulu yang Kamu sukai dan pahami selak beluknya.

Setelah itu Kamu ciptakan konten video youtube Kamu dengan konten-konten yang menarik dan memberikan wawasan serta dapat memberikan banyak manfaat untuk semua orang.

Berbicara mengenai konten youtube ada konten viral yang banyak diincar dan di share akan tetapi biasa konten viral tersebut tidak akan bertahan lama, maka coba pilih konten organic yang lebih stabil jumlah viewersnya.

4. Memiliki Perlengkapan yang Dibutuhkan dan Tepat

bagaimana cara jadi youtuber

Jika Kamu ingin mendapatkan uang dari video youtube, maka cara menjadi Youtuber Kamu harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Namun, jangan khawatir, peralatan yang Kamu butuhkan bisa disesuaikan untuk pemula jangan belu perlengkapan yang terlalu mahal akan tetapi pilih yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Hal pertama yang Kamu butuhkan adalah dengan memiliki kamera yang bagus, dan sudah tak terhitung lagi jumlahnya kamera terbaik untuk streaming langsung yang memiliki harga jutaan sampai puluhan juta.

Akan tetapi hal tersebut harus menyesuaikan dengan isi dompet Kamu, sebagai saran maka Kamu dapat memanfaatkan kamera handphone Kamu dengan syarat kualitasnya baik dan jernih.

Pastikan Kamu merekam video hanya ketika kondisi pencahayaan sempurna dan jika kondisi pencahayaan kamar Kamu tidak cukup cerah, bahkan jika video direkam dengan kamera paling mahal maka hasilnya akan terlihat buruk.

Oleh karena itu pencahayaan dalam proses merekam video pun tak kalah penting dan dengan membeli lampu pencahayaan maka dapat mempermudah Kamu saat merekam video disaat malam hari.

Selain itu mikrofon juga sangat penting, karena tidak ada gunanya merekam video akan tetapi tidak bisa memberikan kualitas suara yang maksimal saat Kamu berbicara atau mengulas suatu produk, jadi berbagai macam peralatan diatas perlu untuk Kamu beli.

Anggap saja peralatan-peralatan tersebut Kamu beli yang nantinya akan menjadi sebuah investasi jangka panjang bagi Kamu untuk masa depanmu.

5. Melakukan Proses Editing Dengan Baik

Jika Kamu ingin menjadi youtuber terkenal maka Kamu harus belajar bagaimana cara proses editing dengan baik dan benar, walaupun sulit akan tetapi perlu Kamu coba dan seiring dengan berjalannya waktu maka keterampilanmu saat proses editing akan semakin terasah sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

Karena, seperti yang Kita ketahui vide yang telah diunggah di channel youtube setelah proses pengambilan video maka langkah selanjutnya adalah dengan editing video dan nantinya Kamu akan menambahkan atau menggabungkan atau mengcrop video sehingga nantinya melahirkan karya yang luar biasa untuk para penonton.

Sebagai masukan ada baiknya video yang Kamu editing tingkat pencahayaan, audio dan efeknya jangan terlalu norak akan tetapi buat editing video secara natural dan menarik mata dan untuk durasinya menyesuaikan saja jangan terlalu sebentar atau lama.

6. Share Video Kamu ke Media Sosial

cara share video yt

Setelah proses editing selesai dan hasilnya sudah tayang di channel youtube milik Kamu, maka cara jadi youtube selanjutnya adalah dengan menshare video Kamu ke berbagai macam media sosial milikmu atau Kamu bisa juga membuat akun media sosial khusus untuk channel youtube Kamu.

Karena dengan membagikannya di media sosial seperti Instagram, maupun Facebook maka video Kamu semakin besar untuk terkenal dan lebih banyak ditonton oleh teman-temanmu.

Ya, hal tersebut memang sah-sah saja karena strategi ini banyak dilakukan oleh banyak youtuber diluar sana untuk menaikan trafik dan subscribe, akan tetapi perlu Kamu catat jangan mensharenya ke grup-grup Facebook dengan cara spam yaitu share ke banyak grup-grup.

Yang ada malahan nantinya akun media sosial Kamu terblokir dan channel Kamu dianggap sebagai channel murahan, pastinya Kamu tidak mau bukan dianggap seperti itu?

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

7. Tingkatkan Jumlah Subscriber Channel Youtube

trik meningkatkan subscribe

Cara menjadi Youtuber selanjutnya adalah meningkatkan jumlah subscriber channel youtube mu caranya adalah dengan melakukan promosi di media sosial ataupun Kamu bisa masuk ke forum-forum khusus untuk para youtube.

Dan jika misalkan subscribe milikimu sudah banyak dan ada komentar yang diberikan oleh para penonton, maka Kamu bisa balas komentar-komentar mereka secara baik entah itu yang positif maupun yang negatif.

Karena pastinya ada haters yang akan menyerang maka Kamu hanya perlu membalasnya dengan komentar-komentar yang baik dan jika ada komentar yang baik maka ucapkan terimakasih atau minimal berikan likes pada mereka sebagai bentuk apresiasi.

Dengan respons yang Kamu berikan kepada mereka maka hal ini merupakan sebuah bentuk komunikasi tidak langsung antara Kamu dengan para penonton dan dengan hal ini
nantinya channel milik Kamu bisa lebih disukai daripada youtubers yang tidak membalas komentar-komentar.

8. Menambah Subscribe Dengan Teknik Giveaway

Sebenarnya ada banyak teknik yang bisa membuat subscribe channel youtube milik Kamu bertambah banyak, mulai dari main forum sampai teknik giveaway, lalu apa gunanya giveaway tersebut?

Ya teknik ini adalah adalah salah satu teknik untuk menambahkan subscribe dengan banyak yang banyak digunakan saat ini, contohnya saja Kamu akan memberikan sejumlah hadiah maupun uang kepada para subscribe Kamu dengan cara mengkocok nama subscribe dengan menggunakan aplikasi.

Akan tetapi ada syarat-syarat agar nantinya bisa menguntungkan Kamu misalkan saja subscribe wajib like video Kamu dan juga wajib subscribe. Bahkan Saya pernah melihat seorang youtubers yang memberikan motor kepada subscribe channelnya.

Memang dibutuhkan modal yang terbilang besar untuk melakukan teknik ini tetapi Kamu juga bisa memberikan hadiah-hadiah kecil yang bisa Kamu coba, contohnya saja adalah pulsa.

9. Konsisten Membuat dan Berbagi Video

share video youtube

Konsistensi dalam membuat dan mengunggah video itu penting. Semakin sering membuat video, maka semakin sering pula akun YouTube Anda muncul di beranda laman ini. Apalagi bagi orang yang sudah pernah menonton video yang diunggah sebelumnya.

Contohnya saja Kamu harus konsisten dan menyesuaikan dengan target Kamu, misalkan saja jika Kamu awalnya konsisten ingin tembus 1000 subscribe dan 4000 jam tayang maka Kamu harus konsisten membuat konten Youtube minimal 1 minggu sekali.

Selain cara menjadi Youtuber usahakan untuk membuat konten original alias tidak menjiplak video orang lain dan buat judul dan deskripsi yang akan membuat orang penasaran sehingga orang banyak yang ingin menonton video Kamu.

10. Jangan Pernah Takut untuk Mencoba

Untuk memulai saja sudah takut mencoba, bagaimana untuk kedepannya? nah apabila sahabat Tedas.id ingin menjadi youtubers terkenal dengan pendapatan yang fantastis maka hal yang pertama adalah jangan pernah takut untuk mencoba.

Karena hampir sebagian besar kegagalan terbesar itu bukan saat saluran YouTube Kamu tidak berkembang alias mentok subscribenya, tapi karena ketakutan untuk mencobanya.

Oleh karena itu, jangan takut untuk mencoba, karena dengan mencoba lah maka Kamu bisa tahu bagaimana respons para netizen terhadap akun YouTube milik Kamu entah itu positif maupun negatif Kamu harus belajar dan belajar lagi.

Baca Juga  3 Cara Menghapus Halaman di Facebook Secara Permanen

11. Jangan Membuat Konten Sampah Hanya Untuk Viral

Pastinya sahabat Tedas.id tahu baru baru ini ada seorang Youtubers Ferdian Paleka dan teman-temannya yang sedang viral karena membuat sebuah konten prank yang berisikan bingkisan sampah yang dibagi-bagi, padahal hal tersebut menurut saya pribadi tidak manusiawi.

Bayangkan saja di masa pandemi seperti saat ini banyak orang yang membutuhkan bantuan entah itu makanan maupun uang, karena walaupun sedikit bantuan yang didapatkan sungguh berarti dalam kehidupan.

Malah Youtubers ini membuat banyak netizen emosi karena merendahkan derajat manusia dengan sengaja dan dengan sadar mengisi kardus mie di dalamnya isinya sampah yang diambil langsung dari tempat sampah dan juga tak ketinggalan batu bata, lalu dibagi-bagikan kepada waria dan anak-anak di jalanan.

Setelah mereka mendapatkan yang awalnya dikira sembako mereka sangat senang padahal setelah dibuka sungguh miris.

Dan parahnya lagi pelaku utama hingga 7 Mei 2020 masih belum ditemukan alias buron, dan gak cuman disitu pelaku utama melontarkan permohonan maaf di IG Story tapi ujung ujungnya malah bohong dan banyak netizen yang geram karena perlakukan Youtubers ini.

Memang sah-sah saja membuat konten prank tapi “Jika membuat konten prank jangan merugikan orang lain” sehingga jika Kamu ingin terkenal di Youtube maka ciptakanlah karya yang original dan membuat bangga penonton channel Youtube, selamat mencoba sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *