Apa Itu SEO? Berikut Jenis dan Cara Kerja SEO

Apa Itu SEO – Apa itu SEO? Pertanyaaan ini mungkin sering kita jumpai pada orang yang baru mulai membuat blog ataupun membuat website. Pada dasarnya manfaat dari SEO sendiri adalah membantu blog atau website untuk mendapatkan posisi atau ranking tertinggi pada hasil pencarian Google. Siapa yang tidak ingin website atau blognya mendapatkan tempat utama pada mesin pencarian?

Setiap creator pastinya ingin karyanya mendapatkan apresiasi dan disukai banyak orang. Dengan mendapatkan rangking tertinggi, tentunya membuktikan bahwa karyanya banyak diminati oleh masyarakat.

Meski demikian, tidak sedikit para pengguna blog atau website yang belum mengetahui pengertian dan manfaat dari SEO.

pengertian seo

Apa Itu SEO?

Apa itu SEO? SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yang membantu mengoptimalkan blog ataupun website untuk mendapatkan peringkat atau ranking teratas pada hasil pencarian. Jika blog atau website Anda mendapatkan hasil pencarian teratas, tentunya akan berdampak pada meningkatnya trafik organik Anda.

Selain itu, dengan menggunakan SEO akan membantu Anda untuk mendapatkan trafik yang tepat sasaran. SEO selain membantu meningkatkan trafik juga dapat membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan dari blog atau website yang Anda buat.

Untuk mendapatkan segala keuntungan ini tentunya Anda harus mengikuti aturan-aturan yang telah dibuat dan ditentukan oleh Google sebagai mesin pencari yang digunakan. Hal ang perlu Anda pahami adalah bagaimana cara kerja dari SEO, indikator utama dari SEO dan tentunya yang tidak kalah penting adalah algoritma yang digunakan oleh Google.

Cara Kerja SEO di Mesin Pencarian Google

Mesin pencarian, dalam hal ini Google, menggunakan algoritma tertentu yang digunakan untuk menentukan indikator konten mana yang sesuai dan layak untuk berada pada posisi tertinggi dalam hasil pencarian. Meski demikian, aturan algoritma ini berlakua untuk semua jenis mesin pencari, baik Yahoo!, Google, Duckdukgo, Bing dan sebagainya.

Mesin pencari seperti Google selalu memperbarui algoritma yang digunakan untuk menentukan suatu konten. Sebagai penguasa hampir 90% pangsa pasar dalam mesin pencarian, sampai saat ini Google telah memiliki lebih dari 8 major update untuk algoritma yang digunakan.

Hal ini tentunya menuntut Anda para penyedia website atau blog untuk selalu update mengania algoritma yang digunakan Google. Karena algoritma yang digunakan mempengaruhi optimasi dari blog atau website Anda. Jika Anda masih menggunakan algoritma yang lama, maka ini tidak akan berpengaruh pada rangking dari konten Anda.

Baca Juga  Cara Meredupkan Layar Komputer Pada Windows

Salah satu cara yang biasanya digunakan adalah dengan memasukkan keyword stuffing. Cara ini merupakan teknik yang digunakan untuk memasukkan sebanyak-banyaknya focus keyword pada artikel. Cara ini cukup efektif digunakan, bahkan pada konten atau artikel yang tidak ada hubungannya dengan keyword yang Anda masukkan.

Namun sekarang cara ini sudah tidak efektif lagi. Bahkan saat ini pengguna yang menggunakan cara ini dapat dikenakan sanksi atau penalty jika ketahuan. Konten yang Anda bagikan bahkan bisa terdeteksi sebagai spam jika mengandung terlalu banyak keyword.

jenis seo
2 Jenis SEO yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa itu SEO, sebagai pengguna setidaknya Anda harus mengetahui jenis-jenis SEO yang biasa digunakan. Ada dua jenis SEO yang biasa digunakan, yaitu SEO on page dan SEO off page.

Kedua SEO ini memiliki peran penting dan saling berkaitan satu sama lain. Anda dapat menerapkan keduanya pada website atau blog Anda agar semakin optimal. berikut adalah jenis SEO dan pengertiannya:

1. SEO on Page

Apa itu SEO on page? SEO ini merupakan langkah-langkah yang digunakan di dalam website atau blgo untuk mengoptimalkannya. Langkah yang dapat Anda ungganakan dengan menggunakan jenis SEO ini adalah judul konten, penggunaan heading, permalink, struktur konten, tema responsif, kecepatan website bahkan hingga internal linking.

2. SEO off Page

Jika SEO on page digunakan di dalam website atau blog, berbeda dengan SEO off page yang digunakan pada untuk mengoptimalkan website di luar website atau blog. Untuk menaikan posisi konten Anda, tentunya tidak cukup denga hanya mengoptimalkan website atau blog Anda. Faktor luar juga memberikan pengaruh yang tidak kalah penting pada kualitas konten Anda.

Faktor luar website yang cukup terkenal dan sering digunakan adalah inbound link atau backlink. Backlink merupakan indikator yang menjadikan konten Anda sebagai rujukan. Semakin banyak yang menjadikan konten Anda sebagai rujukan, maka Google akan menganggap website atau blog Anda sebagai yang kredibel sehingga menjadikan konten Anda layak untuk naik peringkat.

Penggunan website ataupun blog wajib meggunakan SEO jika ingin meningkatkan kualitas konten pada website ataupun blognya. Saat ini menggunakan SEO bagi para konten creator tidak hanya sebagai pilihan, melainkan sesuatu yang wajib untuk semua website. Mengapa demikian? Karena mesin pencari seperti Google merupakan salah satu jendela untuk memudahkan Anda mendapatkan informasi.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *