Brand: Pengertian, Jenis dan Cara Meningkatkannya

Brand – Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘brand’? Banyak merek dalam dunia bisnis yang memiliki brand produknya sendiri. Jika Anda beranggapan bahwa brand hanyalah ‘sebuah desain’ biasa tanpa arti, maka itu salah besar. Arti brand lebih dari sekedar logo atau desain semata.

Brand dapat diibaratkan sebagai suatu reputasi atau ‘nama’ bagi sebuah perusahaan. Kehadiran brand inilah yang menjadi acuan ‘nilai’ dari perusahaan tersebut. Untuk bisa menjalin koneksi yang baik dan langgeng dengan pelanggan, Anda perlu berbagai nilai tentunya. Berikut pembahasan lengkapnya.

Pengertian Brand

Pengertian Brand

Dalam pembukaan diatas sudah sedikit disinggung tentang apa itu brand. Detailnya, brand merupakan karakter, pemahaman logis, asset, dan performa yang dikumpulkan dari apa yang dipikirkan oleh konsumen saat mendengar dan melihat produk atau perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa brand ini merupakan gambaran persepsi konsumen terhadap produk atau perusahaan tersebut. Semakin berkembangnya bisnis membuat para pebisnis sadar bahwa perusahaan atau produk membutuhkan sebuah merek yang menggambarkan kualitas dari produk tersebut.

Baca Juga  Feedback: Pengertian, Jenis dan Cara Menyampaikannya

Dalam membuat brand pun tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan membangun brand tidak hanya tentang desain, tagline, logo maupun nama semata. Tujuan dari membangun brand adalah membuat produk maupun jasa yang disediakan melekat di hati dan pikiran konsumen.

Seberapa Penting Sebuah Brand Bagi Perusahaan?

Brand mampu menciptakan perbedaan, memberi nilai, dan mendapat hasil jangka panjang. Branding juga menentukan pengambilan keputusan pada konsumen.

Karena hal inilah brand disebut sebagai asset penting yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan atau bisnis baik yang menyediakan jasa maupun produk. Untuk menarik perhatian konsumen, sebuah perusahaan perlu membangun koneksi baik dengan para pelanggan.

Brand yang baik akan membawa produk dan perusahaan Anda menuju pada puncak rantai. Maka dari itu, kembangkan brand sebaik mungkin agar mampu membawa nama produk Anda melambung tinggi.

Jika dilihat sekilas, pengertian brand memang terlihat sederhana. Faktanya, brand sangat membantu dalam perkembangan pemasaran produk maupun jasa di sebuah perusahaan. Sebuah brand mampu menciptakan karakter, kepribadian, dan jiwa dari sebuah produk dari perusahaan tertentu.

Apakah Fungsi Brand?

Fungsi Brand

Tidak hanya difungsikan sebagai karakter saja, brand adalah citra dari sebuah perusahaan yang menjadi image di antara konsumen dan masyarakat. Berikut beberapa fungsi brand yang perlu Anda ketahui.

* Menampilkan Keunikan Dari Produk Atau Jasa

Tujuan dibentuknya sebuah brand adalah untuk menunjukkan bahwa produk atau jasa dari perusahaan tersebut berbeda dan unik. Dengan adanya brand ini, konsumen bisa membedakan produk perusahaan Anda dengan produk perusahaan lain.

* Mengendalikan Pasar

Arti brand dalam dunia bisnis sangatlah luas, dan sebagai pengendali pasar adalah salah satunya. Brand yang kuat mampu menjadi penguasa pasar yang harus diantisipasi oleh para kompetitornya. Selain itu, masyarakat juga bisa dengan mudah mengenal brand penguasa pasar ini.

* Mempermudah Promosi

Brand memiliki kemampuan daya tarik yang mampu membuat konsumen merasa tertarik dengan produk atau jasa tersebut. Selain itu, brand juga dapat mempermudah promosi dari jasa maupun produk tersebut.

Baca Juga  Manajemen Pemasaran : Pengertian, Ciri, dan Strateginya

* Sebagai Pembangun Citra dan Karakter

Seperti yang sudah disinggung pada poin diatas bahwa brand juga membawa karakter dan citra dari sebuah perusahaan. Karakter, citra, kualitas, dan prestise akan selalu melekat pada brand yang digunakan tersebut dengan berdasar pada pengalaman pengguna dan informasinya.

Unsur-unsur dalam Brand

Tidak boleh sembarangan, ada beberapa unsur yang wajib ada saat membuat sebuah brand. Brand adalah salah satu asset atau harta berharga bagi sebuah perusahaan, maka dari itu terdapat unsur-unsur penting yang wajib dipenuhi dalam pembentukannya.

Nantinya, brand yang dipilih tersebut akan terus digunakan oleh produk atau jasa dalam perusahaan tersebut. Tidak hanya terdiri dari sebuah lambang atau logo saja, ada enam unsur yang wajib ada dalam membuat sebuah brand.

Enam unsur yang harus ada untuk menggambarkan sebuah brand adalah nama merek, visual, juru bicara, suara, kata-kata, dan logo. Seluruh unsur tersebut harus ada jika ingin membangun brand yang kuat dan menguasai pasar.

Tujuan Didirikannya Brand

brand adalah

Secara umum, sebenarnya tujuan dari dibuatnya sebuah brand ini sudah dijelaskan. Namun demikian, perlu dipahami bahwa ada beberapa tujuan spesifik diciptakannya sebuah brand dalam bisnis, yakni sebagai berikut.

Baca Juga  Pengertian Manajemen : Fungsi, Unsur dan Tujuannya

* Menjadi tanda kredibilitas dari sebuah perusahaan,

* Dapat menjadi penghantar pesan yang tepat,

* Menjadi penghubung dengan konsumen secara emosional dengan tepat,

* Memastikan bahwa pelanggan akan selalu setia dengan produk,

* Mampu memotivasi konsumen baru untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa perusahaan.

Apa Saja Manfaat Melakukan Branding?

Melakukan branding menggunakan produk atau jasa Anda dapat mendatangkan beberapa manfaat. Katakanlah diantaranya seperti menciptakan daya tarik sendiri bagi konsumen, menciptakan peluang usaha dengan adanya diferensiasi produk, dan menjadi ciri tertentu dari sebuah produk.

Selain ketiga manfaat tersebut, manfaat lain yang juga bisa didapatkan adalah membuka peluang baru bagi perusahaan untuk menciptakan harga tinggi dan memudahkan perusahaan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Jenis-jenis Branding dalam Bisnis

Jenis-jenis Branding dalam Bisnis

Dalam dunia branding, ada beberapa jenis branding dalam dunia bisnis yang menggambarkan apa itu brand. Berikut jenis branding yang ada dalam bisnis.

* Personal Branding

Jenis satu ini sudah sangat populer di kalangan pebisnis maupun public figure. Tipe personal branding ini digunakan untuk memberikan pandangan orang lain terhadap diri Anda secara pribadi.

* Product Branding

Setelah mengenal pengertian brand, Anda juga wajib mengetahui apa itu product branding. Sebuah merek atau brand dapat dikatakan sukses jika konsumen lebih memilih produknya dibanding dengan produk lain yang serupa. Itulah yang disebut dengan product branding.

* Geographic Branding

Jenis branding satu ini bertujuan untuk memunculkan sebuah gambaran dari produk atau jasa yang dijual oleh sebuah perusahaan.

Baca Juga  Kredibilitas: Pengertian, Jenis dan Cara Membangunnya

* Cultural Branding

Branding yang satu ini mengembangkan reputasi terkait dengan lingkungan dan konsumen yang berada di lokasi atau kebudayaan tertentu.

* Corporate Branding

Jenis branding yang terakhir adalah corporate branding. Corporate branding memegang peranan penting untuk mengembangkan reputasi dari sebuah perusahaan atau bisnis tertentu yang meliputi produk maupun karyawannya terhadap masyarakat di sekitar.

Cara Meningkatkan Branding

Cara Meningkatkan Branding

Setelah mengetahui apa itu brand secara lebih detail, Anda tentu penasaran bagaimana cara meningkatkan nilai dari sebuah brand agar bisa lebih unggul dibanding brand lain. Berikut daftar cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan nilai dari sebuah brand.

* Melalui Sosial Media

Sosial media saat ini menjadi salah satu platform terbesar yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, termasuk untuk urusan branding ini. Sosial media bisa menjadi jembatan yang tepat untuk memperkuat brand Anda.

* Menjalin Kerjasama

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menambah arti brand roduk adalah dengan menjalin kerjasama atau partnering. Anda bisa menjalin kerjasama dengan brand lain atau menggaet influencer untuk mempromosikan brand.

* Melakukan Review Pelanggan

Dapat dikatakan bahwa salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk milik Anda adalah review yang dilakukan oleh pelanggan sebelumnya. Secara tidak langsung, review yang diberikan ini dapat meningkatkan brand produk.

* Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan branding dari produk atau jasa adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan atau konsumen.

* Menciptakan Keterikatan Emosional dengan Pelanggan

Keterikatan emosional yang bisa terjalin dengan konsumen dapat meningkatkan brand pada sebuah produk. Timbulnya keterikatan emosi ini dapat membuat konsumen merasa tertarik dan menginginkan produk atau jasa dari brand yang Anda bangun.

* Melalui Podcast

Salah satu fenomena baru yang sedang cukup viral di Indonesia adalah konten podcast. Anda bisa memanfaatkan podcast untuk meningkatkan branding dalam produk. Podcast dapat membantu memperkenalkan brand Anda secara lebih intens.

* Melalui Sponsor

Anda juga bisa meningkatkan brand dengan menggunakan sponsorship. Kegiatan seperti ini memang sudah cukup umum dilakukan. Pemilik bisnis memberanikan diri untuk menjadi investor atau sponsor dari sebuah acara untuk membuat namanya melambung.

* Bekerjasama dengan Influencer

Menjalin kerjasama dengan influencer adalah salah satu cara paling mudah yang bisa ditempuh untuk meningkatkan brand dari sebuah produk atau jasa. Influencer dapat membuat orang lain merasa tertarik untuk membeli barang atau jasa yang direkomendasikannya.

Baca Juga  Clickbait: Pengertian, Cara Menghindari dan Manfaatnya

* Marketing Konten

Anda perlu membuat konten yang menarik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Konten yang dibuat dapat membantu konsumen untuk menetapkan keputusan yang tepat dalam membeli produk atau jasa Anda.

* Melalui Event

Anda bisa memperkenalkan dan meningkatkan brand produk atau jasa melalui event marketing. Event ini akan membantu Anda mendapatkan perhatian dari para konsumen maupun calon konsumen.

* Memberikan Merchandise

Merchandise dapat dikatakan sebagai tanda terimakasih yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada konsumennya. Tanda terima kasih ini dapat berupa benda maupun voucher yang berguna untuk konsumen.

* Video Marketing

Melihat dari pengertian brand yang sudah dideskripsikan diatas, video marketing dapat menjadi salah satu jalan yang akan sangat ampuh untuk meningkatkan brand dari sebuah produk atau jasa dalam bisnis.

* Mendorong Konsumen untuk Mempromosikan Produknya

Cara satu ini seringkali disebut dengan istilah word of mouth atau menggugah konsumen untuk memberikan rekomendasi atau menceritakan brand produk Anda kepada orang lain. Dengan begitu, konsumen baru akan merasa tertarik untuk mengenal brand tersebut lebih jauh lagi.

* Memposisikan Merek atau Brand Anda

Pernah mendengar positioning? Istilah ini digunakan untuk memposisikan merek atau brand Anda agar terlihat berbeda dan lebih baik daripada brand miliki competitor. Anda perlu memposisikan brand dengan baik agar menjadi berbeda dan unik.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.