Sangat Mudah, Ini 3 Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

Cara Menambahkan Lokasi di Google Map – Bagi banyak orang, peta sangat penting untuk menghubungkan satu orang dengan orang yang lainnya dan membantu banyak orang mempersingkat waktunya dalam melakukan aktivitas, terutama pencarian lokasi. Jika pada zaman dulu manusia harus bersusah payah membaca peta buta, kini membaca peta dan menemukan lokasi bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Sejak peradaban manusia berkembang ke arah teknologi digital, peta mulai dibuat pula dengan teknologi tinggi. Google adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan peta digital masa kini. Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan raksasa yang bergerak di bidang teknologi dan informasi ini? Sebagian besar masyarakat seluruh dunia tentu sudah sangat mengenal Google, bahkan “bergantung” padanya.

Pentingannya Google Map Dimata Manusia

cara menambahkan google maps dengan mudah
Peta digital keluaran Google ini dikenal luas dengan nama Google Maps atau disingkat GMaps. Di zaman serba digital sekarang ini pengguna Google maps kian menjamur.

Apalagi dengan berkembangnya penggunaan layanan transportasi online. Meski sudah berkembang beberapa peta digital keluaran lainnya, peta digital keluaran Google inilah yang paling bisa diandalkan.

Jika dijelaskan melalui pengertiannya, Google Maps merupakan layanan perpetaan dunia yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini bukan hanya memberikan gambaran peta seperti peta buta, tapi juga berdasarkan citra satelit, panorama 360, perencanaan rute atau destinasi, hingga kondisi lalu lintas terkini yang cukup tepat dan akurat.

Inilah yang membuat Google Maps begitu menarik. Ada sejumlah fitur buatan yang membuat masyarakat bisa melihat berbagai tempat secara lebih detail. Selain alamat lokasi, bahkan pengguna juga terkadang bisa melhat foto, website, jam buka sebuah toko, hingga nomor telepon. Hal ini tentu saja karena ada sentuhan manusia, yaitu Google memungkinkan banyak orang mengkaitkan seluruh peta.

Artinya, para pengguna bisa juga melakukan beberapa cara menambahkan lokasi di Google Maps melalui fiturnya. Bahkan, Google memiliki komunitas Local Guide yang memungkinkan para pengguna memberikan nilai untuk suatu tempat berikut ratingnya. Tentu saja fitur ini sangat membantu pengguna, terlebih para pebisnis yang ingin menunjukkan letak tokonya atau letak tempat bisnisnya.

3 Cara Menambahkan Lokasi di Google Map

cara membuat lokasi di google maps
Ada beberapa cara menambahkan tempat di Google Maps. Bisa dikatakan, cara membuat lokasi di Google Maps ini bukanlah perkara yang sulit. Anda bahkan bisa melakukannya dari berbagai perangkat, seperti smartphone hingga PC. Nah, langsung saja, berikut ini kami berikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan lokasi di Google Maps.

A. Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps dengan Smartphone

Hampir semua smartphone sudah memiliki Google Maps sebagai aplikasi bawaan, khususnya yang bersistem operasi Android. Jika belum ada, Anda dapat mengunduh Google Maps dengan mudah melalui Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOs. Langkah-langkah atau cara menambahkan tempat di Google Maps adalah sebagai berikut:

1. Sebelum mengunduh aplikasi Google Maps dan memasangkannya di perangkat ponsel pintar Anda, pastikan Anda memiliki ruang memori yang cukup besar untuk instalasi ini. Sebab, ukuran Google Maps cukup besar.

2. Setelah mengunduh aplikasi Google Maps dan memasangkannya, aktfkan GPS ponsel pintar Anda. Pastikan ponsel Anda terhubung dengan jaringan internet.

3. Buka aplikasi Google Maps dan masukkan akun Google Anda.

4. Ketuk opsi menu yang digambarkan dengan ikon garis tiga, letaknya di bagian pojok kiri atas. Pilih “Add a Missing Place”.

5. Setelah di klik, secara otomatis tampilan “Add a Place” akan muncul.

6. Anda bisa langsung mengisi data-data mengenai tempat yang ingin ditambahkan, seperti membubuhkan nama tempat (harus ditulis dengan benar), kategori tempat, hingga alamat (harus disesuaikan dengan lokasi aktif peta).

Baca Juga  Apa Itu SEO? Berikut Jenis dan Cara Kerja SEO

7. Tambahkan pula jam operasional tempat, jika diperlukan.

8. Selanjutnya, Anda juga bisa menambahkan nomor telepon dan situs web, jika diperlukan.

9. Sangat disarankan untuk menambahkan beberapa foto agar lokasi dapat dengan mudah dipahami. Paling tidak bagian depan dari tempat tersebut. Selain itu, menambahkan foto juga dapat membuat proses review tim Google jadi lebih mudah.

10. Ketuk opsi “kirim” di bagian pojok kanan atas.

11. Selanjutnya, tim Google akan melakukan review terlebih dahulu terhadap tempat yang ditambahkan. Semakin lengkap data yang dimasukkan, maka akan semakin mempercepat proses review.

B. Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps dengan PC

manfaat google maps

Selain dengan menggunakan smartphone, cara menambahkan tempat di Google Maps juga bisa dilakukan dengan menggunakan PC atau laptop melalui laman Google Maps di https://maps.google.co.id/. Berikut ini kami berikan beberapa langkah membuat lokasi di Google Maps, yaitu:

1. Buka laman resmi Google Maps di https://maps.google.co.id/

2. Masukkan akun Google yang Anda sudah miliki

3. Ketuk tombol menu utama yang digambarkan dengan ikon tiga garis horizontal, terletak di sebelah kiri atas.

4. Setelah muncul beberapa opsi, pilih “Add a Place” atau “Tambahkan Tempat” dalam bahasa Indonesia. Kemudian, secara otomatis tampilan “Add a Place” akan muncul.

5. Ketika muncul form tersebut, Anda bisa langsung melakukan pengisian data yang diminta.

6. Setelah selesai melakukan pengisian data secara lengkap, Anda bisa langsung klik tombol “kirim” dan tunggu hingga tim Google selesai melakukan proses review terhadap tempat yang baru saja Anda tambahkan.

Seperti yang telah disampaikan, proses ini tidak akan memakan waktu yang lama, jika semua data yang diperlukan untuk menambahkan tempat sudah lengkap diisi. Pastikan Anda melakukan pengisian form penambahan tempat dengan benar dan tepat. Sebab, jika tidak, tentu saja ini akan memakan proses yang lama. Anda bisa menambahkan foto tempat guna memudahkan tim Google melakukan review.

C. Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps dengan Bisnisku by Google

cara menambahkan tempat di google maps

Images By Google.

Langkah lainnya yang bisa dilakukan sebagai cara membuat lokasi di Google Maps adalah dengan memanfaatkan Google Bisnisku. Mungkin memang belum banyak yang mengetahui cara yang satu ini, namun sangat patut dicoba, terutama bagi Anda yang tengah merintis bisnis atau usaha secara online. Tentunya ini akan sangat membantu kemajuan bisnis Anda.

Bisnisku adalah salah satu layanan dari Google, khusus untuk para pelaku usaha yang ingin melakukan pengembangkan bisnis atua usahanya secara online. Google Bisnisku dapat diakses dengan mudah, baik melalui aplikasi maupun web. Aplikasinya, seperti biasa, bisa Anda temukan di Play Store untuk Sistem Operasi Android dan App Store untuk Sistem Operasi iOs.

Baca Juga  Apa Itu Dropshipper? Dan Apa Perbedaanya Dengan Reseller?

Cara menambahkan lokasi di Google Maps dengan menggunakan Google Bisnisku cukup mudah. Namun, bagi yang belum terbiasa mungkin masih gagap menggunakan produk Google yang satu ini. Berikut ini akan kami jelaskan cara membuat lokasi di Google Maps menggunakan Google Bisnisku versi web yang tetunya tidak jauh berbeda dengan versi mobile-nya. Simak langkah-langkahnya, sebagai berikut:

1. Buka website Google Bisnisku dan masukkan akun Google yang Anda miliki

2. Pilih menu utama “Manage Locations”

3. Pilih opsi “Add Location”, kemudian “Add Single Location” yang terletak di sebelah kanan

4. Setelah terbuka, ketikan nama usaha Anda di kotak pencarian terlebih dahulu. Hal ini guna memastikan apakah tempat usaha Anda sudah terdaat di database atau belum. Sebab, biasanya ada beberapa tempat yang terekam kamera Google dan otomatis masuk ke Google Maps.

5. Jika nama lokasi yang akan ditambahkan sudah ada di database pencarian Google Maps, maka Anda tinggl memilihnya di hasil pencarian atau mengklaim. Selanjutnya Anda diwajibkan untuk melengkapi data lokasi tersebut.

6. Jika belum ada di database atau merupakan tempat yang baru, maka Anda perlu memilih opsi “Create a Business with This Name”

7. Selanjutnya, isi data-data lengkap tentang lokasi atau tempat bisnis Anda tersebut, termasuk juga kategori, alamat, dan lain sebagainya.

8. Saat penetapan lokasi, pastikan titiknya sesuai dengan titik aslinya. Anda bisa menggunakan bantuan GPS untuk langkah ini.

9. Setelah selesai, anda bisa memilih metode verifikasi sesuai yang Anda inginkan.

Setelah melalui tahap verifikasi lokasi, maka sepenuhnya Anda bisa mengendalikan lokasi tersebut. Misalnya, melakukan pengubahan jam operasional toko, membalas komentar pelanggan, menambahkan foto, menambahkan deksripsi profil tempat, membuat postingan, dan lain sebagainya. Mudah sekali bukan cara menambahkan lokasi di Google Maps?

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *