Pengertian E Commerce: Sejarah, Contoh, dan Manfaatnya

Pengertian E Commerce – Untuk mendapatkan banyak uang bahkan dalam jumlah yang tinggi, maka beberapa orang memutuskan untuk bekerja. Akan tetapi, dalam mencari sebuah pekerjaan tentunya bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Apalagi saat ini minimnya lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia saat ini membuat pada akhirnya banyak orang yang akan beralih untuk membuka sebuah bisnis.

Di Indonesia juga sudah menyediakan cukup banyak jenis dan juga pilihan bisnis yang nantinya bisa Anda jalankan dengan mudahnya. Apalagi jika bisnis yang akan Anda jalankan ini secara online. Menggunakan system online ini akan memudahkan siapa pun selama menjalankan sebuah bisnis dengan cara-cara yang mudah.

Kita bisa memanfaatkan cukup banyak media yang bisa digunakan untuk membantu dalam menjalani banyak kegiatan khususnya jual beli secara online.

Nah, salah satu media yang bisa membantu Anda semua dalam melakukan bisnis secara online ini dilakukan yaitu menggunakan banyak toko atau aplikasi online. Toko maupun aplikasi online ini sendiri juga disebut sebagai e commerce.

Mengenal Pengertian E Commerce

apa itu e commerce
Secara umum, pengertian e commerce ini sendiri adalah salah satu kegiatan jual beli barang maupun jasa menggunakan jaringan elektronik yaitu internet.

Adanya sebuah perkembangan teknologi informasi dan juga software ini yang pada akhirnya mampu membantu banyak penjual maupun pembeli yang akan melakukan transaksi dengan mudahnya.

Baca Juga  Apa Itu Reseller? Ini 4 Perbedaan Reseller dan Dropship

Website nantinya digunakan sebagai salah satu pengganti toko offline. Website e commerce ini bahkan mampu mencakup berbagai fungsi baik itu etalase produk, pemesanan online, dan juga adanya inventaris stock untuk nantinya menjalankan fungsi utama sebagai e commerce.

Software yang akan digunakan terpasang pada server e commerce dan juga bekerja secara simultan untuk system pembayaran online dan dilakukan dalam proses transaksi yang akan dilakukan. Secara umum, e commerce ini juga memiliki makna di mana untuk melakukan bisnis menggunakan jaringan yang saling terhubung.

Mengenal Sejarah E Commerce

e commerce indonesia
Sebelum membahas tentang berbagai contoh dari e commerce yang ada di Indonesia, Anda harus mengenal apa itu e commerce lebih mendalam khususnya sejarah dari e commerce ini sendiri.

Sejarah utama dari e commerce ini sendiri dimulai sejak tahun 1960-an pada saat bisnis telah menggunakan Electronic Data Interchange (EDI) yang digunakan untuk beberapa dokumen bisnis dengan beberapa perusahaan lain.

Di tahun 1979, American National Standards Institute mulai mengembangkan ASC X12 sebagai sebuah standar universal bagi para pebisnis untuk bisa berbagi dokumen melalui jaringan-jaringan elektronik. Setelah jumlah individu yang saling berbagai dokumen elektronik mulai tumbuh di tahun 1980-an, di tahun 1990-an pada akhirnya muncul eBay dan Amazon.

Sedangkan sejak tahun 1960-an sampai saat ini, e commerce sudah berkembang dan sudah memiliki berbagai macam jenis. Dimulai dari B2C (Business to Consumer), B2B (Business to Business), dan yang terbaru adalah O2O atau Online to Offline.

Mengenal Beberapa Contoh Praktik E Commerce

e commerce adalah
Setelah Anda mengetahui pengetahuan maupun informasi singkat dari perjalanan e commerce ini sendiri, maka Anda juga harus mengetahui beberapa jenis praktik dari e commerce ini sendiri. Nah, untuk beberapa praktik dari e commerce ini diantaranya adalah:

• Menerima pembayaran kartu kredit untuk transaksi penjualan yang dilakukan secara online.

• Mampu menghasilkan pendapatan dari sejumlah iklan secara online.

• Adanya pertukaran saham melalui broker online.

• Adanya penyaluran informasi kepada perusahaan melalui internet.

• Adanya penyaluran manufaktur dan distribusi dengan partner melalui internet.

• Melakukan penjualan sejumlah produk digital melalui sebuah website.

Baca Juga  Apa Itu Digital Marketing? Ini 4 Cara Mudah Belajarnya

Nantinya, transaksi e commerce ini sendiri pada begitu banyak ruang lingkup mulai dari bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen dan juga konsumen ke bisnis.

Sedangkan untuk istilah e commerce maupun e business ini sendiri seringkali digunakan secara bergiliran dengan istilah e-tail di dalam referensi untuk proses transaksi belanja secara online.

Inilah Contoh E Commerce Indonesia

contoh e commerce

Kita memang tidak bisa memungkiri bahwa di Indonesia saat ini sudah tersedia cukup banyak bisnis yang bahkan dijalankan menggunakan system online. Nah, untuk salah satunya adalah bisnis e commerce. Penikmat kegiatan berbelanja secara online di seluruh Indonesia saat ini memang terbilang cukup tinggi.

Maka dari itu bukan menjadi hal yang mengherankan kembali jika terus menerus bertumbuhan e commerce yang baru di Indonesia. Di mana sejumlah e commerce ini ikut meramaikan berbagai tempat berjualan yang ada di seluruh dunia termasuk di Indonesia ini sendiri. Adapun beberapa e commerce yang berkembang pesat di seluruh Indonesia diantaranya adalah:

• Bukalapak

Startup e commerce ini sudah ada sejak tahun 2010 yang lalu. Hal ini merupakan salah satu Unicorn yang ada di Indonesia. E commerce ini menjadi sebuah wadah jutaan pelapak yang ada di dalam platformnya. Bahkan Bukalapak ini menjadi e commerce yang cukup berkembang di Indonesia. Bukalapak menjadi penengah diantara pihak penjual dan juga pembeli.

Sebab, jika adanya transaksi, maka para pembeli diharuskan melakukan pembayaran terlebih dahulu ke Bukalapak. Setelah pembayaran sudah berhasil, maka pihak Bukalapakakan menginformasikan kepada pihak penjual baik itu melalui email, sms dan lainnya. Kemudian, setelah sudah mendapatkan pemberitahuan, maka penjual bisa mengirimkan barang kepada pembeli.

• Shopee

Start up e commerce ini memang terbilang masih baru jika dibandingkan dengan e commerce sebelumnya. Hanya saja, ada banyaknya promo yang menarik pada start up ini sendiri membuat Shopee menjadi salah satu aplikasi yang cukup laris dipilih dan digunakan oleh banyak orang.

Shopee menawarkan banyak promosi mulai dari gratis ongkir, flash sale, cashback, sampai dengan undian. Shopee sendiri bahkan berhasil menjadi salah satu e commerce dengan tingkat transaksi yang paling tinggi di Indonesia.

Memiliki sistem yang sama dengan Bukalapak, di mana penjual akan menunggu untuk mengirimkan produk pada saat pihak Shopee sudah memberikan informasi tentang pembayaran yang dilakukan oleh pembeli.

• Lazada

E commerce ini juga menjadi salah satu e commerce yang cukup terkenal di Indonesia. Tidak mau kalah dengan beberapa start up sebelumnya, Lazada ini juga merupakan salah satu aplikasi yang sudah cukup lama.

Meskipun sudah tidak sepopuler zaman dahulu, namun aplikasi ini masih bertahan dan selalu mengedepankan eksistensi yang mereka miliki.

Baca Juga  Megenal Arti Endorse, Dan Keuntungannya Bagi Penjualan

• Gojek

E business jenis online to offline ini juga sangat berkembang dengan cepat setelah diluncurkan. Bahkan saat ini Gojek sendiri sudah masuk dan menjadi salah satu start up Unicorn yang ada di Indonesia.

Terbukti bahwa saat ini Gojek sudah memiliki ribuan driver yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan Gojek juga memberikan banyak promosi dan kemudahan transportasi bagi semua masyarakat di Indonesia.

• Kaskus

Kaskus adalah salah satu forum diskusi online yang juga menyediakan sebuah fitur jual beli. Forum jual beli ini sendiri masuk ke dalam bisnis e commerce dengan model bisnis yang berupa sebuah iklan baris. Hal ini dikarenakan forum jual beli yang ada pada kaskus nantinya tidak mewajibkan pihak penjual untuk menggunakan fitur escrow maupun rekening bersama pada kegiatannya.

Jadi, nantinya kegiatan transaksi akan berhubungan secara langsung antara pihak penjual dan pembelinya. Secara umum, bisnis e commerce dengan model bisnis iklan baris seperti kaskus ini sendiri menggunakan metode transaksi COD atau Cash On Delivery.

• OLX

OLX merupakan salah satu bisnis e commerce di Indonesia yang memiliki sistem classifieds maupun listing yang biasa disebut juga dengan iklan baris. Dulunya OLX ini sendiri dinamakan sebagai tokobagus dan berniaga.com. Akan tetapi, pada tanggal 20 Mei 2014 ditetapkan bahwa namanya diganti dengan OLX.

Nama OLX ini sendiri memiliki slogan “Cara Tepat Jual Tepat”. Metode yang digunakan oleh OLX ini sendiri adalah metode yang dijalankan secara langsung baik dari pihak penjual dan pembelinya. Bahkan di dalam OLX, tidak hanya menyediakan beberapa barang baru saja yang dijual, melainkan juga beberapa barang bekas, penyedia jasa tertentu bahkan terkadang adanya lowongan pekerjaan.

Manfaat E Commerce Indonesia

manfaat e commerce

Setelah Anda memahami pengertian e commerce, dan lainnya, Anda juga harus memahami bagaimana perkembangan e commerce Indonesia. Anda semua pastinya paham bahwa perkembangan e commerce di Indonesia ini memang sangat pesat. Jika dibandingkan dengan beberapa negara lain yang ada di sekitar, Indonesia terbilang masih cukup memimpin.

Ada begitu banyaknya pilihan e commerce yang saat ini kian menjamur. Hal ini dikarenakan adanya permintaan pasar yang kian tinggi. Bahkan beberapa masyarakat pun menilai bahwa membeli beberapa barang atau bahkan menjual menggunakan sistem online ini akan jauh lebih praktis.

Selain memiliki beberapa jenis maupun model yang berbeda-beda, kehadiran e commerce ini sendiri juga memberikan cukup banyak manfaat bagi banyak masyarakat. Bukan hanya bagi pihak penjual maupun dari pihak pembeli itu sendiri. Secara umum, ada beberapa manfaat e commerce Indonesia yang diantaranya adalah:

• Memiliki Jangkauan Pasar yang Luas

Hadirnya e commerce ini sendiri membuat beberapa penjual bisa memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Sebab, dengan memanfaatkan sistem online ini, siapa pun penjualnya bisa menjangkau beberapa daerah yang ada di seluruh Indonesia maupun menjangkau di sejumlah negara lain atau sampai ke mancanegara.

• Membantu untuk Mengurangi Infrastruktur

Menggunakan e commerce ini sendiri juga membantu beberapa perusahaan untuk tidak lagi membuka cabang di berbagai wilayah. Sebab, dengan satu toko online saja, biasanya para penjual sudah bisa menjangkau ke seluruh bagian dari negara tersebut.

Baca Juga  Apa Itu COD? Dan Apa Kekurangan dan Kelebihannya?

• Anggaran Pengeluaran Berkurang

Penggunaan anggaran yang berlebihan bahkan bisa dikurangi jika memanfaatkan e commerce ini sendiri dengan basis utamanya yaitu secara online. Jadi, nantinya pihak penjual tidak perlu untuk membuang uang mereka untuk membuka toko real atau toko offline yang nyata, kemudian mempekerjakan banyak karyawan, dan lainnya. Sebab, dengan e commerce ini sendiri bisa meminimalisir anggaran yang akan dikeluarkan.

• Mampu Menekan Harga Lebih Terjangkau

Nantinya, pihak penjual bisa menjual barang dagangan mereka dengan lebih murah dan juga terjangkau. Dengan diberikannya harga yang terjangkau ini, sudah dipastikan bahwa akan ada banyak pembeli yang mulai tertarik untuk membeli produk, barang maupun jasa yang Anda tawarkan pada e commerce yang para penjual miliki.

Kehadiran e commerce ini sendiri memang bisa mendatangkan banyak keuntungan tersendiri baik itu bagi para penjual maupun pembelinya sendiri. Demikianlah sejumlah informasi yang bisa Anda peroleh ketika Anda adalah salah satu pelaku atau bahkan calon pebisnis yang akan memanfaatkan system online untuk membantu.

Anda pun bisa menjual berbagai jenis barang bahkan jasa yang dengan harga yang bervariasi. Anda juga bahkan bisa memanfaatkan salah satu pilihan e commerce yang ada di atas untuk bisa menjual berbagai produk dengan mudahnya. Jangan lupa berikan harga terjangkau dan juga pelayanan terbaik agar banyak pembeli yang merasa puas membeli di toko online yang Anda miliki.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *