Apa Itu Afiliasi? Ini Ulasan Seputarnya

Artikel terakhir diperbaharui 18-01-2021 oleh Aldy Amrillah

Apa itu Afiliasi – Salah satu cara yang tepat dalam mencari uang melalui internet adalah  menggunakan program afiliasi.

Nah, program ini bisa Anda gunakan dalam upaya mendapatkan penghasilan banyak hanya dengan modal kecil. Berikut ini akan diberikan ulasannya untuk Anda tentang apa itu afiliasi.

Pengertian Afiliasi

Afiliasi artinya adalah sebuah program yang memberikan Anda peluang dalam mendapatkan komisi, dengan catatan jika Anda berhasil membuat dan menarik orang lain untuk membeli suatu produk yang sedang ditawarkan.

Nah, untuk nominal komisi yang nantinya bisa Anda dapatkan ini tentu berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kebijakan perusahaan yang bekerjasama dengan Anda.

Ada perusahaan yang hanya menawarkan komisi kecil, dan ada pula perusahaan yang bisa menawari Anda komisi yang besar.

Pihak yang Terlibat dalam Program Afiliasi

Dalam menjalankan sebuah program, tentu terdapat pihak-pihak yang yang terkait di dalamnya. Sama halnya dengan program afiliasi ini.

Dalam program afiliasi ini, ada tiga pihak yang terlibat langsung didalamnya.

  • Pemilik Produk

Pemilik produk ini maksudnya adalah seorang owner atau pemilik dari sebuah produk yang akan dipasarkan. Contohnya disini adalah vendor, penjual, perusahaan, dan sejenisnya.

Nah, pemilih produk inilah yang mengeluarkan program afiliasi ini.

  • Afiliator

Afiliator sendiri merupakan seseorang yang ikut dalam program afiliasi ini. Afiliator memiliki tugas untuk memasarkan produk tertentu yang berasal dari pemilik produk dalam program afiliasi untuk para calon konsumen.

  • Konsumen

Konsumen sendiri merupakan seorang pembeli produk yang berasal dari pemilik produk melalui afiliator. Konsumen disini berarti masyarakat luas yang akan menjadi target promosi.

afiliasi artinya

Cara Kerja Program Afiliasi

Setelah Anda mengetahui siapa saja pihak-pihak yang terlibat langsung dalam berjalannya program afiliasi ini, maka hal yang selanjutnya perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara kerja dari program tersebut.

  • Daftar Program Afiliasi

Agar bisa ikut berpartisipasi dalam program afiliasi, Anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilakukan melalui website resmi dari perusahaan terkait.

Nantinya setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan kode referral. Kode referral ini merupakan kode unik yang didapatkan para konsumen setelah mendaftar.

Ini akan digunakan untuk keperluan konfirmasi jika memang konsumen tersebut telah membeli produk dari pihak afiliator.

Terkadang program afiliasi ini sengaja ditawarkan pada para influencer media sosial dengan tema pembahasan sesuai produk yang dijual tersebut.

  • Promosi Produk Afiliasi

Arti afiliasi selanjutnya juga dinyatakan dengan cara mempromosikan produk afiliasi. Hal ini dilakukan dengan cara mempromosikan kode referral agar banyak orang yang membeli melaluinya.

Nah promosi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Buat Review Produk di Blog

Cara yang pertama adalah, Anda bisa mulai mereview produk afiliasi dengan menuliskan sebuah artikel pada blog atau akun media sosial lain.

Namun perlu diingat untuk tetap menyesuaikan temanya dengan produk yang dipilih. Usahakan untuk menyamakan target, agar promosi berjalan lebih efektif.

Mulai tuliskan pengalaman pribadi Anda ketika menggunakan produk afiliasi tersebut. Jelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut, dan terakhir berikan kode referral Anda.

2. Memasang Banner di Blog

Selain menuliskan review dari produk afiliasi tersebut, Anda juga bisa memasang banner dari produk tersebut di media sosial.

Gambar dipercaya bisa lebih cepat dan efektif dalam mempromosikan suatu produk. Namun jika menguploadnya di blog, perlu Anda perhatikan lagi penempatan banner tersebut.

Usahakan untuk meletakkan banner di tempat yang strategis agar pembaca lebih tertarik dan tidak merasa bosan. Anda bisa meletakkan banner tersebut pada area header atau berada di bawah dari artikel review.

arti afiliasi

3. Buat Postingan di Media Sosial

Setelah Anda memahami tentang apa itu afiliasi, maka Anda pasti bisa melakukan promosi dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dari produk afiliasi tersebut.

Anda bisa menuliskan ulang review dari akun resmi pemilik produk dengan menggunakan strategi sosial media marketing agar hasilnya lebih efektif dan maksimal.

Jangan lupa juga untuk memasukkan CTA dalam setiap postingan Anda. CTA (Call to Action) ini bisa berupa caption atau bentuk link referral.

4. Gunakan Forum Online

Forum online merupakan salah satu tempat yang tepat jika Anda ingin mencari orang dengan ketertarikan pada bidang tertentu saja.

Mempromosikan program afiliasi dalam forum online ini merupakan cara terbaik, apalagi jika Anda memiliki reputasi baik.

Promosi menggunakan forum online ini bisa Anda lakukan dengan tetap mereview suatu produk afiliasi secara singkat atau menyisipkan link referral pada kolom komentar.

Namun perlu Anda teliti terlebih dahulu deskripsi atau aturan dalam forum online yang akan digunakan.

Sebab ada forum yang memperbolehkan adanya promosi barang dan ada pula forum yang tidak memperbolehkan promosi dalam bentuk apapun.

  • Penggunaan Kode Referral Anda oleh Orang Lain

Cara kerja program afiliasi selanjutnya adalah win win solution. Artinya adalah, ketika ada orang yang menggunakan kode referral Anda, maka secara otomatis orang atau konsumen tersebut akan mendapatkan diskon tambahan.

Anda sebagai afiliator juga akan mendapatkan komisi. Dengan mendapatkan kode referral ini, harga yang ditawarkan dalam setiap produknya akan sama.

Bahkan dalam program afiliasi tertentu, harganya akan lebih murah jika menggunakan kode referral dari pada dengan membelinya secara langsung.

afiliasi adalah

  • Mendapatkan Komisi dari Program Afiliasi

Semakin banyak penggunaan kode referral oleh para konsumen, maka akan semakin besar pula komisi yang bisa Anda dapatkan.

Menariknya, untuk mendapatkan komisi dalam program ini, Anda tidak selalu harus membuat konsumen membeli suatu produk terlebih dahulu.

Hal ini bisa dipengaruhi oleh kebijakan dari perusahaan yang menyediakan program tersebut. Nah komisi ini ternyata dibagi menjadi tiga jenis.

Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Per Lead

Komisi per lead artinya adalah komisi yang akan diberikan pada afiliator apabila konsumen telah berhasil menyelesaikan suatu aktivitas tertentu yang telah ditetapkan oleh pemilik program.

Aktivitas yang dimaksud bisa dengan membuat akun, mengisi formulir, subscribe, hingga download sebuah file.

2. Per Klik

Sesuai dengan namanya, komisi per klik akan dibayarkan ketika ada orang yang mengklik kode referral dari afiliator. Link referral ini akan mengarahkan konsumen ke website pemilik produk.

Ini artinya adalah komisi per klik akan dibayarkan berdasarkan dari peningkatan trafic website si pemilik produk.

3. Per Penjualan

Jenis pembagian komisi ini cukup umum digunakan dalam sebuah program afiliasi. Maksudnya adalah saat konsumen membeli produk yang ditawarkan menggunakan kode referral, pihak afiliator akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

cara kerja afiliasi

Keuntungan Mengikuti Program Afiliasi

Jika mengikuti program afiliasi ini, maka Anda akan merasakan beberapa keuntungan yang ditawarkan dalam penerapannya.

Nah, berikut ini akan dijabarkan mengenai keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan jika bergabung dalam program afiliasi.

  • Modal Kecil

Keuntungan pertama yang bisa Anda rasakan ketika bergabung dalam program afiliasi ini adalah modal usaha yang digunakan kecil. Hal ini juga dipengaruhi oleh tipe perusahaan penyedia program afiliasi itu sendiri.

Perusahaan ini terbagi menjadi dua kategori. Yang pertama adalah perusahaan yang tidak mewajibkan konsumennya untuk membeli produk terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri dalam program afiliasi ini.

Jenis ini bisa dikatakan gratis, sehingga tidak perlu modal awal.

Kategori kedua adalah perusahaan yang mewajibkan konsumennya untuk membeli produk terlebih dahulu untuk persyaratan pendaftaran. Dalam hal ini, sebaiknya pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Bisa Dikerjakan Dirumah

Dalam menjalankan strategi bisnis, Anda bisa mempromosikan kode referral Anda secara mudah di mana saja dan kapan saja. Tidak terkecuali dengan mengerjakannya dari rumah.

Anda hanya membutuhkan perangkat seperti komputer, laptop, atau  smartphone saja untuk dijadikan sebagai media pengerjaan. Pastikan juga ada jaringan internet yang stabil.

Jadi program afiliasi ini bisa dikategorikan sebagai pekerjaan yang cukup praktis.

  • Jam Kerja Fleksibel

Sebagai kategori pekerjaan fleksibel, tentunya program ini juga tidak terikat akan kontrak kerja, termasuk dalam halnya pengaturan jam kerjanya.

Artinya, Anda sendirilah yang akan mengatur kapan saat bekerja dan kapan harus istirahat.

Tidak seperti jika Anda bekerja di kantor yang terikat akan kontrak kerja, program afiliasi ini bisa Anda kerjakan sesuai keinginan sendiri.

pengertian afiliasi

  • Penghasilan Aktif Meski Sedang Pasif

Dalam menghasilkan uang, tentunya Anda dituntut untuk bekerja. Baik itu bekerja sebagai wiraswasta maupun bekerja di sebuah perkantoran. Namun, hal ini tidak berlaku bagi program afiliasi.

Program afiliasi ini akan memberikan Anda penghasilan yang aktif meskipun sedang tidak dalam waktu bekerja, bahkan ketika Anda tidur sekalipun.

Promosi yang Anda lakukan di awal akan tetap berjalan dan menghasilkan pemasukan di tiap minggunya bahkan tiap bulannya.

Hal ini berarti Anda tidak perlu berada di depan komputer setiap saat untuk mendapatkan penghasilan. Cukup menunggu sambil bersantai untuk mendapatkan penghasilan tersebut.

Anda cukup membuat promosi yang menarik sehingga konsumen akan merasa tertarik untuk mengklik link referralnya atau bahkan ikut mendaftar sebagai salah satu bagian dari program afiliasi tersebut.

  • Penghasilan Akan Sesuai dengan Kerja Keras

Pada pekerjaan lain, Anda akan bekerja setiap hari dengan ketetapan waktu yang telah ditentukan. Setelah itu, barulah Anda akan dibayar pada setiap bulannya atas pekerjaan yang telah Anda lakukan.

Hal ini sebenarnya juga berlaku dalam program afiliasi. Penghasilan yang Anda dapatkan tentu akan dipengaruhi dari seberapa gigih Anda bekerja.

Semakin sering Anda melakukan promosi, maka akan semakin besar pula penghasilan yang didapat.

Sebaliknya jika semakin santai Anda bekerja, tentu akan mempengaruhi penghasilan yang Anda dapatkan.

Mengingat akan hal itu, jika ingin mendapatkan lebih banyak penghasilan, pastikan Anda sering melakukan promosinya.

  • Bisa Ikut Banyak Program

Nah, keuntungan terakhir ketika mengikuti program ini adalah Anda bisa ikut dalam banyak program afiliasi sekaligus.

Jika dengan satu program afiliasi saja Anda merasa kurang, maka silahkan ikut program afiliasi lainnya untuk menambah penghasilan.

Anda bisa mendaftarkan diri di beberapa program afiliasi asalkan tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku dan memang bisa membagi waktu dengan baik.

Pastikan juga untuk membaca syarat dan ketentuan dari perusahaannya terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Sudah jelas bukan apa itu afiliasi dan bagaimana cara kerjanya? Jika Anda eksis di media sosial dan memiliki banyak waktu untuk menekuninya, sikahkan segera mencobanya.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *