Apa Itu COD? Dan Apa Kekurangan dan Kelebihannya?

Apakah Kamu seseorang yang hobi berbelaja online? Jika ya pastinya Kamu sudah tidak asing bukan mendengar apa itu COD? Tetapi apakah kepanjangan COD itu dan apakah kelebihan dan kekurangannya? Nah jika Kamu penasaran simak terus artikelnya sampai tuntas.

Berbelanja baik itu secara langsung maupun yang dilakukan secara online memanglah hobi sebagian besar anak zaman now, sehingga saat ini sudah banyak bertebaran toko online yang bisa diakses dengan mudah lewat aplikasi di smartphone.

Namun, ada baiknya disaat berbelaja online Kamu harus cerdas memilih barang-barang yang akan Kamu beli dan jangan sampai Kamu membeli barang-barang tersebut karena hanya ingin ikut-ikutan saja akan tetapi ada baiknya belilah barang sesuai dengan kebutuhanmu bukan sesuai keinginanmu.

COD adalah

Apa Arti Dari COD?

Ya, kepanjangan COD adalah Cash On Delivery, dimana pengertian COD ini merupakan salah satu hal yang sudah tidak asing lagi disaat bertrasaksi jual beli barang entah itu di toko online maupun yang dilakukan di media sosial.

Singkatnya disaat Kamu sedang berbelaja atau memesan barang maka Kamu perlu membayarnya setelah barangnya sampai ditangan Kamu.

Baca Juga  Mau Naik Pesawat? Ketahui Harga Bagasi Lion Air Terbaru

Atau biasanya juga dilakukan ketika sudah deal dengan janjian disuatu tempat dan bertatapan langsung kemudian Kamu bisa membayarnya secara langsung nah hal inilah yang dinamakan dengan COD.

Namun, selain pembayaran COD masih terdapat jenis-jenis pembayaran lainnya yang bisa Kamu lakukan ketika berbelaja online seperti transfer antar bank, sampai membayarnya di minimarket yang telah bekerjasama,

kepanjangan cod

Apasajakah Kelebihan dan Kekurangan Transaksi COD?

Ternyata system transaksi COD memiliki kelebihan dan kekurangan COD, lalu apa sajakah itu? Berikut dibawah ini adalah ulasannya.

A. Kelebihan Transaksi COD

Ada banyak sekali kelebihan transaksi yang dilakukan dengan COD, berikut di bawah ini adalah ulasannya:

– Tidak Perlu Punya Rekening Bank

Kelebihan COD yang pertama tentunya disaat Kamu melakukan transaksi COD dengan calon pembeli atau calon penjual maka Kamu tidak perlu punya rekening bank karena Kamu perlu membayarnya secara kas kepada penjualnnya.

Namun, meskipun begitu saat ini banyak toko online yang sudah bekerjasama dengan Alfamart maupun Indomaret dan nantinya Kamu akan dikirimkan norekening virtual account kemudian tinggal Kamu sebutkan saja nomernya.

– Kualitas Produk Bisa Terlihat Jelas

Mungkin hal ini adalah kelebihan transaksi COD yang paling banyak diminati karena nantinya setelah produk ada di tangan Kamu, Kamu bisa melihatnya secara jelas dan Kamu dapat memeriksakan barangnya secara rinci.

Karena tak dapat dipungkiri banyak barang-barang yang dijual secara online terlihat gambarnya sangat menarik dan begitu keren, sehingga Kamu sangat berminat untuk membeli barang tersebut.

Namun sayangnya ketika Kita selesai melakukan transfer pembayaran dan menunggu beberapa hari malah barang tersebut tidak sesuai dengan gambar dan hal ini bukan menjadi sebuah rahasia lagi bukan?

B. Kekurangan Transaksi COD

Selain adanya kelebihan tentunya terdapat kekurangan dan berikut di bawah ini adalah kekurangan transaksi COD, diantaranya:

– Transaksi COD Tidak Bisa Dilakukan Jika Jarak Terlalu Jauh

Kekurangan transaksi COD yang pertama adalah transaksi COD tidak bisa dilakukan jika jaraknya terlalu jauh, contohnya saja si Angga ingin membeli handphone dari si Rani, namun tempat tinggal Rani itu di Kota Bandung sedangkan Kota Angga berada di Bali.

Nah, jika seperti ini kasusnya maka COD tidak bisa dilakukan karena jaraknya terlalu jauh, sehingga jika jarak terlalu jauh disarankan melakukan transaksi online yang dikirim dengan kurir yang telah terpecaya.

– Transaksi COD Tidak Bisa Dilakukan Ketika Malam Hari Atau Dini Hari

Apa yang terjadi jika misalkan Kamu memerlukan barang akan tetapi harus menunggu besok harinya? Dan hal ini tentunya tidak bisa dilakukan secara COD bukan? karena keterbatasan waktu dari si penjual.

Baca Juga  Ini Cara Menggunakan MTIX Tanpa Perlu Antre di Bioskop

Sehingga sangat berbeda dengan toko online karena Kamu bisa memesan barang-barang yang Kamu sukai walaupun malam hari atau bahkan saat dini hari dan barang akan dikirimkan esok harinya setelah proses pemabayaran selesai.

belanja online

Tips Cerdas Melakukan Transaksi COD

Apabila Kamu baru pertamakali akan melakukan transaksi COD ada baiknya Kamu mengetahui beberapa tips cerdas saat melakukan transaksi COD, agar nantinya pembelian barang Kamu bisa sesuai dengan harapan.

– Bertemu Dengan Penjual Ditempat yang Aman

Tips cerdas melakukan transaksi COD yang pertama adalah dengan bertemu dengan penjual ditempat yang aman yang telah dijanjikan sebelumnya dan jika perlu Kamu ajak teman terdekatmu yang paham betul mengenai produk yang Kamu beli saat melakukan transaksi.

– Periksa Barang Sebelum Deal

Tips selanjutnya ini memerlukan ketelitian yang tinggi, karena setelah Kamu bertemu dengan penjual maka sebelum deal melakukan pembayaran ada baiknya Kamu periksa kembali barang yang Kamu beli secara teliti.

– Membayar Barang Sesuai Deal di Awal

Setelah barang dirasa sesuai dengan kondisi yang dijual dan Kamu telah deal dengan sipenjual, maka langkah selanjutnya adalah segera bayar barang yang Kamu beli sesuai dengan harga deal di awal dan ada baiknya Kamu berikan uang secara pas.

Karena sangat dijawatirkan sipenjual tidak memegang uang kembalian, sehingga hal ini juga jangan Kamu sepelekan untuk mempersingkat waktu COD dengan penjual.

Baca Juga  Apa Itu Vinegar? Berikut 9 Jenis Vinegar dan Manfaatnya

Nah setelah transakasi COD selesai jangan lupa Kamu ucapkan terimasih kepada sipenjual, hal tersebut nantinya dapat memberikan reputasi baik kepada Kamu tentunya.

Sekianlah pembahasan mengenai apa itu COD, kelebihan, kekurangan sampai tips cerdas melakukan COD saat pertamakali, dan semoga saja tipsnya bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *