Kata Kunci: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Kata Kunci – Keyword atau kata kunci mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang memiliki hobi menulis di blog. Kata kunci sangat penting untuk perkembangan suatu blog agar memiliki traffic pembaca yang tinggi.

Kata kunci juga sangat penting bagi SEO (Search Engine Optimization) atau yang biasa kita sebut mesin pencari agar memudah artikel anda untuk dicari.

Dengan memberikan kata kunci di tulisan anda akan berdampak besar terhadap traffic di blog atau website anda. Dengan menambahkan kata kunci dapat membuat tulisan anda akan muncul di mesin pencari seperti Google yang bisa mendatangkan organik traffic yang tinggi.

Lalu, apa sih kata kunci itu? Dan apa manfaatnya bagi tulisan kita? Berikut merupakan penjelasannya.

Apa itu Kata Kunci?

Apa itu Kata Kunci
Kata kunci atau keyword memang sudah tidak asing lagi bagi para penulis blog maupun website. Dengan menambahkan kata kunci akan penting bagi mesin pencari agar bisa memunculkan tulisan anda di mesin pencari tersebut.

Maka dari itu anda harus menentukan kata kunci yang tepat agar bisa menambahkan traffic yang tinggi pada blog atau website anda.

Baca Juga  Sangat Mudah, Ini 3 Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Keyword atau kata kunci adalah salah satu hal yang penting dan bermanfaat untuk SEO. Lalu apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu cara yang digunakan untuk melakukan optimalisasi pada website.

SEO ini bekerja dengan cara memberikan kita peluang terhadap mesin pencari atau search engine untuk menilai apakah website kita dapat diletakan pada posisi teratas dalam setiap hasil pencarian yang diketikkan oleh orang-orang.

Manfaat Kata Kunci

Manfaat Kata Kunci
Secara umum, kata kunci adalah adalah sebuah rangkaian kata yang bisa ditambahkan dalam tulisan agar bisa memudahkan pembaca untuk menemukan artikel yang telah anda tulis. Penambahan kata kunci bisa mendatangkan viewer yang tinggi jika anda memilihnya dengan tepat. Berikut merupakan manfaat kata kunci atau keyword.

1. Memudahkan Pembaca Untuk Menemukan Tulisan Anda

Salah satu manfaat utama dari penambahan kata kunci adalah untuk memudahkan pembaca agar dengan mudah bisa menemukan tulisan anda.

Walaupun si pembaca tidak sespesifik mungkin untuk menuliskan judul yang telah anda berikan di blog atau website anda, namun jika anda sudah menambahkan kata kunci pada tulisan anda hal tersebut akan memudahkan tulisan anda dijumpai oleh banyak orang di mesin pencari.

2. Menambah Traffic Secara Organik Pada Blog atau Website

Website atau blog anda mengalami penurunan traffic? Hal tersebut bisa terjadi karena anda tidak menambahkan kata kunci pada tulisan anda. Dengan tidak menambahkan kata kunci pada tulisan anda menyebabkan tulisan anda akan susah untuk ditemui di mesin pencari.

Dengan menambahkan kata kunci yang tepat dengan persaingan rendah tentu saja dapat membuat organik traffic di blog atau tulisan anda menjadi meningkat. Apalagi jika tulisan anda sering dibaca oleh orang dapat membuat tulisan anda berada di posisi nomer satu pada mesin pencari.

Baca Juga  Clickbait: Pengertian, Cara Menghindari dan Manfaatnya

3. Memudahkan Mesin Pencari (SEO)

Penambahan kata kunci membuat mesin pencari dapat menemukan dan menampilkan tulisan anda kepada para pembaca.

Sebaliknya, jika anda tidak menambahkan kata kunci bisa menyebabkan tulisan yang sudah terbitkan di blog atau website anda akan menjadi susah untuk ditemui oleh para pembaca. Apabila anda menambahkan kata kunci yang tepat maka mesin pencari pun akan menampilkan artikel anda di barisan atas mesin pencari.

Jenis-Jenis Kata Kunci

Jenis-Jenis Kata Kunci
Setelah anda mengetahui pengertian kata kunci, selanjutnya kita akan belajar bersama tentang jenis-jenis kata kunci. Terdapat 2 jenis kata kunci yaitu kata kunci short tail dan juga kata kunci long tail.

1. Short Tail Keyword

Jenis kata kunci yang pertama adalah kata kunci short tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci yang bersifat pendek.

Bersifat pendek disini maksudnya adalah jumlah kata 2 buah, misalnya seperti Cara Membuat, Spesifikasi Mobil.

Kelebihan dari short tail keyword adalah jumlah pencarian yang sangat besar, namun namanya kelebihan pasti juga ada kekurangan.

Kekurangan dari short tail keyword adalah memiliki banyak jumlah persaingan yang sangat banyak dan juga tidak mempunyai peluang yang besar agar bisa muncul pada halaman pertama dalam hasil pencarian mesin pencari.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Pada Aplikasi

2. Long Tail Keyword

Jenis kata kunci berikutnya adalah long tail keyword yaitu salah satu penyempurnaan dari short tail keyword. Maksudnya penyempurnaan disini adalah short tail keyword yang ditambahkan banyak kata kunci lainnya yang nyaman untuk dibaca.

Keuntungan menggunakan long tail keyword adalah kalian bisa menempati tempat teratas dan halaman pertama dari pencarian mesin pencari, kalian juga bisa nembak banyak kata kunci sekaligus dan berbagai manfaat kata kunci long tail keyword lainnya.

Kekurangan long tail keyword adalah hasil yang akan anda dapatkan bisa terlihat aneh apalagi ditulis oleh penulis yang masih baru atau awam dalam menulis artikel. Untuk itu sebaiknya anda pilih penulis yang sudah handal agar bisa menerapkan long tail keyword atau kata kunci panjang yang anda terapkan tersebut.

Blog yang mempunyai kata kunci memiliki kemungkinan untuk dicari dan dilihat oleh banyak orang. Blog yang memiliki kata kunci juga bisa bertahan lama di peringkat teratas google, oleh sebab itu peran dari kata kunci dan juga SEO ini sangat penting jika kalian ingin mendapatkan banyak pengunjung.

Tempat yang Tepat Untuk Meletakkan Kata Kunci

Tempat yang Tepat Untuk Meletakkan Kata Kunci
Terakhir saya akan memberikan informasi mengenai dimana tempat yang tepat untuk meletakkan kata kunci.

Dengan Anda memahami dan mengetahui dimana tempat terbaik untuk meletakkan kata kunci harapannya anda dapat membuat konten yang lebih baik lagi sehingga Google juga akan memberikan ranking terbaik kepada website anda. Berikut adalah beberapa tempat yang tepat untuk meletakkan kata kunci.

1. Judul Konten

Tempat yang tepat untuk meletakkan kata kunci yang pertama adalah pada judul artikel umumnya tidak lebih dari 60 karakter. Banyak anggapan jika judul artikel yang memiliki meta title itu sama saja, padahal hal tersebut sangat berbeda.

Judul artikel dan meta titel itu cukup jauh perbedaan. Agar website atau artikel yang anda buat bisa masuk pada urutan teratas dan halaman pertama di Google, sebaiknya anda masukan kata kunci pada judul artikel yang anda buat tersebut.

2. Struktur URL

Tempat terbaik untuk meletakkan kata kunci berikutnya adalah pada struktur url artikel. URL sendiri adalah serangkaian teks yang akan muncul pada address bar di browser anda.

Tujuan dari url ini adalah untuk menjadi tempat atau alamat dari konten atau artikel yang anda buat. Untuk memaksimalkan SEO pada artikel yang anda buat, anda masukkan kata kunci pada struktur artikel.

Baca Juga  Apa Itu Dropshipper? Dan Apa Perbedaanya Dengan Reseller?

3. Meta Description

Apa itu meta description? meta description adalah serangkaian teks yang otomatis akan muncul dan menjelaskan preview artikel yang anda buat tersebut umumnya tidak lebih dari 160 karakter.

Meta description berguna untuk memudahkan mesin pencari dalam menentukan kira-kira seperti apa isi dari artikel yang anda buat tersebut. Agar mesin pencari bisa membantu menaikkan situs atau artikel yang anda buat pada website, sebaiknya anda masukkan kata kunci pada meta description.

4. Judul Gambar Atau File

Saat melakukan pencarian di mesin pencari, tentu saja orang tidak hanya mencari konten berupa artikel saja. Terkadang ada juga orang yang mencari konten gambar atau video.

Untuk itu anda bisa memasukan kata kunci atau alt text yang sudah anda targetkan pada judul gambar atau video yang anda masukkan dalam website anda. Dengan kita melakukan optimasi pada gambar, kita bisa memberikan tambahan traffic yang jumlahnya cukup signifikan.

5. Related Link

Apa itu related link? related link adalah link yang menuju atau mengarah pada halaman website anda atau dapat dikatakan link yang terkait pada artikel website anda.

Jadi jika ada website yang terdapat kata kunci saat diklik ternyata mengarah ke website yang sama, maka itulah yang diberi nama related link. Untuk memaksimalkan SEO pada website anda, anda bisa memasukkan kata kunci pada related link.

Itulah tadi pengertian kata kunci dan juga beberapa cara yang bisa anda lakukan pada website anda untuk melakukan optimasi pada skor SEO website yang anda kelola. Semoga bermanfaat Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *