Iklan : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

Iklan, tentu saja anda semua sudah tidak asing lagi dengan apa itu iklan. Saat kita menonton televisi, mendengarkan radio atau membuka situs-situs di Internet tentu saja kita sering menjumpai iklan.

Namun apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan iklan tersebut? Pengertian iklan menurut para ahli dan juga tujuan iklan? untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait apa yang dimaksud dengan iklan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lengkap terkait apa yang dimaksud dengan iklan beserta tujuan dari iklan tersebut.

Apa Itu Iklan?

 

Pengertian iklan merupakan pesan atau berita yang digunakan untuk membujuk atau mendorong seseorang supaya tertarik dengan barang atau jasa yang kita tawarkan. Iklan biasanya akan dipromosikan melalui media jasa periklanan seperti koran, radio, televisi, majalah, internet dan jasa periklanan di jalan raya lainnya.

Iklan biasanya mengandung pemberitahuan yang ditujukan kepada masyarakat dan juga bersifat mempengaruhi para pembaca supaya melakukan apa yang dikehendaki oleh pengiklan tersebut.

Baca Juga  Stop Jengkel, Ini 10 Cara Menghilangkan Iklan di Hp Xiaomi

Iklan bukan hanya sebatas produk saja, tapi iklan juga bisa berisi tentang informasi berupa seruan atau ajakan untuk melakukan hal-hal tertentu. Misalnya seperti ajakan untuk dirumah saja, menggunakan masker, menjaga kebersihan atau hal lainnya yang bersifat ajakan seperti menanam pohon atau untuk menjauhi narkoba.

Pembuatan dari iklan pada media cetak ini akan dibatasi oleh ruang atau tempat, sementara untuk iklan yang bersifat digital seperti di media digital biasanya akan dibatasi oleh durasi. Oleh sebab itu, biasanya iklan dibuat dengan singkat, padat, dan berisi untuk mengurangi biaya pengiklanan.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

apa yang dimaksud dengan iklan
Jika diatas sudah saya jelaskan pengertian iklan dan apa yang dimaksud dengan iklan secara umum atau garis besar. Berikut dibawah ini adalah beberapa pengertian iklan menurut para ahli.

1. Pengertian Iklan Menurut Prof. Rhenald Kasali

Pengertian Iklan menurut Prof. Rhenald Kasali adalah suatu pesan yang berisi tawaran suatu produk atau jasa yang memang ditujukan untuk khalayak umum melalui suatu media pengiklanan.

2. Pengertian Iklan Menurut Philip Kotler

Sedangkan menurut Philip Kotler, iklan adalah bentuk penyajian dan juga promosi suatu barang, produk atau jasa secara non personal oleh sponsor tertentu. Dimana mengenai penayangan biasanya pihak yang ingin menayangkan iklan harus membayar suatu media pengiklanan untuk menayangkan iklan tersebut.

3. Pengertian Iklan Menurut Courtland L. Bovee

Sementara menurut Courtland L. Bovee, iklan adalah suatu komunikasi non personal yang bersifat berbayar dan juga persuasif mengenai suatu jasa, produk, atau ide dari sponsor yang akan dimuat pada berbagai media tergantung penyedia layanan iklan.

4. Pengertian Iklan Menurut Rachmat Kriyantono

Terakhir, pengertian iklan menurut Rachmat Kriyantono adalah suatu bentuk pesan mengenai produk atau jasa yang disampaikan dengan suatu media, dibiayai pemrakarsa yang dikenal dan juga ditujukan untuk sebagian hingga semua masyarakat di suatu daerah atau berbagai penjuru dunia.

Tujuan Iklan

Tujuan Iklan

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas jika secara garis besar tujuan dari adanya iklan adalah agar membujuk atau mendorong masyarakat menjadi tertarik dengan apa yang sudah diiklankan.

Misalnya ada iklan sepatu, tentu saja tujuan dari iklan sepatu tersebut adalah untuk membujuk masyarakat supaya tertarik untuk membeli dan menggunakan sepatu tersebut. Jika kita mengacu pada pengertian iklan tersebut, berikut adalah beberapa tujuan iklan:

* Memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang suatu produk barang yang ditawarkan atau jasa, perusahaan, merek atau gagasan. Oleh sebab itu biasanya iklan memakai bahasa yang persuasif dengan cara menonjolkan kelebihan dari produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.

* Tujuan iklan juga mempengaruhi orang lain yang menjadi target pasar agar menggunakan atau membeli produk dan jasa yang ditawarkan kepada target pasar tersebut.

Baca Juga  Stakeholder: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

* Iklan juga memiliki tujuan untuk membuat citra yang baik terhadap suatu produk yang diiklankan tersebut.

Karena seperti yang sudah saya katakan biasanya iklan akan berisi keunggulan atau hal-hal positif yang terkandung dalam suatu produk yang diiklankan. Dengan begitu citra baik akan langsung timbul oleh penerima pesan iklan tersebut.

* Tujuan iklan juga berguna untuk meyakinkan masyarakat yang merupakan penerima iklan mengenai kebenaran suatu produk yang diiklankan tersebut.

* Tujuan iklan untuk mempermudah konsumen agar bisa mengetahui spesifikasi produk, entah itu harga, fungsi atau kelebihan produk barang yang ditawarkan.

Manfaat Iklan

Manfaat Iklan

Tentu saja iklan memiliki manfaat yang akan dirasakan oleh si pengiklan. Jika iklan tidak memiliki manfaat tentu saja sampai saat ini tidak akan ada iklan. Secara umum berikut adalah beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan pengiklan.

* Produk atau jasa yang dimasukkan dalam iklan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas atau target pasar tadi.

* Semakin bertambahnya konsumen baru yang tertarik untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan tadi. Jika begitu tentu saja angka penjualan juga akan meningkat.

* Pihak pengiklan juga akan merasa diuntungkan karena penjualan produk atau jasa yang diiklankan tersebut.

* Untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat luas sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengidentifikasi produk yang diiklankan tersebut.

Ciri-Ciri Iklan

Ciri-Ciri Iklan
Sebenarnya sangat mudah untuk mengenali suatu iklan. Dengan kita tahu karakteristik iklan, kita bisa mengetahui apakah suatu pesan atau informasi yang disampaikan tersebut merupakan iklan atau tidak. Agar bisa mengetahuinya, berikut adalah beberapa ciri-ciri iklan yang harus anda ketahui.

* Iklan menggunakan pilihan kosa kata yang persuasif sehingga menjadi lebih menarik untuk orang lain.

* Informasi atau pesan yang disampaikan bersifat informatif dan juga komunikatif.

Baca Juga  Jenis Jenis Koperasi: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

* Menggunakan kata yang tepat, sopan, logis dan juga mudah dimengerti. Karena tidak mungkin iklan menggunakan bahasa yang dibingungi oleh masyarakat. Jika masyarakat saja bingung bagaimana mereka bisa tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

* Bersifat menjelaskan mengenai suatu produk atau jasa. Biasanya juga berisi bagaimana cara kerja dari produk atau jasa tersebut.

Syarat-Syarat Iklan

Untuk bisa membuat atau memunculkan iklan, tentu saja tidak terjadi begitu saja. Supaya iklan bisa dikatakan sebagai iklan yang baik tentu saja harus mengandung beberapa syarat-syarat iklan dibawah ini.

* Iklan harus berisi informasi yang jelas, pada dan juga mudah dimengerti oleh masyarakat.

* Iklan harus bersifat objektif, jujur dan proporsional.

* Iklan tidak boleh menyinggung atau menyakiti bahkan merendahkan produk atau pihak lainnya.

* Iklan harus dikemas sedemikian rupa supaya menarik perhatian dan juga minat masyarakat.

Jenis-Jenis Iklan

Jenis-Jenis Iklan
Jenis iklan bisa dibedakan menjadi beberapa kategori. Entah itu berdasarkan sifatnya, berdasarkan media yang digunakan atau berdasarkan tujuan iklan. Berikut adalah beberapa jenis iklan yang harus anda ketahui.

1. Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

a) Iklan Layanan Masyarakat

Jenis iklan berdasarkan sifatnya yang pertama adalah iklan layanan masyarakat. Dimana iklan ini memiliki tujuan guna mempengaruhi masyarakat supaya memberikan dukungan atau mengikuti apa yang disampaikan oleh pembuat iklan tersebut. Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup.

b) Iklan Niaga

Jenis iklan berdasarkan sifatnya berikutnya adalah iklan niaga. Dimana iklan niaga dibuat dengan maksud supaya orang tertarik untuk memakai atau memilih produk dan jasa yang ditawarkan oleh pengiklan tersebut. Contohnya adalah iklan makanan cepat saji, iklan produk kecantikan, dan iklan lainnya yang bersifat menawarkan produk.

Baca Juga  Mengenal Arti Cash Flow Lengkap dan Arus Kasnya

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media Yang Dipakai

a) Iklan Advertorial

Iklan advertorial merupakan jenis iklan yang dikemas seperti berita dengan menggunakan bahasa penulisan jurnalistik.

b) Iklan Cetak

Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan dengan media cetak seperti majalah, koran atau surat kabar. Berdasarkan ruang yang dipakai iklan jenis ini akan dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu iklan baris dan juga iklan kolom.

c) Iklan Display

Sebenarnya hampir sama seperti iklan kolom. Yang membedakan adalah iklan display memiliki ukuran yang jauh lebih besar gambar dan juga tulisanya dibandingkan iklan kolom.

d) Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang berisi himbauan atau juga bisa berisi ajakan guna melakukan atau menghindari tindakan tertentu. Misalnya seperti iklan KB, iklan menjauhi narkoba dan iklan untuk pencegahan demam berdarah.

e) Iklan perusahaan

Jenis iklan berikutnya adalah iklan perusahaan atau corporate advertising. Iklan perusahaan merupakan iklan dengan tujuan untuk membangun citra dari perusahaan agar terbentuk citra baik atau respon positif oleh masyarakat.

f) Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang dipublikasikan menggunakan media elektronik seperti internet, televisi dan juga radio.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

a) Iklan Reklame

Iklan reklame adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa yang akan dijual dan mencari keuntungan. Iklan reklame biasanya disampaikan secara berulang-ulang melalui media massa.

Iklan reklame biasanya akan memuji dan juga menyanjung produk yang ditawarkan, misalnya adalah menggunakan kalimat Kualitas no 1, tidak seperti lainya, tidak seperti produk sebelah.

Baca Juga  Inflasi: Pengertian, Penyebab, dan Jenis-Jenisnya
b) Iklan Penerangan

Jenis iklan berikutnya adalah iklan penerangan yang akan memberikan penerangan terkait suatu hal. Dalam istilah lain, iklan penerangan ini juga sering disebut dengan iklan layanan masyarakat.

c) Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman adalah iklan yang berisi dan bertujuan untuk menyampaikan pengumuman terkait suatu kegiatan, peristiwa atau hal lainnya kepada masyarakat.

Tips Membuat Iklan Yang Baik

Tips Membuat Iklan Yang Baik

Terakhir saya akan membagikan kepada anda terkait bagaimana cara membuat iklan yang baik dan benar.

* Menggunakan kalimat yang jelas, singkat, padat dan juga efektif. Dengan begitu masyarakat bisa dengan mudah memahami sebenarnya produk apa yang sedang anda iklankan tersebut.

* Berikan nilai tambahan pada produk seperti garansi, pilihan warna, fitur.

* Menggunakan bahasa yang sesuai dengan target market. Misalnya menggunakan bahasa gaul untuk target pasar remaja milenial.

* Menggunakan slogan yang gampang diingat oleh calon konsumen. Dengan begitu siapa saja yang melihat atau mendengarkan iklan akan semakin mudah ingat dengan apa yang anda iklankan tersebut melalui slogan atau jargon tadi.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *