Budget: Tipe, Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Budget adalah rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dengan satuan moneter yang mencakup semua aktivitas perusahaan untuk periode waktu tertentu di masa mendatang.

Oleh karena itu rencana yang disusun dinyatakan dalam satuan moneter, karena budget adalah sering disebut sebagai rencana keuangan.

Dalam budget, ada satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti bahwa semua kegiatan akan dikuantifikasi dalam satuan uang. Sehingga dapat diukur pencapaian efisiensi dan efektifitas kegiatan yang dilakukan.

Apa itu Budget?

budget
Apa itu budget? Ya budget adalah sebuah komitmen manajemen formal terkait dengan pendapatan, biaya, dan berbagai transaksi keuangan dalam periode tertentu di masa depan. Sedangkan pengertian budget perusahaan adalah proses perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan yang dijelaskan dalam suatu kegiatan.

Tujuan budget adalah untuk memperkirakan operasi perusahaan dalam estimasi keuangan. Jika keuangan di dalam perusahaan lancar tanpa ada hambatan apapun, maka perusahaan anda akan berjalan dengan lancar. Nah berikut ini ada beberapa jenis dan tipe budget yang perlu anda ketahui dan pelajari.

Tipe Tipe Budget Adalah Sebagai Berikut

budget artinya

1. Ceiling Budget

Jenis budget yang digunakan untuk tujuan pengawasan disebut ceiling budget. Jenis anggaran ini mengawasi agen secara langsung dengan menetapkan batas pengeluaran melalui peraturan tentang penggunaan / pemberian. Bahkan secara tidak langsung dengan membatasi pendapatan agen ke sumber yang diketahui dan jumlah yang terbatas.

2. A Line-Item Budget

Jenis ini mengklasifikasikan pengeluaran berdasarkan jenis, digunakan untuk memantau jenis pengeluaran dan juga jumlah total.

Baca Juga  Pengertian, Teori, Manfaat Perdagangan Internasional

3. Performance and Program Budgets

Jenis ini berguna untuk menentukan kegiatan atau program berdasarkan di mana dana tersebut digunakan, dengan demikian dapat membantu dalam evaluasi mereka. Dengan memisahkan pengeluaran berdasarkan fungsi (seperti kesehatan atau keselamatan masyarakat) atau berdasarkan jenis pengeluaran (seperti penempatan staf dan peralatan).

Jika berdasarkan sumber pendapatan seperti pajak kekayaan atau biaya pengguna, administrator dan legislator dapat memperoleh laporan yang tepat tentang transaksi keuangan untuk menjaga efisiensi internal dan pengawasan eksternal.

Tujuan Budget

Tujuan BudgetTujuan penyusunan budget adalah sebagai berikut:

* Bertujuan untuk mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak terkait sehingga anggaran dipahami, didukung, dan diimplementasikan..

* Bertujuan untuk mengkoordinasikan metode / metode yang akan diambil untuk memaksimalkan sumber daya.

* Bertujuan untuk menyediakan alat pengukuran dan mengontrol kinerja individu dan kelompok, dan memberikan informasi yang mendasari perlunya tindakan korektif.

Manfaat Budget

arti budget

1. Budget artinya hasil dari proses perencanaan, yang berarti bahwa anggaran adalah perjanjian negosiasi antara peserta dominan dalam suatu organisasi mengenai tujuan kegiatan di masa depan.

2. Budget adalah deskripsi alokasi prioritas sumber daya yang dimiliki karena dapat bertindak sebagai cetak biru untuk kegiatan perusahaan.

3. Budget adalah alat komunikasi internal yang menghubungkan satu departemen (divisi) dengan departemen lain (divisi) dalam organisasi atau dengan manajemen puncak.

Baca Juga  Revolusi Industri 4.0, 3.0. 2,0 dan 1,0, Apa Bedanya?

4. Budget artinya memberikan informasi tentang hasil aktual kegiatan dibandingkan dengan standar yang ditetapkan.

5. Budget artinya menjadi alat kontrol manajemen untuk menentukan bagian organisasi supaya menjadi kuat. Sehingga ini dapat mengarahkan manajemen untuk menentukan tindakan korektif yang harus diambil.

Jenis-jenis Budget

apa itu budget

1. Budget Penjualan

Jenis anggaran mengenai semua rencana penjualan selama periode yang ditentukan akan dinyatakan dalam satuan uang dan juga kuantitas penjualan.

Anggaran ini dapat diatur berdasarkan proyeksi penjualan yang akan disediakan oleh perusahaan. Anggaran perusahaan adalah anggaran yang dapat menjelaskan secara rinci tentang penjualan perusahaan di masa depan.

2. Budget Produksi

Jenis anggaran ini adalah tentang semua rencana unit yang akan diproduksi selama periode anggaran. Estimasi produksi ditentukan berdasarkan rencana penjualan atau inventaris yang telah direncanakan.

Anggaran ini adalah dasar dari biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, dan biaya pabrik.

3. Budget Biaya Bahan Baku

Jenis anggaran ini adalah tentang semua jenis perkiraan bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan menyatakan jumlah bahan baku dan satuan uang.

Dari anggaran ini, akan diketahui bahwa pembelian bahan baku akan digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran kas dan laba rugi.

4. Budget Biaya Tenaga Kerja Langsung

Jenis anggaran ini adalah tentang perkiraan biaya tenaga kerja selama beberapa periode anggaran yang akan digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran tunai dan juga untung rugi.

Secara umum, persiapan ini adalah perhitungan biaya tenaga kerja yang dikenal dengan dua jenis perhitungan seperti upah satuan dan upah per jam.

5. Budget Overhead Pabrik

Jenis anggaran ini adalah tentang biaya overhead pabrik selama beberapa periode anggaran yang digunakan dalam menyiapkan kas dan anggaran laba rugi.

6. Budget Persediaan

Jenis anggaran ini adalah tentang inventaris yang dimiliki perusahaan dalam periode waktu tertentu dengan perencanaan yang terperinci dan jelas.

7. Budget Biaya Produksi

Jenis anggaran yang satu ini adalah tentang biaya pemasaran dan biaya administrasi umum tentang perkiraan biaya administrasi, biaya administrasi dan biaya umum.

8. Budget Program

Jenis anggaran yang satu ini adalah tentang anggaran operasional berdasarkan semua program utama perusahaan dari jenis atau kelompok produk seperti program penelitian dan pengembangan.

9. Anggaran Pertanggungjawaban

Jenis anggaran ini adalah tentang anggaran operasional yang disusun berdasarkan pusat pertanggungjawaban yang ada di perusahaan.

10. Budget Belanja Modal

Jenis anggaran yang satu ini adalah tentang anggaran untuk merencanakan perubahan pada aset tetap perusahaan selama periode anggaran tertentu.

Baca Juga  Ergonomi: Tujuan, Prinsip dan Manfaatnya

11. Budget Kas

Jenis anggaran ini adalah tentang sumber dan penggunaan uang tunai dalam periode tertentu. Anggaran ini terdiri dari berbagai anggaran operasional dan belanja modal berdasarkan penyusunan anggaran neraca.

12. Budget Rugi Laba

Jenis anggaran ini adalah tentang untung dan rugi yang bisa didapat perusahaan selama periode yang ditentukan. Anggaran ini digunakan sebagai dasar penyusunan neraca.

13. Budget Neraca

Jenis anggaran ini adalah tentang rencana tentang posisi keuangan seperti aset, modal, dan utang yang dimiliki oleh perusahaan dari awal hingga akhir periode.

14. Budget Perubahan Posisi Keuangan

Jenis anggaran yang satu ini adalah tentang rencana untuk mengubah aset, utang, dan modal perusahaan selama periode yang ditentukan.

Itulah pengertian tentang budget adalah yang perlu anda ketahui. Menentukan budget atau anggaran sebuah perusahaan sangat penting bagi pemilik bisnis. Jika budget yang ditentukan itu tidak sesuai, maka akan sangat berpengaruh di dalam perusahaan anda. Jadi, anda perlu tahu betul dalam menentukan budget atau anggaran perusahaan anda.

Jika anda masih belum tahu cara menentukannya, maka anda bisa mempelajarinya di dalam artikel ini. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan kepada anda. Baca terus artikel ini supaya anda bisa memahami apa itu yang di maksud budget perusahaan dll. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menentukan budget perusahaan anda.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *