industri kreatif
Umum

4 Keuntungan Perusahaan di Industri Kreatif Menggunakan Absensi Online

Tidak dapat dipungkiri jika perkembangan industri kreatif kian hari kian menjanjikan. Walaupun industri kreatif mengalami naik turun, peminatnya tetap ada saja dari berbagai kalangan. Akan tetapi, pengelolaan karyawan di industri kreatif perlu dilakukan semaksimal mungkin dengan pendekatan yang fleksibel tetapi tepat sasaran. Salah satu aspek yang disorot adalah mengenai bagaimana pengelolaan absensi di industri kreatif.

Absensi online menjadi jawaban bagi perkembangan industri kreatif. Sebab, absensi online mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan absensi manual, di mana hal ini dapat mendukung perkembangan industri kreatif yang dinamis. Apa saja keunggulan tersebut?

Fleksibel

Keunggulan pertama adalah soal fleksibilitas. Dibandingkan dengan absensi manual, absensi online memang jauh lebih fleksibel. Hal ini sangat mendukung pola kinerja industri kreatif yang padat dan tidak selalu harus berada di kantor. Karyawan cukup menggunakan aplikasi yang telah mereka unduh sebelumnya untuk melakukan absensi. Jadi, absensi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Real Time

Data absensi karyawan yang masuk ke dalam sistem akan masuk secara real time. Sehingga memudahkan pemantauan dari pihak HRD atau atasan. Pemantauan ini pun bisa dilakukan di mana pun selama perangkat masih terhubung dengan koneksi internet. Keunggulan macam ini akan memudahkan sistem kerja remote dan work from home yang sudah lama dikenal dalam industri kreatif.

absensi online

Aman dan Rahasia

Keamanan dan kerahasiaan data karyawan adalah aspek yang sangat penting dalam pengelolaan karyawan. Karena, data karyawan termasuk data absensi bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang salah. Absensi online dapat menjamin kerahasiaan dan keamanan data walau mudah dan fleksibel untuk diakses. Keamanan ini diperkuat dengan cloud based server yang mampu menyimpan data dan informasi karyawan dalam jumlah besar.

Contoh absensi online yang mendukung keamanan dan kerahasiaan data karyawan dengan maksimal adalah LinovHR. Didukung dengan fitur yang canggih, LinovHR menjamin semua data dan informasi seputar karyawan hanya digunakan untuk pengelolaan karyawan semata.

Hemat

Keunggulan terakhir dari absensi online adalah hemat. Mengapa? Sebab, perusahaan tidak perlu menganggarkan pemeliharaan mesin absensi seperti absensi manual dengan fingerprint. Setiap karyawan dapat melakukan absensi dari ponsel pintar masing-masing. Dengan demikian perusahaan dapat menghemat anggaran dan mengalihkan anggaran ke hal lain yang jauh lebih penting. Mengingat kegiatan dalam industri kreatif sangatlah padat dan memerlukan dukungan modal yang kuat.

Industri kreatif memang sangat dinamis dan berkembang pesat. Itulah sebabnya diperlukan absensi online yang memiliki berbagai keunggulan dalam menopang perkembangan bisnis. Tidak hanya membantu perkembangan bisnis, menggunakan absensi online juga akan meningkatkan prestise karyawan yang bekerja di industri kreatif yang dikenal tech savvy dan terdiri dari kalangan generasi muda. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda!

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *